Strategi Customer Oriented: Pengertian dan Tipsnya

Sebagian besar dari kita pasti sudah mengetahui minimnya pelayanan yang memuaskan pada pelanggan akan membuat mereka beralih ke brand lain. untuk itu, penting sekali untuk memastikan pelayanan yang bersifat customer oriented.

Setiap pelanggan idealnya akan menjadi hal yang sangat diprioritaskan oleh setiap bisnis. Karena, pelanggan yang puas, terlebih lagi loyal, akan mampu memberikan perkembangan di dalam bisnis.

Lantas, apa itu strategi customer oriented? Bagaimana cara menjalankannya? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang customer oriented di bawah ini hingga selesai.

Apa Itu Strategi Customer Oriented?

Berdasarkan laman Customer Service Manager, pendekatan yang fokus pada pelanggan atau customer oriented adalah suatu pendekatan yang lebih menempatkan pelanggan di awal, tengah, hingga akhir transaksi penjualan.

Perusahaan yang baik akan selalu menempatkan pelanggan sebagai fokus utamanya. Terlepas dari berbagai hal apapun, mereka akan selalu berkomitmen untuk bisa memenuhi berbagai kebutuhan dari pelanggan.

Untuk itu, bila Anda mempunyai bisnis, idealnya untuk bisa membuat budaya customer oriented yang tidak hanya pada diri perusahaan, tapi juga pada semua karyawan.

Baca juga: Customer Churn: Pengertian, Cara Hitung, dan Cara Menanggulanginya

Karakter Bisnis Customer Oriented

Dilansir dari laman Helpscout, terdapat beberapa karakter dari bisnis customer oriented, yaitu:

1. Pendekatan Customer-First

Karakter bisnis customer oriented yang pertama adalah menempatkan pelanggan sebagai prioritas utama. Terlepas dari tujuan yang sudah Anda terapkan, pendekatan ini akan membuat pelanggan lebih puas.

2. Empati Yang Tinggi

Mengetahui kebutuhan pelanggan bisa berasal dari rasa empati. Bila Anda bisa merasakan hal apa saja yang mereka rasakan, maka Anda bisa membuat mereka untuk merasa lebih baik. Hal ini adalah kunci utama dari pelayanan pelanggan.

3. Tindak Lanjut yang Baik

Anda pasti akan merasa kecewa bila barang yang Anda beli tidak sesuai dengan ekspektasi. Hal yang sama pun akan dirasakan oleh pelanggan Anda. Untuk itu, tunaikanlah janji Anda pada pelanggan secara tepat.

4. Keinginan Untuk Mempermudah

Perusahaan customer oriented akan selalu berupaya keras untuk memberikan kemudahan pada para pelanggan. Hal ini akan berdampak pada hubungan Anda dengan pelanggan yang merasa puas dimudahkan.

Baca juga: Arti Customer: Jenis, karakteristik, dan Cara Menghadapinya

Membangun Strategi Customer Oriented

Dilansir dari laman Hubspot, terdapat sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat strategi bisnis customer oriented, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tentukan Strategi Pertumbuhan

Sebelum memulai strategi customer oriented, Anda harus terlebih dulu menetapkan strategi yang ingin Anda lakukan. Anda harus mengetahui penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk, melakukan akuisisi, atau melakukan diversifikasi.

Berbagai strategi ini akan sangat bergantung pada sifat bisnis yang Anda jalankan.

2. Bagikan Informasi Customer di Dalam Tim

Bila sudah menemukan strategi yang sesuai, Anda bisa mulai untuk lebih fokus pada pelanggan Anda. Berikanlah informasi pelanggan yang ada pada semua tim, sehingga mereka bisa mengetahui tujuan bisnis Anda. Proses ini memiliki peran yang sangat penting agar bisa memastikan setiap anggota tim bisa mempelajari pelanggan dengan baik.

3. Latih Semua Karyawan Melayani Pelanggan

Idealnya, suatu bisnis memiliki proses pelatihan yang fokus pada pelanggan. Untuk itu, cobalah untuk melatih semua karyawan untuk bisa memberikan pelayanan kepada para pelanggan dengan baik.

4. Jangan Lupakan Customer Retention

Sangat penting sekali untuk bisa membangun customer retention. Kondisi ini akan menunjukkan bahwa telah terjadi loyalitas pelanggan pada suatu brand. Prioritas yang terdapat di dalam customer retention akan bisa memastikan bahwa bisnis yang Anda jalankan memang lebih bersifat customer oriented.

5. Libatkan Semua Pihak

Jangan sampai Anda hanya melibatkan kalangan internal bisnis Anda saja. Cobalah untuk melibatkan setiap pihak, seperti pemasok, distributor, hingga mitra bisnis. Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah Anda harus melibatkan pelanggan Anda agar bisa membangun bisnis yang customer oriented.

Baca juga: Customer Turnover: Pengertian, Penyebab, Cara Menghitungnya dan Tips Untuk Menguranginya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang strategi bisnis customer oriented. Bagaimana, tertarik untuk menjalankan jenis bisnis yang satu ini? Bila Anda tertarik, Anda bisa mengikuti berbagai cara di atas.

Bila Anda berhasil menerapkannya dengan baik, maka Anda akan banyak memiliki pelanggan setia yang akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis. Namun, hal lainnya yang tidak boleh Anda lupakan dalam mengembangkan bisnis adalah mengelola keuangan bisnis secara baik.

Pengelolaan keuangan yang baik tentu akan membutuhkan laporan keuangan yang tepat. Namun bila Anda masih membuat laporan keuangan secara manual, tentu Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menyelesaikannya. Terlebih lagi, cara ini juga sangat rentan terjadi kesalahan dan kecurangan.

Untuk itu, cobalah untuk mulai menggunakan aplikasi akuntansi berbasis cloud. Salah satu rekomendasi aplikasi bisnis dan akuntansi yang harus Anda pertimbangkan adalah Accurate Online.

Aplikasi yang dikembangan dengan teknologi cloud computing berbasis website ini sudah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi. Tampilan dashboard di dalamnya pun sangat sederhana. Sehingga, Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara mudah di mana saja dan kapan saja tanpa perlu mengkhawatirkan keamanan data.

Bahkan, aplikasi ini sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu perusahaan di Indonesia, baik itu perusahaan UMKM ataupun perusahaan besar. Terlebih lagi, aplikasi ini juga berhasil mendapatkan penghargaan TOP Brand Award dari tahun 2016 sampai tahun 2022 ini.

Pencapaian tersebut diperoleh karena Accurate Online konsisten membantu setiap pebisnis dalam menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan. Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis yang akan membantu Anda dalam meningkatkan efisiensi bisnis.

Masih ragu dengan Accurate Online? Tenang, karena sekarang Anda bisa langsung mencoba aplikasi ini selama 30 hari gratis melalui banner di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.