7 Strategi Diversifikasi Pendapatan untuk Pengembangan Bisnis Anda

oleh | Agu 11, 2020

source envato.

7 Strategi Diversifikasi Pendapatan untuk Pengembangan Bisnis Anda

Diversifikasi pendapatan adalah hal yang penting pada saat ini.Tidak dapat disangkal bahwa virus corona mengubah cara kita bekerja. Akibat COVID-19, bisnis kecil harus memikirkan kembali cara mereka terhubung dengan pelanggan dan, dalam banyak kasus, memikirkan kembali cara mereka melakukan bisnis secara bersamaan.

Tetapi iklim saat ini memang menawarkan kesempatan untuk melihat cara baru dan berbeda untuk mendorong pendapatan bagi bisnis Anda. Jika Anda tidak pernah berpikir untuk mendiversifikasi penghasilan usaha Anda, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai.

Tapi bagaimana tepatnya Anda menciptakan beberapa aliran pendapatan untuk bisnis Anda? Kesempatan apa yang tersedia? Dan bagaimana Anda mulai mendiversifikasi pendapatan Anda dan menciptakan keamanan finansial dalam prosesnya?

Mengapa Diversifikasi Pendapatan pada Bisnis adalah Hal Penting?

Hal pertama yang harus dipahami sebelum kita membahas cara mendiversifikasi pendapatan Anda, mari kita bahas dengan cepat mengapa mendiversifikasi pendapatan Anda begitu penting.

Diversifikasi pendapatan Anda mendorong Anda untuk mendapat penghasilan yang lebih banyak dari berbagai area bisnis, yang membantu Anda untuk:

  • Menghindari ketergantungan pada aliran pendapatan apapun.
  • Membuat rencana cadangan jika salah satu sumber pendapatan tidak memiliki potensi untuk dikembangkan lebih jauh.
  • Memberikan peluang baru untuk memperluas bisnis Anda, terhubung dengan klien baru, dan menjelajahi peluang baru

Diversifikasi pendapatan Anda juga menawarkan kesempatan untuk mengubah banyak hal dan melihat bisnis Anda dengan cara baru.

Pada dasarnya, ketika Anda mendiversifikasi pendapatan, Anda mendapatkan kesempatan untuk menjadi kreatif dan menemukan cara baru dan berbeda untuk mendorong pendapatan dalam bisnis Anda.

Dan semakin banyak aliran pendapatan yang mengalir ke bisnis Anda, semakin terlindungi Anda jika satu aliran pendapatan tidak lagi menguntungkan — yang melindungi bisnis dan keuangan secara keseluruhan.

Jelas, diversifikasi pendapatan dalam bisnis adalah hal yang sangat penting. Tapi bagaimana tepatnya Anda melakukan hal itu?

Baca juga: Pengertian Barang Konsumsi dan Perbedaannya Barang Modal

1. Bawa Penjualan Konvensional Anda ke Ruang Digital

Banyak toko dan usaha konvensional telah terpukul oleh virus corona. Kebanyakan orang berbelanja sesuai kebutuhan mereka dan di sebagian besar dunia, lokasi ritel diperintahkan untuk ditutup akibat kebijakan lockdown.

Namun fakta bahwa orang tidak berbelanja di toko Anda menawarkan peluang sempurna untuk memindahkan penjualan Anda ke ruang digital.

Julie Williams adalah artist visual dan verbal yang mengkhususkan diri dalam fotografi acara dan potret. Karena pembatasan terkait virus Corona pada bisnis yang tidak penting, bisnis fotografinya terhenti. Namun, dia menggunakan pelambatan itu sebagai peluang untuk mencari cara lain untuk meningkatkan pendapatan, termasuk menjual produk secara online, seperti seni dinding.

Jika Anda belum menjual produk fisik Anda secara online, sekarang adalah waktu yang tepat untuk menjelajahi e-commerce.

