Apa itu Google Drive? Ini Pengertian dan Fitur Tersembunyi di Dalamnya!

Umumnya, sebagian besar dari kita pasti sudah sangat akrab dengan fitur Google Drive. Google Drive adalah sebagai media penyimpanan online dari Google untuk menyimpan berbagai file via internet.

Layanan penyimpanan online yang satu ini sangat sering digunakan oleh sebagian besar orang, terutama mereka yang bekerja di kantor dan harus menyimpan file dengan ukuran file yang besar.

Selain bisa menyimpan file secara online, Anda juga bisa berbagi file dengan orang lain secara efektif dan juga membackup berbagai file penting.

Lantas, apa itu Google Drive? Bagaimana cara efektif dalam menggunakannya? Dalam kesempatan kali ini, kami akan membahas lebih dalam tentang Google Drive dan berbagai fitur tersembunyi yang ada di dalamnya?

Apa itu Google Drive?

Seperti yang sempat disinggung di atas, Google drive adalah salah satu fitur layanan dari Google yang membuat seluruh penggunanya bisa menyimpan berbagai file, melakukan backup file dan mengedit file tersebut.

Berdasarkan laman Cloudwards, Google Drive adalah suatu layanan berbasis cloud yang membuat setiap penggunanya bisa menyimpan file di luar keterbatasan hard drive pada umumnya. Layanan dari Google ini bisa Anda nikmati secara gratis tanpa harus membayar sedikit pun.

Namun, layanan ini juga menyediakan layanan berbayar untuk para pengguna yang ingin menikmati fitur dalam ukuran yang lebih besar. Jika Anda menggunakan Google Drive versi gratis, Anda bisa menyimpan file dengan batasan maksimal 15 GB.

Namun jika Anda mengupgradenya, maka Anda bisa mendapatkan kapasitas sebesar 100 GB, 200 GB, sampai 2 TB. Setiap kapasitas tersebut tentunya memiliki harga yang berbeda-beda, sehingga Anda bisa menikmatinya sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri. Kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB sebenarnya terbilang cukup untuk kebanyakan orang dalam menyimpan filenya di layanan ini.

Layanan ini adalah salah satu layanan penyimpanan dari Google yang dirilis pertama kali tanggal 24 April tahun 2012 lalu. Layanan ini. akan secara otomatis tersinkronisasi dengan berbagai layanan Google lainnya, seperti Gmail, Google Photos, Google Calendar, dll.

Baca juga: Dropbox adalah: Pengertian dan Fungsinya untuk Bisnis Anda

Keunggulan Google Drive

Beberapa keunggulannya adalah sebagai berikut::

1. Dapat Mengakses File Di Manapun

Keunggulan pertamanya adalah Anda bisa mengakses file yang Anda simpan di mana saja Anda berada selama terkoneksi dengan jaringan internet. Google akan menyimpan file Anda di dalam server mereka. Ketika Anda sedang memerlukannya, Anda hanya harus mengaksesnya kembali saja.

Sehingga, hal tersebut akan mempermudah Anda sebagai karyawan kantoran yang ingin mengakses file di mana saja dan kapan saja Anda butuhkan.

2. Dapat Diakses Dengan Berbagai Perangkat

Keunggulan selanjutnya adalah Anda bisa mengakses file yang Anda simpan di layanan ini dengan berbagai jenis perangkat.

Jadi, Anda tidak hanya bisa mengaksesnya dengan komputer atau laptop saja, tapi juga bisa dengan iPhone, iPad, atau smartphone Android Anda. Sehingga, Anda akan menjadi semakin mudah dalam mengakses file tersebut.

3. Mampu Berbagi dan Mengedit File

Google Drive akan membantu Anda untuk membagikan file kepada orang lain secara efektif. Selain itu, Anda juga bisa memberikan hak izin pada orang lain untuk mengedit file setelah Anda bagikan dengan mereka.

Keunggulan ini bisa Anda gunakan ketika Anda menggunakan layanan ini yang disebut dengan Google Spreadsheet, Google Docs, Google Slide, dll.

Setelah Anda berhasil membuat berbagai hal di dalam layanan tersebut, Anda bisa membagikannya dan membiarkan orang lain atau klien Anda untuk mengeditnya sesuai dengan izin yang Anda berikan.

4. Mudah dalam Mencari File

Keunggulan terakhir dari Google Drive adalah adanya fitur pencarian berbasis keyword dan filter berdasarkan jenis file Anda. Sehingga, Anda akan lebih mudah lagi dalam mencari file Google Drive dengan hanya mengetik nama file Anda saja.

Cara Mengupload dan Download File Google Drive

Untuk mengupload file ke dalam Google Drive sebenarnya sangat mudah. Bersumber dari cara mengupload Google Drive adalah dengan drag and drop dan klik tombol “baru” di Google Drive Anda.

1. Metode Drag and Drop (Seret dan Jatuhkan)

Sebenarnya cara ini sama dengan cara yang umumnya Anda lakukan ketika memindahkan suatu file di komputer atau laptop Anda.

Anda hanya harus memilih file di dalam laptop yang ingin Anda upload ke layanan ini. Selanjutnya, seret file tersebut dan tempatkan di jendela browser Google Drive Anda. Nantinya, file yang Anda drag akan secara otomatis masuk ke dalam Google Drive.

2. Metode Klik Tombol ‘Baru’

Cara ini juga sangat praktis dan mudah. Pertama Anda hanya perlu masuk ke Google Drive dan klik tombol “baru” atau “new” yang terdapat di bagian atas kiri Google Drive. Setelah itu, Anda hanya harus memilih file yang ingin Anda upload.

