SMS Blast Adalah Media Pemasaran yang Ramah Lingkungan

Penelitian menunjukkan bahwa SMS Blast yang sifatnya memasarkan produk memiliki tingkat potensi dibuka oleh target konsumen sampai 98%, dan sebanyak 91% diantaranya dibuka dengan waktu kurang lebih 3 menit. Data ini menunjukkan bahwa SMS Blast adalah salah satu media yang penting, baik itu untuk bisnis ataupun pribadi.

SMS mempunyai sifat personal yang lebih tinggi, sehingga setiap penerimanya akan merasa bila SMS tersebut memang ditujukan khusus untuk mereka. Bila kita bandingkan dengan media promosi lainnya, SMS mempunyai jumlah pengguna paling banyak, karena pesan yang ingin disampaikan akan lebih sesuai dengan target konsumen.

Selain itu, SMS pun mempunyai tingkat biaya yang lebih rendah daripada harus membuat brosur. Lantas bagaimana cara membuat SMS Blast? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang SMS Blast ini hingga selesai.

Apa itu SMS Blast?

Jadi, SMS Blast adalah salah satu bentuk pengiriman SMS dengan nama pengirimnya adalah suatu perusahaan. Nantinya, pesan yang akan terlihat oleh penerima SMS bukanlah berbentuk nomor handphone pada umumnya, namun sudah berbentuk nama perusahaan pengirim SMS.

Pengertian lain dari SMS Blast adalah broadcast SMS. Broadcast SMS sangat sesuai untuk digunakan oleh perusahaan yang menerapkan bisnis B2B atau B2C, karena strategi pemasaran jasa atau produknya adalah dengan cara memberikan informasi kepada konsumen aktif yang memanfaatkan ponsel.

Strategi ini juga diklaim lebih efisien dan juga tepat sasaran untuk ditujukan langsung ke para konsumen. Meskipun broadcast SMS ini bisa dikatakan sebagai salah satu strategi pemasaran yang kuno, tapi strategi ini masih bisa ANda jalankan untuk awal-awal menjalankan bisnis.

Fakta menunjukkan bahwa lebih dari 90% populasi di dunia saat ini sudah banyak yang menggunakan ponsel sebagai media komunikasi. Setiap ponsel pun sudah pasti memiliki fitur SMS. Hal ini lah yang menjadi dasar utama bahwa SMS Blast adalah salah satu strategi pemasaran yang efektif.

Baca juga: Cara Melakukan Penjualan: 16 Strategi dan Contohnya

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menerapkan SMS Blast

Sebelum menerapkan SMS Blast untuk keperluan promosi, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu. Berbagai hal yang harus bisa Anda perhatikan saat menerapkan SMS Blast adalah sebagai berikut:

1. Pengelolaan Bersama

Strategi SMS Blast tidak bisa dilakukan oleh satu orang saja. Strategi ini harus bisa didiskusikan terlebih dahulu agar bisa mencapai tujuan yang lebih spesifik.

2. Isi Pesan yang Jelas untuk Konsumen

Anda harus bisa membuat sebuah pesan yang mampu menarik perhatian konsumen agar mereka mau melakukan tindakan pada produk atau layanan yang Anda tawarkan. Isi pesan tersebut juga harus jelas dan memancing rasa ingin untuk berlangganan jasa atau membeli produk Anda.

Hindarilah isi pesan yang membuat setiap penerima merasa bosan dan ingin menghapus pesan tersebut dari pesan masuknya. Untuk itu, dalam hal ini Anda harus memperhatikan kata kunci yang terdapat di dalam isi pesan yang ingin Anda buat.

Hindari membuat kalimat yang kaku atau berbelit-belit. Buatlah isi pesan yang unik dan perhatikan juga target pasar Anda, apakah memang sudah sesuai dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan atau tidak.

3. Meminta Izin Terlebih Dahulu pada Konsumen

Sebelum menerapkan strategi SMS Blast, ada baiknya Anda meminta izin terlebih dahulu dari para konsumen. Tapi, tidak semua SMS Blast harus mendapatkan izin dari setiap konsumen, misalnya seperti SMS yang dikirim oleh pihak penyedia jaringan telepon.

Meskipun begitu, biasanya penyedia jaringan tersebut akan memberikan suatu kode yang berisi pertanyaan kepada konsumen terkait ketertarikannya menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

4. Memiliki Konsistensi

Sama seperti strategi pemasaran produk atau layanan jasa yang lainnya, Anda harus memiliki karakteristik yang unik di dalam pesan yang nantinya ingin Anda sampaikan pada konsumen.

Untuk itu, Anda harus memiliki ciri khas tertentu yang hanya ada di dalam strategi pemasaran bisnis Anda. Agar bisa memperoleh ciri khas tersebut, tentunya Anda memerlukan konsistensi dalam mengirim pesan pemasaran dalam kurun waktu tertentu.

Cobalah untuk mengirim pesan promosi minimal seminggu sekali agar meyakinkan konsumen bahwa Anda serius dalam menjalankan produk atau jasa layanan Anda. Nantinya hal ini juga akan meningkatkan rasa ingin mencoba bagi para konsumen pada produk atau layanan yang Anda tawarkan.

5. Melakukan Integrasi Saluran Media

Cara ini akan membantu Anda dalam memperoleh informasi dari media lain konsumen yang bisa Anda jadikan sebagai alat promosi produk ataupun jasa Anda.

Bila konsumen Anda membalas pesan yang Anda kirim, maka Anda bisa memperoleh media lainnya dari konsumen, seperti email akun media sosial ataupun blog konsumen Anda.