Gunakan platform seperti Bukalapak, Tokopedia, atau Shopee untuk membuat toko  Anda sendiri. Mulailah menjual produk Anda di marketplace tersebut. Buat produk Anda tersedia secara online sehingga pelanggan Anda dapat terus menjalankan bisnis Anda dari kenyamanan (dan keamanan!) dari rumah mereka sendiri.

Investasi dalam eCommerce tidak hanya akan membuahkan hasil yang besar sekarang, tetapi menawarkan kepada pelanggan Anda cara lain untuk membeli produk Anda dapat terus mendorong pendapatan lama setelah pandemi berakhir.

Baca juga: Indikator Kepuasan Pelanggan: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya Bagi Bisnis

2. Manfaatkan Keahlian Anda untuk Membangun Bisnis Produk Digital

Tidak peduli jenis bisnis apa yang Anda jalankan atau jenis keterampilan atau keahlian yang Anda miliki; ada orang di luar sana yang ingin mempelajari jenis bisnis itu atau mengembangkan keterampilan itu. Jadi mengapa tidak menjadi orang yang mengajari mereka?

Produk digital bisa menjadi cara yang bagus untuk melakukan diversifikasi pendapatan Anda dan mengembangkan aliran pendapatan tambahan.

Dan bagian terbaiknya, produk digital bisa menjadi pendapatan pasif (atau, dengan kata lain, produk tersebut akan terus mendorong pendapatan lama setelah Anda benar-benar bekerja untuk membuat produk).

Ada berbagai macam produk dan konten digital yang dapat Anda buat untuk membagikan keahlian Anda, termasuk:

  • eBook
  • Worksheet
  • Template
  • Kursus atau webinar online
  • Video pendidikan

Jika Anda seorang pemilik bisnis, Anda juga memiliki dua rute berbeda yang dapat diambil saat membangun produk digital. Anda bisa:

Membuat produk sesuai dengan bidang keahlian Anda (misalnya, jika Anda seorang fotografer, Anda dapat membuat kursus online tentang fotografi)

Gunakan pengalaman Anda sebagai pemilik bisnis untuk meluncurkan produk digital yang ditargetkan untuk wirausahawan baru atau pemula (misalnya, serial video tentang cara mewawancarai calon karyawan secara efektif atau ebook tentang langkah-langkah yang perlu diambil wirausahawan untuk meluncurkan usaha baru)

Produk digital memberi Anda kesempatan untuk berbagi pengetahuan dan membantu orang lain yang tertarik dengan keterampilan, keahlian, dan bisnis Anda — dan sekaligus mendiversifikasi pendapatan Anda.

Baca juga: 10 Cara Menawarkan Produk Optimal Hingga Menghasilkan Penjualan

3. Cobalah Konsultasi

Apa cara yang paling umum (dan berpotensi menguntungkan) untuk membangun bisnis Anda dan mengembangkan aliran pendapatan tambahan? Konsultasi.

Apa pun industri, bidang, atau segmen spesialisasi Anda, carilah peluang untuk menawarkan layanan konsultasi baik kepada individu maupun bisnis lain.

Misalnya, Anda memiliki perusahaan sumber daya manusia. Anda dapat berkonsultasi dengan pencari kerja tentang desain resume dan keterampilan wawancara mereka dan berkonsultasi dengan bisnis untuk membantu mereka mengembangkan rencana untuk mempekerjakan kembali karyawan yang di-PHK karena virus corona.

Atau katakanlah Anda memiliki restoran. Anda dapat berkonsultasi dengan restoran lain di daerah tersebut untuk membantu mereka mengembangkan rencana pengiriman dan pengantaran untuk menjaga bisnis mereka tetap berjalan saat pintu pada toko mereka ditutup.

Intinya adalah, sebagai pemilik bisnis, Anda memiliki keahlian yang diperlukan untuk berkonsultasi dalam industri Anda. Jadi gunakan keahlian itu untuk mendiversifikasi pendapatan Anda.

