Training Kerja: Ini Peran Pentingnya Untuk Perusahaan dan Karyawan

Berdasarkan UU No. 13 Tahun 2003 terkait Ketenagakerjaan, training kerja adalah segala bentuk kegiatan untuk memperoleh, memberi, meningkatkan dan juga mengembangkan produktivitas, kompetensi kerja, sikap, disiplin, serta etos kerja pada keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan kualifikasi dan jenjang atau pekerjaan.

Biasanya, training kerja di dalam suatu perusahaan memiliki keterkaitan yang erat dengan hasil performa kerja karyawan di perusahaan. Dengan melakukan training kerja, maka setiap karyawan akan mempunyai kemampuan, pengetahuan, dan juga keterampilan yang sesuai dengan pekerjaan yang sudah mereka lakukan.

Setiap perusahaan tentunya akan selalu memerlukan tenaga kerja yang berkompeten pada bidangnya guna meningkatkan profit dan juga perkembangan bisnis. Untuk itu, pelatihan dan pembinaan karyawan merupakan hal penting untuk dilakukan.

Training dianggap menjadi suatu media yang efektif dalam meningkatkan kemampuan karyawan dan meningkatkan perkembangan perusahaan.

Tujuan Training Kerja

Training kerja pada umumnya mempunyai tiga tujuan yang ingin dicapai berdasarkan kegiatan tersebut, yakni:

1. Ilmu Pengetahuan (Knowledge)

Setiap karyawan yang dibina atau dilatih oleh perusahaan diharapkan bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang cukup agar bisa mengerjakan setiap tugas yang akan diberikan oleh perusahaan.

2. Kemampuan (Skill)

Para karyawan yang baru mendapatkan pelatihan diharap bisa dan mampu melakukan tugas ketika ditempatkan di dalam proses yang sudah ditentukan oleh perusahaan.

3. Penentuan Sikap (Attitude)

Pasca memperoleh pelatihan kerja, karyawan diharapkan bisa mempunyai minat dan juga kesadaran atas pekerjaan yang nantinya akan dilakukan.

Tujuan yang ingin diperoleh dari program ini pada dasarnya adalah agar bisa mendukung kelancaran operasional dan juga produktivitas perusahaan.

Training kerja bisa dilakukan oleh internal perusahaan ataupun eksternal perusahaan, seperti dengan mengundang trainer yang berasal dari luar atau membawa karyawan baru ke pelatihan yang berasal dari luar perusahaan.

Baca juga: Onboarding Karyawan, Hal Ini yang Harus Dipahami

Manfaat Pelatihan dan Training Kerja

Pelatihan kerja yang bagus akan memberikan manfaat untuk perusahaan dan juga karyawan. Terdapat banyak sekali manfaat yang akan didapatkan dari kegiatan ini.

Untuk perusahaan, manfaat yang akan di dapat adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai tenaga kerja yang terampil dan ahli
  • Meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja
  • Meningkatkan produktivitas kerja
  • Meminimalisir biaya karena waktu yang terbuang akibat berbagai kesalahan tertentu
  • Meningkatkan kualitas kerja
  • Meningkatkan penjualan dan profit

Untuk manajer perusahaan, manfaat pelatihan kerja adalah sebagai berikut

  • Mempunyai karyawan yang terampil dan ahli pada bidangnya
  • Bisa mendelegasikan tugas dan tanggung jawab yang lebih banyak pada karyawan
  • Terbebas dari berbagai hal kecil yang bukan tugasnya untuk ditangani
  • Pekerjaan dan tugas bisa berjalan secara lancar dimanapun dan kapanpun
  • Meningkatkan karir

Sedangkan untuk karyawan, manfaat yang akan dirasakan dari kegiatan training kerja adalah:

  • Menambah rasa percaya diri
  • Meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam bidangnya
  • Meminimalisir waktu yang digunakan untuk belajar
  • Meningkatkan kepuasan kerja
  • Memahami budaya kerja dan pekerjaan di perusahaannya.

Baca juga: Surat Pemutusan Kontrak: Pengertian dan Komponen di Dalamnya

Jenis-Jenis Pelatihan Kerja di Perusahaan

Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pelatihan kerja. Beberapa jenis pelatihan yang bisa dilakukan untuk karyawan adalah sebagai berikut

1. Job/Technical Training

Pelatihan dalam jenis ini lebih fokus pada tugas atau pekerjaan dan juga teknik yang diperlukan dalam melakukan suatu pekerjaan.

2. Interpersonal and Problem Solving Training

Pelatihan ini lebih fokus dalam memecahkan masalah di dalam sebuah proses produksi.

3. Developmental and Innovative Training

Pelatihan ini lebih melatih inovasi dan pengembangan diri karyawan agar bisa membantu operasional perusahaan.

4. Required and Regular Training

Pelatihan ini banyak dikenal sebagai pelatihan rutin, yaitu pelatihan yang diberikan oleh perusahaan untuk karyawan secara berkala dan bertahan dalam kurun waktu tertentu saja. Jenis pelatihan ini adalah jenis pelatihan yang paling banyak dilaksanakan oleh perusahaan.

Baca juga: Jasa Outsourcing: Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Efek Bila Perusahaan Tidak Melakukan Training Kerja

Beberapa dampak atau efek yang mungkin akan terjadi bila perusahaan memilih untuk tidak melakukan training kerja adalah sebagai berikut:

  1. Karyawan akan lebih sering dalam melakukan kesalahan dalam melaksanakan tugas
  2. Karyawan tidak memberikan hasil kerja sesuai standar perusahaan
  3. Muncul rasa tidak puas dari dalam diri karyawan dan perusahaan karena saling menjelek-jelekan.
  4. Minimnya pengetahuan akan penggunaan teknologi di dalam perusahaan
  5. Produktivitas kerja lebih cenderung jalan di tempat, atau bahkan mengalami penurunan
  6. Rendahnya loyalitas karyawan terhadap perusahaan.

Baca juga: Performance Review Adalah: Ini Pengertian dan Tips Melakukannya Secara Efektif

Penutup

Berdasarkan penjelasan singkat di atas, bisa kita tarik kesimpulan bersama bahwa training kerja adalah suatu proses yang sangat penting dalam menyediakan tenaga kerja yang kompeten dalam memenuhi kebutuhan standar produksi perusahaan.

Jika perusahaan memiliki tenaga kerja yang kompeten, tentunya akan bisa memberikan dampak yang positif pada kinerja perusahaan. Selain itu, karyawan yang mempunyai kinerja yang baik juga bisa menjadi nilai positif tersendiri.

Namun pelatihan kerja juga belum cukup untuk bisa meningkatkan produktivitas karyawan. Diperlukan dukungan tools atau alat yang bisa membantu mereka dalam menyelesaikan tugasnya. Nah, dalam hal ini, sebagai pebisnis Anda harus menyediakan tools yang efektif dan teruji, seperti aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi bisnis yang sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu pebisnis dalam mengembangkan usahanya.

Aplikasi yang dikembangkan dengan basis cloud ini memiliki beragam fitur bisnis yang mampu meningkatkan efisiensi bisnis Anda, seperti fitur persediaan, perpajakan, manufaktur, pembukuan, kas dan bank, penjualan, pembelian, multi cabang, cost and profit center, dan masih banyak lagi.

Ayo segera rasakan sendiri kelebihan dan fitur luar biasa dari Accurate Online dengan mencobanya selama 30 hari gratis melalui banner di bawah ini.

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.