Total Quality Management: Pengertian, Elemen, Manfaat dan Cara Implementasinya

Manajemen kualitas total atau total quality management (TQM) adalah pendekatan untuk kesuksesan jangka panjang yang dirancang berdasarkan gagasan bahwa semua anggota staf berkomitmen untuk memberikan standar kerja yang tinggi di semua aspek operasi perusahaan, termasuk proses, layanan, produk, dan budaya perusahaan. .

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tujuan total quality management, elemen dan manfaat utama, serta bagaimana menerapkan pendekatan total quality management dalam organisasi Anda.

Apa Tujuan Total Quality Management?

Tujuan keseluruhan dari pendekatan TQM adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Ini akan berlaku untuk pelanggan internal dan pelanggan eksternal. TQM membutuhkan integrasi semua aspek bisnis, dengan fokus pada kebutuhan pelanggan dan proses organisasi.

Pengalaman dan pengetahuan para pekerja sangat berharga dalam memikirkan kembali setiap aspek bisnis dan mengoptimalkan pengalaman semua orang yang terlibat. Hasil yang sukses dari pendekatan manajemen kualitas total adalah produk yang berkualitas, pelanggan yang puas dan karyawan yang merasa dihargai dan dihargai.

Apa Elemen Utama dari Total Quality Management?

TQM adalah sistem manajemen yang berfokus pada pelanggan yang melibatkan semua karyawan dalam peningkatan yang terorganisir di seluruh perusahaan. Komunikasi, data, dan strategi yang efektif digunakan untuk menggabungkan aktivitas dan budaya ke dalam organisasi. Elemen utama relatif terhadap masing-masing kategori ini.

Berfokus pada pelanggan

Tingkat kualitas yang diberikan oleh sebuah perusahaan ditentukan oleh pelanggan. Perusahaan dapat melatih kembali karyawan, fokus pada desain berkualitas tinggi dan merangkul semua bentuk teknologi, tetapi pelanggan akan selalu menentukan apakah penyesuaian itu bermanfaat.

Baca juga: Stock Take Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Tips Ampuh Untuk Melakukannya

Keterlibatan penuh karyawan

Setiap karyawan berkontribusi pada tujuan perusahaan. Komitmen total dari semua karyawan hanya dapat terjadi setelah mereka diberdayakan dan manajemen telah menyediakan lingkungan yang bebas dari rasa takut. Sistem manajemen yang sangat sukses mendorong peningkatan dan pelatihan reguler sebagai bagian dari hari kerja normal. Salah satu metode pemberdayaan tersebut adalah tim kerja yang dikelola sendiri.

Berorientasi pada proses

Proses adalah fokus utama dari manajemen kualitas total. Mengubah input (baik internal maupun eksternal) menjadi output untuk disampaikan kepada pelanggan adalah sebuah proses. Definisi setiap langkah proses dan pengukuran kinerja yang dipantau terus menerus mendeteksi variasi yang tidak direncanakan.

  • Sistem terintegrasi: Manajemen kualitas total berfokus pada proses interkoneksi horizontal dalam organisasi, berbeda dengan departemen standar yang terstruktur secara vertikal.
    • Setiap proses kecil digabungkan untuk membentuk proses yang lebih besar yang, secara total, menjadi proses yang diandalkan bisnis untuk mendefinisikan dan menerapkan strategi. Setiap karyawan harus memahami visi, prinsip, dan misi perusahaan beserta kebijakan, hasil, dan proses utama. Komunikasi dan pemantauan kemajuan harus terus menerus.
    • Mempertahankan budaya kualitas sangat penting bagi organisasi untuk mencapai keunggulan dalam layanan dan produknya. Sistem terintegrasi menggunakan semua elemen peningkatan bisnis untuk terus meningkatkan dan melampaui harapan semua pemangku kepentingan, termasuk karyawan dan pelanggan.

Pendekatan strategis dan sistematis

TQM sangat bergantung pada pendekatan strategis dan sistematis untuk mencapai tujuan organisasi sambil mencapai visi dan misi yang ditetapkan. Pengelolaan pendekatan ini membutuhkan rencana strategis yang harus dirumuskan dengan kualitas sebagai komponen inti.

Baca juga: Apa itu PPC dan Bagaimana Cara Menggunakannya untuk Pemasaran Bisnis Anda?

Peningkatan terus-menerus

Perbaikan terus-menerus dari proses adalah komponen utama lain dari manajemen kualitas total. Tindakan perbaikan terus-menerus mendorong perusahaan untuk menganalisis diri dan terus meningkatkan untuk menjadi lebih kompetitif dan efektif memenuhi harapan para pemangku kepentingannya.

