E-Menu: Solusi Menghadirkan Daftar Menu yang Lebih Hemat dan Efektif

Ketika kita masuk atau berada di suatu tempat makan, hal pertama yang umumnya akan kita jumpai adalah daftar menu. Tapi , daftar menu berbentuk lembaran kertas laminating atau buku tentunya terdapat kekurangan.

Bentuk seperti ini lebih mudah rusak karena sering dipegang oleh konsumen. Belum lagi bila Anda ingin menambahkan promo baru, tentu Anda harus mencetak menu baru. Nah, solusinya adalah E-Menu. Lalu, apa itu E-menu? Apa kelebihannya? Temukan jawabannya dengan membaca artikel e-menu ini hingga selesai.

Apa itu E-Menu?

Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak para pebisnis yang mencoba untuk beralih ke digitalisasi bisnis. salah satunya adalah dengan menghadirkan e-menu.

E-menu adalah suatu perangkat lunak yang mampu mempermudah para konsumen untuk melihat dan juga memesan menu yang mereka inginkan secara digital. Biasanya, e-menu ini bisa diterapkan di layar tablet, sehingga para pelanggan mampu memilih pesanannya dengan beberapa sentuhan saja.

E-menu juga dilengkapi dengan beberapa fitur lain. Aplikasi tersebut bisa secara otomatis menjadi asisten digital yang mampu membantu para pebisnis untuk memantau kegiatan penjualan, transaksi per hari, stok persediaan, dan performa para pegawainya.

Baca juga: Contoh Perusahaan yang Berhasil Menerapkan Transformasi Digital

Keuntungan E-Menu 

1. Biayanya Terasa Hemat dan Efektif

E-menu dalam bentuk buku atau lembaran yang konvensional memerlukan biaya yang cukup besar. Biaya tersebut mencakup desain tampilan, pemilihan kertas yang bagus, proses pencetakan menu, serta perawatan menu.

Namun saat Anda menggunakan e-menu, maka Anda bisa melakukan pembaruan secara mudah tanpa harus mencetak ulang menu sebelumnya. Seperti bila Anda ingin menambah promo, maka Anda bisa dengan mudah menambahkannya ke aplikasi e-menu. Anda juga tidak perlu khawatir daftar menunya akan rusak.

2. E-Menu Akan Mempermudah  Para Pelayan

Umumnya, para pelayan akan menunggu dekat konsumen hingga mereka selesai memilih pesanannya. Tapi dengan menggunakan e-menu, maka konsumen bisa melakukan pemesanan minuman dan makanan dengan beberapa sentuhan saja dan para pelayan tidak lagi harus menunggu. Hal ini akan membuat waktu kerja mereka menjadi lebih efisien dan efektif.

3. Memberikan Pelayanan yang Menyenangkan untuk Konsumen

Setiap konsumen bisa melakukan pemesanan dan pemilihan makanan yang mereka inginkan tanpa terburu-buru karena khawatir pelayan menunggu lama. Mereka juga bisa lebih santai dalam memilih makanan dan minuman yang ingin mereka konsumsi.

Selain itu, e-menu juga bisa menekan terjadinya salah kirim pesan makan yang banyak terjadi bila pelayan kebingungan atas pesanan konsumen.

Baca juga: Raih Keuntungan Maksimal Dengan Bisnis Go Digital

Kesimpulan

E-menu hadir sebagai suatu produk digitalisasi bisnis yang sukses membantu performa pebisnis dan staf tempat kuliner. E-menu juga mampu menekan biaya cetak daftar menu, sehingga para pelayan bisa semakin maksimal dalam memberikan layanan ke konsumen dengan jumlah yang lebih banyak

Kenapa? karena, e-menu mampu memangkas waktu tunggu yang umumnya terbuang sia-sia. Akhirnya, keuntungan yang maksimal pun bisa diperoleh dari adanya efektivitas waktu kerja tersebut.

Agar bisa memperoleh dan menggunakan aplikasi e-menu juga tidak susah. Para pebisnis hanya harus menyediakan alat penunjangnya saja, seperti tablet yang mempunyai koneksi internet yang baik. Jika seluruh penunjang tersebut sudah tersedia, maka pebisnis hanya perlu menghubungi beberapa portal penyedia e-menu dan e-menu pun bisa digunakan.

Biaya untuk pembuatan e-menu juga cukup murah, sehingga para pebisnis bisa menekan biaya operasional yang umumnya dialokasikan untuk mencetak daftar menu dan mengalihkannya ke anggaran lain.

Selain menerapkan digitalisasi pada e-menu, Anda juga bisa menerapkan digitalisasi pada perencanaan keuangan dan pengelolaan keuangan Anda dengan Bizzsmart yang saat ini sudah terintegrasi dengan Accurate Online.

Dengan adanya integrasi strategis ini, maka membuat rencana pengembangan bisnis bisa dilakukan secara maksimal, baik untuk bisnis kecil, menengah atau bisnis besar.

Software akuntansi Accurate Online sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu lebih pebisnis di Indonesia dan mampu menyediakan 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat. Terlebih lagi, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu mempermudah Anda dalam mengelola bisnis.

Accurate dan UOB Bizzsmart berkomitmen untuk bersama – sama memudahkan pengembangan bisnis bagi para pelaku  usaha, baik usaha berskala besar maupun UKM. Dengan pemlilihan keputusan yang baik dan rencana keuangan yang tepat, semua bisnis memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang.

UOB Bizsmart ternyata mampu memberikan manfaat lain untuk membantu para pebisnis dalam melakukan bisnis go digital karena sudah melakukan kerjasama dengan HR Easily dan Cashlez. Kini setiap pebisnis bisa dengan mudah mengelola penggajian dan juga administrasi karyawan.

Selain itu, untuk usaha retail dan bidang usaha restoran, kafe hingga barbershop, mereka juga jadi lebih mudah dalam melayani konsumen dalam melakukan berbagai jenis metode pembayaran non tunai.

Wujudkan digitalisasi bisnis Anda dengan UOB Bizsmart dan rasakan manfaatnya melalui gambar di bawah ini:

hindari kerugian bisnis bizsmart x accurate

 

rifqi

Penulis blog Accurate Online lulusan ilmu teknologi informasi yang menyukai dunia gadget, network, jaringan, big data, dan seluruh hal yang berkaitan tentang teknologi.