Tips Melakukan SMS Blast atau SMS Marketing

1. Memahami Tujuan SMS Marketing

Sebelum menerapkan SMS marketing, disarankan untuk melakukan peninjauan yang lebih mendasar dan juga komprehensif. Kami sarankan agar Anda menggunakan metode SMART, yaitu Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time Specific.

Cara ini bisa membantu Anda dalam menargetkan konsumen secara jelas dan agar kampanye SMS Blast Anda bisa berjalan dengan sukses.

2. Panggilan yang Jelas untuk Tindakan Customer

Agar pesan singkat yang Anda buat bisa membuat konsumen untuk melakukan suatu tindakan, baik itu membeli produk atau berlangganan layanan jasa, maka Anda harus memperhatikan isi SMS yang ingin Anda sebarkan.

Pesan yang ingin Anda sampaikan pada mereka harus jelas dan membuat setiap pembaca SMS memikirkan apa yang Anda sampaikan. Buatlah suatu lead yang mampu memancing rasa ingin tahu pembaca SMS.

3. Mengetahui Peraturan dan Ketentuan SMS Marketing

Dalam menerapkan SMS Blast di Indonesia, terdapat beberapa peraturan dan kebijakan yang harus Anda ikuti. Berbagai dasar hukum terkait hal tersebut sudah ditetapkan di dalam undang-undang, dimana di dalamnya terdiri dari dua bagian, yakni pelaksana dan pelanggan.

Dalam hal ini, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan jasa konsultan yang berasal dar lembaga telekomunikasi di Indonesia agar bisnis Anda bisa melakukan SMS marketing dengan aman dan tidak merugikan pihak pelanggan dan bisnis Anda.

Selain itu, cobalah mencari referensi yang terpercaya dan berasal dari lembaga regulasi yang resmi, seperti dari Badan Regulasi Telekomunikasi di Indonesia. Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan oleh para pebisnis di Indonesia ketika menerapkan SMS Blast adalah

4. Kirimkan Hanya Pada Pelanggan yang Terdaftar

Disarankan untuk menyebarkan SMS Blast pada mereka yang memang bersedia memberikan nomor teleponnya pada bisnis Anda.

Bila Anda memiliki database sendiri dari program loyalitas yang Anda buat, maka pastikanlah Anda mengirimkan SMS Blast sesuai dengan kontak yang terdapat di dalam database tersebut.

5. Batasi Pesan Anda di 160 Karakter

Saat Anda ingin menyebarkan SMS Blast, pastikanlah karakter teks yang Anda kirim hanya 160 karakter saja. Hal ini dilakukan agar bisa mencegah konten SMS bisa terlihat secara penuh dan tidak terpisah menjadi dua bagian.

Lagipula, SMS memang digunakan untuk mengirim pesan secara singkat saja. Pesan teks yang panjang tentunya akan mengganggu setiap pelanggan dalam menerima pesan yang ingin Anda komunikasikan.

6. Timing Adalah Segalanya

Jangan pernah sekalipun mengirim SMS terkait promo ataupun pembukaan di hari sebelumnya. Kenapa? karena ada kemungkinan besar pembaca SMS lupa dengan konten SMS yang Anda kirim. Untuk itu, disarankan untuk mengirim SMS pada waktu yang sama, sehingga setiap penerima bisa membuka pesan tersebut secara langsung.

7. Sisipkan URL atau CTA

Tingkat kesuksesan suatu kampanye pemasaran akan sangat bergantung pada penyisipan CTA atau call to action. Bila umumnya CTA berbentuk tombol ataupun link tautan, maka pada SMS Blast hal tersebut tidak tersedia.

Tapi, Anda bisa menyisipkan CTA pada teks yang Anda kirim. Salah satu cara yang banyak digunakan adalah dengan menyisipkan nomor telepon ataupun link di akhir teks pesan.

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan tools bit.ly untuk mempersingkat URL dan juga menjaga agar jumlah teks Anda 160 karakter. CTA seperti ini memang bukanlah CTA yang ideal, namun tetap penting agar penerima SMS bisa mengetahui info penting tentang promosi Anda.

Baca juga: Video Marketing: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang SMS Blast. Jadi, SMS Blast adalah salah satu bentuk pengiriman SMS dengan nama pengirimnya adalah suatu perusahaan. Nantinya, pesan yang akan terlihat oleh penerima SMS bukanlah berbentuk nomor handphone pada umumnya, namun sudah berbentuk nama perusahaan pengirim SMS.

Jika strategi ini bisa Anda lakukan dengan baik, maka bukan hal yang tidak mungkin penjualan produk atau layanan Anda meningkat. Pada akhirnya, keuntungan yang bisa Anda dapatkan pun akan lebih banyak.

Tapi, Anda harus mencatat keuntungan tersebut di dalam laporan laba rugi agar bisa memastikan kondisi keuangan bisnis Anda saat ini dan bisa mengembangkan bisnis Anda di masa depan.

Jika Anda merasa kesulitan untuk membuat laporan laba rugi, maka Anda bisa mengandalkan software akuntansi dari Accurate Online.

Software akuntansi ini bisa membantu Anda dalam membuat laporan laba rugi dan 200 jenis laporan keuangan lainnya secara otomatis, cepat, serta tepat. Berbagai fitur di dalamnya juga mampu memudahkan Anda dalam menjalankan berbagai kegiatan bisnis.

Accurate Online juga dikemas dengan tampilan dashboard yang sederhana, sehingga lebih mudah dipahami, bahkan oleh orang awam sekalipun.

Penasaran? Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dahulu selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate fokus pengembangan