Pengambilan keputusan berdasarkan fakta

Data kinerja merupakan suatu keharusan untuk menentukan seberapa baik kinerja organisasi. Manajemen kualitas total bergantung pada pengumpulan dan analisis data secara terus-menerus untuk meningkatkan akurasi pengambilan keputusan, memungkinkan peramalan masa depan dan mencapai konsensus.

Komunikasi

Komunikasi yang efektif merupakan bagian integral dalam memotivasi karyawan dan menjaga moral. Hal ini berlaku untuk operasi sehari-hari serta selama periode perubahan. Metode, strategi dan waktu yang tepat sangat penting untuk pendekatan manajemen kualitas total. Banyak organisasi memasukkan elemen-elemen ini ke dalam nilai-nilai inti dan prinsip-prinsip bisnis.

Manfaat dari Pendekatan Total Quality Management

Jika diterapkan dengan benar, pendekatan TQM dapat menghasilkan banyak manfaat bagi organisasi, pemangku kepentingan, dan karyawan. Berikut adalah beberapa manfaat TQM:

  • Keuntungan meningkat
  • Proses inovasi
  • Peningkatan penampilan pasar
  • Peningkatan produktivitas Increased
  • Posisi kompetitif yang lebih kuat
  • Mengurangi atau menghilangkan cacat dan pemborosan
  • Fokus pelanggan yang lebih kuat
  • Kepuasan pelanggan yang lebih besar
  • Semangat kerja karyawan yang lebih besar
  • Mengurangi biaya
  • Manajemen yang lebih efisien
  • Nilai pemangku kepentingan yang ditingkatkan
  • Kemampuan beradaptasi yang lebih baik untuk berubah

Baca juga: Product Marketing: Pengertian, Pilar Utama, dan Strategi Ampuhnya

Implementasi Total Quality Mangement

Membuat perubahan skala besar dalam bisnis yang sudah mapan dapat menimbulkan kesulitan dengan karyawan, pelanggan, dan pemangku kepentingan. Pendekatan TQM memiliki garis besar yang, jika diikuti dengan cermat, dapat menciptakan lingkungan yang lebih bahagia dan berdaya. Berikut adalah enam langkah yang harus diambil untuk menerapkan TQM:

  1. Setelah manajemen puncak memutuskan untuk mengadopsi pendekatan manajemen kualitas total, mereka dapat mengevaluasi sistem manajemen kualitas, kepuasan pelanggan, dan budaya mereka saat ini.
  2. Setelah mengidentifikasi dan memprioritaskan permintaan pelanggan, perusahaan akan menyesuaikan produk dan layanan sebagai tanggapan.
  3. Manajemen akan menguraikan proses kritis yang saat ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan membentuk tim untuk fokus pada peningkatan proses.
  4. Sebuah komite pengarah akan mengelola momentum pendekatan manajemen kualitas total sementara manajer berkontribusi melalui pembinaan, pelatihan, perencanaan dan metode lainnya.
  5. Standarisasi dan pengelolaan proses akan terus dilakukan setiap hari sedangkan evaluasi dan revisi akan dilakukan sesuai kebutuhan.
  6. Komunikasi dan umpan balik untuk karyawan dan pemangku kepentingan akan terus menerus dan proses pengakuan dan penghargaan akan dibentuk untuk komitmen total di semua tingkatan.

Karena semua organisasi harus tumbuh dan berkembang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan mereka, pendekatan total quality management menggunakan sudut pandang holistik perusahaan dan menangani semua tingkat bisnis.

Mengevaluasi kebijakan, prosedur, interaksi dan bahkan produk, TQM mengoptimalkan setiap level organisasi. Karyawan, pelanggan, dan semua pemangku kepentingan berperan dalam evolusi perusahaan dengan komitmen total dan diperlakukan sebagai mitra dengan tujuan bersama.

Baca juga: Manajemen Rantai Pasok: Pengertian, Fungsi dan Contohnya dalam Bisnis

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap tentang total quality management. Manajemen yang baik tentu akan menghasilkan keuntungan yang baik, termasuk pada manajemen keuangan bisnis Anda.

Untuk pengelolaan keuangan bisnis yang  sempurna, Anda bisa coba gunakan software akuntansi yang memiliki fitur lengkap dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, salah satunya adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah terpercaya lebih dari 2o tahun dan digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Hanya dengan 200 ribu perbulan, Anda bisa mendapatkan solusi kemudahan pengelolaan pembukuan, perpajakan, manajemen aset dan persediaan, otomasi laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Tertarik? Anda juga bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar dibawah ini:

accurate 2 banner bawah