Keunggulan Kompetitif: Pengertian, Fungsi, Strategi, Analisa dan Alat Ukurnya

oleh | Des 1, 2023

source envato.

Keunggulan Kompetitif: Pengertian, Fungsi, Strategi, Analisa dan Alat Ukurnya

Keunggulan kompetitif berhubungan dengan manajemen strategis sebuah perusahaan yang sedang dijalankan.

Jika seseorang membeli produk kemudian produk tersebut dibandingkan dengan produk pesaing lainnya, namun orang tersebut tetap memakai produk pertama.

Maka produk pertama tersebut memiliki keunggulan yang kompetitif dibandingkan dengan produk pesaing.

Dalam menentukan keunggulan dari produk atau layanan pasti akan melibatkan perusahaan sebagai produsen yang merancang serta menciptakan sebuah produk dan layanan begitu bernilai.

Produk itu sendiri yang memiliki nilai lebih dibandingkan dengan produk pesaing.

Ingin mengetahui lebih mendalam mengenai keunggulan kompetitif dalam membuat produk atau layanan? Baca terus artikel ini

Pengertian Keunggulan Kompetitif

Pengertian Keunggulan Kompetitif

ilustrasi competitive advantage. source envato

Dalam perannya sebagai tolak ukur bagaimana produk tersebut menjadi hal yang unggul dan kompetitif di pasaran, tentunya dihasilkan dari perencanaan, strategi dan promosi suatu produk yang dipersiapkan.

Mengutip dari Investopedia, Competitive advantage / keunggulan kompetitif mengacu pada faktor yang memungkinkan perusahaan memproduksi barang /jasa dengan lebih baik atau lebih murah dibandingkan pesaingnya.

Faktor-faktor ini memungkinkan entitas produktif untuk menghasilkan lebih banyak penjualan atau margin yang lebih tinggi dibandingkan dengan pesaing pasarnya.

Hal dilakukan guna menonjolkan kelebihan produk dibandingkan dengan produk sejenis lain yang ada pada lingkup pasar yang sama dengan produk atau layanan yang Anda buat.

Sejarah munculnya istilah dari keunggulan kompetitif atau dalam bahasa Inggris disebut dengan “competitive advantage” berasal dari Judul buku yang sama dari Michael Porter.

Berdasarkan Johnson et al, 2007 disebutkan bahwa sebuah organisasi mewujudkan nilai pada penggunanya yang terlihat lebih baik serta lebih besar. Dalam penciptaan produk yang superior dari kompetitor produk.

Sementara itu Porter 1985, menyatakan bahwa sebuah nilai merupakan apa yang diminati oleh pembeli untuk membayar dan nilai superior sumbernya berasal dari penawaran harga lebih rendah dari produk pesaing.

Dengan pemanfaatan yang sama atau menghasilkan manfaat yang lebih baik. Bahkan lebih dari yang diharapkan untuk harga produk pesaing yang lebih tinggi.

Misalnya saja Google, yang merupakan mesin pencari yang lebih memiliki kualitas dengan membandingkan mesin pencari lainnya.

Hal inilah yang menjadikan Google memiliki competitive advantage dalam bentuk pelayanan dan inovasi yang terbaik.

Pada prosesnya untuk meraih keunggilan ini lebih terlihat rumit, karena hal yang terlibat yaitu semua aspek seperti inovasi, investasi hingga nilai ekonomi yang dimiliki sebuah perusahaan.

Lalu ada juga branding yang merupakan salah satu bagian dari keunggulan kompetitif suatu barang atau layanan.

Dengan memahami apa itu competitive advantage, maka selanjutnya adalah membahas fungsi dari keunggulan kompetitif bagi bisnis itu sendiri.

Hal ini diwujudkan agar nilai suatu produk terlihat lebih unggul dari segi apapun, tidak sekedar branding semata.

Baca juga: 9 Strategi untuk Meningkatkan competitive advantage pada Bisnis

Fungsi Keunggulan Kompetitif

 Fungsi Keunggulan Kompetitif

ilustrasi competitive advantage. source envato

Pada keunggulan kompetitif tentu memiliki fungsi penting yang ada yaitu tentang perusahaan, konsumen serta bagi investor.

Ketiga hal ini memang memiliki pengaruh dan merasakan langsung dampak dari adanya competitive advantage.

1. Bagi Perusahaan

Sebuah perusahaan harus mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya saat memiliki produk.

Sehingga sebuah perusahaan mampu bertahan dan melakukan persaingan bisnis dengan mewujudkan keunggulan kompetitif.

