ICT Adalah: Pengertian dan Fungsinya dalam Dunia Pendidikan

ICT adalah singkatan dari Information and Communication Technology (ICT), yakni teknologi sistem informasi yang memiliki peran penting dalam sektor riil.

Selain memiliki peran penting dalam dunia industri atau bisnis, ICT juga berperan penting di dalam perkembangan dunia pendidikan. Perannya sangat penting dalam sisi manfaat serta kelebihan yang terdapat di dalamnya.

Lantas, apa saja peran penting ICT dalam dunia pendidikan, berikut ini adalah informasi lengkapnya.

Pengertian ICT Adalah

Information and communication technologies atau ICT adalah suatu payung besar terminologi yang di dalamnya mencakup semua peralatan teknis agar bisa memproses dan juga menyampaikan berbagai informasi penting.

ICT memiliki dua aspek penting, yakni teknologi informasi dan juga teknologi komunikasi. Teknologi informasi dalam hal ini mencakup berbagai hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantunya, memanipulasi, serta pengelolaan informasi yang ada.

Disisi lain, teknologi komunikasi adalah berbagai hal yang berkaitan erat dengan penggunaan alat bantu untuk bisa memproses dan juga mengirim data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Untuk itu, teknologi informasi dan juga teknologi komunikasi adalah satu kesatuan yang utuh.

Untuk itu, ICT memiliki pengertian yang sangat luas, yakni berbagai kegiatan yang berhubungan dengan manipulasi, pemrosesan, pemindahan informasi antar media, hingga pengelolaan.

Istilah ICT ini muncul karena adanya paduan kata teknologi komputer dan teknologi komunikasi yang terjadi pada abad ke 20 lalu.

  • Information (informasi): adalah suatu hasil dari data yang diolah dan di dalamnya menerangkan sesuatu serta bermanfaat.
  • Communications (komunikasi): adalah penerimaan dan juga pengiriman pesan ataupun berita antar dua pihak atau lebih, sehingga pesan yang dimaksud bisa dipahami dengan mudah.
  • Technology (teknologi): kemampuan teknik yang berlandaskan pada pengetahuan ilmu eksakta ini akan berdasarkan pada proses teknis.

ICT adalah suatu teknologi ataupun sistem yang mampu mereduksi berbagai batasan ruang dan waktu agar bisa memindahkan, mengambil, menyajikan, menganalisis, menyimpan, serta menyampaikan informasi data menjadi suatu informasi yang penting.

Dalam hal pembelajaran, ICT mencakup berbagai hal yang berkaitan dengan sumber informasi untuk guru serta siswa.

Baca juga: Apa itu JavaScript? Berikut Pembahasan Lengkapnya

Peran ICT Dalam Bidang Pendidikan

Peran ICT dalam dunia pendidikan sangatlah besar, sehingga pemerintah secara khusus membagi peran ICT di sekolah modern. Beberapa peran ICT adalah sebagai berikut ini.

1. ICT Sebagai Gudang Ilmu Pengetahuan

Peran pertama ICT adalah sebagai gudangnya ilmu pengetahuan. Itu artinya, terdapat banyak sekali sumber ilmu pengetahuan di dalam ICT, baik itu dari ilmu inti, dalam pembelajaran sekolah, ataupun sebagai pengaya kegiatan pembelajaran.

Dalam fungsinya ini, internet berperan besar sebagai sumber pengetahuan yang bisa diakses secara luas yang di dalamnya sudah terhubung dengan berbagai perpustakaan digital, jutaan e-book, artikel, jurnal, dan masih banyak lagi.

2. ICT Sebagai Alat Bantu Pembelajaran

Peran kedua ICT adalah sebagai alat bantu pembelajaran. Artinya, sistem pembelajaran saat ini lebih mudah dilakukan dengan adanya bantuan ICT.

Tujuannya adalah demi menghadirkan dunia di kelas dan mampu disajikan pada seluruh siswa dengan berbagai peralatan ICT, seperti multimedia dan berbagai media pembelajaran hasil olahan perangkat komputer, seperti grafik, foto, gambar, poster, display, dan media grafis lainnya.

Selain itu, yang termasuk pada hal ini adalah penggunaan video pembelajaran, CD interaktif, multimedia presentasi, serta e-learning.

3. ICT Sebagai Fasilitas Pendidikan

Peran ketiga dari ICT adalah sebagai fasilitas pendidikan. Dalam hal, ICT dijadikan sebagai sasaran yang mampu melengkapi fungsi sekolah sebagai suatu institusi lembaga pendidikan, khususnya, berbagai fasilitas yang bernuansa elektronik, seperti laboratorium komputer, bahasa, ruang multimedia, studio rekaman suara, rekaman musik, rekaman produksi video dan editing, dan masih banyak lagi.

4. ICT Sebagai Standar Kompetensi

Peran terakhir dari ICT adalah sebagai standar kompetensi murid. Itu artinya, ICT dijadikan sebagai salah satu pelajaran yang pada saat ini kita kenal dengan mata pelajaran TIK. Mata pelajaran ini memiliki standar kompetensi tertentu.

Penerapan ICT Dalam Bidang Pendidikan

Sebenarnya, Indonesia pernah menggunakan istilah telematika, yang artinya hampir sama dengan TIK yang saat ini kita kenal bersama.

Dalam Wikipidea, telematika adalah gabungan kata dari telekomunikasi dan informatika, walaupun sebelumnya kata tersebut memiliki arti data transition.

