Ketahui Strategi Pemasaran Online yang Efektif Saat New Normal

Ya benar, tahun 2020 adalah tahun yang berat bagi kebanyakan orang, termasuk para pelaku bisnis. Menurut sebuah survei ini, 47% dari merek di dunia telah melihat dan mengetahui  beberapa implikasi penurunan pendapatan karena pandemi.

33% lainnya menjawab bahwa masih terlalu dini untuk mengatakan bahwa kita masuk ke dalam jurang resesi. Semua bisnis telah terpengaruh, dan jika melanjutkan dengan strategi pemasaran lama makan kemungkinan kita tidak bisa bertahan dalam masa new normal saat ini.

Ketika konsumen menurunkan daya beli untuk pembelian konvensional, perusahaan memiliki peluang baru untuk terhubung secara digital dengan pelanggan dan menata kembali strategi pemasaran mereka.

Tentu saja, Anda mungkin memerlukan strategi pemasaran tahan krisis untuk mengatasi situasi saat ini, dan membuat bisnis Anda fokus dan terus bertumbuh di masa depan. 

Dalam webinar baru-baru ini dengan Mark Cuban , dia berkata,

“ Saya tidak melihat ini sebagai upaya untuk pulih. Hal itu (menjadi pulih) di masa lalu mungkin berhasil. Tetap saat ini akan lebih baik lebih tentang menjadi inovatif … ”

Begitulah cara kami melihatnya. Bagaimana Anda bisa berinovasi dalam strategi pemasaran Anda untuk masa depan dan keadaan selanjutnya?

Tahun ini adalah tahun yang tidak biasa dan ini adalah waktu yang tepat untuk meninjau kembali, mengoptimalkan, dan berinovasi dalam strategi pemasaran Anda. Strategi pemasaran yang sukses adalah strategi yang selalu meningkat dan berkembang berdasarkan data.

Baca juga: Mengetahui Apa Itu Interpersonal Skill dan Cara Meningkatkannya

3 Cara Mengoptimalkan Strategi Pemasaran di Masa New Normal

1. Tinjau Buyer Persona pada Bisnis Anda, Apa ada yang Perlu Diubah?

Buyer persona, menurut Buyer Persona Institute, 

“Ini adalah hal yang memberi tahu Anda apa yang dipikirkan dan dilakukan calon pelanggan saat mereka menimbang pilihan mereka untuk mengatasi masalah yang diselesaikan perusahaan Anda.”

Jika Anda perlu bantuan membuat persona pembeli untuk pertama kalinya, kami menulis posting blog tentang cara mendefinisikan buyer persona Anda dalam 4 langkah . 

Personas pembeli harus terus berkembang saat Anda belajar, seiring pertumbuhan bisnis Anda, dan saat dunia berubah.

Seiring berjalannya waktu, pengetahuan tentang audiens ideal Anda menjadi lebih akurat. Setelah Anda menciptakan buyer persona secara terus-menerus, pelajari juga data untuk wawasan utama tentang situasi, proses berpikir, dan aktivitas mereka.

Jika Anda memiliki webiste atau toko online dan menjual produk Anda disana, Anda bisa menggunakan alat gratis namun powerfull adalah Google Analytics.

Google Analytics menyediakan banyak data untuk memahami pola dan aktivitas penelusuran pengunjung umum dan data lainnya seperti sumber dan kunjungan halaman. Tim penjualan Anda mungkin juga dapat memberikan data kualitatif dari percakapan mereka dengan pembeli.

Apakah ada segment audiens yang benar-benar baru yang dapat Anda kembangkan pada saat new normal? Jika demikian, bagaimana Anda bisa merisetnya sekarang dan mengembangkan pesan atau konten yang menjangkau mereka secara efektif.

Baca juga: Pengertian Konsolidasi pada Bisnis, Ciri Ciri, dan Contohnya

strategi pemasaran new normal 2

2. Tinjau Buyer’s Journey Anda – Apakah Anda tahu Proses Baru Mereka? 

Perjalanan pembeli atau buyers jouney adalah proses yang dilalui pembeli saat membeli suatu produk atau layanan. Dengan mengetahui proses mereka, Anda dapat menjangkau pembeli dengan lebih baik di sepanjang perjalanan mereka dengan menghadirkan konten dan pesan yang relevan dan bermanfaat untuk membantu membimbing mereka dalam melakukan pembelian.

