Webinar Adalah Strategi Marketing Efektif untuk Bisnis Online, Ini Panduannya!

Pada dasarnya, webinar adalah kependekan dari web seminar. Webinar membuat siapa saja bisa membuat suatu acara secara online yang bisa dilihat secara langsung.

Bila Anda sedang mencari strategi pemasaran yang baru, maka webinar adalah strategi pemasaran yang paling baru dan bisa Anda coba. Lantas, bagaimana cara melakukannya?

Temukan Jawabannya dengan membaca artikel tentang webinar ini hingga selesai.

Apa itu Webinar?

Webinar adalah sebuah format acara yang diadakan dan dihadiri secara online. Acara ini dilakukan dengan berbagai format dan memungkinkan siapa saja untuk membuat acara, seperti talkshow, seminar dan workshop dengan hanya bermodalkan kamera dan koneksi internet yang stabil.

Webinar adalah salah satu strategi pemasaran yang terbilang efektif dan juga masih segar. Karena, Anda bisa membuat setiap calon konsumen menjadi lebih dekat dengan jenis komunikasi yang personal dan juga interaktif. Namun di saat yang bersamaan, Anda juga melakukannya dengan banyak orang.

Sehingga, strategi pemasaran Anda bisa mencakup kualitas dan juga kuantitas secara bersamaan.

Baca juga: Conversion Rate: Pengertian dan Cara Memaksimalkannya

Manfaat Webinar Bagi Pemilik Bisnis

Selain bisa dijadikan sebagai salah satu strategi pemasaran yang tepat sasaran, masih ada banyak manfaat lain yang bisa Anda rasakan dengan menggelar webinar. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan bila Anda menggelar webinar.

  • Meningkatkan Brand Awareness

Webinar bisa Anda jadikan sebagai suatu media untuk menceritakan keunggulan atau nilai lebih dari bisnis Anda. Dengan menggunakan media ini, maka Anda bisa memberikan informasi dan tips yang sangat bermanfaat untuk para pelanggan Anda.

  • Memberikan Nilai Lebih di Mata Penonton

Sama seperti freebies dengan bentuk checklist ataupun ebook, webinar juga sangatlah bermanfaat dan bisa digunakan untuk memberikan pengetahuan pada para pelanggan. Semakin banyak orang yang bisa merasakan dari brand Anda, maka mereka juga akan lebih merasa terikat dan butuh dengan brand Anda.

  • Menjaring Saran dan Feedback

Dengan hanya bermodalkan fitur interaktif yang sangat banyak, seperti chat, survei, test, poll, dan integrasi ke media sosial Twitter, Anda bisa langsung mengetahui apa yang sedang audiens Anda inginkan.

  • Membuktikan Keahlian ke Kompetitor Bisnis

Sama halnya dengan blog pada website, webinar akan membuktikan seberapa luas pengetahuan dan juga kapabilitas Anda. Hal inilah yang nantinya mampu membuat Anda bisa terlihat lebih serius dan lebih ahli dalam bidangnya.

  • Mengumpulkan Leads

Sama seperti email marketing, webinar juga bisa Anda manfaatkan untuk mengumpulkan nama dan juga email dari para pelanggan potensial Adna. Nantinya, cara seperti ini akan memudahkan Anda dalam mengirim informasi promo pada mereka.

  • Menghemat Waktu dan Biaya Promosi

Kita tentu tahu bahwa biaya penyelenggaraan event offline sangatlah mahal. Ada banyak sekali hal teknis yang harus dipersiapkan. Terlebih lagi, belum tentu event offline tersebut bisa lebih berhasil. Bila anggaran promosi Anda sedang menipis, maka Anda bisa menggunakan webinar sebagai suatu ajang promosi yang sangat efisien.

Manfaat Webinar Bagi Audiens

  • Mendapat Ilmu Tambahan

Manfaat paling besar yang bisa dirasakan oleh para audiens adalah mereka bisa mendapatkan banyak ilmu tambahan. Kenapa? karena mereka akan memperoleh ilmu yang sangat banyak sekali dari narasumber yang sudah ahli dan berpengalaman pada bidangnya.

  • Hemat Biaya

Hal ini tentu berbeda dengan event offline, yang mengharuskan mereka untuk datang ke tempat, karena  webinar bisa dihadiri secara langsung dari rumah. Hal tersebut tentu akan menghemat bensin ataupun uang makan. Selain itu, biaya untuk mengikuti webinar juga umumnya lebih murah daripada seminar.

  • Sangat Fleksibel

Setiap audiens bisa mengikuti webinar dari manapun sesuka mereka, baik itu di tempat tidur, ruang tamu, ataupun café kesukaannya.

  • Mendapat E-Sertifikat

Sama halnya dengan seminar offline, webinar juga umumnya akan memberikan e-sertifikat pada para audiensnya. Sertifikat online ini nantinya akan dikirim via email dan sangat berguna untuk menambah portofolio Anda.

  • Bisa Berinteraksi Dengan Banyak Orang

Dengan menghadiri webinar, maka memungkinkan audiens untuk terhubung dan berinteraksi dengan banyak orang, bahkan hingga seluruh dunia sekalipun.

Jenis Webinar untuk Mengembangkan Bisnis Online

Pada poin kali ini, kita akan berkenalan dengan tiga jenis webinar yang umumnya banyak digunakan. Ketiga webinar ini bisa Anda gunakan untuk mengumpulkan lead, webinar berbayar, dan juga serial webinar. Anda bisa memilih format yang sesuai dengan segmen bisnis Anda.

