Koylogger, Sejenis Spyware yang Mengancam Keamanan Data Anda

Sama seperti jenis data breaching pada umumnya, pencurian data dengan menggunakan keylogger adalah suatu tindakan yang mampu mengancam tingkat keamanan data Anda. Umumnya, tindakan ini dilakukan oleh para pakar teknologi.

Jenis ancaman keylogger sudah banyak merugikan banyak perusahaan dan mengancam para pengguna yang masih awam.

Lalu, apa pengertian yang sebenarnya dari keylogger? Bagaimana cara kerja serangan keylogger? Bagaimana cara mencegah serangan berbahaya ini? Jangan khawatir, karena kami akan menjawab pertanyaan Anda secara lengkap melalui artikel tentang keylogger di bawah ini.

Pengertian Keylogger

Dilansir dari laman CS Online, keylogger adalah suatu software yang diciptakan untuk memantau kegiatan korban dan memberikan hak akses pada para peretas ke data pribadi korban.

Semua nomor kartu kredit dan password yang diketik, situs halaman yang dikunjungi korban, dan berbagai hal lainnya dicatat oleh program dengan berdasarkan ketikan keyboard. Software ini diinstal di dalam komputer atau laptop dan bisa mencatat seluruh hal yang diketik oleh korban.

Lalu, program tersebut akan mengirim berbagai data file korban ke suatu server, yang mana para penjahat di seluruh dunia akan menunggu untuk menggunakan seluruh data informasi yang sensitif tersebut.

Pada dasarnya, keylogger adalah suatu jenis spyware yang sangat berbahaya, yang mana sang korban akan dimanipulasi untuk menginput berbagai data sensitif mereka ke dalam device mereka masing-masing.

Jika spyware tersebut berhasil masuk ke device sang korban, maka semua kegiatan mereka akan diamati oleh penjahat.

Software khusus seperti keylogger faktanya memang mampu mendokumentasikan dan mencatat semua kegiatan yang korban lakukan di dalam device nya.

Bila keylogger terlihat seperti rekayasa film fiksi, hal itu dikarenakan software ini sudah pernah ditampilkan di dalam film sebelumnya.

Sebagian besar dari Anda pasti pernah menonton film “Mission Impossible” yang diperankan oleh Tom Cruise dan

peretas populernya Rami Malek sebagai Mr. Robot. Kedua karakter ini sering menggunakan keylogger sebagai tools untuk meretas target korbannya.

Baca Juga: VPN Adalah Teknologi Jaringan Internet Yang Aman, Ini Penjelasannya!

Keylogger Tidak Selamanya Ilegal

Faktanya, tidak semua keylogger itu bersifat ilegal. Berdasarkan laman Sophos, sebenarnya keylogger adalah suatu perangkat lunak yang legal dan bermanfaat. Contohnya, perangkat lunak ini kerap kali dimanfaatkan oleh divisi IT untuk keperluan pemecahan masalah yang terjadi di dalam sistemnya.

Selain itu, spyware semacam ini juga dimanfaatkan untuk mengawasi kegiatan para karyawan agar bisa mencegah tindakan pelanggaran compliance.

Selanjutnya, untuk penggunaan pribadi, software ini juga bisa digunakan untuk mengawasi apa yang anak-anak mereka lakukan di dalam komputer. Keylogger hanya akan menerima stigma yang buruk dan berubah menjadi ancaman jika ada niat yang jahat dari para penggunanya.

Sederhananya, bila Anda menginstal keylogger di device Anda, maka tindakan tersebut menjadi legal dan tidak ada satupun aturan yang dilanggar.

Tapi, bila software ini di install ke device untuk tujuan mencuri data para pemiliknya, maka hal tersebut akan berubah menjadi ilegal

Cara Kerja Keylogging

Walaupun memang tidak semua keylogger bersifat ilegal, namun Anda tetap harus waspada terhadap penggunaan software ini yang mampu mengancam berbagai data Anda di dalam device kesayangan Anda.

Cara pertama untuk menjaga informasi penting Anda dari perangkat lunak yang berbahaya ini adalah dengan memahami cara kerja dari keylogger itu sendiri.

Berdasarkan laman Comodo, cara kerja para peretas yang menggunakan keylogger adalah sebagai berikut:

  • Keylogger harus dipasang saat pengguna mengklik link ataupun membuka file dari email phising.
  • Selain itu, perangkat lunak ini juga bisa diinstal melalui suatu script di dalam halaman situs website.
  • Setelah pengguna mengklik link ataupun file, maka device korban pun nantinya akan diinstal spyware secara otomatis dengan tanpa persetujuan ataupun sepengetahuan korban.
  • Perangkat lunak tersebut akan memantau dan mencatat semua ketukan yang ada di dalam keyboard sang korban, seperti akses untuk masuk ke dalam sistem yang terjaga, password, sampai informasi terkait tabungan mereka.
  • Selanjutnya, keylogger akan menghimpun hasil pengamatan pada peretas yang memantau device korban dari jarak jauh.

Jenis Keylogger

1. Keylogger Keyboard

Jenis = ini akan merekam semua kegiatan keyboard yang terdapat pada komputer korban. Jenis spyware ini tidak akan terdeteksi oleh software dan untuk bisa mendeteksinya, Anda harus memeriksa perangkat keras yang sudah terpasang.

Biasanya, hal tersebut terdapat pada slot USB komputer atau laptop, dan perangkat ini paling sering digunakan untuk proses hacking keylogger.

