Retensi Karyawan: Pengertian, Penyebab, dan Cara Meningkatkannya

oleh | Nov 23, 2021

source envato.

Retensi Karyawan: Pengertian, Penyebab, dan Cara Meningkatkannya

Keberhasilan suatu bisnis seringkali bergantung pada karyawan yang dipekerjakannya. Strategi perekrutan yang dipikirkan dengan matang dapat mendatangkan karyawan berkualitas yang unggul dalam peran mereka dan berkontribusi pada tim mereka. Untuk mempertahankan karyawan berbakat untuk waktu yang lama, bisnis menggunakan beberapa jenis strategi retensi. Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa yang dimaksud dengan retensi karyawan dan membahas beberapa strategi retensi untuk proses bisnis yang lebih baik.

Apa definisi dari retensi karyawan?

Retensi karyawan mengacu pada kemampuan organisasi untuk mempertahankan karyawan yang berkualitas. Tingkat retensi sering dinyatakan sebagai persentase. Tujuannya agar persentase itu tinggi. Misalnya, tingkat retensi 85% berarti bahwa bisnis mampu mempertahankan 85% karyawannya selama periode waktu tertentu. Tingkat retensi sangat bervariasi berdasarkan jenis bisnis dan strategi yang digunakannya.

Mengapa retensi karyawan penting?

Ada beberapa alasan mengapa retensi karyawan penting untuk bisnis, termasuk:

Efisiensi bisnis

Karyawan yang telah berada di perusahaan selama beberapa tahun memahami visi dan budaya serta memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan itu. Dibutuhkan waktu untuk melatih karyawan baru dan agar karyawan tersebut dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan perusahaan. Mempertahankan karyawan yang mengetahui pekerjaan dan melakukan dengan standar yang tinggi membantu menjaga efisiensi dan produktivitas bisnis.

Semangat dan loyalitas karyawan

Ketika karyawan meninggalkan perusahaan, dapat mempengaruhi moral dan loyalitas. Menciptakan lingkungan kerja yang mendorong karyawan untuk tetap tinggal dapat membantu mereka merasa nyaman dengan perusahaan dan ingin terus bekerja di sana.

Baca juga:Bagaimana Cara Memantau dan Melacak Persediaan yang Efektif?

Biaya lebih rendah

Selain semua waktu dan uang yang diinvestasikan ke karyawan, mengganti karyawan menimbulkan biaya lebih lanjut. Di antara biaya-biaya itu adalah mengiklankan posisi, mewawancarai dan memilih kandidat yang berkualitas, memasukkan karyawan baru dan melatih mereka

Apa yang menyebabkan retensi karyawan rendah?

Retensi karyawan yang rendah dapat memiliki berbagai penyebab. Beberapa berhubungan dengan karyawan itu sendiri, dan yang lainnya berhubungan dengan perusahaan. Penyebab tersebut antara lain:

Moral rendah

Cara karyawan merasa tentang bekerja di perusahaan dapat mempengaruhi keinginan mereka untuk tinggal. Jika ada banyak PHK baru-baru ini atau jika perusahaan memiliki citra publik yang negatif, karyawan mungkin mempertimbangkan untuk bekerja di tempat lain.

Perubahan manajemen atas atau struktur perusahaan secara keseluruhan juga dapat mempengaruhi semangat kerja, terutama di kalangan karyawan yang sudah lama berada di sana.

Tidak ada jalan yang jelas menuju kemajuan

Jika karyawan telah bekerja di pekerjaan mereka selama beberapa tahun, unggul dalam peran mereka dan bahkan mungkin menerima pujian untuk pekerjaan mereka, mereka mungkin mengharapkan manajemen untuk mempertimbangkan mereka untuk promosi.

Namun, jika manajemen tidak membahas kemajuan karir dengan mereka atau menunjukkan kepada mereka bagaimana untuk bergerak maju dalam karir mereka, mereka mungkin mempertimbangkan untuk pergi.

Gaji yang tidak memadai

Jika gaji karyawan tidak meningkat untuk memenuhi kebutuhan mereka saat ini, dan manajemen tidak menawarkan kenaikan gaji yang memadai, karyawan tersebut mungkin mencari pekerjaan yang membayar lebih baik.

