Apa itu Promotion Mix? Apa Manfaatnya untuk Strategi Marketing?

oleh | Feb 8, 2023

source envato.

Apa itu Promotion Mix? Apa Manfaatnya untuk Strategi Marketing?

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa marketing adalah salah satu upaya yang harus dilakukan agar bisa menjamin keberlangsungan bisnis. Salah satu upaya yang bisa dilakukan dalam kegiatan marketing adalah promotion mix.

Strategi ini dilakukan agar suatu brand bisa memaksimalkan kegiatan promosi dan juga memiliki audiens yang jauh lebih luas.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan sedikit tentang promotion mix khusus untuk Anda.

Apa itu Promotion Mix?

Berdasarkan laman Send Pulse, promotion mix adalah salah satu strategi pemasaran yang di dalamnya menggabungkan berbagai metode marketing agar bisa mencapai target marketing tertentu.

Metode yang dimaksud tersebut adalah seperti sales, pengiklanan, hubungan masyarakat, dan juga pemasaran langsung.

Dengan begitu, maka setiap marketer harus bisa menentukan pencampuran berbagai metode yang tepat untuk brand-nya.

Anda bisa menggabungkan semua metode tersebut dalam kegiatan pemasaran atau hanya menggunakan beberapa saja agar kampanye iklan Anda bisa berjalan dengan efektif.

Dalam kegiatan promotion mix ini terdapat empat hal penting yang harus Anda pertimbangkan, yaitu:

  • Price: Nominal uang yang harus dikeluarkan oleh konsumen saat membeli produk atau layanan Anda. Pastikanlah untuk bisa menentukan harga yang bisa mendatangkan keuntungan sambil tetap menarik perhatian pelanggan.
  • Product: Produk barang atau layanan yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan. Anda bisa membuat perubahan dalam beberapa tahun ke depan agar bisa menyesuaikan perusahaan dengan kondisi pasar.
  • Promotion: kegiatan promosi ini akan melibatkan semua metode dan strategi pemasaran, seperti iklan, penawaran khusus, ataupun sales promotion. Produk dan harga itu sendiri adalah hasil dari promosi.
  • Place: Agar bisa mengetahui lokasi terbaik Anda dalam mendistribusikan produk. Di dalamnya termasuk demografis dan juga kebiasaan konsumen pada lokasi tersebut.

Baca juga: Funneling Marketing: Pengertian dan Tips untuk Memaksimalkannya

Manfaat Promotion Mix

Masih berdasarkan laman Send Pulse, beberapa manfaat dalam menjalankan strategi promotion mix adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Efektivitas Promotional Campaign

Promosi merupakan bagian penting dalam suatu bisnis, sehingga dengan menjalankan strategi ini Anda bisa memastikan bahwa setiap promosi bisa dilakukan di waktu, tempat dan juga audiens yang tepat.

Dengan begitu, maka Anda bisa menekan anggaran dan menghemat waktu dalam melakukan kampanye promosi.

2. Membantu Segmentasi Audiens

Sebelum Anda melakukan strategi ini, maka Anda harus mengetahui target audiens Anda. Mereka bisa berasal dari berbagai lapisan kelompok masyarakat yang mempunyai kesamaan dari mulai gender, umur, preferensi, dan kategori lain. Tentunya, kelompok tersebut memerlukan pendekatannya masing-masing.

Dengan menggunakan strategi ini, maka Anda bisa menentukan pesan apa yang sesuai dan relevan untuk disampaikan ke mereka.

3. Meningkatkan Kualitas Komunikasi dengan Konsumen

Selain bisa membantu brand untuk mendekatkan diri dengan audiens, manfaat lain yang akan dirasakan dalam menggunakan strategi promotion mix adalah bisa meningkatkan kualitas komunikasi dengan konsumen.

Artinya, Anda bisa mengetahui bahasa seperti apa yang digunakan oleh audiens Anda di kehidupannya. Dengan begitu, maka kualitas komunikasi antar brand dengan konsumen akan bisa meningkat serta bisa membangun kepercayaan konsumen.

Dari sana, nantinya Anda bisa meningkatkan customer retention dan juga lead nurturing.

4. Mengedukasi Audiens

Manfaat lain dalam menerapkan strategi ini adalah Anda bisa memberikan edukasi pada audiens tentang produk ataupun layanan yang Anda tawarkan.

Hal tersebut tentunya menjadi kesempatan yang baik dalam memperkenalkan produk Anda untuk audiens yang baru mengetahui dan tertarik tentang produk ataupun layanan Anda.

5. Membedakan Brand Anda dari yang Lain

Dewasa ini, masyarakat bisa melihat berbagai iklan di setiap tempat. Hal tersebut tentunya akan membuat mereka bosan dan tidak tertarik lagi untuk melihatnya.

Nah, dengan menggunakan strategi ini, maka Anda bisa selangkah lebih maju daripada kompetitor. Pasalnya, promotion mix akan membantu Anda dalam melakukan promosi pada waktu dan tempat yang tepat, sehingga akan membuat kampanye iklan Anda lebih berkualitas.

Baca juga: Apa itu White Label Marketing? Ini Pengertian dan Cara Melakukannya!

Komponen Promotion Mix

Pada dasarnya, promotion mix memiliki empat komponen utama. Berbagai komponen tersebut digunakan oleh perusahaan dalam membuat arti dari suatu produk atau layanan yang dipromosikan ke audiensnya.

Tujuannya tentu agar audiens bersedia untuk melakukan pembelian pada produk barang atau layanan jasa Anda.

Dirangkum berdasarkan laman Indeed, beberapa komponen yang terdapat di dalam promotion mix adalah sebagai berikut:

1. Advertising

Sebagai seorang pebisnis atau marketer, Anda bisa menggunakan advertising sebagai media untuk meningkatkan brand awareness. Hal tersebut dikarenakan Anda bisa mengiklankan produk atau layanan Anda pada banyak orang dalam waktu yang bersamaan.

Adapun bentuk dari advertising ini adalah dalam bentuk iklan, radio, koran, majalah, atau banner iklan internet.

2. Sales Promotion

Sales promotion merupakan suatu upaya jangka pendek yang dilakukan agar bisa mendorong calon pelanggan untuk mau membeli produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan dengan cepat.

Umumnya, kampanye iklan yang digunakan dalam sales promotion ini menggunakan penawaran yang dibatasi oleh waktu, seperti misalnya, games, kupon, diskon, atau konten dan juga kuis tertentu.

Selain bisa meningkatkan, strategi ini pun dilakukan agar bisa meningkatkan engagement dari pelanggan dan juga menarik perhatian audiens yang lebih luas lagi.

3. Direct Marketing

Berdasarkan laman Wikipedia, direct marketing adalah salah satu promosi yang menggunakan pendekatan personal. Di dalamnya Anda akan menargetkan konsumen terlebih dahulu untuk melakukan promosi yang lebih dekat melalui media email, telepon, katalog, ataupun surat.

Kelebihan dari menggunakan media promosi ini adalah Anda bisa melakukan penyesuaian dalam promosi Anda untuk prospek konsumen dan juga audiens agar bisa mendorong mereka untuk mau melakukan pembelian.

4. Public Relations

Jenis promosi ini lebih cenderung akan memberikan komunikasi layanan dari perusahaan dan citranya kepada publik. Sehingga, hal tersebut akan memberikan dampak pada bagaimana publik melihat brand Anda.

Semakin baik pandangan publik, tentu akan semakin besar juga keuntungan yang bisa Anda peroleh.

Untuk bisa meningkatkan nilai brand, Anda dapat menggunakan public relation dalam merangkai cerita yang unik tentang kegiatan brand Anda di berbagai media.

Baca juga: Mengenal Pentingnya Follow Up Untuk Perkembangan Bisnis

Penutup

Demikianlah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang promotion mix di dalam strategi pemasaran. Dengan menjalankannya secara baik dan tepat, maka Anda akan bisa memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Namun untuk memastikannya, Anda harus mencatat setiap penjualan dan membuat laporan keuangan tanpa ada sedikitpun kesalahan. Nah, untuk menghindari kesalahan dalam melakukan hal tersebut, maka #lebihbaik Anda menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Aplikasi ini akan mencatat semua transaksi Anda secara otomatis dan akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara akurat.

Ayo buktikan sendiri dengan mencobanya lebih dulu selama 30 hari melalui tautan gambar di bawah ini.

marketingmanajemenbanner
sidebarPromo
Cinthya
Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.

Artikel Terkait