9 Strategi untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif pada Bisnis

Pernah mendengar strategi keunggulan kompetitif? Perusahaan Anda perlu memiliki sudut pandang khusus dari beberapa proposisi nilai yang menarik agar lebih menarik dibandingkan kompetitor Anda.

Lebih jauh, itu tidak hanya berarti harga Anda yang lebih murah. Perusahaan Anda perlu memiliki sudut pandang khusus, beberapa proposisi nilai yang menarik untuk menonjol dan membuktikan kepada calon pembeli bahwa solusi, layanan, atau produk Anda adalah yang tepat. Itulah analogi keunggulan kompetitif.

Jadi intinya, keunggulan kompetitif adalah apa yang membuat Anda lebih baik daripada persaingan di benak pelanggan Anda.

Pikirkan tentang perusahaan tempat Anda membeli atau menggunakan layanan suatu perusahaan tersebut secara teratur. Ada alasan Anda memilih produk dari perusahaan tersebut, bukan? Apakah keunggulan kompetitif itu sesederhana kedekatan atau harga, atau sesuatu yang lebih kompleks, seperti keinginan tak terucapkan Anda untuk prestise sosial yang terkait dengan pembelian.

Perusahaan Anda harus mencapai keunggulan kompetitif yang serupa, baik Anda menjual produk, layanan, atau kombinasi keduanya. Berikut sembilan strategi untuk membangun keunggulan kompetitif pada perusahaan Anda.

1. Menaikan Harga

Sementara banyak bisnis berpikir untuk memangkas harga untuk menarik konsumen, Anda bisa melakukan sebaliknya. Pikirkanlah dengan kutipan ini: “Anda tidak membeli Rolex untuk mengetahui waktu.”

Menetapkan harga lebih tinggi itulah yang disebut sebagai “harga prestise”. Ini digunakan tidak hanya untuk meningkatkan margin tetapi untuk meningkatkan citra merek dan modal sosial dengan menarik pembeli yang tidak menganggap serius produk yang lebih murah.

Satu-satunya hal yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa produk atau layanan Anda harus memperhatikan kualitas menyeluruh sesuai harga yang Anda berikan, baik dari produk, aftersales, sampai hal hal lainnya costumer service, atau edukasi produk dan layanan.

Baca juga: 7 Strategi Diversifikasi Pendapatan untuk Pengembangan Bisnis Anda

2. Menjadi Influencer Online

“Influencer” adalah istilah yang samar-samar akhir-akhir ini, tetapi fungsinya sebagai strategi dalam meningkatkan keunggulan kompetitif sangat mudah dipahami:

Semakin banyak orang yang mengetahui akan kredibilitas perusahaan Anda dalam suatu pemecahan masalah, semakin banyak pelanggan yang akan Anda peroleh ketika orang-orang yang sama ini memiliki masalah yang dapat Anda selesaikan.

Contohnya adalah Akademi dan program sertifikasi Hubspot:

Program sertifikasi Hubspot benar-benar gratis, dan bila digabungkan dengan sumber daya bermanfaat lainnya dari situs, ini akan memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam layanan dan dukungan pemasaran digital.

Baca juga: Pengertian Barang Konsumsi dan Perbedaannya Barang Modal

3. Menjadi Pembicara di Industri Anda

Berbicara di konferensi, rapat, dan acara lainnya memiliki dampak yang sama dalam memperluas persepsi otoritas perusahaan Anda.

Keuntungan moneter dan tak berwujud bisa Anda dapatkan dari strategi ini.

Claire Lew, CEO dari Know Your Company mengatakan

“Berbicara di acara dan konferensi adalah eksperimen yang paling menarik bagi kami. Meskipun  menjadi pembicara bukanlah sumber penjualan terbesar bagi kami tahun lalu (kami melihat 47% dari penjualan kami berasal dari inbound marketing, sementara 38% berasal dari peluang berbicara) – di situlah pembelajaran terbesar kami datang bagi saya sebagai CEO, dan untuk bisnis kami. “

4. Buat dan Olah Data Anda Sendiri

Bisnis sering kali didorong untuk menggunakan poin data dan statistik dalam konten pemasaran yang mereka buat, karena hal itu memberikan kesan otoritas dan kredibilitas. Bisnis Anda pun bisa seperti itu

Meskipun Anda ingin mematuhi protokol survei dan pengambilan sampel yang tepat, mengumpulkan data pasar dapat dilakukan dengan mudah menggunakan alat seperti Google’s Consumer Surveys dan SurveyMonkey.

Olah data yang telah dihasilkan dalam format yang rapi untuk distribusi, dan kehadiran industri Anda akan tumbuh.

Baca juga: Indikator Kepuasan Pelanggan: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya Bagi Bisnis

strategi keunggulan kompetitif 2

5. Spesialisasikan Bisnis Anda

Ingatlah, mencoba menjadi segalanya bagi semua orang berarti Anda tidak akan menjadi apa-apa bagi siapa pun.

