Wealth Management: Pengertian, Jenis, Strategi Wealth Management

Pada dasarnya, manajemen kekeayaan atau wealth management adalah suatu manajemen keuangan keluarga. Kita tentu pernah mendengar tentang kisa Michael Jackson yang harus menjual rumahnya demi memenuhi kebutuhan hidupnya, atau Laela Sari yang harus tetap bekerja di usia tua nya demi menghidupi seluruh keluarganya.

Padahal, keduanya sudah sangat terkenal di dunia hiburan sejak masih muda. Lantas, kemana saja uang yang selama ini sudah mereka dapatkan. Hal tersebut tidak akan terjadi bila mereka mampu menerapkan wealth management di dalam kehidupannya.

Apa itu Wealth Management?

Dilansir dari laman wikipedia, wealth management adalah “is an advanced investment advisory that specialist in financial services and financial planning”. Atau bila kita diterjemahkan secara bebas ke dalam bahasa Indonesia adalah jasa penasihat investasi di dalam bidang keuangan dan juga perencanaan keuangan.

Jadi, seperti yang sudah di awal kita jelaskan, bahwa wealth management adalah suatu manajemen keuangan keluarga. Hal ini tentunya sangat bisa dilakukan oleh setiap individu. Namun, untuk melakukannya pengaturan keuangan sendiri secara lengkap dengan berbagai aspek pertimbangan, mulai dari peluang dan kemungkinan risiko, bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Untuk itu, kebanyakan orang umumnya memerlukan pengelola keuangan yang sudah mempunyai pengetahuan yang cukup terkait berbagai jenis investasi keuangan yang sudah tersedia.

Selain itu, Anda juga harus paham bagaimana suatu perkembangan ekonomi global yang kemungkinan besar akan memberikan dampak pada instrumen investasi dan faktor lainnya yang mampu memberikan dampak pada nilai kekayaan Anda.

Nah, pada akhirnya, wealth management pun berkembang menjadi bisnis jasa financial planner. Sehingga pengertian dari wealth management pun turut berkembang. Dari yang pada awalnya hanya pengelolaan nilai kekayaan yang dikerjakan secara sendiri, menjadi pengelolaan keuangan yang dikerjakan oleh suatu lembaga atau badan.

Untuk itu,  pengertian utama saat ini dari wealth management adalah jasa pengelolaan keuangan dan juga kekayaan yang tidak hanya fokus pada investasi, tapi juga mengurus berbagai hal yang berkaitan dengan keuangan pribadi. Jadi, secara sederhana wealth management adalah manajer keuangan pribadi.

Manajemen ini akan membantu setiap klien dalam mencapai tujuan keuangannya. Karena bila seorang klien melakukan layanan jasa wealth management dari suatu badan atau lembaga, maka Anda akan diminta untuk mengisi form pertanyaan terkait perencanaan keuangan.

Informasi tersebut harus dinyatakan secara jujur, seperti jumlah harta yang saat ini dimiliki, jumlah utang, istri, anak, penghasilan, asuransi, profil risiko, pengeluaran, tujuan, dan hal lain harus dinyatakan secara jujur.

Baca juga: Budaya Organisasi: Pengertian dari Ahli, Fungsi, dan Karakteristiknya

Kapan Lahirnya Wealth Management?

Istilah wealth management ini mulai banyak digunakan pada awal tahun 2000 an. Namun, sebenarnya kehadirannya sudah lebih ada jauh sebelum tahun tersebut.

Misalnya saja di kota besar seperti London, Paris, dan Amsterdam, kegiatan pengelolaan keuangan secara holistik sudah lebih dulu dikenal sejak abad ke 17 dan abad ke 18. Perkembangan tersebut tentunya tidak lepas dari pusat keuangan yang terjadi pada saat itu.

Selain itu, para private banker pun turut memberikan berbagai jasa layanan keuangan untuk setiap anggota keluarga yang ingin melakukan perdagangan secara internasional.

