Cloud Storage Adalah Platform Penyimpanan yang Lebih Aman, Ini Penjelasannya!

Sejak perkembangan internet yang semakin pesat, cloud storage adalah alternatif baru dalam dunia penyimpanan. Media penyimpanan cloud storage ini terkait erat dan sangat bergantung pada sebuah internet. Sebagai salah satu sarana media penyimpanan online, cloud storage menawarkan berbagai manfaat yang akan sangat menguntungkan Anda.

Lantas, apa itu cloud storage? Apa saja kelebihannya daripada media penyimpanan offline lainnya? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang cloud storage di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Cloud Storage Adalah

Pada dasarnya, cloud storage adalah suatu media penyimpanan yang dibuat dengan basis digital atau online dan terhubung dengan jaringan internet untuk mengakses data di dalamnya.

Cloud storage adalah suatu inovasi baru di dalam dunia penyimpanan data yang mempunyai banyak kelebihan daripada media penyimpanan berbasis offline, seperti flashdisk atau harddisk.

Nantinya, data yang tersimpan di dalam cloud storage akan tersimpan dalam suatu server yang dikelola oleh pihak penyedia layanan cloud itu sendiri. Penyimpanan file dengan menggunakan cloud storage kini semakin diminati dengan berbagai alasan.

Jangan khawatir dengan serangan virus atau kerusakan seperti apa yang bisa terjadi jika Anda menyimpan file melalui hardisk atau flash drive. Kenapa? Karena seluruh data yang disimpan di dalam server sudah terjamin akan tingkat keamanannya, sehingga data Anda tidak akan hilang ataupun dicuri oleh orang lain.

Data yang Anda simpan tersebut bisa Anda akses dimana saja dan kapan saja. Kemudian, Anda bisa mengakses data melalui gadget apapun selama terhubung dengan internet.

Anda bisa mendapatkan layanan penyimpanan data dengan cloud storage dengan kapasitas yang telah ditentukan secara gratis. Jika Anda menginginkan lebih banyak ruang penyimpanan, Anda dapat menggunakan layanan penyimpanan cloud berbayar tergantung pada kebutuhan Anda.

Saat ini cloud storage berkembang sangat pesat. Contohnya penyimpanan cloud berbasis online yang masih sangat populer saat ini adalah Google Drive, iCloud, OneDrive, dan Dropbox.

Baca juga: Microsoft Azure Adalah Aplikasi yang Fleksibel dan Menjadi Masa depan Cloud

Fungsi Cloud Storage

Setelah memahami apa itu cloud storage yang sebenarnya, sekarang Anda akan lebih tahu tentang fungsi dari cloud storage itu sendiri. Fungsi utama cloud stroge adalah sebagai media penyimpanan berbasis internet sehingga bisa digunakan dimana saja dan kapan saja.

Beberapa contoh cloud storage adalah Google Drive dan Dropbox. Sebagian besar dari Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kedua layanan cloud storage tersebut. Sebenarnya, ada banyak contoh aplikasi lain di luar sana, tetapi kedua aplikasi tersebut lebih sederhana dan sering digunakan.

Seringkali kita juga melihat link atau link download yang menggunakan Google Drive dan kita bisa mendownload-nya tanpa harus login. Ini berarti bahwa dengan penyimpanan cloud, Anda juga dapat berbagi beberapa file yang biasanya ditautkan ke situs web atau berbagi tautan langsung.

Selain file, Anda juga dapat berbagi folder tertentu secara publik. Namun, Anda harus selalu berhati-hati tentang file mana yang perlu dibagikan atau tidak agar privasi Anda tetap terjaga.

Selain itu, dengan menggunakan penyimpanan cloud, Anda juga dapat menangani pekerjaan lintas platform. Artinya, Anda dapat mengakses file yang tersimpan di cloud storage, tidak hanya di komputer pribadi Anda saja.

Terdapat pengaturan khusus di penyimpanan cloud sehingga selain dibagikan, Anda juga dapat melakukan perubahan pada file yang disimpan tanpa harus mengunduhnya. Sehingga pekerjaan yang Anda simpan di cloud storage bisa dilakukan lebih cepat.

Cara Kerja Media Penyimpanan Online

Proses penyimpanan yang terdapat di dalam ruang lingkup cloud adalah dengan mengirim salinannya pada pihak penyedia layanan cloud itu sendiri.

Lalu, server nantinya akan memberikan akses pada Anda untuk mendownload ataupun mengedit berbagi hal yang ada di dalam data Anda. Biasanya layanan cloud hosting ini tidak hanya mengandalkan satu server saja.

Sebagian besar aplikasi di penyimpanan cloud juga tidak perlu diinstal karena sudah diinstal di media internet, seperti Google Drive. Anda hanya perlu mengatur koneksi internet dan membuat akun untuk dapat menggunakan Google Drive.

Apa Kelebihan Tools Ini?

Setelah Anda memahami pengertian dan cara menggunakan cloud storage, kini saatnya mengetahui manfaat yang bisa didapatkan jika Anda memilihnya.

Keuntungan pertama menggunakan cloud storage adalah Anda tidak perlu khawatir akan kerusakan atau kehilangan data, karena data Anda disimpan oleh pihak penyedia di dalam server-nya.

Cloud storage pun tidak memerlukan hardware untuk bisa diakses, karena Anda hanya memerlukan koneksi internet yang baik untuk mengaksesnya.

Cloud storage adalah suatu platform penyimpanan yang lebih ramah lingkungan karena tidak membutuhkan peralatan tertentu, sehingga akan lebih hemat. Namun, jika Anda memerlukan kapasitas yang sangat besar dalam menggunakan layanan cloud storage, maka Anda harus bersiap mengeluarkan dana lebih.

Baca juga: OneDrive Adalah Layanan dari Microsoft untuk Bisnis Anda

Penutup

Itulah penjelasan tentang apa itu cloud storage, fungsi, dan juga keuntungannya. Jadi pada intinya, cloud storage adalah inovasi baru dalam dunia penyimpanan data yang mempunyai banyak kelebihan dari pada media penyimpanan offline.

Jika tertarik untuk menggunakan cloud storage, Anda bisa langsung menggunakan Google Drive, iCloud, OneDrive, Dropbox, dll.

Bagi Anda yang ingin memaksimalkan dalam penyimpanan data Anda, seperti pembukuan akuntansi, maka Anda bisa mencoba software software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online mampu menyajikan laporan keuangan secara cepat, akurat, dan otomatis. Sehingga, seluruh proses akuntansi bisa lebih cepat diselesaikan dan Anda bisa lebih fokus dalam menjalankan serta mengembangkan bisnis.

Selain itu, bisnis Anda juga akan bergerak lebih efisien, cepat, dan efektif lewat berbagai fitur lengkap yang ada di dalam Accurate Online.

Tunggu apa lagi? Segera gunakan Accurate Online sekarang juga dan coba gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate 2 banner bawah