Cara Menciptakan Sense of Belonging Pada Karyawan di Dalam Bisnis Anda

Rasa untuk memiliki atau sense of belonging. sangat penting bagi perusahaan, karena akan berkaitan dengan komitmen, motivasi, dan rasa bangga yang dimiliki karyawan. Rasa memiliki ini sangat sulit untuk dibangun dan tumbuh pada karyawan, bila mereka tidak melakukannya dengan pendekatan yang tepat.

Sense of belonging ini harus dimiliki oleh setiap karyawan, karena perasaan tersebut berkaitan dengan kondisi psikologis dan juga kesehatan mental serta kesehatan fisik.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang berbagai hal yang harus Anda ketahui tentang sense of belonging.

Apa itu Sense of Belonging?

Pada dasarnya, sense of belonging mengacu pada kebutuhan emosional manusia untuk bisa berafiliasi dengan serta diterima oleh anggota kelompok.

Rasa tersebut termasuk kebutuhan untuk menjadi anggota di dalam suatu kelompok untuk diterima di lingkungan kerja atau lingkungan masyarakat. Sense of belonging juga melibatkan lebih dari sekedar berkenalan dengan orang lain. Hal tersebut berpusat pada memperoleh penerimaan, perhatian dan juga dukungan dari anggota kelompok dan juga memberikan perhatian yang sama pada orang lain.

Dalam ilmu psikologi sosial, kebutuhan untuk memiliki ini adalah motivasi intrinsik untuk bisa berafiliasi dengan orang lain dan juga diterima secara sosial. Kebutuhan ini berperan penting dalam sejumlah fenomena sosial, seperti misalnya presentasi diri dan juga perbandingan sosial.

Baca juga: Cara Ampuh Membuat Offering Letter yang Menarik

Manfaat Sense of Belonging Bagi Perusahaan

Sense of belonging adalah suatu hal yang sangat penting sekali untuk dimiliki setiap orang. Rasa untuk memiliki ini bisa membuat hubungan Anda dengan orang lain menjadi lebih awet. Selain itu, perasaan ini juga bisa memberikan motivasi pada Anda untuk bisa terus aktif dalam bersosialisasi.

Di dalam teori hierarki kebutuhan yang dibuat oleh Abraham Maslow, sense of belonging adalah salah satu kebutuhan yang akan memotivasi perilaku manusia.

Rasa memiliki ini adalah kebutuhan yang berada di puncak piramida kebutuhan sosial Maslow, selain cinta. Sedangkan dalam suatu penelitian yang berjudul “Intelligence, Belongingness, and Mental Health in College Students” disebutkan bahwa rasa untuk memiliki ini mampu meningkatkan kesejahteraan, dan sekaligus kebahagiaan secara menyeluruh.

Selain itu, perasaan ini pun bisa mengurangi risiko kesehatan mental, seperti depresi, kecemasan, kesendirian, keputusasaan, pikiran untuk bunuh diri, dan juga kecemasan sosial.

Baca juga: Apa itu Notice Period? Ini Pengertian dan Tujuan Pentingnya!

Cara Membangun Sense of Belonging

Perlu Anda ketahui bahwa sense of belonging ini mampu menurunkan turnover karyawan, performa karyawan, bahkan loyalitas mereka. Nah, berikut ini adalah cara untuk membangun sense of belonging para karyawan.

1. Diskusi Secara Terbuka

Hambatan interpersonal yang ada di antara karyawan terjadi karena ketidaktahuan. Dengan kata lain, individu tidak memiliki pemahaman yang cukup dalam tentang orang-orang yang bekerja dengan mereka.

Manajer dapat mengundang karyawan untuk berbagi pengalaman dan mendiskusikan peningkatan bisnis. Mengkomunikasikan tujuan dan visi dan misi perusahaan secara terbuka. Diskusi rutin membuat karyawan merasa menjadi bagian dari perusahaan. Setelah karyawan saling memahami, konflik dapat dijaga seminimal mungkin.

2. Membangun Kepercayaan

Kepercayaan sangat penting sekali untuk keberhasilan hubungan antar setiap rekan kerja. Bila ada yang kurang bisa mempercayai anggota tim lain, maka tentu saja pekerjaan akan menjadi kurang efisien, karena seringkali akan membuang banyak waktu untuk memantau pekerjaan orang lain.

Selain itu, kepercayaan juga bisa dibangun secara mudah bila karyawan berada dalam satu irama yang sama. Oleh karenanya, dalam membangun rasa kepercayaan ini, para karyawan harus terlebih dahulu saling mengenal.

Kepercayaan di tempat kerja bisa dibagi menjadi tiga kategori, yakni afektif, kognitif, dan juga transaksional. Kepercayaan kognitif adalah tahap pertama dalam membangung hubungan yang lebih kuat dan berpusat pada membangun kepercayaan antar rekan kerja.

3. Tetapkan Tujuan Bersama

Menetapkan tujuan bersama di dalam suatu kelompok bisa membuat karyawan untuk memberikan kontribusi yang tulus dan nyata, karena mereka merasa bisa diterima secara baik oleh perusahaan. Perlu Anda garis bawahi juga bahwa mendefinisikan tujuan tim harus dilakukan selaras dengan tujuan dan juga budaya perusahaan secara menyeluruh.

Hal lainnya yang harus Anda perhatikan adalah memastikan bahwa karyawan harus terus berkontribusi secara efektif pada realisasi visi dan membantu karyawan dalam memahami visi secara umum serta bagaimana karyawan dalam beradaptasi.

4. Jaga Fokus

Agar bisa membangun rasa memiliki karyawan, sangat penting sekali untuk melibatkan karyawan dalam berbagai aspek operasi bisnis. Buatlah mereka merasa seperti mempunyai saham di setiap gerakan dan membuat perusahaan berubah. Jadi, berikanlah perhatian khusus pada karyawan Anda dan buat mereka untuk fokus pada pekerjaannya.

Baca juga: Cara Menentukan Jenis Pekerja di Dalam Bisnis

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang sense of belonging. Setiap karyawan dari suatu perusahaan tentunya harus bisa memiliki rasa tersebut. Karena selain mampu menghilangkan perasaan yang tidak nyaman, perasaan tersebut juga bisa membantu karyawan dalam meningkatkan kinerja dan melahirkan ide-ide positifnya untuk perusahaan.

Nah, sebagai pebisnis, Anda bisa menciptakan sense of belonging karyawan dengan menyediakan sistem yang mampu mempercepat proses kerja mereka, salah satunya adalah sistem aplikasi bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, maka kegiatan transaksi bisnis tidak perlu dilakukan secara manual, karena semuanya akan tercatat secara otomatis dan karyawan Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara akurat.

Terlebih lagi, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis yang akan membuat Anda lebih mudah dalam mengelola dan mengembangkan bisnis.

Tertarik dengan Accurate Online? Anda bisa mencobanya lebih dulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.