Beberapa jenis layanan keuangan yang mereka lakukan adalah penyimpanan deposito, memberikan pinjaman dan juga menyediakan mata uang asing. Kegiatan ini dilakukan hanya demi memberikan pelayanan keuangan secara menyeluruh pada setiap anggota kerajaan.

Setelah terkenal di London, layanan ini pun pindah ke Amerika Serikat di abad ke 19 dan 20 dengan adanya landmark Wall Street disana.

Jenis Layanan Manajemen Kekayaan

Wealth management sangat erat sekali dengan nuansa layanan jasa untuk kalangan masyarakat atas yang memiliki kantong tebal. Walaupun begitu, wealth management bukan hanya tentang investasi juga, tapi ada juga jasa lainnya yang mampu memberikan kenyamanan hidup.

Karena wealth management sering memberikan seluruh pelayanan yang diperlukan oleh mereka yang memiliki banyak yang, maka munculah isitilah Apa yang Lu Minta Gue Ada (Palugada) sebagai bentuk plesetan dari wealth management .

jadi, kenyataannya memang mereka mampu memberikan layanan dalam ulusan tradisional sampai ke sophisticated, dari urusan keuangan hingga gaya hidup, serta dari urusan bisnis sampai urusan spiritual

Penyedia Jasa Manajemen Kekayaan

Umumnya, jasa ini ditawarkan oleh pihak perbankan. Beberapa pihak lain yang turut menyediakan jasaini adalah Asset management, asuransi, private banking, brokerage, investment banking, independent financial advisor bahkan kantor akuntan.

Setiap bank tersebut mempunyai layanan jasa nya masing-masing, seperti ABC Amro Indonesia dengan Van Gogh Preferred Banking yang khusus kalangan masyarakat berduit banyak dengan saldo simpanan minimalnya adalah Rp 500 juta. Lalu Bank Syariah Mandiri yang memiliki BSM Priority dengan saldo minimal Rp 250 jt.

Kalaupun ada lembaga yang mengaku memiliki layanan jasa ini, tapi hanya berfokus pada penawaran produk asuransi ataupun produk deposito saja, atau hanya menawarkan produk reksadana saja, maka bisa kita pastikan mereka bukanlah penyedia jasa manajemen kekayaan yang kompatibel

Lembaga keuangan atau perbankan yang memang mempunyai program manajemen kekayaan komprehensi adalah yang di dalamnya mempunyai layanan lengkap, seperti investasi yang ada pada produk keuangan atau nonkeuangan.

Mereka juga akan memberikan saran terkait jenis investasi riil seperti usaha prospektif, rumah, emas, dll. Bahkan, mereka tidak fanatik pada produknya sendiri, karena mereka juga akan terbuka dengan lembaga lain yang memang lebih sesuai dengan kondisi kliennya.

Nah, sebelum memilih perbankan atau lembaga keuangan yang didalamnya disediakan wealth management, maka Anda harus bisa memerhatikan hal berikut ini.

  1. Mendatangi langsung pihak bank ataupun lembaga keuangan yang menawarkan jasa tersebut. Tanyakan juga seluruh layanan yang mampu mereka berikan.
  2. Perhatikanlah siapa saja yang berada di hadapan Anda ketika mengunjungi lembaga atau bank penyedia jasa tersebut apakah yang dipercayakan tersebut adalah orang yang kompeten atau tidak. Nama besar bukanlah jaminan bahwa Anda bisa mendapatkan orang yang kompeten dan memiliki pengalaman luas.
  3. Tanyakan lah berapa biaya yang harus Anda keluarkan saat menggunakan jasa tersebut. Lalu, hitunglah biaya yang harus Anda keluarkan dan manfaat apa saja yang bisa Anda peroleh.

Struktur Bisnis Wealth Management

Wealth management atau manajemen kekayaan bisa bekerja sebagai bagian dari bisnis besar atau bisnis kecil yang berkaitan dengan industri keuangan.