Jangan memikirkan ekpansi bisnis jika sumber pemasukan terbesar dalam usaha Anda belum maksimal, jika itu Anda lakukan maka sama saja dengan pemborosan.Pilihlah dan analisa pasar yang tepat untuk usaha Anda, lalu maksimalkan konsumen yang ada didalamnya.

Sebagian bisnis harus sadar bahwa tidak semua usaha tidak ditujukan untuk untuk semua orang, contohnya seperti bisnis pembuatan websiter. Namun dengan menciptakan audiens target, nuansa unik dan daya tarik khusus. bisnis tersebut akan menciptakan strategi keunggulan kompetitif yang menarik.

6. Memanfaatkan Teknologi Baru

Cara lain untuk menjadi terbaik di pasar adalah dengan menggunakan teknologi baru yang tidak digunakan orang lain.

Menggunakan live chat misalnya. Menurut Econsultancy, “79% pelanggan mengatakan bahwa mereka lebih suka live chat karena kesegeraan yang disediakannya,” namun adopsi live chat tidak merata di seluruh industri.

Menambahkan teknologi seperti ini ke ranah digital Anda memberi pelanggan alasan yang bagus untuk berbelanja dengan Anda, bukan pesaing Anda.

Termasuk jika Anda masih menggunakan sistem manual pada proses bisnis, salah satunya adalah pembukuan. Gunakanlah software akuntansi berbasis cloud yang akan menambah efisiensi pengelolaan keuangan bisnis dan mendapatkan laporan finansial, perpajakan, stok, dan lainnya kapanpun dan dimanapun Anda mau.

Accurate Online adala Salah satu software akuntansi berbasis cloud yang telah dikembangkan lebih dari 20 tahun lalu dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna yang bisa Anda coba adalah gratis selama 30 hari melalui tautan ini. 

Download eBook Panduan dan Template Pembukuan Sederhana dengan Excel untuk Bisnis Kecil

7. Menyenangkan Pelanggan Anda

Yang ini adalah strategi yang sangat klise. Bagaimanapun, semua orang ingin menjadi pelanggan dengan perusahaan yang didedikasikan untuk menyenangkan mereka.

Pelanggan adalah hal yang menggerakkan bisnis Anda, pastikan juga mereka merasa puas atas komitmen mereka dengan bisnis Anda.

Sebagai contoh, Anda bisa memeberikan ucapan selamat ulang tahun bagi mereka yang belangganan buletin dari website perusahaan Anda. Atau jika bisnis Anda menjual layanan berlangganan, Anda bisa memberikan kue anniversary pada waktu tertentu, seperti persetiap 1 tahun. Ini akan membuat pelanggan Anda merasa senang dan diperhatikan.

8. Berinvestasi dalam Hubungan Pelanggan yang Lebih Baik

Pemasaran advokasi adalah topik hangat akhir-akhir ini, namun begitu banyak program advokasi berhenti pada pembuatan kode rujukan secara otomatis untuk pembelanja teratas.

Bagaimana jika Anda mengambil satu atau dua langkah lebih jauh? Bagaimana jika Anda menginvestasikan waktu dan energi untuk membentuk hubungan nyata dengan pelanggan terbaik Anda — mungkin dengan menikmati makan malam bersama atau dengan menyewa ruang pertemuan untuk membahas hal terbaik dalam menumbuhkan bisnis.

Dunia bisnis sudah cukup impersonal. Hubungan nyata akan menciptakan keunggulan kompetitif yang kuat.

9. Ciptakan Budaya Kerja yang Baik

Banyak orang membicarakan tentang budaya kerja Zappos yang terkenal sembari mereka membicarakan sepatunya. Zappos secara konsisten berinvestasi dalam menciptakan budayakerja yang baik dan telah mendorong sejumlah keuntungan bisnis.

Pelanggan ingin membeli dari perusahaan yang memperlakukan pekerjanya dengan baik. Pada saat yang sama, perusahaan ini dapat menarik talenta terbaik. Bakat ini  pada gilirannya  terus memberikan layanan terbaik bagi pelanggan perusahaan.

Ini adalah siklus saling menguntungkan yang mengarah pada pertumbuhan positif dan pengembangan keunggulan kompetitif yang menarik.

Baca juga: Iklan dan Promosi: Pengertian, Perbedaan, dan Mana yang Cocok untuk Bisnis Anda?


Bisnis yang memperhatikan strategi keunggulan kompetitif akan terus bertumbuh cepat atau lambat. Buatlah strategi terbaik untuk pertumbuhan bisnis yang terarah dan terencana yang mengutamakan kepuasan pelanggan dan pekerja Anda, sehingga membuat keunggulan kompetitif dan dampaknya bisa dirasakan secara menyeluruh.

accurate 200 ribu perbulan

 

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia