Pengerrtian Unique Value Proposition (UVP) dan Contohnya dalam Bisnis

Dengan begitu banyak bisnis di dunia online, penting untuk membedakan perusahaan Anda untuk mendapatkan bisnis. Anda dapat menambahkan proposisi nilai unik atau Unique Value Proposition (UVP) di situs web atau materi pemasaran lainnya untuk menarik perhatian konsumen.

Menulis proposisi nilai yang unik adalah persyaratan pemasaran modern. Pada artikel ini, kita membahas bagaimana menulis proposisi nilai yang unik serta pentingnya proposisi nilai pelanggan.

Apa itu Unique Value Proposition?

Proposisi nilai unik atau unique value proposition adalah pernyataan yang memberi tahu calon pelanggan siapa Anda sebagai sebuah perusahaan, bagaimana Anda berbeda dari pesaing dan nilai unik apa yang Anda berikan.

Ini adalah komponen penting dari strategi pemasaran perusahaan karena ini adalah hal pertama yang akan diperhatikan oleh seseorang yang mengunjungi situs web Anda.

Unique value proposition memiliki tiga komponen: relevansi, kuantifikasi, dan diferensiasi. Setelah membaca proposisi, calon pelanggan harus segera bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang mengapa mereka harus membeli dari Anda daripada dari pesaing Anda. Proposisi nilai lebih dari sekadar slogan yang menarik. Ini berisi informasi yang jelas yang membantu konsumen membuat keputusan.

Rata-rata, Anda memiliki waktu sekitar lima detik untuk mempertahankan perhatian pembaca di situs web Anda—bahkan mungkin lebih sedikit di platform seluler.

Pemasaran modern membutuhkan kemampuan untuk menarik perhatian dan menyampaikan informasi dengan cepat dan ringkas, dan proposisi nilai unik Anda dapat mencapai tujuan itu untuk perusahaan Anda.

Di pasar online yang semakin ramai, proposisi nilai unik Anda berperan sebagai penjaja dengan megafon, etalase toko, iklan surat kabar, dan papan reklame semuanya menjadi satu. Itu harus menarik pengunjung untuk tetap berada di situs web Anda daripada mengklik yang lain.

Baca juga: Cara Membuat Content Plan yang Jelas Agar Konten Makin Maksimal

Bagaimana cara Menulis Unique Value Proposition?

Ikuti langkah-langkah ini untuk menulis proposisi nilai yang efektif:

1. Tulis judul yang menarik

Langkah pertama dalam menulis proposisi nilai yang unik adalah merefleksikan produk Anda secara komprehensif. Cantumkan dengan jelas semua manfaat yang Anda berikan, lalu padatkan informasinya dalam satu kalimat yang efektif—judul utama Anda.

Judul harus menarik dan segera menunjukkan apa yang Anda berikan. Ingatlah bahwa judul tidak sama dengan slogan atau tagline perusahaan Anda, tetapi harus diutarakan dengan cara yang menarik perhatian pembaca.

2. Hubungkan produk Anda ke pelanggan Anda

Lihat lagi daftar manfaat dari produk atau layanan Anda. Sekarang, pikirkan apa yang diinginkan pelanggan, atau masalah apa yang perlu mereka pecahkan.

Mungkin Anda menyediakan layanan penjemputan anak. Masalah pelanggan adalah perlunya mengantar anak-anak berkeliling ke kegiatan tetapi tidak punya waktu, dan tidak memiliki seseorang yang mereka percayai untuk melakukan ini untuk mereka.

Buat hubungan antara manfaat produk Anda, dan masalah pelanggan Anda. Tunjukkan bagaimana produk Anda dapat memecahkan masalah mereka dalam paragraf kecil atau poin-poin di bawah judul utama.

Baca juga: Mind Mapping: Pengertian, Tips Membuatnya, dan Contohnya

3. Tunjukkan mengapa binis Anda adalah pilihan yang lebih baik

Tunjukkan bagaimana Anda menonjol dari persaingan dengan menyoroti atribut produk Anda yang membuatnya lebih unggul dari yang lain.

Mungkin Anda memiliki pengemudi yang paling berpengalaman dan memeriksa latar belakang untuk layanan mobil anak Anda, atau mungkin layanan laundry Anda adalah satu-satunya di kota yang menggunakan produk ramah lingkungan. Anda harus memasukkan apa pun yang membuat Anda unik atau mengangkat Anda di atas bidang lainnya dalam proposisi nilai unik Anda.

4. Gunakan gambar

Desain yang bersih dan eye-catching biasanya akan menarik perhatian. Jika Anda menjual produk, foto produk yang sebenarnya adalah hal yang bermanfaat untuk disertakan.

Elemen visual lain yang perlu dipertimbangkan adalah pilihan warna (hijau yang menenangkan atau hot pink yang cerah menciptakan suasana yang sangat berbeda), logo yang menarik atau foto yang tidak biasa. Gambar harus memperkuat pesan Anda daripada menyampaikan sudut lain. Video adalah elemen berguna lainnya yang dapat Anda integrasikan.