Dengan membuat competitive advantage pada produk atau layanan dalam bisnis, itu berarti usaha yang Anda kembangkan memiliki posisi yang baik di pasar dan pada akhirnya akan meningkatkan bargaining power secara menyeluruh pada bisnis Anda.

2. Untuk Konsumen

Bagi konsumen, dengan adanya keunggulan kompetitif dari suatu produk atau layanan, maka konsumen mendapatkan apa yang diharapkan selama ini (atau mungkin lebih).

Bahwa suatu produk dan jasa begitu bernilai dan sangat penting serta nilai guna produk tersebut tidak sebanding dengan harga yang memang sudah ditawarkan. 

Sehingga pada akhirnya konsumen merasa puas atas produk yang ditawarkan dan mereka siap untuk menggunakan produk atau layanan Anda secara terus menerus

3. Bagi Investor

Untuk investor, keunggulan kompetitif pada suatu bisnis dijadikan sebagai alat ukur serta tolak ukur dalam melakukan penilaian terhadap suatu bisnis.

Penilain ini pada dasarnya untuk menilai apakah perusahaan layak dan kinerjanya bagus dan perusahaan mampu memberikan keuntungan dari investasi  yang telah dilakukan.

Baca juga: Pengertian Teori Keunggulan dan 5 Implikasi di Dalamnya

Strategi Membangun Keunggulan Kompetitif

Strategi Membangun Keunggulan Kompetitif

ilustrasi competitive advantage. source envato

Beberapa strategi dalam membangun keunggulan kompetitif pada bisnis bisa dilakukan dengan cara yang sudah ditentukan oleh masing-masing perusahaan.

Strategi ini merupakan bagian dari persiapan sebuah competitive advantage produk yang matang dan berkelanjutan.

1. Strategi Biaya Rendah atau Strategi Cost Leadership

Yaitu dengan pemberian harga yang lebih rendah dibandingkan dengan produk pesaing yang ada di pasaran.

Untuk mewujudkan biaya rendah ini melibatkan berbagai faktor, salah satunya merampingkan proses produksi.

Dan kelemahannya, perusahaan hanya menentukan keuntungan lebih minim agar menghasilkan harga yang kompetitif dibandingkan kompetitor.

2. Strategi Diferensiasi

Pada strategi diferensiasi ini dilakukan untuk menjadi unggul dari produk pesaing lainnya.

Misalnya saja suatu produk harus memberikan sesuatu yang spesial dan memberikan sebuah pengalaman yang menarik bagi pelanggan.

Atau dengan memberikan keunikan lainnya dengan mengungkapkan rahasia uniknya produk yang dipasarkan.

3. Fokus Strategi

Dalam strategi fokus perlu diperhatikan adanya hal berikut ini yaitu pada pasar mempunyai kondisi potensial serta berkelanjutan.

Untuk mewujudkan strategi yang berhasil Anda harus fokus pada segmen pasar tertentu dan suatu kelompok masyarakat, misalnya saja produsen mobil mewah.

Baca juga: Apa itu Analisis Porter Five Force? Ini Penjelasannya!

4. Strategi Inovasi

Ada dua strategi inovasi yang ada yaitu mengembangkan produk dan melakukan pembuatan produk baru yang belum ada di pasaran.

Salah satu contohnya yaitu adanya ojek online, inovasi ini dilakukan oleh alat transportasi ini dengan melakukan bidang transportasi secara online.

5. Strategi Pertumbuhan

Strategi ini merupakan sebuah pertumbuhan yang akan dilakukan oleh pebisnis.

Caranya dengan melakukan pengembangan produk dengan menambah support pada produk, diversifikasi atau keanekaragaman dari produk itu sendiri.

Sehingga produk semakin luas dan terlihat semakin banyak jenisnya, misal produk makanan dengan satu jenis namun berbagai rasa yang ditambahkan.

6. Aliancy Strategy

Merupakan sebuah strategi yang merupakan peran pelengkap yang dilakukan antar pebisnis, konsumen, penyuplai, pebisnis lainnya dan produsen.

Guna menghasilkan sebuah jawaban atau solusi dengan cara yang praktis serta baru. Contohnya Google akhirnya mengeluarkan android sebagai sistem operasi pada handphone.

Itulah beberapa strategi yang dilakukan dalam perwujudan adanya keunggulan kompetitif.

Hal tersebut tentu merupakan suatu yang bisa diwujudkan oleh sebuah perusahaan untuk meningkatkan omsetnya.

