Sales Force: Tim Penjualan yang Mampu Mengembangkan Bisnis Perusahaan

oleh | Feb 1, 2023

source envato.

Sales Force: Tim Penjualan yang Mampu Mengembangkan Bisnis Perusahaan

Saat ini, sales force menjadi salah satu unsur penting di dalam bidang penjualan perusahaan. Tim ini seperti penggerak dari semua strategi sales dan marketing yang digunakan oleh pihak perusahaan.

Bahkan, di beberapa perusahaan besar, tim ini kerap kali memegang tanggung jawab dalam memantau beragam jenis pekerjaan dari tm sales.

Itu artinya, mereka memiliki peran yang sangat penting dalam kesuksesan penjualan dan perkembangan bisnis perusahaan.

Lantas, apa itu sales force? Apa saja peran penting mereka? Tenang, karena kami sudah merangkum jawabannya di bawah ini untuk Anda.

Apa itu Sales Force?

Dilansir dari laman Inc, sales force adalah sekelompok karyawan yang secara umum bertugas untuk menjual produk dan juga layanan perusahaan. Mereka menjadi tenaga penjualan khusus yang bertugas dalam menopang kelangsungan proses bisnis dalam suatu perusahaan.

Selain harus membantu perkembangan bisnis, mereka juga bertugas dalam semua unsur penting penjualan perusahaan. Di dalamnya termasuk menjaga hubungan interaksi yang baik dengan pelanggan, membuat dan menjelaskan secara detail tentang strategi sales, dan juga mengumpulkan insight dalam bentuk feedback dari pelanggan.

Mereka juga terkadang harus mengelola beberapa teknologi guna meningkatkan angka penjualan produk barang atau layanan jasa perusahaan.

Dalam mengoptimalkan produktivitas kerjanya, mereka pun harus memantau beberapa aplikasi helpdesk dan Customer Relationship Management atau CRM.

Jadi, sales force adalah salah satu unsur yang sangat penting dari manajemen marketing, sales, dan customer relations.

 Baca juga: Mengenal Sales Advisor dan Pentingnya Bagi Perusahaan

Peran dan Fungsi Sales Force

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwa sales force memiliki tugas dalam menopang perkembangan bisnis perusahaan. Untuk itu, mereka yang bertugas di dalamnya tidak melulu fokus dalam satu pekerjaan spesifik saja. Karena, terdapat juga berbagai tanggung jawab yang harus diselesaikan, dari mulai merencanakan strategi sales, sampai jumlah penjualan perusahaan.

Pada akhirnya, perusahaan biasanya akan membuat beberapa peran di dalam bidang tersebut agar semua tugas bisa diselesaikan secara maksimal.

Nah, di bawah ini adalah beberapa peran dan fungsi sales force di dalam perusahaan:

1. Inside Sales

Berdasarkan laman Forbes, salah satu peran yang akan Anda temukan dalam sales force adalah inside sales. Mereka yang berada di dalamnya akan bertugas dalam menghubung klien dan prospek potensialnya secara rutin. Tapi, sama seperti namanya, mereka akan menghubungi klien secara langsung dari kantornya tanpa harus melakukan tatap muka.

Dalam melakukan tugas tersebut, mereka akan sering berurusan dengan CRM dan platform daring lainnya. Pasalnya, mereka harus melakukan komunikasi dengan para pelanggan secara remote.

Baca juga: Apa itu Human Resource Business Partner? Apa Peran Pentingnya Bagi Bisnis?

2. Outside Sales

Peran yang satu ini seringkali dianggap berkebalikan dari inside sales. Mereka akan bertatap muka dengan klien perusahaan. Dalam prosesnya, mereka harus menawarkan produk barang atau layanan jasa perusahaan pada klien. Selain itu, mereka juga harus menghasilkan revenue dalam wujud prospek potensial.

3. Sales Support

Berdasarkan laman Efficy, sales support adalah mereka yang bertugas dari balik layar dan menangani beragam masalah pelanggan. Selain itu, mereka juga harus membantu tim sales untuk melakukan close selling secara lebih cepat.

Fungsi utama dari sales support ini mencakup pemeriksaan profil dari calon pelanggan, melakukan analisa data prospek, dan juga melakukan consumer research. Peran ini juga akan sangat terbantu dengan menggunakan aplikasi CRM atau helpdesk.

4. Lead Generation

Peran yang terakhir dari tim sales force adalah lead generation. Mereka harus melakukan riset dan menjalin jaringan agar bisa menciptakan koneksi yang baru.

Riset yang mereka lakukan harus mampu membawakan bisnis berbagai pelanggan potensial. Lead generation juga memiliki tanggung jawab dalam menilai kredibilitas prospek dan kesesuaian mereka dengan produk ataupun layanan jasa perusahaan.

Baca juga: Peran Penting Faktor Ergonomi dalam Lingkungan Kerja

Manfaat Sales Force

Pada dasarnya, sales force adalah tim yang harus menentukan kesuksesan penjualan perusahaan. Mereka diperlukan sebagai penopang utama dari keberlangsungan bisnis suatu perusahaan.

Tapi, tim ini juga mempunyai manfaat lain yang bisa memberikan keuntungan untuk perusahaan. Berdasarkan laman Entrepreneur, manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan brand awareness perusahaan dan loyalitas pelanggan secara efektif
  • Menyaring feedback customer secara inisiatif yang lebih rapi
  • Kondisi bisnis akan lebih stabil karena pendapatan akan terus mengalami peningkatan

Baca juga: Apa itu Talent Pool? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Perusahaan!

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang sales force, mulai dari penjelasan sampai manfaatnya. Pada intinya, sales force adalah suatu tum yang bertugas dalam menjual produk dan layanan perusahaan.

Selain itu, mereka juga harus mengelola beberapa hal lain, seperti feedback dari pelanggan dan menerapkan strategi penjualan yang baru.

Namun, mereka tentunya memerlukan tools atau peralatan yang mampu mendukung kinerja mereka secara optimal, seperti untuk mengetahui jumlah persediaan produk secara real time, mencatat angka penjualan, dan lain sebagainya.

Nah, sebagai pebisnis, Anda bisa memfasilitasi mereka secara #lebihbaik dengan menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa mengelola persediaan barang di gudang secara mudah dan mengetahui persediaannya secara real time. Aplikasi ini juga akan mencatat setiap penjualan yang terjadi secara otomatis.

Fitur tersebut juga telah terintegrasi dengan fitur lainnya, yang akan mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, memudahkan Anda dalam melakukan penjualan dan pembelian, menyelesaikan urusan perpajakan secara instan, dan masih banyak lagi.

Lebih menariknya lagi, seluruh keunggulan dan fitur luar biasa tersebut bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya investasi sebesar 200 ribuan saja perbulan. Bahkan, Anda bisa mencobanya lebih dulu selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

marketingmanajemenbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Anggi
Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.

Artikel Terkait