Baca juga: Product Positioning: Pengertian dan Cara Menentukannya dengan Tepat

Pengertian Unique Value Proposition (UVP) 2

Karakteristik Unique Value Proposition

Idealnya, unique value proposition akan beragam seperti produk yang diwakilinya. Namun, yang dibuat dengan baik memiliki beberapa aspek yang sama. Berikut adalah beberapa karakteristik dari proposisi nilai unik yang menarik:

Daya tarik visual

Halaman tempat proposisi nilai unik Anda muncul harus menarik perhatian dan menarik perhatian. Daya tarik visual memainkan peran besar ketika seseorang duduk di depan layar dengan mouse melayang di atas beberapa opsi, bertanya-tanya apa yang harus diklik.

Kesederhanaan

Proposisi nilai yang unik harus mudah diakses, jadi jagalah agar verbiage tetap sederhana dan tidak berantakan oleh jargon teknis. Teks harus dapat dipindai—pendek dan mudah dibaca. Namun, itu juga harus memberikan informasi yang solid dalam nugget yang mudah dicerna. Daftar berpoin adalah format yang berguna untuk ini.

Definisi tujuan yang jelas

Jelaskan apa yang dilakukan perusahaan Anda. Pelanggan harus memahami dengan tepat apa yang dapat mereka peroleh dari perusahaan Anda—apa produk Anda, apa fungsinya, dan bagaimana produk itu akan membantu pelanggan. Jelaskan produk atau layanan Anda secara ringkas dan jelas.

Baca juga: 9 Ide Pelatihan Penjualan untuk Menginspirasi Tim Penjualan Anda

Pernyataan keunggulan kompetitif yang jelas

Tanpa menyebutkan yang lain, proposisi nilai yang unik harus menjelaskan mengapa Anda adalah pilihan yang lebih baik daripada pesaing, dan apa yang Anda tawarkan berbeda dan lebih baik. Anda mungkin menawarkan produk dengan kualitas lebih tinggi atau nilai uang yang lebih baik daripada pesaing.

Atau, Anda mungkin menawarkan produk aspirasional, sesuatu yang populer dan ingin dimiliki orang karena produk tersebut menunjukkan tingkat status. Atau Anda mungkin menawarkan produk yang berguna untuk kelompok tertentu — misalnya, materi les matematika untuk siswa sekolah menengah.

Pernyataan yang jelas tentang bagaimana memecahkan masalah pelanggan

Unique value proposition akan mendefinisikan masalah bagi pelanggan dan menunjukkan bahwa mereka dapat menyelesaikannya. Pelanggan mencari produk karena mereka mencoba untuk memperbaiki masalah.

Seseorang yang keuangannya tidak teratur mungkin mencari aplikasi atau program untuk memudahkan pengelolaan keuangan mereka, sementara seorang sukarelawan untuk lembaga nonprofit mungkin memerlukan aplikasi yang memudahkan untuk mengirim email dan melacak pesan yang dikirim ke grup besar.

Call to action

Meskipun Anda memiliki perhatian pelanggan, Anda dapat mempermudah mereka untuk merasakan keunggulan produk Anda dengan membiarkan “pintu” terbuka untuk mereka. Anda dapat melakukan ini dengan menyertakan ajakan bertindak dalam bentuk tautan atau tombol yang akan membuat pelanggan merasa tertarik untuk mengkliknya karena mereka menyukai dan setuju dengan apa yang telah mereka baca sejauh ini.

Baca juga: Customer Retention Rate: Pengertian, Strategi dan Tips Meningkatkannya

Contoh Unique Value Proposition yang Baik

Proposisi nilai yang unik harus ringkas tetapi cukup jelas untuk membuat pembaca langsung memahami nilainya bagi diri mereka sendiri. Berikut beberapa contohnya:

  • Perusahaan yang menyelenggarakan wahana untuk anak-anak: “Anak-anak Anda perlu mengikuti les balet/sepak bola/bahasa inggris? Biarkan pengemudi dan mobil terbaik kami yang aman membawa mereka ke sana. DriveMyKid adalah cara teraman untuk mengangkut kargo Anda yang paling berharga: Anda anak-anak.”
  • Sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda memilih bahan-bahan yang sudah Anda miliki di rumah untuk membuat resep: “Buat resep dengan bahan-bahan yang sudah ada di dapur Anda.”
  • Layanan perawatan hewan: “Kami membantu pemilik hewan peliharaan yang sibuk menemukan manusia yang penuh kasih dan bertanggung jawab untuk berjalan, merawat, dan bermain dengan anggota keluarga berkaki empat Anda saat Anda pergi.”
  • Aplikasi penganggaran yang mudah digunakan: “Perangkat lunak anggaran untuk non-akuntan.”

Kesimpulan

Itulah pembahasan dari unique value proposition yang bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda nantinya. Mengenalkan bisnis Anda kepeda pelanggan dengan cara yang benar dan terarah adalah langkah utama dalam menentukan keberhasilan bisnis.

Pastikan produk, layanan, atau bisnis memiliki unique value proposition yang dikenal oleh pelanggan sehingga meningkatkan loyalitas dari pengguna layanan atau produk Anda.

Jangan lupa juga untuk mencatat setiap data keuangan dan transaksi yang terjadi pada bisnis dengan sistem pembukuan terbaik, contonya dengan menggunakan Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud buatan Indonesia yang sudah dikembangkan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan pembukuan dimanapun dan kapanpun, pengelolaan anggaran, manajemen aset dan persediaan, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi?

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

https://accurate.id/lp/marketing-form/