Mengenal Tujuan dan Manfaat dari Peraturan Omnibus Law

Omnibus Law masih menjadi salah satu topik yang terus diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia sejak tahun 2020. Di mana muncul banyak pasal kontroversi dalam konteks Undang-Undang Cipta Kerja yang merupakan salah satu bagian dalam peraturan Omnibus Law.

Omnibus Law adalah istilah yang merujuk pada sebuah metode yang menghimpun sejumlah aturan dengan substansi dan tingkat aturan yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri, penerapan Omnibus Law dilakukan untuk mengatasi banyaknya regulasi yang diterbitkan, baik dari pemerintah pusat maupun kementerian.

Adapun penerapan Omnibus Law diharapkan dapat memberi manfaat lebih dari itu. Artikel berikut ini akan menguraikan beberapa tujuan dan manfaat dari diterapkannya peraturan Omnibus Law. Namun sebelum itu, mari pahami kembali pengertian dari Omnibus Law itu sendiri.

Pengertian Omnibus Law

Omnibus Law sejatinya adalah sebuah sebutan, di mana terdapat banyak pengertian yang dapat mendefinisikannya. Secara harfiah, kata omnibus berasal dari bahasa Latin omnis yang berarti banyak. Sementara dari segi hukum, kata omnibus lazimnya disandingkan dengan kata law atau bill yang artinya adalah sebuah peraturan yang dibuat berdasarkan kasil kompilasi atau hasil penggabungan beberapa aturan dengan subtansi dan tingkat yang berbeda.

Menurut Audrey O Brien (2009), Omnibus Law adalah suatu rancangan undang-undang yang mencakup lebih dari satu aspek yang digabung menjadi satu undang-undang. Kemudian, menurut Barbara Sinclair (2012), Omnibus Law artinya proses pembuatan peraturan yang bersifat kompleks dan penyelesaiannya memakan waktu lama karena mengandung banyak materi meskipun subjek, isu dan programnya selalu terkait.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Omnibus Law adalah sebuah model undang-undang yang mengatur banyak hal. Di Indonesia, peraturan Omnibus Law menjadi rujukan dan dasar bagi lahirnya undang-undang lain maupun peraturan di bawah undang-undang, seperti Peraturan Pemerintah (PP).

Baca juga: Perbedaan PKWT dan PKWTT yang Harus Karyawan dan

Tujuan Peraturan Omnibus Law

Mengutip buku berjudul Omnibus Law: Teori dan Penerapannya karya Dr. Dio Christiawan, SH, M.Hum., M.Kn., dalam tata urutan peraturan, Omnibus Law adalah undang-undang, sebagaimana telah dikenal Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Di mana UU Cipta Kerja adalah satu bagian dalam peraturan Omnibus Law.

UU Cipta Kerja diharapkan dapat menjadi bagian dari upaya pemulihan ekonomi nasional, khususnya dalam mendorong tranformasi ekonomi agar mampu menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat. Tujuan UU Cipta Kerja pun adalah untuk menciptakan lapangan kerja yang merata bagi rakyat Indonesia.

Dengan begitu, tujuan dari peraturan Omnibus Law adalah:

  1. Meningkatkan iklim usaha yang kondusif dan atratif bagi investor.
  2. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.
  3. Meningkatkan perlindungan dan kesejahteraan prakerja.
  4. Meningkatkan kepastian hukum dan mendorong minat Warga Negara Asing (WNA) untuk bekerja di Indonesia sekaligus mendorong keahlian dan pengetahuan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.
  5. Meningkatkan investasi pemerintah pusat dan mempercepat proyek strategi nasional.

Baca juga: Training Kerja: Ini Peran Pentingnya Untuk Perusahaan dan Karyawan

Manfaat Peraturan Omnibus Law

Berdasarkan Booklet UU Cipta Kerja terbitan Kemenko Perekonomian RI, manfaat utama Omnibus Law Cipta Kerja adalah untuk memperbaiki iklim investasi dan kepastian hukum. Lebih lengkapnya, berikut manfaat dari Omnibus Law.

Penyederhanaan dan Penyelarasan Perizinan

Omnibus Law Cipta Kerja memberi manfaat berupa penyederhanaan perizinan dalam berusaha, yakni dengan menyederhanakan dan mengintegrasikan perizinan dasar dari sejumlah UU yang terkait dengan izin lokasi, lingkungan, dan bangunan gedung.

1. Pencapaian Investasi yang Berkualitas

Omnibus Law Cipta Kerja juga mendorong investasi yang berkualitas untuk mempercepat transformasi ekonomi. Sebab, untuk mempercepat transformasi ekonomi, investasi perlu ditingkatkan sejalan dengan kenaikan daya saing Indonesia di kancah internasional.

2. Menciptakan Lapangan Kerja Berkualitas untuk Kesejahteraan Pekerja

Peraturan Omnibus Law Cipta Kerja berfungsi menciptakan lapangan kerja yang berkualitas melalui pengaturan terkait dengan peningkatan investasi pemerintah dan percepatan proyek strategi nasional.

3. Pemberdayaan dan Perlindungan UMKM serta Perkoperasian

Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja juga memberi manfaat bagi produktivitas yang lebih tinggi terhadap usaha mikro. Dengan begitu, pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perkoperasian bisa meningkatkan daya saingnya.

Baca juga: Prorate Adalah Salah Satu Sistem Penghitungan Gaji Untuk Karyawan Baru

Kesimpulan

Omnibus Law adalah sebuah model undang-undang yang memuat banyak peraturan, di mana setiap peraturan tersebut memiliki subtansi dan tingkat yang berbeda-beda namun masih terkait. Di Indonesia, salah satu penerapan peraturan Omnibus Law adalah pada Undang-Undang Cipta Kerja yang diresmikan pada 2020 lalu.

Tujuan utama dari penerapan Omnibus Law, terutama di Indonesia, adalah untuk mendukung ekonomi dan memudahkan investasi. Namun, perlu diperhatikan dan dijaga keseimbangannya dengan sektor lain, seperti hak asasi manusia dan masalah penyalahgunaan dana, karena dua sektor ini adalah yang paling rentan bersinggungan dengan ekonomi dan investasi.

Adapun investasi bagi sebuah perusahaan dapat dilakukan untuk memperlebar sayap bisnis. Namun, menarik calon investor bukanlah hal yang mudah. Salah satu hal yang bisa dimaksimalkan oleh perusahaan dalam kasus ini adalah dengan membuat laporan keuangan yang baik dan benar.

Laporan keuangan yang disusun dengan baik akan membuat perusahaan terlihat profesional dan memiliki kredibilitas yang baik. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan metode yang lebih praktis dan cepat namun tetap akurat yakni melalui penggunaan software akuntansi dan bisnis bernama Accurate Online.

Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Berbagai fitur dan keunggulan tersedia secara lengkap, mudah untuk digunakan, dan bisa diakses kapan saja serta di mana saja.

Jika tertarik untuk mencobanya, silahkan klik banner di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.