Apa itu Talent Pool? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Perusahaan!

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kehadiran SDM atau Sumber Daya Manusia menjadi faktor penting dalam mendukung kegiatan operasional perusahaan. Dalam menyaring kandidat SDM, setiap perusahaan akan mengelompokkan dan mendata mereka. Nah, kegiatan pengelompokkan ini dikenal dengan talent pool.

Lalu, apa itu talent pool? Apa fungsinya untuk perusahaan? Apa saja tips untuk bisa membangun talent pool? Tenang, Anda bisa mendapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang talent pool di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Talent Pool?

Berdasarkan laman Techtarget, talent pool adalah sekumpulan kandidat yang sudah dikelompokkan oleh perusahaan sebagai kandidat yang mempunyai performa kerja bagus dan memiliki talenta baik daripada kandidat yang lainnya. Adapun kandidat ini adalah para karyawan atau pegawai perusahaan.

Kegiatan ini dilakukan agar bisa membantu perusahaan dalam membangun dan mempertahankan keunggulannya melalui cara menempatkan kandidat yang mempunyai performa kerja bagus pada posisi yang disediakan perusahaan.

Baca juga: Apa itu Human Resource Management? Ini Pengertian dan Fungsi Penerapannya!

Fungsi Talent Pool

Tentunya penerapan talent pool oleh perusahaan ini memiliki beberapa fungsi. Dengan adanya penerapan talent pool ini, maka perusahaan bisa menciptakan dan memertahankan keunggulan mereka dengan cara menempatkan kandidat unggul di posisi yang tersedia di dalam perusahaan.

Penerapan talent pool ini juga menjadi strategi jangka panjang yang bisa dilakukan oleh perusahaan agar bisa mengisi posisi dalam perusahaan yang saat ini belum ada. Selain itu, penerapannya pun akan membuat perusahaan mempunyai sumber rekrutmen yang bisa Anda gunakan kapan saja Anda perlukan.

Baca juga: Cara Menciptakan Sense of Belonging Pada Karyawan di Dalam Bisnis Anda

Manfaat Talent Pool

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan oleh perusahaan dalam menerapkan talent pool. Dengan menerapkannya, maka perusahaan bisa mengurangi biaya rekrutmen yang kerap kali memakan biaya sangat besar.

Sehingga, perusahaan tidak perlu lagi melakukan alokasi biaya untuk memasang iklan lowongan kerja. Pengurangan biaya rekrutmen pun bersamaan dengan pengurangan waktu rekrutmen. Perusahaan pun akan bisa lebih cepat dalam melakukan rekrutmen kandidat karena telah memiliki database yang telah terakurasi secara baik.

Selain itu, perusahaan pun bisa memperbaiki kualitas kegiatan rekrutmen melalui penerapan talent pool.

Baca juga: Cara Ampuh Membuat Offering Letter yang Menarik

Tips Membangun Talent Pool

Setelah kita mengetahui manfaat dan fungsi dari talent pool, beberapa dari Anda pasti tertarik untuk mengetahui tips dalam membangunnya. Nah, jika Anda tertarik, Anda bisa mengikuti tips membangun talent pool di bawah ini.

1. Menggunakan Software Rekrutmen yang Memadai

Penggunaan aplikasi rekrutmen yang memadai dianggap sebagai kunci penting dari efektivitas proses rekrutmen. Kehadiran aplikasi ini akan membantu perusahaan untuk melakukan seleksi kandidat secara lebih cepat dan mudah.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa menyesuaikan profil kandidat dengan kriteria posisi yang diperlukan oleh perusahaan. Untuk itu, sangat penting sekali bagi perusahaan untuk memiliki aplikasi perekrutan yang memadai.

2. Mengandalkan Referensi yang Perusahaan Miliki

Karyawan perusahaan seringkali memiliki rekomendasi kandidat yang berkompeten dan juga berkualitas. Perusahaan bisa menyimpan data referensi tersebut di database perusahaan.

Nantinya, saat perusahaan sedang memerlukan kandidat baru untuk dapat menempati posisi, perusahaan bisa secara langsung menghubungi kandidat yang berada di dalam database tersebut.

3. Membuat Laman Karier yang Mudah Diakses

Dalam hal merekrut sumber daya manusia yang diperlukan oleh perusahaan, seringkali perusahaan membuat suatu halaman karir yang mudah untuk diakses oleh pelamar. Dalam laman karir tersebut tersedia informasi lengkap terkait kriteria yang diperlukan.

Pelamar pun bisa secara langsung mengunggah lamaran kerjanya melalui laman karir tersebut. Pembuatan laman karir akan semakin memudahkan perusahaan untuk mengelompokkan calon kandidat.

4. Membangun Komunitas

Perusahaan juga bisa membuat komunitas tertentu agar bisa menjadi kandidat secara lebih luas yang memiliki kompetensi dan lebih berkualitas. Membuat komunitas ini bisa memfasilitasi pihak perusahaan untuk bisa mengenalkan budaya kerja dan peluang karir yang tersedia.

Selain itu, kehadiran komunitas juga bisa memfasilitasi para pelamar untuk bisa mengetahui informasi terkait posisi yang tersedia.

Baca juga: Cara Menentukan Jenis Pekerja di Dalam Bisnis

Kesimpulan

Jadi, penerapan talent pool akan mampu memberikan kemudahan untuk perusahaan agar bisa memperoleh kandidat yang lebih berkualitas agar bisa menempati posisi yang ada di dalam perusahaan. dalam penerapannya, terdapat beberapa tips yang bisa Anda coba gunakan, dari mulai menggunakan aplikasi lowongan kerja sampai membentuk komunitas karir.

Namun, dalam mencari SDM dan mengelolanya dengan baik tentu Anda memerlukan anggaran khusus. Nah, Anda bisa lebih mudah dalam menentukan dan mengelola setiap anggaran yang dibutuhkan oleh perusahaan dengan menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, seluruh kegiatan transaksi perusahaan akan tercatat secara otomatis dan Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Laporan keuangan ini juga bisa Anda gunakan untuk mengelola dan menentukan anggaran yang penting untuk perusahaan Anda.

Selain itu, aplikasi yang telah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis yang mampu membantu Anda dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang di gudang, menyelesaikan administrasi perpajakan, dan masih banyak lagi.

Dengan kelebihan dan fitur luar biasa dari Accurate Online tersebut Anda akan lebih mudah dalam mengelola bisnis dan Anda juga bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis Anda.

Lebih menariknya lagi, Anda bisa menikmati Accurate Online dengan hanya mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau. Bahkan, Anda bisa lebih dulu mencobanya selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.