Bentuk pengolahan informasi dan penyalurannya yang terbuka melalui jaringan komunikasi, mampu meningkatkan peluang untuk semua orang dalam memperoleh hidup yang layak, salah satu adalah untuk dunia pendidikan.

Berbagai ide untuk menggunakan mesin belajar, membuat berbagai proses simulasi yang rumit, berbagai proses animasi yang sulit dijelaskan dengan sangat menarik minat para siswa. Selain itu, TIK juga mampu melayani pembelajaran yang tidak terkendala dengan tempat dan waktu.

Sejalan dengan hal tersebut, perlahan mulai timbullah beragam jargon yang diawali dengan huruf e, seperti e-book, e-learning, e-laboratory, e-library, e-education, e-monet, dll. Huruf e dalam hal ini memiliki arti elektronik yang secara implisit memiliki arti teknologi elektronika digital.

1. Buku Elektronik

E-book atau buku elektronik adalah salah satu teknologi yang menggunakan komputer sebagai media dalam menampilkan informasi multimedia dengan bentuknya yang ringkas dan dinamis.

Selain itu, suatu e-book juga bisa diintegrasikan secara langsung dengan tampilan suara, gambar, grafik animasi, ataupun video agar informasi yang tersaji di dalamnya bisa lebih kaya daripada buku konvensional pada umumnya.

Jenis ebook yang paling sederhana adalah hanya memindahkan buku konvensional ke dalam bentuk elektronik yang ditampilkan oleh komputer. Dengan adanya teknologi ini, maka ratusan buku akan bisa disimpan secara mudah dalam satu keping CD, DVD ataupun flashdisk.

Bentuknya yang lebih kompleks ini memerlukan rancangan yang lebih cermat, seperti misalnya dengan menggunakan tools Microsoft Encarta serta Encyclopedia Britannica yang menjadi ensiklopedia dalam format multimedia.

Format ini akan membuat ebook mampu menampilkan suara, gambar, video dan media lainnya. Contohnya penjelasan tentang jenis musik yang bisa disertai dengan cuplikan dari jenis musik tersebut, sehingga para pembaca bisa dengan jelas memahami apa yang ingin disampaikan oleh penyaji.

2. E-learning

Victorio L. Tinio menjelaskan bahwa e-learning adalah suatu pembelajaran yang dilakukan pada seluruh tingkatan, baik itu formal atau nonformal, yang memanfaatkan jaringan komputer sebagai pengantaran bahan ajaran, kegiatan interaksi atau fasilitasi.

Untuk kegiatan pembelajaran yang sebagian prosesnya terjadi dengan bantuan internet, maka lebih sering disebut dengan online learning.

Sedangkan SEAMOLEC menjelaskan bahwa e-learning adalah suatu pembelajaran yang dilakukan melalui bengalan elektronik. Walaupun memiliki beragam definisi, tapi di dalamnya mampu mencakup siaran radio atau televisi pendidikan dan menjadi salah satu bagian penting dalam e-learning.

Walaupun radio dan tv pendidikan adalah salah satu jenis e-learning, namun semuanya telah sepakat bahwa e-learning adalah bentuk sempurnanya, karena sudah bekerja sama dengan teknologi internet.

Bentuk paling sederhananya adalah internet-based learning atau web-based learning yang digunakan untuk menyajikan materi pembelajaran. Cara ini akan membantu para siswa dalam mendapatkan sumber belajar yang sudah disediakan oleh pihak narasumber ataupun fasilitator kapan pun mereka memerlukannya.

Bahkan, di dalamnya juga tersedia mailing list tertentu untuk sistem pembelajaran yang berguna sebagai forum diskusi antar siswa.

Fasilitas e-learning yang lengkap sudah disediakan oleh software khusus yang disebut sebagai software LMS atau learning management system. Sistem ini bisa berjalan dengan basis teknologi internet, sehingga bisa di akses di mana saja dan kapan saja.

Fasilitas tersebut mencakup pengelolaan siswa, materi pembelajaran, proses pembelajaran, dan pengelolaan evaluasi pembelajaran dan juga pengelolaan komunikasi antar pembelajar dengan para fasilitator lain. Fasilitas ini tentunya membantu kegiatan belajar yang dijalankan secara online.

Baca juga: Database Management System: Pengertian, Jenis, dan Komponen di Dalamnya

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang ICT. Jadi, ICT adalah adalah suatu payung besar terminologi yang di dalamnya mencakup semua peralatan teknis agar bisa memproses dan juga menyampaikan berbagai informasi penting.

ICT memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan, terlebih lagi di masa pandemi seperti saat ini. Dengan adanya ICT, kegiatan pembelajaran bisa tetap dilakukan di rumah, tanpa harus pergi ke sekolah.

Selain dalam dunia pendidikan, ICT juga berperan penting dalam dunia bisnis. Salah satunya adalah membantu para akuntan dalam membuat laporan keuangannya. Sehingga, pekerjaan mereka bisa diselesaikan lebih cepat dan bisa menghindari berbagai kesalahan yang biasanya terjadi lewat cara manual.

Nah, teknologi ICT yang dimaksud adalah software akuntansi, salah satunya adalah Accurate Online. Dengan menggunakan software akuntansi ini, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat.

Di dalamnya juga Anda bisa menikmati fitur persediaan, penjualan, pembelian, manufaktur, perpajakan, dan berbagai fitur lain yang mampu memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis.

Klik tautan gambar di bawah ini untuk mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari.accurate 2 banner bawah

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

11 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!