Bisa jadi manajemen saat ini sudah lama tidak menawari mereka kenaikan gaji, meskipun pekerjaan mereka bagus dan tingkat keterampilan mereka meningkat. Itu juga akan menjadi alasan bagi mereka untuk mempertimbangkan pekerjaan baru.

Baca juga: Apa itu Sistem Pemasaran Vertikal? 3 Jenis dan Manfaatnya

Kurangnya peluang pengembangan

Salah satu cara untuk mencapai kemajuan karir adalah melalui pelatihan dan pengembangan. Sebagian besar bisnis menawarkan kelas dan bimbingan kepada karyawan mereka untuk membantu mereka berkembang baik secara pribadi maupun profesional.

Jika manajemen tidak menawarkan pelatihan semacam ini kepada karyawan mereka atau memberikan bimbingan karir apa pun yang bermanfaat, karyawan mereka mungkin merasa mereka tidak dapat belajar atau tumbuh. Mereka mungkin merasa satu-satunya cara untuk maju dalam karir dan keterampilan mereka adalah dengan berganti pekerjaan.

Manfaat yang tidak memadai

Sebagian besar bisnis menawarkan tunjangan karyawan penuh waktu mereka seperti cuti berbayar, asuransi kesehatan, dan saham perusahaan. Jika tunjangan tersebut tidak ada atau tidak memadai, mereka dapat memutuskan untuk mencari pekerjaan dengan pemberi kerja yang dapat menawarkan paket tunjangan yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka.

Merasa bekerja sendiri

Merasa terputus dari rekan kerja dan perusahaan adalah alasan lain seseorang mungkin ingin mencari pekerjaan lain. Di perusahaan besar, karyawan dapat merasa jauh dari proses pengambilan keputusan. Mereka mungkin juga merasa sulit untuk berbagi pemikiran dan kekhawatiran mereka ketika ada begitu banyak karyawan lain dan banyak lapisan manajemen di atas mereka.

Kebosanan

Mungkin pekerjaan yang diberikan manajemen kepada karyawan mereka tidak menantang atau tidak memanfaatkan sepenuhnya keterampilan mereka. Karyawan ingin tahu mengapa mereka melakukan pekerjaan mereka dan bahwa pekerjaan yang mereka lakukan memuaskan dan memiliki makna. Jika mereka merasa melakukan pekerjaan tanpa tujuan, mereka mungkin ingin mencari pekerjaan di mana mereka dapat menggunakan keterampilan mereka dengan lebih baik.

Merasa terlalu banyak bekerja

Ketika ada terlalu banyak pekerjaan yang harus dilakukan dan tidak cukup waktu, tingkat stres meningkat dan motivasi untuk bekerja bisa turun. Merasa stres untuk waktu yang lama dapat menyebabkan kelelahan, yang merupakan faktor besar dalam retensi karyawan yang rendah.

Baca juga: 18 Tips Efektif yang Bisa Anda Gunakan dalam Penjualan Door To Door

Bagaimana cara meningkatkan retensi karyawan?

Banyak strategi yang ada untuk membantu bisnis meningkatkan retensi karyawan mereka, termasuk:

1. Buat proses orientasi yang terlibat

Saat yang tepat bagi bisnis untuk mempertimbangkan retensi karyawan adalah pada awal masa jabatan karyawan. Manajer dapat mempekerjakan karyawan yang memahami visi perusahaan dan antusias untuk mulai bekerja.

Dengan segera membenamkan karyawan baru dalam budaya dan lingkungan perusahaan, mereka mungkin akan merasa seperti bagian dari tim, meningkatkan retensi jangka panjang.

2. Berikan pelatihan mendalam

Sebuah bisnis yang menawarkan pelatihan berharga terkait dengan kemajuan lebih mungkin untuk mempertahankan karyawan yang berkualitas. Pelatihan yang berfokus pada karir memberikan cara yang jelas bagi karyawan untuk maju di perusahaan dan mendorong mereka untuk tetap tinggal. Ini juga menunjukkan bahwa perusahaan berinvestasi dalam pengembangan mereka dan ingin mereka sukses.

3. Bersikaplah transparan

Ketika sebuah perusahaan transparan dengan karyawannya, itu memberikan komunikasi yang jelas sehingga mereka memahami dan berbagi visi dan tujuan perusahaan.

