Apa itu Sentimen Analisis? Ini Pengertian dan Jenis-jenisnya!

Setiap perkataan yang diucapkan para pelanggan mempunyai makna dan juga emosi yang tersirat. Nah, sentimen analisis adalah proses yang bisa membantu Anda untuk memahami makna tersebut. Proses ini sangat penting sekali untuk mengetahui apakah emosi pelanggan pada brand memiliki nada yang negatif, positif, ataupun netral.

Dengan mengetahui makna tersebut, maka Anda bisa menempuh langkah yang tepat untuk kemajuan brand Anda.

Lalu, apa itu sentimen analisis? Bagaimana cara menggunakannya? Dapatkan penjelasannya dengan membaca artikel tentang sentimen analisis di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Sentimen Analisis

Setiap pelanggan bisa saja mempunyai pendapatan ataupun pengalaman tersendiri terkait brand Anda. Mereka bisa saja suka, tidak suka atau bahkan netral dengan produk barang atau layanan jasa yang Anda tawarkan.

Apapun itu, pendapat pelanggan sangat penting sekali untuk perkembangan bisnis Anda. Anda bisa mengetahui hal apa saja yang kurang dan menjadi keunggulan dari brand Anda. Nah, teknik sentimen analisis adalah teknik yang bisa Anda gunakan untuk membaca opini pelanggan.

Berdasarkan laman MonkeyLearn, sentimen analisis adalah suatu proses dalam memahami dan juga mengelompokkan emosi yang dicurahkan oleh pelanggan melalui tulisan dengan menggunakan teknik analisis teks.

Sedangkan berdasarkan laman Brand24, sentimen analisis adalah suatu proses dalam menganalisa tulisan online agar bisa menentukan nada emosional dari penulisnya. Teknik sentimen analisis ini seringkali disebut dengan opinion mining.

Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda akan menggali emosi apa saja yang terdapat di balik tulisan yang dicurahkan oleh pelanggan.

Dewasa ini, setiap pelanggan lebih senang dalam mengekspresikan perasaannya melalui platform online, seperti website, media sosial, atau e-commerce.

Salah satu keunggulan di dalam sentimen analisis adalah lebih bisa menghemat waktu dan tenaga Anda. Saat ini, sentimen analisis bahkan bisa dilakukan secara otomatis. Terdapat berbagai macam alat yang sudah dilengkapi dengan algoritma tertentu yang bisa Anda gunakan untuk melakukan analisa data dalam jumlah yang besar.

Berdasarkan laman Lexalytics, sistem sentimen analisis ini akan menggabungkan NLP atau natural language processing dengan teknik machine learning. Gabungan dari kedua teknik ini akan bisa menentukan skor sentimen sesuai tema, topik, dan juga kategori dalam suatu kalimat ataupun frasa.

Baca juga: GRP Adalah Komponen Penting Di Dalam Media Planning, Benarkah?

Tipe-Tipe Sentimen Analisis

1. Fine-Grained Sentiment Analysis

Fine-grained sentiment analysis adalah suatu analisis yang mempunyai penilaian spesifik. Jenis ini akan membantu Anda untuk mempunyai kisaran penilaian yang luas. Umumnya, jenis analisis ini lebih banyak digunakan pada ulasan e-commerce berbentuk lima bintang.

Bintang satu mengartikan bahwa nilai yang diperoleh negatif, pun begitu juga sebaliknya.

2. Emotion Detection

Sama seperti namanya, jenis sentimen ini memiliki tujuan agar bisa mendeteksi emosi pelanggan, seperti kesedihan, kemarahan, kebahagiaan, dan juga rasa frustasi. Tapi, kelemahan dari jenis sentimen analisis ini adalah cara pengekspresian orang yang berbeda-beda.

3. Aspect-Based Sentiment Analysis

Aspect-based sentiment analysis digunakan agar bisa mengetahui aspek apa saja yang memiliki penilaian netral, negatif atau positif dari pelanggan.

4. Multilingual Sentiment Analysis

Sentimen analisis multilingual digunakan agar bisa melakukan analisa kata-kata dalam berbagai bahasa. Tapi, jenis analisa ini terbilang sangat kompleks, karena Anda harus mempunyai daftar kata dari berbagai bahasa. Selain itu, Anda juga harus terus memperbarui daftar tersebut sesuai dengan perkembangan bahasa yang ada.

Baca juga: Customer Oriented: Pengertian dan Tipsnya

Penggunaan Sentiment Analisis

1. Social Media Monitoring

Saat ini, media sosial menjadi suatu hal yang akan terus melekat dari suatu bisnis. Selain itu, pelanggan dan audiens juga akan terus melekat dengan opini dari media sosial.

Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk mengetahui sentimen yang dibaca publik pada bisnis Anda. Anda bisa menilai apakah mereka membicarakan hal yang negatif, positif, ataupun netral pada brand Anda.

2. Brand Monitoring

Brand monitoring adalah suatu hal yang lebih luas dari poin sebelumnya. Kenapa? Karena brand monitoring dilakukan agar bisa mengetahui sentimen dari opini publik di situs blog, forum diskusi, berita, ataupun platform digital lainnya. Sehingga, Anda bisa lebih luas mengetahui pandangan masyarakat pada brand Anda.

3. Customer Feedback

Customer feedback dilakukan agar Anda bisa menghimpun pendapat dari pelanggan. Anda bisa melakukan hal ini dengan menggunakan metode survei dan melakukan analisanya dengan teknik sentiment analysis.

4. Customer Service

Sentimen analisis pun bisa Anda gunakan di dalam customer service. Anda bisa menilai apakah pelanggan mempunyai sentimen yang negatif, positif atau netral saat menghubungi customer service dari bisnis Anda.

5. Market Research

Hal lainnya yang sangat penting dalam menjalankan sentimen analisis adalah riset pasar. Anda bisa memanfaatkan analisis ini agar bisa menilai hal apa saja yang disukai oleh pasar dan apa yang tidak disukai. Lalu, hasil analisis tersebut juga bisa Anda gunakan untuk mengambil keputusan di dalam bisnis Anda.

Baca juga: Presales, Proses yang Menentukan Keberhasilan Penjualan Anda

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang sentimen analisis. Jadi, sentimen analisis adalah suatu proses menganalisa berbagai kata-kata agar bisa mengetahui nada emosional dari setiap penulisnya. Analisa ini bisa Anda gunakan untuk bisa memahami perasaan dan opini dari pelanggan Anda.

Sehingga, Anda bisa memberikan pelayanan atau produk yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Bila sudah begitu, bersiaplah untuk kebanjiran pesanan dari mereka. Tapi, jangan lupa juga untuk mencatat setiap transaksi bisnis yang terjadi di dalam bisnis dan mencatat keuntungan yang berhasil Anda dapatkan.

Namun, bila Anda masih kesulitan untuk mencatat hal tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online mampu mencatat dan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan laporan bisnis yang Anda butuhkan.

Lebih dari itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu meningkatkan efisiensi bisnis Anda.

Tunggu apa lagi? Klik banner di bawah ini untuk mencoba aplikasi ini selama 30 hari, Gratis!

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.