Baca juga: Customer Relationship: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membangunnya dalam Bisnis

Diversifikasi Pendapatan 2

4. Longgarkan Persyaratan untuk Klien Anda

Biasanya, freelancer memiliki segmen tertentu. Mungkin Anda bekerja dengan jenis klien tertentu atau pada jenis proyek tertentu.

Namun untuk melakukan diversifikasi pendapatan Anda, penting untuk tetap terbuka terhadap peluang yang mungkin berada di luar zona nyaman Anda.

Jika Anda ingin mengembangkan beberapa aliran pendapatan untuk bisnis, penting untuk melepaskan ide Anda tentang jenis pekerjaan yang “sempurna” atau klien yang “sempurna”.

Terkadang, peluang terbaik untuk mendiversifikasi pendapatan Anda berada di luar tugas yang biasa atau di luar cakupan freelance tipikal Anda.

Ambil contoh, ada seseorang menjalankan bisnis penulisan lepas dan pemasaran kontennya sendiri. Dan sementara menulis adalah fokus utama bisnisnya, dia menyadari bahwa mendiversifikasi pendapatannya mungkin berarti berpikir di luar kotak dan mengeksplorasi pilihan di luar dunia penulisan.

Intinya adalah, berpikiran terlalu sempit tentang jenis pekerjaan freelance dan tugas yang akan Anda ambil membatasi peluang Anda.

Jadi, jika Anda benar-benar ingin mendiversifikasi penghasilan Anda, penting untuk tetap terbuka terhadap semua peluang — bahkan jika itu berada di luar lingkup pekerjaan “biasa” atau “ideal” Anda.

Baca juga: Pengertian ISO, Jenis, Tujuan, dan Pentingnya ISO dalam Bisnis

5. Carilah Sumber Daya yang Belum Tersentuh di Industri Anda

Apa pun industri yang Anda geluti, Anda mungkin mengkhususkan diri pada sesuatu yang spesifik. Anda mungkin seorang fotografer pernikahan atau memiliki agensi branding atau menjalankan kedai kopi lokal.

Jika bidang spesialisasi Anda terpukul oleh virus korona, Anda dapat menemukan cara untuk mendiversifikasi pendapatan dalam industri. Yang perlu Anda lakukan hanya menjadi kreatif, berpikir out of the box dan mencari cara baru dan tak terduga untuk meningkatkan pendapatan.

Sebagai contoh:

Jika Anda seorang fotografer pernikahan, Anda dapat mempertimbangkan untuk menjual foto stok.

Jika agensi merek Anda mengalami penurunan jumlah klien, Anda dapat mulai menjual logo dan desain merek lain di pasar digital seperti 99designs atau Shutterstock.

Jika kedai kopi Anda sedang mengalami kerugian akibat kebijakan lockdown, Anda dapat mengantongi biji kopi Anda, bermitra dengan bisnis lokal lainnya yang terkena dampak dan mengumpulkan “paket perawatan” untuk dijual kepada pelanggan Anda.

Ada banyak peluang pendapatan dalam setiap industri — dan jika Anda ingin melakukan diversifikasi pendapatan, Anda perlu menjadi kreatif dan menemukan atau membuat peluang itu.

Baca juga: Plus Minus Bisnis dengan Pembagian Keuntungan Sistem Bagi Hasil

6. Beralih ke Media Sosial

Sudahkah Anda memiliki banyak followers di media sosial, baik untuk diri sendiri atau untuk bisnis Anda? Jika iya, media sosial bisa menawarkan berbagai peluang untuk melakukan diversifikasi penghasilan Anda.

Ada banyak cara berbeda untuk memonetisasi kehadiran media sosial Anda dan semakin banyak pengikut, semakin banyak potensi pendapatan.

Beberapa cara Anda dapat menghasilkan uang dari media sosial besar berikut ini meliputi:

Brand partnerships.

Membangun brand partnerships dengan pemberi pengaruh media sosial sebagai cara untuk menampilkan produk mereka kepada calon pelanggan dengan bayaran yang cukup menggiurkan

Pemasaran afiliasi.

