Apa itu Human Resource Business Partner? Apa Peran Pentingnya Bagi Bisnis?

Dilansir dari laman HRM Handbook, human resource business partner adalah suatu profesi yang memiliki peran penting di dalam HR Management di zaman yang sudah modern seperti saat ini. Jadi bisa dibilang bahwa human resource business partner adalah pengembangan dari HR Management, namun dengan tanggung jawab yang lebih luas lagi.

Hal tersebut dikarenakan mereka yang memiliki posisi ini biasanya adalah mereka yang telah senior di dalam bidang HR Management.

Saat ini, human resource business partner pun semakin populer di berbagai perusahaan karena mereka sangat penting untuk bisa membantu menerapkan dan mengembangkan manajemen yang lebih baik.

Lantas, apa itu human resource business partner? Ketahui lebih dalam dengan membaca artikel tentang human resource business partner di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Human Resource Business Partner?

Human resource atau sumber daya manusia adalah suatu aset penting dan berharga bagi suatu perusahaan. Strategi yang diterapkan di dalam HR mempunyai dampak yang besar untuk bisnis.

Robert Walters berpendapat bahwa mereka yang menduduki posisi HRBP bertanggung jawab untuk bisa bekerja lebih dekat dengan perusahaan dan memberikan ide serta nilai dalam membuat keputusan bisnis. Mereka harus bisa fokus dalam mengembangkan strategi yang mampu mengarahkan departemen HR untuk bisa lebih baik dan juga sesuai dengan tujuan bisnis suatu perusahaan.

Pengembangan bakat karyawan pun harus menjadi suatu agenda penting dari HRBP. Diperlukan berbagai strategi tertentu agar bisa mengembangkan kemampuan karyawan demi membantu kemajuan bisnis. Untuk itu, biasanya HRBP bertugas dalam memperbarui strategi di dalam pengembangan bakat karyawan serta perekrutan karyawan baru.

Selain itu, mereka pun harus selalu memberikan informasi terkait perkembangan strategi HR Management pada para pimpinan perusahaan.

Selain itu, HRBP adalah posisi yang menghubungkan karyawan dan manajer di dalam organisasi perusahaan. Dalam melakukan tugasnya, mereka harus bisa menciptakan hubungan yang sehat dengan para pimpinan bisnis agar bisa memberikan ide dan solusi agar bisa mengatasi masalah yang dihadapi oleh perusahaan.

HRBP pun mempunyai misi untuk membuat lingkungan perusahaan menjadi lebih positif, sehingga mereka juga bertanggung jawab sebagai penasihat untuk setiap tim leader di dalam perusahaan.

Baca juga: Apa itu Human Resource Management? Ini Pengertian dan Fungsi Penerapannya!

Tanggung Jawab dan Tugas HRBP

1. Tanggung jawab

Tanggung jawab utama dari human resource business partner tentu cukup berbeda sesuai kebijakan yang diterapkan setiap perusahaan. Biasanya tanggung jawab dasar dari BRBP tidak menjadi pengawasan langsung, tapi lebih sebagai mentor atau penasihat untuk setiap tim leader.

2. Tugas

Berikut ini adalah beberapa tugas dari HRBP:

  • Melaksanakan pertemuan rutin mingguan dengan setiap unit bisnis
  • Berkonsultasi dengan pihak manajemen untuk bisa memberikan panduan HR
  • Melakukan analisis matrik dan tren dengan departemen HR guna mengembangkan program, solusi dan juga kebijakan
  • Mengelola dan juga menyelesaikan masalah rumit yang berkaitan dengan karyawan melalui investigasi secara menyeluruh dan juga objektif
  • Meningkatkan pengetahuan tentang informasi hukum yang berkaitan dengan manajemen SDM
  • Memberikan panduan ketika terdapat kebijakan yang berkaitan dengan HR yang baru
  • Mengembangkan persyaratan kontrak untuk para karyawan baru, karyawan yang mendapatkan promosi, ataupun transfer departemen
  • Memberikan masukan dan juga arahan di dalam restrukturisasi unit basis serta perencanaan tenaga kerja
  • Melakukan identifikasi pada kebutuhan pelatihan untuk setiap unit bisnis dan juga pembinaan karyawan
  • Turut serta dalam melakukan evaluasi dan pemantauan program serta memastikan kesuksesannya.

Baca juga: Hitungan Lembur di Indonesia Berdasarkan Undang-Undang

Kualifikasi dan Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi HRBP

Berikut ini adalah beberapa skil khusus yang diperlukan untuk bisa menjadi seorang HRBP:

1. Skill Komunikasi

Untuk bisa menjadi seorang HRBP, maka kemampuan pertama yang harus dikuasai adalah kemampuan berkomunikasi. Tanpa adanya kemampuan ini, bisa dipastikan Anda akan mengalami kesulitan untuk melakukan berbagai tugas.

Setiap HRBP akan selalu berkaitan langsung dengan para karyawannya, mulai dari yang paling junior sampai para pemimpin di seluruh aspek usaha. Untuk itu, diperlukan kemampuan komunikasi yang baik, karena HRBP mempunyai tanggung jawab dalam menyampaikan berbagai idenya ke para pimpinan dan memberikan instruksi pada setiap perusahaan.

Dalam hal ini, komunikasi yang diperlukan tidak hanya komunikasi verbal saja, tapi juga kemampuan komunikasi nonverbal. Jadi dengan adanya kemampuan komunikasi verbal dan nonverbal, HRBP akan lebih mudah dalam melakukan tugasnya.

2. Analytical Skill

Selanjutnya, seorang HRBP harus memiliki kemampuan analytical skill. Berdasarkan laman Cleverism, kandidat yang mengisi posisi ini harus bisa mengumpulkan informasi dari data yang dimilikinya lalu menganalisis serta menarik sebuah rekomendasi yang diperlukan.

Tentunya membuat strategi yang berguna untuk perusahaan bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan kemampuan menghimpun data dan juga mengelolanya. Selain itu, performa dari program yang telah diterapkan pun harus kembali dianalisa agar bisa mengetahui efektivitas dari adanya program tersebut.

Nah, agar bisa melakukan berbagai hal tersebut, dibutuhkan adanya kemampuan analisis yang kuat.

3. Interpersonal Skill

Seorang HRBP pun harus bisa memiliki kemampuan interpersonal yang baik. Kemampuan ini menjadi dasar yang sangat penting dalam menciptakan hubungan yang baik dengan orang lain.

Beberapa contoh dari kemampuan interpersonal adalah empati, mampu mengatasi masalah, aktif mendengarkan, sampai kemampuan kepemimpinan.

Baca juga: Apa itu Honorarium? Ini Penjelasan dan Metode Pemberiannya!

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang human resource business partner atau HRBP. Profesi ini menjadi salah satu profesi yang mempunyai prospek penting dan banyak diperlukan oleh perusahaan.

Jika bisnis Anda tertarik untuk merekrut HRPB, maka Anda harus terlebih dahulu menyiapkan anggaran dalam merekrutnya dan memberikan upah rutin setiap bulan untuknya.

Nah, agar lebih mudah dalam membuat dan mengelola anggaran perusahaan, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Pasalnya, aplikasi yang telah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang akan memudahkan Anda dalam mengelola anggaran perusahaan secara menyeluruh.

Selain itu, Accurate Online pun telah terintegrasi dengan berbagai fitur bisnis lain, sehingga akan lebih memudahkan Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis.

Tertarik menggunakan Accurate Online? Silahkan coba dulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.