Manajemen kekayaan pun bisa berfungsi di bawah jabatan yang berbeda-beda, termasuk konsultan keuangan ataupun penasihat keuangan, tergantung bidang bisnisnya. Klien akan bisa menerima setiap layanan dari konsultan tunggal yang sudah ditunjukan maupun mempunyai akses ke anggota tim Wealth management .

Strategi Wealth Management

Wealth management akan dimulai dengan melakukan strategi pengembangan rencana dan juga mempertahankan serta meningkatkan nilai kekayaan klien berdasarkan kondisi keuangan, tujuan, dan juga tingkat kenyamanan dari klien tersebut.

Bila rencana awal sudah dikembangkan, maka pihak manajer nantinya bisa mengadakan pertemuan secara berkala dengan klien atau untuk memperbarui tujuan, meninjau, dan juga menyeimbangkan kembali portofolio keuangan dan juga melakukan penyelidikan apakah memerlukan layanan tambahan ataupun tidak.

Tujuan akhir mereka tentu untuk memberikan jasa layanan keuangan untuk klien selama masa hidupnya.

Kenapa Masyarakat Indonesia Belum Terbiasa dengan Produk Wealth Management?

Di Indonesia, bisnis wealth management kian berkembang seiring dengan meningkatnya populasi kelas menengah ke atas dalam beberapa tahun yang lalu.

Namun kenyataannya, perkembangan tersebut masih jauh dari apa yang diharapkan. Masalahnya adalah, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengenal betul tentang produk manajemen kekayaan.

Perkembangan klien dalam manajemen kekayaan juga belum bisa dikatakan banyak. Salah satu alasan terbesarnya adalah karena sosialisasi terkait jasa manajemen kekayaan masih kurang. Padahal, pihak OJK sendiri sudah melakukan sosialisasi ini setiap hari.

Seperti yang sebelumnya pernah disampaikan oleh Vera Margaret –Wealth Management and Insurance Product Head PT Bank CIMB Niaga Tbk, masyarakat Indonesia masih sangat akrab dengan tabungan ataupun deposito saja, karena diklaim lebih aman dan pasti.

Padahal kenyataannya, diperlukan keberanian untuk mengambil risiko dan juga harapan agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi.

Sekali lagi, potensi bisnis wealth management di Indonesia sendiri masih sangat besar dan terbuka lebar. Namun pengetahuan masyarakat terkait jasa ini masih sangat sedikit. Diperlukan adanya sosialisasi dan pendekatan jasa pada masyarakat yang lebih baik dan ditingkatkan lagi agar masyarakat Indonesia tidak tertinggal dalam memanfaatkan produk wealth management ini.

Baca juga: Talent Management Adalah: Pengertian, Pilar dan Manfaat Talent Management

Penutup

Jadi, wealth management adalah jasa penasihat investasi di dalam bidang keuangan dan juga perencanaan keuangan. Sebenarnya, jasa ini tidak hanya diperuntukkan bagi orang kaya saja. Mereka yang berada pada kalangan menengah pun memerlukan jasa ini agar kondisi ekonominya bisa meningkat.

Nah, hal yang lebih penting dalam meningkatkan  kondisi ekonomi adalah dengan mampu mengatur dan juga mengelola keuangan dengan baik. Untuk itu, Anda harus mampu mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan Anca secara rapi dan tepat pada laporan keuangan.

Untuk pebisnis, Anda bisa lebih mudah melakukan pengelolaan keuangan perusahaan bila Anda menggunakan aplikasi akuntansi dari Accurate Online. Dengan menggunakan Aplikasi ini, Anda bisa melakukan seluruh kegiatan akuntansi yang ribet dengan mudah dan cepat.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan laporan keuangan terkait bisnis Anda secara real-time dimanapun dan kapanpun Anda berada. Kenapa? karena Accurate Online adalah aplikasi berbasis cloud yang nyaman dan aman untuk digunakan.

Tertarik? Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar berikut ini.

accurate1