Untuk mendownload file dari layanan ini pun sangat mudah. Anda hanya harus klik kanan pada file yang ingin Anda download, dan pilih menu “download”.

Fitur Google Drive yang Sedikit Diketahui Orang

Selain memiliki 4 keunggulan di atas, sebenarnya Google Drive memiliki fitur lain yang masih jarang sekali orang tahu. Padahal Fitur ini juga akan membantu Anda dalam melakukan berbagai keperluan pekerjaan. Nah, beberapa fitur rahasia Google Drive adalah sebagai berikut ini:

1. Konversi PDF ke Teks

Beberapa dari kita mungkin sering memperoleh kiriman file dari rekan atau klien dengan bentuk pdf di dalam layanan ini. Lalu, Anda pun ingin merubah file yang sudah dibagikan tersebut. Tentunya, file tersebut harus terlebih dahulu Anda ubah ke dalam bentuk teks.

Nah untuk mengubah file pdf ke dalam format teks ini Anda tidak perlu menggunakan aplikasi lain. Kenapa? karena di dalam layanan ini sudah tersedia fitur convert pdf to text.

Berikut ini adalah cara menggunakan fitur PDF ke Google Drive:

  • Silahkan Anda buka file pdf yang ingin Anda ubah atau Anda edit
  • Klik kanan dan pilih open Google Docs atau “buka dengan Google Dokumen”
  • Secara otomatis nantinya file pdf Anda akan terkonversi dalam format teks.

2. Fitur Penerjemah

Memperoleh file dalam bahasa asing yang tidak bisa dimengerti tentu akan menyulitkan Anda untuk memahami pesan yang ada dalam file tersebut.

Namun, Anda bisa secara langsung menerjemahkannya dengan bantuan layanan ini setelah Anda mengupload file tersebut. Sehingga, Anda tidak perlu lagi menggunakan Google Translate. Karena, proses penerjemahan file tersebut sudah terintegrasi secara langsung dengan Google Drive. Berikut ini adalah caranya:

  • Upload file yang ingin Anda terjemahkan
  • Klik kanan dan pilih open with Google Drive
  • Selanjutnya Anda akan dibawa pada layanan Google Docs
  • Lalu, pilih menu tools dan tentukan pilih bahasa target.
  • Sampai sini, Anda bisa mulai melakukan penerjemahan dengan klik translate.
  • Secara otomatis file Anda akan berubah ke bahasa target

3. Pencarian Berdasarkan Kolaborator

Bila Anda menggunakan layanan ini untuk keperluan bisnis, pasti akan ada banyak sekali file yang tersimpan di dalam Google Drive Anda.

Nah, masalah baru akan muncul saat Anda ingin mencari file yang lebih spesifik dari teman atau relasi bisnis Anda. Mungkin akan sangat mudah bila Anda mengelompokkan file tersebut. Tapi bagaimana bila tidak? Terlebih lagi bila Anda lupa nama file tersebut.

Tapi tenang saja, layanan ini bisa dengan mudah mencari file tersebut. Caranya, ketik nama atau email kolaborator di dalam kolom pencarian. Nantinya, akan muncul seluruh file yang berkaitan dengan kolaborator yang Anda ketik. Dari sinilah Anda bisa mulai mencari file yang ingin Anda gunakan.

4. Sharing dan Privasi

Layanan ini juga akan membantu Anda dalam berbagi file ataupun melindungi privasi data yang saat ini sedang Anda kerjakan.

Caranya pun sangat mudah, Anda hanya harus mengganti pengaturan pada file yang Anda pilih. Jika Anda ingin melakukan kolaborasi, Anda hanya harus memasukkan alamat email nya saja. Selanjutnya, pilih hak akses, apakah melihat file tersebut saja atau bisa mengeditnya.

Baca juga: Data Driven dan Peran Pentingnya Dalam Suatu Bisnis

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang Google Drive. Jadi, Google drive adalah salah satu fitur layanan dari Google yang membuat seluruh penggunanya bisa menyimpan berbagai file, melakukan backup file dan mengedit file tersebut

Terdapat banyak sekali manfaat dan fitur dari layanan ini yang bisa Anda gunakan untuk keperluan bisnis Anda. Jika Anda bisa memaksimalkannya dengan baik, tentu bisnis Anda bisa tambah sukses dan maju dari yang sebelumnya.

Tapi, untuk bisa meraih keberhasilan tersebut, tentunya Anda juga harus membuat laporan keuangan yang baik. Karena, laporan inilah yang akan menentukan kondisi finansial perusahaan Anda saat ini.

Membuat laporan keuangan secara manual tentu sangat rentan terjadi kesalahan. Untuk memperbaiki kesalahan tersebut juga memerlukan waktu yang sangat lama. Tapi tidak perlu khawatir, karena saat ini Anda sudah bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Accurate Online akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa Anda akses di mana saja dan kapan saja secara otomatis, cepat dan akurat. Terlebih lagi, di dalamnya juga Anda bisa menikmati fitur persediaan, penjualan, pembelian, pembukuan, manufaktur dan berbagai fitur lain yang akan mempermudah bisnis Anda.

Tertarik? Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate 2 banner bawah

rifqi

Penulis blog Accurate Online lulusan ilmu teknologi informasi yang menyukai dunia gadget, network, jaringan, big data, dan seluruh hal yang berkaitan tentang teknologi.