Transparansi juga dapat mencakup memiliki kebijakan “pintu terbuka” yang memungkinkan karyawan untuk berbagi masalah dengan manajemen mereka tanpa takut didisiplinkan.

Mereka tidak hanya merasa seolah-olah perusahaan tidak menyembunyikan apa pun, tetapi mereka juga tahu bahwa suara mereka akan didengar jika mereka menawarkan saran untuk perbaikan atau ingin menyampaikan keprihatinan.

Baca juga: 8 Tips Mentoring Karyawan untuk Mengembangkan Tim Anda

4. Kenali dan beri penghargaan kepada karyawan

Sementara kebanyakan orang akan melakukan pekerjaan dengan baik terlepas dari pengakuan, fakta bahwa manajemen menunjukkan penghargaan atas pekerjaan yang baik dapat membantu membangun loyalitas

Ketika karyawan diakui atau dihargai atas prestasi mereka, mereka merasa bahwa rekan kerja dan manajemen mereka menganggap pekerjaan mereka penting dan bahwa mereka dihargai.

5. Tawarkan gaji yang kompetitif

Gaji yang baik adalah gaji di mana karyawan percaya bahwa jumlah yang mereka bayarkan masuk akal untuk tingkat pekerjaan, pengalaman, dan keterampilan mereka. Seorang karyawan lebih cenderung bertahan dengan perusahaan yang membayar gaji yang baik menawarkan kenaikan gaji yang teratur dan kompetitif serta peluang untuk bonus dan promosi.

6. Memberikan paket manfaat yang baik

Karyawan yang bekerja untuk perusahaan yang memberikan tunjangan menarik lebih mungkin untuk bertahan. Manfaat seperti asuransi kesehatan yang disubsidi oleh pemberi kerja, cuti sakit yang dibayar, waktu liburan yang dibayar, dan diskon perusahaan dapat menjadi insentif yang baik untuk menarik dan mempertahankan karyawan yang berkualitas.

7. Memiliki kebijakan waktu istirahat yang fleksibel

Terlalu banyak bekerja dan kelelahan bisa menjadi alasan seseorang mungkin merasa perlu berganti pekerjaan. Dengan memberikan kebijakan waktu istirahat yang fleksibel, perusahaan mendorong karyawannya untuk mengambil cuti dari pekerjaan.

Keseimbangan kehidupan kerja yang baik penting untuk kesehatan mental. Dengan mengizinkan karyawan mengambil cuti saat mereka membutuhkannya, bisnis menunjukkan bahwa mereka peduli pada mereka sebagai manusia, bukan hanya sebagai karyawan.

8. Tawarkan jam kerja yang fleksibel

Ada kalanya karyawan harus mampu mengelola situasi di rumah yang terjadi selama hari kerja Jika perusahaan dapat memberikan fleksibilitas kepada karyawannya untuk mengerjakan tanggung jawab di rumah, mereka cenderung tidak mencari pekerjaan di tempat yang memiliki jadwal yang lebih akomodatif .

Baca juga: Apa itu Analisis Risiko? Dan Bagaimana Cara Menganalisis Risiko Proyek?

9. Memberikan kemudahan dan kenyamanan fasilitas

Fasilitas seperti meja ergonomis, kafetaria bersubsidi, minuman gratis, dan area istirahat adalah cara bisnis dapat menunjukkan kepeduliannya kepada karyawannya. Dengan mempromosikan lingkungan kerja yang sehat dan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk menjauh dari meja mereka dan bersantai, perusahaan menunjukkan kepedulian terhadap kesehatan mental dan fisik mereka.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap retensi karyawan dan cara meningkatkannya dalam bisnis Anda. Seorang pemilik bisnis, harus memperhatikan apa yang diperlukan karyawan Anda untuk membangun strategi yang efisien dan dalam mengambil keputusan terbaik, termasuk strategi keuangan.

Jika Anda memerlukan proses pencatatan keuangan yang praktis dan modern, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang sudah terbukti dan berpengalaman lebih dari 20 tahun.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu penggua dari berbagai jenis bisnis di Indonesia. Dengan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan pembukuan, pembuatan laporan keuangan, mengelola perpajakan dan kemudahan lainnya yang bisa Anda lakukan kapanpun dan dimanapun.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Accurate-

marketingmanajemenbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Anggi
Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.

Artikel Terkait