Baca juga: Competitive Pricing: Pengertian, Strategi, Tips, Kelebihan dan Kekurangannya

Analisa Keunggulan Kompetitif

Analisa Keunggulan Kompetitif

ilustrasi competitive advantage. source envato

Dalam menjalankan bisnis perusahaan diperlukan analisis competitive advantage. Hal ini penting dilakukan untuk menjadi alat ukur perkembangan bisnis dari waktu ke waktu.

Pentingnya analisis untuk kompetitif yaitu,

  • Melakukan pengambilan keputusan untuk melakukan strategi pemasaran yang tepat.
  • Melakukan identifikasi adanya tren dalam market yang lebih berkesinambungan dan jelas.
  • Untuk membuat alat ukur dan tolak ukur bagi pebisnis yang menjalankan perusahaan.
  • Menentukan strategi marketing dengan menetapkan harga.
  • Temukan cara yang baru dalam melakukan komunikasi terhadap pelanggan.
  • Adanya celah pasar yang dapat dimanfaatkan dalam peningkatan penjualan produk.

Analisis yang baik akan membawa bisnis Anda pada keunggulan kompetitif dan mendapatkan sasaran pasar yang tepat.

Selanjutnya Anda akan mengenal alat ukur yang bisa membatu Anda dalam mengembangkan pemasaran produk dari perusahaan secara kompetitif.

Baca juga: Apa itu Analisis Kompetitif dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Alat Ukur yang Digunakan dalam Competitive Advantage

Alat Ukur yang Digunakan dalam Competitive Advantage

ilustrasi competitive advantage. source envato

Ada dua alat ukur yang digunakan dalam mewujudkan competitive advantage.

Alat ukur tersebut yaitu balance scorecard Dan triple bottom line sebagai sesuatu yang digunakan mewujudkan keunggulan kompetitif.

1. Balance Scorecard

Balance scorecard dilihat dari tiga perspektif yaitu keuangan, perusahaan harus mampu mengelola.

Kemudian dari konsumen, loyalitas konsumen terhadap produk perusahaan.

Perspektif internal yaitu pengukuran kualitas kegiatan bisnis secara internal dan menyeluruh yang dilakukan perusahaan.

Dan perspektif SDM perusahaan atau learning and growth yaitu berhubungan dengan karyawan yang melakukan kontribusi serta kompetensi karyawan.

2. Triple Bottom Line

Berdasarkan laman Wikipedia, Triple Bottom Line adalah salah satu sistem utama yang digunakan oleh bisnis untuk menilai keuntungan yang mereka peroleh melalui solusi keberlanjutan perusahaan mereka.

Metode Triple Bottom Line meminta Anda untuk menilai dan melampaui garis bawah tradisional bisnis hingga keuntungan yang dihasilkan bisnis Anda secara sosial, lingkungan, dan ekonomi.

Mengukur bisnis Anda menggunakan Triple Bottom Line adalah salah satu cara  terbaik tentang seberapa berkelanjutan bisnis Anda, dan seberapa menguntungkan sebenarnya bisnis tersebut.

Dengan adanya alat ukur yang digunakan maka perusahaan bisa mewujudkan terjadinya keunggulan kompetitif.

Hal ini tentu sangat membantu dalam mewujudkan sebuah produk yang begitu memiliki nilai istimewa.

Baca juga: Pengertian Manajemen Operasional, Tujuan, Ciri Dan Fungsinya pada Bisnis

Kesimpulan

Itulah penjelasan lengkap mengenai keunggulan kompetitif dalam suatu bisnis.

Dengan memahami seperti apa pengertian, fungsi, strategi, analisa hingga alat ukur dari competitive advantage suatu perusahaan,

Maka nantinya bisa digunakan sebagai bahan untuk memahami bagaimana suatu produk atau jasa di pasaran begitu bernilai.

Sehingga orang-orang tetap memilih memakai produk atau jasa tersebut. Dikarenakan sebuah produk memiliki nilai, mutu, keunggulan, keunikan dan keistimewaan yang lebih dari produk pesaingnya.

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis yang ingin mengembangkan keunggulan pengelolaan keuangan pada usaha Anda misalnya, segera tinggalkan proses pembukuan manual yang rentan kesalahan dan memakan waktu.

Beralihlah menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur terbaik, mudah digunakan kapanpun dan dimanapun, dan sesuai standar akuntansi yang berlaku di Indonesia seperti Accurate Online.

Software Akuntansi dan Bisnis Accurate Online adalah software berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dipercaya oleh lebih dari ratusan ribu pengguna.

Raihlah keunggulan dalam pengelolaan keuangan bisnis Anda dengan menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

marketingmanajemenbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Natalia
Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait