Product Placement: Pengertian dan 4 Jenisnya Strategi di Dalamnya

oleh | Mar 6, 2023

source envato.

Product Placement: Pengertian dan 4 Jenisnya Strategi di Dalamnya

Pada dasarnya, product placement adalah salah satu metode periklanan era modern yang diklaim paling efektif. Strategi ini umumnya akan diterapkan oleh suatu brand agar bisa memperoleh perhatian audiens baru secara halus.

Bahkan, sebuah penelitian yang dirilis dalam laman JJMR melaporkan bahwa sebanyak 57,5% audiens lebih mudah mengenali sebuah brand saat brand tersebut ditempatkan dalam suatu acara televisi atau dalam media lain.

Selain itu, perusahaan juga bisa memanfaatkan strategi ini demi meningkatkan brand awareness dengan upaya periklanan yang lebih ekonomis dan efisien.

Lalu, apa itu product placement? Apa saja jenis-jenisnya? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang product placement di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Product Placement?

accurate.id gambar product placement-1

Berdasarkan laman Marketing91, product placement adalah suatu metode periklanan yang mana sebuah produk atau jasa brand akan ditampilkan dalam suatu produksi agar bisa menarik para audiens baru.

Artinya, tim marketing nantinya akan menempatkan produk atau layanannya pada film, gim ataupun buku agar bisa mendapatkan lebih banyak visibilitas dari audiens. Dampaknya, brand tersebut harus membayar sejumlah dana pada pihak produser acara.

Konsep ini menjadi inovasi terbaru dari para pemasar brand agar bisa memperkenalkan produk dengan menggunakan cara yang lebih halus. Bahkan, penempatan produk ini kerap kali diklaim sebagai teknik soft selling modern yang jauh lebih tersirat.

Walaupun memang terkesan sederhana, sebenarnya strategi ini cukup efektif untuk digunakan, terutama di era modern seperti saat ini. Sebab, sebagian besar para audiens sudah bosan untuk menonton iklan berulang kali di televisi.

Baca juga: Keunggulan Kompetitif: Pengertian, Fungsi, Strategi, Analisa dan Alat Ukurnya

Jenis-Jenis Product Placement

Strategi product placement ini sebenarnya sudah dilakukan oleh banyak perusahaan raksasa dari dulu. Tapi, konsep periklanan ini hadir kembali dan sering dilakukan oleh berbagai brand ternama.

Dalam prosesnya, pihak perusahaan bisa menggunakan tiga jenis product placement yang berbeda, yaitu:

1. Screen Placement

accurate.id gambar product placement-2

Berdasarkan laman Premiumbeat, screen placement adalah salah satu jenis product placement yang banyak dimanfaatkan oleh perusahaan.

Sama seperti namanya, metode ini akan mendorong para pemasar untuk menempatkan produk di latar depan atau latar belakang bidikan kamera secara langsung.

Produk ini memang tidak akan disebutkan namanya, namun produk tersebut akan banyak menerima waktu layar. Salah satu contoh penggunaannya adalah kaleng Coca-cola yang ditempatkan di dalam serial TV “Stranger Things”.

2. Script Placement

accurate.id gambar product placement-3

Jenis selanjutnya dari product placement yang banyak digunakan oleh perusahaan adalah script placement. Dalam hal ini, sebuah produk tidak akan disorot di latar depan atau latar belakang. Produk tersebut akan disebutkan oleh karakter dalam beberapa percakapan, baik itu percakapan dialog maupun monolog.

Walaupun strategi ini memang kurang mencolok, tapi strategi ini mampu menggaet para audiens secara halus karena akan disebutkan berulang kali.

Contoh penggunaan script placement adalah saat karakter dalam film “Back to The Future” membicarakan produk minuman Pepsi berulang kali.

3. Plot Placement

accurate.id gambar product placement-4

Plot placement adalah jenis product placement terakhir yang sering digunakan oleh perusahaan besar. Berdasarkan laman Premium Beat, plot placement akan membuat sebuah produk seakan-akan menjadi ciri khas dalam suatu film.

Produk tersebut juga nantinya akan selalu dihubungkan dengan sebuah karakter ataupun cerita tertentu di dalam sebuah film.

Contoh yang paling terkenal dari jenis product placement ini bisa ditemukan dalam seri film James Bond. Dalam film ini, mobil sport Aston Martin sudah menjadi bagian terbesar dari franchise mereka selama beberapa tahun terakhir.

Bahkan, berbagai film James Bond terbaru pun masih akan menampilkan mobil Aston Martin, baik itu yang klasik ataupun yang terbaru.

Baca juga: 10 Strategi Pemasaran Produk Efektif yang Bisa Anda Coba

Manfaat dan Kelebihan Product Placement

accurate.id gambar product placement-5

Perlu Anda ketahui bahwa product placement sangat efektif dalam meningkatkan angka penjualan. Karena, berdasarkan laman Fortress of Solitude, sebenarnya setiap audiens lebih senang melihat produk asli secara langsung daripada hanya melihat produk tersebut di iklan.

Product placement ini pun pada akhirnya nanti akan memberikan keuntungan pada film tersebut, karena akan mendatangkan modal lebih untuk kebutuhan produksi.

Bahkan, karena sangat efektif, saat ini sudah banyak studio televisi yang mendorong produksi acara dengan adanya product placement.

Dirangkum dari laman AO Fund, beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan product placement adalah sebagai berikut:

  • Mampu meningkatkan pendapatan sebuah brand dan film
  • Mampu meningkatkan brand recognition
  • Mampu tingkatkan viewing experience di mata para audiens
  • Meningkatkan awareness sebuah brand dan film
  • Lebih murah

Baca juga: Mengenal Strategi Market Positioning Agar Bisnis Anda Lebih Populer daripada Kompetitor

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang product placement, lengkap dengan contoh dan kelebihannya. Untuk Anda yang bergerak dalam bidang periklanan, tidak ada salahnya untuk mencoba menerapkan strategi ini dengan baik.

Kenapa? Karena strategi ini mampu memberikan manfaat yang tidak bisa Anda dapatkan dari konsep periklanan lain.

Namun, tentunya Anda harus bisa menyiapkan anggaran periklanannya secara tepat dan mengelolanya secara baik. Nah, bila Anda kesulitan untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena aplikasi ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang akan memudahkan Anda dalam menyiapkan anggaran yang Anda perlukan dalam operasional bisnis.

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan berbagai manfaat lainnya untuk kebutuhan bisnis Anda, seperti bisa melakukan penjualan dan pembelian dengan mudah, mengelola persediaan secara tepat, menyelesaikan urusan perpajakan tanpa ada kesalahan, dan masih banyak lagi.

Jadi, ayo segera coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga dengan klik tautan gambar di bawah ini, Gratis!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

7 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

marketingmanajemenbanner
Cinthya

Artikel Terkait