1. Webinar untuk Mengumpulkan Lead (The Lead-Generation)

Sama seperti namanya, jenis webinar ini lebih digunakan untuk menghimpun lead. Caranya adalah dengan membuat suatu konten yang tersedia secara gratis. Mereka yang ingin mengakses konten tersebut hanya perlu memberikan nama dan email nya saja.

Jadi, bila Anda bergerang dalam bidang bisnis fintech yang ingin membuka pangsa pasar baru dan juga mengenalkan produk Anda pada calon pelanggan Anda, maka Anda bisa membuat suatu konten yang isinya tips terkait keuangan.

Contohnya seperti manfaat dan juga cara berinvestasi dengan benar, tips memilih instrumen investasi yang tepat, atau manajemen pengelolaan dana modal yang baik untuk para pebisnis.

Jadi, apapun konten webinar Anda, pastikanlah itu menarik, memiliki manfaat, dan juga menghadirkan daya tarik bagi para audiens untuk membeli produk Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengenalkan produk dan memberikan harga khusus pada penonton yang menjadi pelanggan Anda.

Dengan menggunakan strategi pemasaran ini, maka Anda tidak perlu kesulitan lagi harus memaksimalkan usaha promosi Anda. karena mereka yang menonton webinar ANda adalah para calon pelanggan potensial. Jadi, Anda hanya harus memberikan sentuhan hangat saja pada mereka.

2. Webinar Berbayar (Kursus Singkat)

Jenis webinar yang satu ini tidak bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk, karena webinar tersebutlah yang menjadi produk untuk bisa Anda jual. Untuk itu, jenis webinar ini justru mampu menghasilkan pendapatan yang lebih banyak. Karena, siapapun yang ingin menontonya wajib membayar.

Walaupun jenis webinar ini mapu menghasilkan uang dengan cepat, bukan berarti jenis webinar ini tidak memiliki tantangan atau kesulitan. Agar Anda bisa menjual webinar ini, maka Anda harus bisa menyiapkan konten secara lengkap, berkualitas dan juga memiliki banyak manfaat. Karena jika tidak, maka Anda akan kalah saing dengan content creator lain yang menyediakan konten secara gratis.

Oleh karena, cobalah gunakan daftar pertanyaan ini untuk membuat webinar yang berkualitas, yaitu:

  • Topik spesifik apa yang nantinya ingin di bawah?
  • Apa sebenarnya tujuan webinar tersebut diselenggarakan?
  • Manfaat apa yang akan diperoleh audiens setelah menonton webinar Anda?
  • Apakah harga yang dikeluarkan oleh audiens sudah sesuai dengan kualitas konten yang akan Anda tawarkan?

Bila sudah, maka Anda harus melakukan berbagai langkah tambahan. Lengkapilah webinar Anda dengan beberapa materi tambahan dalam bentuk worksheet, checklist, modul ataupun slide. Akan lebih bagus lagi bila Anda mempersiapkan konten tanya jawab.

Jadi, prinsipnya adalah semakin lengkap konten dan juga materi yang Anda sediakan, maka akan semakin banyak orang yang bersedia membayar untuk webinar Anda.

3. Serial Webinar (Webinar Series)

Webinar yang satu ini hadir dengan format serial. Anda bisa membuat beberapa serial episode dari berbagai topik yang saling berhubungan. Menariknya, dua jenis webinar pada poin sebelumnya bisa ANda gunakan untuk membuat serial webinar. Sehingga, potensi lead dan juga keuntungan bisa Anda peroleh lebih banyak.

Tips Menyelenggarakan Webinar yang Sukses

Bila Anda memang lebih fokus dalam menjual webinar, maka Anda bisa menyontek apa yang dilakukan The Advanced Selfie University dari Sorelle Amore. Bukan dari sisi isi kontennya, tapi dari bagaimana mereka menampilkan webinarnya.

Dalam webinar tersebut, mereka menyediakan 42 modul. Baik itu dalam bentuk video ataupun downloadable content. Pada tiap modul tersebut, Sorelle membahas berbagai hal yang detail terkait pengambilan foto diri. Mulai dari sisi persiapan, belajar dengan menggunakan kamera, berpose, mengenal personal branding, dll.

Selain itu, pastikan juga agar Anda menyediakan konten promosi yang cukup. Jadi, bukan hanya dari iklan video ataupun postingan media sosial juga. Artinya, Anda harus menyiapkan cerita menarik yang bisa mendukung webinar.

Baca juga: Mailing List Adalah: Ini Pengertian dan Cara Mudah Membuatnya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang webinar. Jadi, bisa kita simpulkan bersama bahwa webinar adalah sebuah format acara yang diadakan dan dihadiri secara online Webinar adalah salah satu strategi pemasaran yang terbilang efektif dan juga masih segar.

Karena, Anda bisa membuat setiap calon konsumen menjadi lebih dekat dengan jenis komunikasi yang personal dan juga interaktif. Namun di saat yang bersamaan, Anda juga melakukannya dengan banyak orang.

Namun, untuk bisa membuat webinar yang sukses, Anda juga tetap memerlukan anggaran keuangan pemasaran yang cukup, karena penyelenggaraan webinar tetap memerlukan upaya promosi walaupun tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan event offline.

Nah, anggaran tersebut harus bisa Anda catat secara rapi di dalam pembukuan atau laporan neraca perusahaan. Tapi, bila Anda kesulitan untuk melakukan pencatatan tersebut, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi akuntansi yang akan memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan akuntansi ataupun mengelola keuangan perusahaan. Dengan fitur yang lengkap dan tampilan dashboard yang sederhana, serta dikembangkan dengan sistem cloud system, maka Anda bisa mendapatkan dan memantau laporan keuangan Anda dimanapun dan kapanpun secara mudah.

Tertarik? Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate 2 banner bawah