Gadget adalah Perangkat Elektronik dengan Banyak Fungsi, Ini Penjelasannya!

Gadget adalah bukti perkembangan teknologi. Keberadaannya dianggap penting karena membawa hidup manusia ke arah yang lebih praktis.

Gadget sendiri digambarkan sebagai sebuah perangkat elektronik berukuran kecil yang mudah dibawa ke mana saja. Namun, fungsi dan manfaat yang dibawanya sangatlah banyak sehingga tak bisa dilepaskan dari keseharian hidup manusia.

Apa sebenarnya fungsi dan manfaat yang dibawa oleh sebuah gadget? Berikut ini penjelasan lengkap mengenai pengertian gadget, ragam jenisnya, hingga dampak positif serta negatif yang bisa dibawanya.

Pengertian Gadget

Gadget merupakan kata serapan yang diambil dari bahasa Inggris, yang jika diartikan menjadi perangkat elektronik ukuran kecil dengan fungsi khusus dan pasti mengalami perubahan. Dimana gadget memang diidentikkan dengan unsur kebaruan yang membuatnya semakin canggih dan membedakannya dengan perangkat elektronik lain.

Pengertian gadget juga dikemukakan oleh beberapa ahli seperti Derry (2014:7), yang menyatakan gadget adalah suatu perangkat atau instrumen elektronik yang mempunyai tujuan serta fungsi praktis guna membantu pekerjaan manusia.

Garini dalam Rohman (2017:27) juga menjelaskan bahwa gadget adalah perangkat alat elektronik yang mempunyai banyak fungsi. Gadget (smartphone) atau secara sederhana disebut sebagai telepon genggam sekarang ini sudah mempunyai banyak fitur serta fungsi yang semakin kompleks untuk memudahkan penggunanya.

Kesimpulan dari beberapa pengertian di atas senada dengan penafsiran gadget dalam KBBI, yaitu peranti elektronik atau mekanik dengan fungsi praktis; gawai.

Baca juga: Augmented Reality Adalah: Pengertian, Penggunaan, dan Cara Kerjanya

Fungsi dan Manfaat Gadget

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, gadget berfungsi membuat hidup manusia menjadi lebih praktis. Hal ini disebabkan karena gadget membawa sejumlah fungsi dan manfaat, seperti:

  • Sebagai Media Komunikasi

Fungsi utama yang dirasakan oleh pengguna gadget adalah sebagai media komunikasi. Gadget memungkinkan pengguna untuk terhubung dan saling berkomunikasi meski tidak di satu tempat yang sama.

  • Untuk Akses Informasi

Melalui gadget, pengguna dapat mengakses beragam informasi yang ada di internet, baik berupa teks, gambar, suara, maupun video.

  • Sebagai Media Hiburan

Gadget juga berfungsi sebagai sarana hiburan. Dimana bahkan terdapat beberapa jenis gadget yang dibuat secara khusus untuk hiburan, seperti iPod yang dipakai untuk mendengarkan musik.

  • Bagian dari Gaya Hidup

Gadget adalah bagian penting yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Karena itu, penggunaan gadget sejatinya berpengaruh terhadap gaya hidup seseorang secara keseluruhan.

  • Cara untuk Menambah Wawasan

Gadget juga memungkinkan pengguna untuk mengakses beragam hal yang bermanfaat sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Baca juga: Mengenal Bagian, Jenis, dan Cara Membuat QR Code dengan Mudah

Ragam Jenis Gadget

Sebagian besar orang menganggap gadget hanya sebatas smartphone. Padahal, smartphone merupakan salah satu jenis gadget. Agar tidak keliru, berikut ini beberapa jenis gadget yang paling banyak digunakan.

  • Handphone

Handphone merupakan gadget yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Perkembangannya sangatlah pesat, hingga kini telah tersedia berbagai macam sistem operasi di dalamnya, mulai dari iOS, Android, dan Windowsphone.

  • Laptop/Komputer

Laptop dan komputer adalah gadget yang juga banyak digunakan, terutama untuk urusan pekerjaan dan pembelajaran. Gadget ini juga membutuhan sistem operasi, seperti Windows, Mac, hingga Linux, agar dapat berjalan sebagaimana mestinya.

  • Tablet/iPad

Jenis gadget ini memiliki ukuran yang lebih besar dari handphone. Alhasil, pengguna yang ingin menonton, membaca, atau memainkan game bisa mendapatkan gambar yang lebih besar dan jelas.

  • Kamera Digital

Kamera digital juga masih termasuk dalam kategori gadget. Dimana kegunaan dari jenis gadget ini adalah untuk menangkap gambar suatu objek, baik dalam bentuk foto maupun video.

  • Headset/Headphone

Headset atau headphone adalah gadget yang sering digunakan untuk mendengar musik lebih jelas. Dengan bantuan gadget ini, pengguna dapat menikmati suara musik atau video dengan lebih jelas tanpa harus mengganggu orang lain.

Baca juga: Era Digital: Pengertian, Kelebihan dan Dampak dari Adanya Era Digital

Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget

Gadget bisa membawa dampak positif dan negatif tergantung pada penggunaannya. Beberapa dampak positif yang dibawa gadget adalah menambah wawasan, mempermudah komunikasi, memperluas jaringan pertemanan, meningkatkan kreativitas anak, hingga membuka akses informasi yang lebih luas.

Namun, penggunaan gadget yang berlebihan akan membawa dampak negatif bagi manusia, seperti membuat kecanduan, merusak kesehatan mata, menganggu pola tidur, mengubah postur tubuh, menurunkan aktivitas fisik, hingga meningkatkan resiko masalah kesehatan secara keseluruhan.

Baca juga: NFC Adalah: Ini Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa gadget adalah perangkat elektronik berukuran kecil yang membawa sejumlah fungsi dan manfaat bagi manusia untuk hidup yang lebih praktis. Penggunaannya pun dapat memberikan dampak positif dan negatif.

Gadget juga kini telah tersedia dalam berbagai macam bentuk dan ukuran, yang masing-masingnya bisa digunakan sesuai kebutuhan. Yang terpenting adalah bagaimana kita memanfaatkan gadget secara maksimal untuk membantu kehidupan kita secara keseluruhan.

Seperti halnya pemanfaatan gadget untuk melakukan pembukuan keuangan secara digital. Dimana pembukuan ini bisa dilakukan dengan menggunakan software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online. Accurate Online sendiri merupakan software berbasis cloud yang bisa diakses di laptop maupun di handphone (Accurate Lite).

Accurate Online menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis yang telah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia. Berbagai fitur dan keunggulan tersemat di dalamnya untuk memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan secara lebih akurat, cepat, dan otomatis.

Jika Anda tertarik dengan apa yang ditawarkan oleh Accurate Online, Anda bisa klik tautan gambar di bawah ini dan langsung nikmati fitur di dalamnya secara gratis selama 30 hari.