Pemasaran afiliasi adalah tentang mempromosikan layanan dan produk lain. Ketika seseorang di antara audiens Anda membeli layanan atau produk yang Anda promosikan, perusahaan tersebut kemudian membayar Anda komisi. Semakin banyak pembelian yang Anda lakukan, semakin banyak Anda menghasilkan komisi.

Pendapatan iklan.

Jika Anda memiliki chanel YouTube, Anda dapat memonetisasi video Anda dengan iklan.

Konten berbayar.

Membuat konten berbayar untuk media sosial adalah peluang lain untuk memonetisasi platform pilihan Anda. Misalnya, Anda dapat memulai grup Facebook tempat Anda berbagi konten premium — dan mengenakan biaya berlangganan kepada pengikut untuk mendapatkan akses.

Baca juga: Gambaran Pasar: Pengertian, Cara Mengetahuinya, dan Fungsinya

7. Cari Cara untuk Menawarkan Value dengan Gratis

Ini mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi, tetapi salah satu cara terbaik untuk mendorong pendapatan tambahan untuk bisnis Anda adalah dengan menawarkan nilai secara gratis.

Menawarkan nilai nyata kepada komunitas Anda secara gratis (jelas) tidak langsung menghasilkan pendapatan. Tapi itu mencapai sejumlah tujuan lain yang dapat membantu mendorong lebih banyak penjualan dan uang ke dalam bisnis Anda.

Pertama, nilai penawaran menunjukkan kepada pemirsa bahwa Anda berinvestasi dan peduli pada mereka. Ini membantu membangun kepercayaan dan dukungan, yang dapat membantu mengubah prospek menjadi pelanggan dan pelanggan satu kali menjadi pelanggan tetap.

Menciptakan value juga dapat membantu menjadikan diri Anda dan bisnis sebagai top of mind di pasar yang ada. Ini dapat membantu meningkatkan jangkauan dan membangun reputasi Anda, keduanya akan membantu bisnis tampil di hadapan lebih banyak pelanggan.

Cari cara untuk menawarkan nilai kepada komunitas dan pelanggan Anda, baik dalam bentuk webinar gratis, Tanya Jawab langsung, atau eBook yang sarat informasi.

Kemudian, tawarkan value tersebut sebagai ganti alamat email mereka sehingga Anda dapat tetap terhubung, selalu mengingat bisnis Anda, dan terus memasarkannya kepada mereka di masa mendatang.

Ini adalah strategi jangka panjang untuk mendiversifikasi pendapatan Anda — tetapi jika Anda mencurahkan waktu dan upaya untuk menawarkan nilai secara gratis sekarang, hal itu pasti akan terbayar nanti.

Baca juga: Loyalitas Pelanggan: Pengertian, Unsur, Pengukuran, dan Tipsnya

Kesimpulan

Mengelola bisnis saat masa sulit memang memerlukan perencanaan dan tenaga ekstra, diversifikasi pendapatan adalah salah satunya.

Namun hal yang perlu Anda ingat adalah semakin beragam aliran pendapatan Anda, semakin banyak yang harus dikelola dan semakin penting untuk tetap teratur.

Pastikan Anda memiliki alat dan sistem yang tepat untuk mengelola beberapa aliran pendapatan Anda. Gunakan alat seperti Google Kalender dan Kalender untuk melacak tugas dan janji harian Anda.

Gunakan software akuntansi Accurate Online untuk mengatur seluruh pendapatan pada bisnis, memproses pembayaran, dan mengkategorikan faktur yang telah dibuat.

Gunakan sistem manajemen terukur sehingga Anda tahu apa yang sedang dikerjakan dan jenis pendapatan apa yang dihasilkannya ke dalam bisnis Anda.

Semakin teratur Anda, semakin mudah mengelola berbagai aliran pendapatan — dan sebagai hasilnya, Anda akan semakin dapat mendiversifikasi pendapatan.

Coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 3

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

marketingmanajemenbanner
Ibnu

Artikel Terkait