Apa itu Notice Period? Ini Pengertian dan Tujuan Pentingnya!

Untuk mengakhiri pekerjaan di dalam suatu perusahaan, Anda harus melakukannya secara profesional. Nah, salah satunya adalah dengan memberikan notice period.

Istilah notice periode ini mungkin masih asing untuk banyak orang. Padahal, istilah ini menjadi salah satu syarat atau tahapan yang penting yang harus dilakukan bila Anda ingin keluar dari perusahaan. Dikatakan penting karena agar perusahaan bisa membuat rencana di masa depan saat Anda keluar dan mempersiapkan berbagai administrasinya.

Keluar dari perusahaan atau yang sering disebut resign yang dilakukan oleh karyawan nantinya akan membuat karyawan harus kehilangan karyawan dan membuat mereka wajib mencari talenta baru. Untuk itu, notice period harus dilakukan oleh karyawan yang akan resign.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang notice period.

Apa itu Notice Period?

Dilansir dari laman Reed, notice period adalah suatu istilah waktu yang perusahaan atau karyawan butuhkan saat karyawan tersebut ingin mengakhiri masa kerjanya. Hal tersebut berlaku untuk kedua belah pihak, baik saat perusahaan ingin resign ataupun perusahaan yang ingin memutuskan atau mengakhiri masa kerja dari karyawan tersebut.

Perusahaan harus memberikan informasi pada karyawannya dalam kurun waktu tertentu sebelum masa kerjanya berakhir. Hal tersebut nantinya akan memberikan kemudahan pada kedua belah pihak untuk mempersiapkan beragam hal tanpa mengganggu performa perusahaan dan rencana karyawan.

Lebih dari itu, notice period juga akan menunjukkan bukti profesionalisme antar kedua pihak sehingga, resiko karyawan yang keluar masuk perusahaan sesuka hatinya bisa berkurang. Hal tersebut umumnya sudah diatur di dalam kontrak kerja karyawan.

Baca juga: Cara Menentukan Jenis Pekerja di Dalam Bisnis

Tujuan Notice Period

Seperti yang telah dijelaskan diatas, notice period dibutuhkan untuk karyawan dan perusahaan untuk bisa mempersiapkan rencana ataupun orang yang bisa menggantikan posisi karyawan tersebut.

Kehadiran jeda waktu tersebut nantinya akan memudahkan proses transaksi pada orang lain yang nantinya akan menggantikan posisi tersebut. Selain itu, jeda waktu ini juga akan berguna agar bisa melengkapi kebutuhan administrasi karyawan dan juga perusahaan.

Hal tersebut pun sama untuk karyawan. Notice period berguna agar bisa mencari pekerjaan baru dan menyiapkan berbagai hal di masa depan. Tidak hanya untuk perusahaan swasta saja, PNS atau Pegawai Negeri Sipil juga harus menerapkan notice period. Perbedaannya hanya pada ketentuan cara dan syaratnya saja.

Baca juga: Support System dan Peran Pentingnya di Lingkungan Kerja

Regulasi

Perlu Anda ketahui bahwa notice periode mempunyai peraturan yang mengikat. Hal tersebut biasanya dimulai saat karyawan ingin mengajukan surat pengunduran diri atau pihak perusahaan yang mengajukan surat PHK atau pemecatan.

Untuk di Indonesia sendiri, hal tersebut telah diatur dalam Pasal 154A ayat (1) huruf i UU Nomor 13 Tahun 2003 terkait ketenagakerjaan.

Berdasarkan Undang-undang tersebut, terdapat beberapa ketentuan tertentu saat pekerja ingin mengundurkan diri, yakni harus mengajukan permohonan pengunduran diri secara tertulis maksimal 30 hari sebelum tanggal pengunduran diri, tidak sedang dalam ikatan dinas, dan tetap melakukan kewajibannya hingga tanggal pengunduran diri.

Setiap perusahaan harus bisa menetapkan standarnya sendiri terkait batas waktu notice periode, asalkan tidak melebihi batas waktu yang telah diatur di dalam undang-undang, yakni 30 hari. Pihak perusahaan pun harus memberikan jawaban dari permohonan pengunduran diri tersebut, setidaknya 14 hari sebelum tanggal pengunduran diri yang diajukan karyawan.

Bila perusahaan tidak kunjung memberikan jawaban, maka artinya perusahaan sudah menyetujui surat pengunduran diri yang sudah diajukan karyawan.

Baca juga: Berbagai Sumber Tenaga Kerja dan Cara untuk Memperolehnya

Batas Notice Period

Batas waktu notice periode ini adalah satu bulan sebelumnya atau yang banyak dikenal dengan one month notice. Bila perusahaan menerapkan peraturan bahwa pemberitahuan harus dilakukan karyawan lebih dari satu bulan sebelumnya, maka hal tersebut dianggap menyalahi peraturan.

Beberapa perusahaan mungkin ada yang menerapkan two month notice untuk karyawan senior sebelum dirinya mengundurkan diri. Namun, peraturan tersebut tidak bisa memberikan sanksi yang tegas jika karyawan tidak melakukan one month notice ataupun two month notice.

Untuk itu, umumnya sanksi akan berasal dari kesepakatan kerja antar pihak karyawan dan perusahaan. Hal tersebut akan memberikan dampak pada kemungkinan adanya pemecatan dengan waktu yang mendekati berakhirnya hubungan kerja dan merugikan karyawan karena belum bisa menyiapkan diri bila terjadi pemecatan.

Baca juga: Proses Perencanaan SDM yang Baik dan Tepat

Penutup

Setiap karyawan yang ingin mengajukan resign tidak bisa keluar dari perusahaan secara begitu saja. Karyawan harus memerhatikan notice periode agar posisi di perusahaan bisa terus berjalan dengan lancar. Jika karyawan mengabaikan hal ini, maka karyawan akan mendapatkan sanksi.

Pihak perusahaan pun harus memberikan informasi pada karyawan bila ingin melakukan pemberhentian kerja. Jika hal tersebut bisa diterapkan dengan baik, maka tidak ada pihak yang merasa dirugikan karena setiap pihak bisa mempersiapkan berbagai hal penting.

Selain harus memerhatikan notice periode, perusahaan pun harus bisa menyiapkan tunjangan yang menjadi hak karyawan yang keluar dari perusahaan tersebut. Tunjangan dalam bentuk dana tunai ini juga harus dicatat oleh perusahaan secara baik dan tepat. Namun, tentu akan sangat merepotkan bila dilakukan secara manual.

Nah, dengan menggunakan aplikasi bisnis dari Accurate Online, hal tersebut bisa dilakukan secara otomatis dan cepat. Bahkan, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara akurat dan bisa diakses dimana saja Anda perlukan.

Aplikasi ini juga bahkan sudah dilengkapi dengan fitur bisnis lain yang akan memudahkan Anda dalam mengelola dan meningkatkan efisiensi bisnis. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis.

Penasaran dengan Accurate Online? Ayo coba semua kelebihan dan fitur menarik dari Accurate Online selama 30 hari gratis dengan hanya klik tautan gambar di bawah ini.

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.