Mengenal Firewall, Dinding yang Mampu Mengamankan Perangkat Anda

Memahami soal firewall adalah salah satu tahap awal yang sangat tepat bila Anda tertarik untuk menjadi seorang security engineer. Firewall dianggap sebagai salah satu aspek terpenting dalam dunia keamanan siber. Program ini mampu menjaga sistem terhadap ancaman yang datang dari luar.

Selain itu, program ini juga mampu menjaga kerahasiaan informasi sistem. Kenapa? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang firewall di bawah ini hingga selesai.

Apa Itu Firewall?

Berdasarkan laman Tech Target dan Force Point, firewall adalah suatu alat teknologi. Sama seperti namanya, alat ini mempunyai fungsi layaknya membangun dinding. Program ini mempunyai tugas menjadi pembatas antara komputer dan internet yang digunakan oleh penggunanya.

Selain itu, program ini juga mempunyai kunci dan juga pintu. Nah, yang memegang kunci tersebut hanya firewall itu sendiri.

Internet sejatinya adalah suatu tempat dimana pertukaran informasi bisa terjadi. Setiap kali Anda mengakses internet, maka akan ada data yang masuk ke dalam komputer Anda. Firewall ini nantinya akan menilai apakah data yang masuk tersebut aman atau tidak.

Dalam proses pelaksanaanya, firewall tidak hanya bisa digunakan untuk komputer. Perangkat lain seperti smartphone, tablet, dll, juga bisa menggunakan program ini.

Baca juga: Cyber Security Adalah: Pengertian dan Cara Menerapkannya Dengan Tepat

Mengapa Firewall Penting?

Internet menjadi suatu alat bantu yang sangat penting di dalam hidup kita. Internet mampu membantu kegiatan banyak orang menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Mulai dari membeli kopi via dompet digital, mengabari orang tersayang, sampai menyelesaikan pekerjaan kantor.

Nah, karena perannya sangat besar, keamanan di dunia internet pun akan menjadi sangat penting. Karena, akan selalu ada orang jahat yang ingin memanfaatkan data yang ada di dalamnya.

Mulai dari praktik pencurian kartu kredit, membocorkan rahasia perusahaan, menyalahgunakan data penting tersebut, dan berbagai kejahatan lainnya.

Seluruhnya akan bisa dicegah dengan cara memperketat cyber security atau keamanan siber. Berdasarkan laman Edureka, firewall adalah salah satu alat di dalam keamanan siber.

Program ini akan hadir sebagai saringan informasi yang akan masuk ke komputer Anda. Sehingga, informasi di internet tidak jatuh ke tangan orang jahat.

Baca juga: Koylogger, Sejenis Spyware yang Mengancam Keamanan Data Anda

Cara Kerja Firewall

Berdasarkan laman G2 Learning Hub, firewall mampu menjaga perangkat Anda agar bisa tetap terisolasi. Program ini melakukannya dengan cara mengecek setiap paket yang ingin masuk. Paket adalah suatu pemecahan informasi yang dibagikan di Internet.

Nah, firewall akan mampu menentukan apakah informasi tersebut bisa masuk atau tidak ke dalamnya.

Laman resmi Forcepoint menjelaskan bahwa firewall akan bekerja di dalam suatu port. Port ini adalah lokasi terjadinya pertukaran informasi antar komputer Anda dengan jaringan internet.

Bayangkanlah komputer Anda sebagai suatu lokasi perkantoran. Firewall adalah seorang petugas keamanan yang bertugas di pintu masuk. Saat ada pengunjung yang datang, firewall akan menentukan tingkat keamanan tamu tersebut.

Bila ternyata dinilai berbahaya, maka firewall akan melarangnya pergi ke dalam. Selain itu, firewall juga akan menentukan sampai mana tamu tersebut boleh masuk, seperti hanya boleh masuk hingga ruangan tamu atau ruangan depan saja.

Data yang berbeda tentunya mempunyai karakteristik yang berbeda juga. Bila memang layak dan juga aman, maka nantinya firewall akan memperbolehkan data untuk masuk lebih dalam lagi. Contohnya, para pekerja kantor tersebut tentu diperbolehkan untuk masuk ke ruang kerja. Namun tidak diberikan izin untuk masuk ke dalam rapat direksi. Sehingga, ancaman dari luar pun bisa berkurang.

Baca juga: Kriptografi Adalah Sistem yang Mampu Melindungi Data Penting Anda

Jenis-Jenis Firewall

Firewall sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Dilansir dari laman Compuquip, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Packet-Filtering Firewall

Jenis yang pertama adalah packet-filtering firewall. Jenis firewall ini dianggap paling dasar dan juga paling tua. Program ini akan bekerja dengan cara memeriksa paket apa saja yang akan masuk ke dalam sistem, serta menilai informasi dasar di dalamnya, seperti tipe, IP Address, nomor port, dll.

Kelebihannya adalah tidak banyak mengurangi performa sistem dan juga ringan. Namun, jenis ini lebih mudah ditembus oleh informasi yang sifatnya berbahaya.

2. Stateful Inspection Firewall

Selanjutnya ada stateful inspection firewall. Jenis ini bekerja dengan cara mengecek sumber paket dan membuka isi dari paket tersebut. Tentunya hal ini akan mampu membuatnya lebih aman. Tapi, pembukaan paket seperti ini mampu mengurangi performa kerja perangkat.

3. Proxy Firewall

Proxy firewall atau application-level gateway akan bekerja dengan cara menilai sumber paket serta isi paket yang di dalamnya. Biasanya, komputer akan langsung terhubung dengan sumber paket tersebut. Tapi dengan menggunakan proxy firewall, maka sebelum komputer Anda terhubung, maka firewall akan mengakses sumber paket tersebut lalu menilai keamanannya.

Setelah itu, paket tersebut bisa dikirim pada perangkat Anda. Langkah tambahan ini tentu akan membuat perangkat menjadi lebih aman, namun akan bisa memperlambat sistem.

4. Next-Generation Firewall

Selanjutnya ada next-generation firewall. Saat ini, seringkali firewall diklaim sebagai bagian dari dirinya. Sejatinya, tidak ada pengertian tertentu dari next-generation firewall. Namun, terdapat tiga fitur yang sering kali mereka miliki.

Fitur tersebut adalah pengecekan paket secara detail, sumber evaluasi dari paket tersebut, dan juga penilaian identitas paket.

Bahkan terkadang ada teknologi tambahan, seperti pemberhentian serangan bila Anda sudah terlanjur menjadi korban.

Baca juga: Enkripsi: Sistem yang Sangat Penting untuk Kerahasiaan Data Anda, Ini Penjelasannya!

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang firewall, jenis, dan cara kerjanya. Selain itu, masih ada tiga jenis firewall lainnya, seperti software firewall, hardware firewall, dan cloud firewall. Jenis firewall ini adalah jenis firewall yang dilihat berdasarkan bentuknya.

Seluruh data perusahaan Anda adalah hal penting yang harus Anda jaga, termasuk data keuangan. Untuk itu, amankanlah berbagai data keuangan Anda tersebut dengan menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi yang dikembangkan dengan basis cloud. Aplikasi ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan pada Anda secara otomatis, cepat dan akurat. Selain itu, fitur canggih di dalamnya juga akan membuat operasional bisnis Anda bergerak lebih efisien.

Penasaran? Ayo coba Accurate Online sekarang juga secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.accurate 2 banner bawah

rifqi

Penulis blog Accurate Online lulusan ilmu teknologi informasi yang menyukai dunia gadget, network, jaringan, big data, dan seluruh hal yang berkaitan tentang teknologi.