Dropbox Adalah: Pengertian dan Fungsinya untuk Bisnis Anda

Sebagian besar dari kita tentu sudah mengenal tentang penyimpanan data berbasis online atau atau virtual yang sering disebut dengan cloud storage. Nah, dropbox adalah salah satu diantaranya.

Saat ini cloud storage seperti dropbox sudah diminati oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan hanya dengan menggunakan modal akses internet, kita sudah bisa melakukan beragam kegiatan, seperti menyimpan berbagai file atau dokumen penting, melakukan upload dan download dimana saja.

Fitur seperti itu pun dimiliki oleh dropbox. Dropbox adalah suatu tempat penyimpanan berbagai file atau dokumen dalam awan atau cloud, serta menjadi tempat terbaik untuk melakukan sinkronisasi antar perangkat. Berbagai data yang bisa disimpan tersebut umumnya adalah gambar, video, audio, dokumen, program, serta aplikasi.

Pada kesempatan kali ini, mari kita mengenal lebih jauh dan mendalam tentang dropbox, dan peran penting dropbox untuk digunakan dalam suatu bisnis atau perusahaan. Untuk itu, ayo baca artikel tentang dropbox hingga selesai di bawah ini.

Pengertian Dropbox Adalah

Seperti yang sudah kita singgung secara singkat sebelumnya, dropbox adalah suatu layanan penyimpanan awan yang dapat memungkinkan para penggunanya untuk bisa menyimpan file di dalam server awan secara jarak jauh. Selain itu, dropbox adalah layanan yang mempunyai kemampuan untuk berbagai file ke dalam format yang disinkronkan.

Dropbox adalah suatu solusi penyimpanan online yang sudah didukung dengan model layanan komputasi awan atau infrastruktur sebagai layanan yang biasa dikenal dengan Infrastructure as a Service (IaaS).

Setiap pengguna dropbox akan disediakan ruan penyimpanan online yang dihosting dari dropbox dan bisa diakses dimana saja dan kapan saja melalui internet.

Ruang penyimpanan tersebut mampu menyediakan penyimpanan untuk hampir seluruh jenis file, mulai dari file gambar, dokumen, video, sampai aplikasi atau program aplikasi sekalipun.

Dilansir dari laman Technopedia, cara kerja dropbox adalah dengan melakukan instalasi aplikasi yang ada di sistem klien, agar selanjutnya bisa segera mengunggah data ke server penyimpanan cloud nya masing-masing. Data yang diunggah ini nantinya akan bisa diakses dari aplikasi yang diinstal atau dengan melalui panel kontrol secara online atau daring.

Setiap file yang terdapat di dalam dropbox akan bekerja dalam kohesi dengan sinkronisasi file yang membuat file tersebut bisa terus diperbarui secara rutin dalam semua node secara bersamaan walaupun dibagikan ke banyak orang sekaligus.

Untuk itu, setiap penerima file nantinya akan selalu bisa mendapatkan file versi terbaru. Layanan dropbox adalah salah satu contoh model bisnis penyimpanan sebagai layanan utamanya.

Baca juga: Go Digital, Solusi UMKM Untuk Maju di Tengah Pandemi, Ini Tipsnya!

Manfaat Dropbox untuk Bisnis Adalah

Dropbox adalah sebuah tempat penyimpanan media dengan menggunakan cloud atau awan dan juga sebagai sarana untuk melakukan sinkronisasi antar perangkat. Dropbox juga bisa digunakan untuk aktivitas membagikan file.

Dropbox mampu menjamin berbagai data Anda secara aman, sekalipun perangkat Anda mengalami kerusakan atau hilang. Agar lebih jelas lagi, beberapa manfaat dan keuntungan perusahaan dalam menggunakan dropbox adalah sebagai berikut:

1. Menyimpan dan Mengamankan File

Dengan menggunakan dropbox, maka Anda bisa menyimpan berbagai data penting dan menjaga tingkat keamanan file penting Anda. Sehingga, Anda tidak perlu lagi menggunakan hardisk ataupun flashdisk untuk menyimpan file yang sewaktu-waktu bisa saja hilang.

Sebagian besar pebisnis menggunakan dropbox untuk menyimpan file-nya agar beberapa perangkat keras perusahaan tidak bekerja terlalu keras dan tidak lambat dalam menjalankan program tertentu.

Nah, Anda juga bisa mengamankan data perusahaan atau file penting Anda dengan menggunakan layanan online ini. Sehingga, bila file penting atau data perusahaan yang Anda di PC atau di Hardisk Anda hilang, Anda masih bisa mendownloadnya lagi secara online di dropbox Anda.

2. Berbagi File

Layanan ini juga mampu membantu Anda dalam membagikan atau mengirimkan file secara mudah. Berbagai file tersebut bisa dalam bentuk atau format apa saja, mulai dari dokumen, foto, video, hingga program aplikasi sekalipun. Tapi untuk video, layanan ini bukanlah layaknya Youtube yang bisa dibagikan kemana saja secara publik.

Anda bisa membagikannya dengan teman, tim kerja atau pada beberapa orang yang Anda inginkan atau Anda sukai saja. Anda hanya perlu mengupload file tersebut dan membagikannya pada mereka yang Anda inginkan. Anda juga bisa membagikannya pada banyak orang atau pada beberapa orang saja. Anda hanya harus menyesuaikannya saja dengan kebutuhan dan keperluan Anda.

3. Bisa Mengakses Data Kapan Saja

Anda bisa melakukan akses data dari mana saja dan juga kapan saja bila memiliki layanan online penyimpanan media seperti dropbox. Hanya dengan menggunakan koneksi internet yang lancar, Anda bisa melakukan upload file yang baru dan menyimpan data apa saja yang Anda inginkan. Anda hanya harus mengisi username dan juga password yang sudah Anda buat.

4. Memudahkan Pekerjaan Bersama

Bila Anda menggunakan layanan ini untuk menyimpan berbagai data perusahaan Anda, maka Anda bisa lebih mudah lagi dalam melakukan pekerjaan secara bersamaan dengan teman Anda tanpa terjadinya tabrakan data.

Fitur yang terdapat di dalam dropbox tidak hanya bisa Anda gunakan sebagai alat penyimpanan data atau file saja, tapi Anda juga bisa menghubungkan data tersebut dengan teman Anda atau pada beberapa karyawan lainnya.

5. Adanya Jaminan Keamanan

Anda sudah tidak perlu lagi mengkhawatirkan data Anda yang sudah disimpan pada layanan penyimpanan online yang terdapat di dropbox. Layanan tersebut mempunyai berbagai program khusus untuk Anda agar seluruh data dan juga file yang tersimpan di sana menjadi aman. Selain itu, keamanan saat mengakses juga sangat terjamin. Jadi, Anda sudah tidak perlu mengkhawatirkan lagi virus yang kapan saja menyerang.

Fungsi lainnya dari dropbox adalah bisa saja sebagai suatu media dalam mengamankan setiap kenangan hidup Anda dengan orang lain. Karena, setiap penggunanya mempunyai akun dan juga password yang susah diketahui oleh orang lain. Jadi, keamanan data dalam menyimpan data di dropbox akan sangat terjaga.

Kenapa Perusahaan Harus Menggunakan Dropbox

Lantas, kenapa perusahaan harus menggunakan dropbox? Seperti yang sudah kita ketahui bersama, dropbox adalah suatu media layanan yang memiliki fungsi dalam menyimpan data secara online. Seluruh sistem dan juga layanan pasti memiliki keunggulan tertentu.

Nah, kelebihan utama dari dropbox adalah sebagai berikut ini:

1. Integrasi dengan Produk Google

Dengan menggunakan dropbox, maka setiap pengguna bisa menggunakan beberapa produk Google seperti halnya Google Dokumen, Google Spreadsheet, dan juga Google Slides. Integrasi seperti ini akan mampu memudahkan para penggunanya dalam membuat dokumen baru bersama rekan atau timnya tersebut.

2. Integrasi dengan Produk Microsoft

Selain produk Google, Dropbox pun bisa terintegrasi dengan berbagai produk office dari Microsoft, seperti Excel, Word, dan jug PowerPoint. Hal tersebut nantinya akan membantu Anda dalam melakukan pekerjaan yang menggunakan Microsoft dalam kegiatan sehari-hari.

3. Dapat Membuat Dokumen Berekstensi .paper

Uniknya, setiap pengguna bisa membuat dokumen berekstensi dengan .paper. Tampilan halaman editing pada Dropbox paper serupa dengan Medium atau platform blog.

4. Mudah Diakses dari Beragam Platform

Setiap pengguna juga bisa mengakses Dropbox dari berbagai perangkat atau device dan platform mulai dari situs web, smartphone Android atau Ios, Windows, Mac, dan juga berbagai hal lainnya. Sehingga, akan lebih mudah diakses oleh siapa saja walaupun platform ataupun device yang digunakannya berbeda.

5. Berbagi Dokumen dalam URL

Setiap pengguna juga bisa membagikan dokumen melalui URL dan URL tersebut bisa diunduh oleh para pengguna lainnya di internet. Hanya tinggal menggunakan beberapa klik jari saja, berbagai dokumen tersebut bisa dibagikan pada orang banyak tanpa harus ribet lagi.

Baca juga: Machine Learning: Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya

Kesimpulan

Memiliki akun dropbox akan mampu membawa keuntungan tersendiri untuk bisnis Anda. Dropbox bisa menjadi suatu pengalaman bila komputer Anda mati total. Dropbox juga mempunyai fitur yang lebih banyak daripada sekedar melakukan pencadangan atau berbagi file saja sebagai layanan dasar yang diketahui oleh banyak orang.

Setiap pengguna internet di era saat ini juga banyak yang mencari berbagai aplikasi penyimpanan yang lebih praktis dengan dengan adanya kemampuan akses masuk yang tidak terbatas dan juga memudahkan banyak pekerjaan.

Walaupun banyak kompetitor lain yang juga menyediakan jasa penyimpan online yang serupa, namun dalam sisi performa dan juga keunggulan, banyak para pebisnis  yang lebih memilih Dropbox karena keunggulan, fitur dan juga opsi yang jauh lebih menarik.

Selain dropbox, aplikasi cloud computing lainnya yang sangat berguna adalah software akuntansi Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntansi yang dikembangkan dengan basis cloud computing yang bisa Anda akses dimana saja dan kapan saja dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan akuntansi secara cepat, mudah dan akurat. Selain itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu mempermudah Anda dalam menjalankan bisnis.

Penasaran? Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dahulu selama 30 hari secara gratis dengan hanya klik tautan gambar di bawah ini.accurate 3 banner bawah