2. Keylogger Wireless Keyboard dan Mouse

Jenis keylogger ini memanfaatkan teknologi wireless dalam merekam kegiatan keyboard-nya. Jenis perangkat keylogger sangat sulit untuk diketahui karena akan menyatu dengan perangkat yang menghubungkan keyboard dengan komputer di dalam slot USB.

Untuk cara mengetahuinya, Anda bisa melakukan scanning jaringan wireless yang tersedia. Bila Anda tidak menghidupkan jaringan wireless namun ada jaringan wireless yang masuk, maka Anda harus curiga adanya spyware jenis ini.

3. Keylogger Keyboard Overlay

Keylogger ini adalah perangkat keras keyboard yang ditanamkan dalam mesin ATM. Tujuannya adalah untuk merekam jejak nomor pin para pengguna. Bila nomor pin sudah terekam, maka para pelaku kriminal di baliknya akan mengambil keuntungan sendiri.

4. Keylogger Akunstik

Jenis keylogger ini akan menggunakan suara yang dihasilkan saat tombol ditekan. Umumnya, setiap tombol akan memberikan suara yang berbeda-beda.

Dengan menggunakan cara ini, maka perangkat spyware akan merekam suara tombol dan menerjemahkannya dengan kalimat yang bisa dibaca. Tentunya hasil terjemahan ini akan menjadi informasi yang sangat berharga untuk penjahat.

5. Emisi Elektromagnetik

Keylogger ini mampu menangkap emisi dari gelombong elektromagnetik yang dihasilkan oleh suatu kabel hingga berjarak 20 meter.

Di tahun 2009 lalu, para peneliti dari Swiss pernah melakukan percobaan pada berbagai keyboard laptop, USB, dan PS/2. Mereka menemukan adanya celah keamanan tersebut. Para peneliti tersebut memanfaatkan pita gelombang yang sudah ditentukan guna menangkap emisi yang berasal dari gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh suatu keyboard.

6. Perangkat Optic

Jenis keylogger ini adalah yang mampu menangkap apa yang diketik oleh korban melalui kamera. Keylogger perangkat optic ini bisa ditempatkan dimana saja, khususnya di mesin ATM dan di tempat lainnya yang mana banyak orang harus memasukan pin untuk mengambil uang.

Untuk itu, Anda dianjurkan untuk harus selalu menutup papan ketik Anda saat memasukan pin ATM.

7. Keypad

Keylogger keypad adalah suatu perangkat keypad yang bisa dimanfaatkan untuk memasukan nomor pin. Dimana umumnya pada tombol keypad masih menyisakan sisa sidik jari yang bisa disimpan ataupun diambil.

Bila terdapat sembilan tombol dan nomor pin yang perlu dimasukan hanya 4 nomor, maka hal tersebut akan meminimalisir percobaan pembobolan pin.

8. Keylogger Tubuh

Dalam hal ini, para pembobol akan mengetahui pin atau password targetnya dengan mencontoh gerakan dari sang korban saat memasukkan password ataupun pin. Sehingga, percobaan dalam menebak password ataupun pin bisa ditekan karena sudah mengetahui pola tubuh si korban.

9.Accelerometer

Keylogger Accelerometer adalah suatu perangkat yang mampu mengukur pergerakan menggunakan perangkat khusus. Perangkat tersebut akan digunakan dengan cara merekam pergerakan dari korban. Cara kerjanya adalah dengan menangkap gerakan dari si korban lalu membuat laporannya secara tertulis.

Cara Mencegah Serangan Keylogger

Perlu Anda ketahui bahwa serangan keylogger adalah suatu cara mencuri data yang sangat sulit untuk dideteksi oleh sistem keamanan di dalam device. Untuk itu, Anda membutuhkan alternatif lain yang mampu melindungi device Anda dari perangkat lunak tersebut.

Dilansir dari laman Securelist, cara untuk menjaga serangan data yang berasal dari keylogger adalah sebagai berikut:

  • Gunakanlah two factor authentication atau one time password.
  • Pasang sistem dengan perlindungan proaktif yang didesain untuk mendeteksi perangkat lunak
  • Gunakanlah keyboard
  • Hindarilah mengklik link dan juga mengunjungi situs yang terlihat mencurigakan.
  • Hindarilah percakapan dengan orang asing, baik itu secara langsung ataupun secara online.

Baca juga: Jaringan Komputer: Pengertian, Jenis, Serta Dampak Positif dan Negatifnya

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang keylogger. Jadi, keylogger adalah suatu perangkat lunak yang didesain untuk memantau kegiatan sang korban dan memberikan hak akses pada para pelaku tindak kejahatan ke data pribadi korban.

Untuk itu, Anda harus tetap waspada pada software yang Anda instal dan hindari mengklik link atau situs website yang mencurigakan bila data penting perusahaan Anda ingin terjaga dengan aman.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan software berbasis cloud seperti software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan Accurate Online, seluruh data perusahaan Anda akan terjaga dengan tingkat keamanan yang tinggi. Accurate Online pun akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan Anda secara otomatis, cepat, dan tepat. Sehingga, Anda hanya harus fokus dalam mengembangkan bisnis.

Selain itu, Accurate Online juga telah dibekali dengan berbagai fitur dan modul yang akan membuat bisnis Anda berjalan lebih efektif dan efisien.

Anda bisa mencoba keunggulan dan fitur menarik dari Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.accurate1

rifqi

Penulis blog Accurate Online lulusan ilmu teknologi informasi yang menyukai dunia gadget, network, jaringan, big data, dan seluruh hal yang berkaitan tentang teknologi.