Perjalanan pembeli pada umumnya meliputi 3-6 tahapan , seperti diuraikan di bawah ini. Perjalanan pembeli dapat berbeda menurut bisnis.

strategi pemasaran new normal

Sebagai praktik dan strategi terbaik, dengan meninjau dan memperbarui buyer persona pada bisnis, pertimbangkan juga untuk menggunakan data perjalanan pembeli yang ingin membeli atau menggunakan layanan pada bisnis Anda

Saat Anda mempelajari lebih lanjut tentang langkah-langkah yang dilakukan pembeli untuk melakukan pembelian, Anda dapat mengetahui bahwa perjalanan mereka lebih pendek atau lebih lama dari yang Anda bayangkan, atau mereka mungkin terlihat sangat berbeda dari yang Anda pikirkan selama ini.

Intinya adalah, jika Anda secara konsisten mempelajari data untuk mendukung asumsi Anda dalam bisnis, maka Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang membuat pembeli Anda melakukan pembelian dari waktu ke waktu.

Baca juga: Costumer Experience: Pengertian, Cara Mengukur dan Meningkatkannya

3. Tinjau Strategi Pemasaran Anda Saat ini Dengan Menghitung ROAS dan ROI Anda

Formula yang baik untuk digunakan untuk menghitung Return on ad Spend atau ROAS Anda adalah:

Pendapatan yang dihasilkan dari kegiatan marketing dibagi dengan biaya kegiatan pemasaran sama dengan pengembalian pengeluaran iklan atau Return on ad Spend (ROAS)

Cara lain yang baik untuk mengukur keberhasilan upaya pemasaran Anda saat ini / sebelumnya adalah menghitung ROI Anda dengan menemukan biaya per prospek dan nilai prospek.

Setelah Anda memiliki pemahaman yang baik tentang nilai investasi Anda pada level ini, informasi ini dapat menjadi panduan untuk memfokuskan upaya pemasaran.

Pertimbangkan bagaimana Anda dapat mengoptimalkan iklan berbayar, email, dan influencer media sosial Anda untuk beresonansi dengan persona dan perjalanan pembeli yang baru diperbarui dengan tujuan untuk mengubahnya menjadi prospek.

Sekarang adalah waktu untuk fokus pada jumlah prospek untuk penjualan potensial di masa depan Meskipun pelanggan Anda mungkin tidak membeli sekarang, sangat penting untuk menghasilkan dan memelihara segmentasi prospek untuk hubungan yang bermanfaat di masa depan.

Mengetahui berapa banyak biaya yang dihabiskan untuk mencari prospek sebanyak mungkin adalah cara yang baik untuk membangun strategi pemasaran yang berdampak di masa depan.

Baca juga: Rencana Pemasaran: Pengertian, Cara Penyusunan, Tujuan, dan Manfaatnya

Kesimpulan

Pemasaran yang sukses selalu tentang pengujian, analisis, dan inovasi taktik yang menjangkau dan beresonansi dengan audiens Anda. Meluangkan waktu untuk meninjau dan berinovasi pada strategi pemasaran Anda adalah proses yang idealnya harus dilakukan setiap tahun, terutama di saat perubahan besar seperti sekarang, “New Normal”.

Sekarang bukan waktunya untuk memperlambat bisnis atau menyerah! Tetaplah menjaga prospek Anda dengan pemikiranyang panjang, perencanaan yang matang dan pengelolaan keuangan yang baik. Semua hal ini akan membuat bisnis Anda akan tetap bertahan, bahkan jika situasinya terasa tidak pasti untuk bisnis Anda.

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola keuangan dan anggaran bisnis, kami sarankan Anda menggunakan software akuntansi untuk mengoptimalkan waktu kerja dan meminimalisir kesalahan pencatatan.

Pilihlah software akuntansi yang memiliki fitur terbaik dan mudah digunakan, sekalipun Anda tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang imu akuntansi. Salah satu software akuntansi terbaik yang telah terbukti dan teruji adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud buatan Indonesia yang sudah meraih Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai saat ini dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis, baik UMKM sampai perusahaan manufaktur besar.

Anda bisa menggunakan Accurate Online tanpa harus memiliki pengetahuan akuntansi mendalam karena Accurate Online diciptakan untuk kemudahan menyeluruh dalam pencatatan keuangan.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembangan