Software Adalah Perangkat Lunak yang Dilengkapi dengan Bahasa Pemrograman, Ini Berbagai Jenisnya!

Software adalah suatu himpunan dari beberapa perintah yang dilakukan oleh mesin komputer dalam melakukan berbagai tugasnya. Lebih lanjut, software adalah suatu perangkat lunak yang menjadi catatan untuk mesin komputer dalam menyimpan perintah dan berbagai dokumen ataupun arsip lainnya.

Ingin mengetahui lebih dalam tentang pengertian software? Tenang, karena pada kesempatan kali ini kami akan membahas pengertian software lengkap dengan berbagai jenis-jenis software yang ada pada saat ini.

Pengertian Software

Jadi, pengertian software adalah suatu program komputer yang mampu menjembatani para pengguna dengan perangkat keras, baik itu komputer ataupun PC. Selain itu, software adalah suatu aplikasi yang terbuat dari sekumpulan kode bahasa pemrograman tertentu.

Itu artinya, pengertian software adalah suatu data yang diprogram ataupun disimpan secara digital dan tidak mempunyai wujud, tapi berada di dalam suatu komputer. Selain itu, ada juga yang menjelaskan bahwa pengertian software adalah kumpulan berbagai data elektronik berbentuk program ataupun instruksi yang disimpan serta dikelola oleh mesin komputer.

Software itu sendiri dibuat oleh para developer atau programmer dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu agar bisa digabungkan menjadi sebuah kode yang mampu dikenali oleh perangkat keras.

Software dibuat agar lebih mempermudah pekerjaan manusia, seperti untuk berhitung, membuat dokumen, mengolah gambar, dll.

Baca juga: Open Source Adalah Jenis Software yang Terbuka untuk Umum, Ini Penjelasannya!

Fungsi Software Adalah

Software memiliki berbagai fungsi untuk para penggunanya. Beberapa fungsi utama dari software adalah sebagai berikut:

  • Menyediakan berbagai fungsi dasar untuk keperluan komputer agar bisa dijalankan. Seperti untuk menyediakan sistem operasi dan berbagai sistem pendukung lainnya di dalam komputer.
  • Mengatur kinerja hardware yang terdapat di dalam komputer agar bisa berjalan secara lebih simultan.
  • Sebagai penghubung antar setiap software dan hardware yang terdapat di dalam komputer.
  • Sebagai penerjemah atas suatu perintah software lainnya ke dalam bahasa mesin, sehingga akan lebih mudah untuk dimengerti ataupun diterima oleh hardware.
  • Berguna untuk melakukan identifikasi pada suatu program komputer.

Jenis-Jenis Software

Seiring dengan perkembangan teknologi, maka software pun terus mengalami perkembangan yang cepat. Terbukti bahwa saat ini sudah banyak software yang tersedia, dari mulai yang berbayar hingga yang gratis.

Saat ini, setidaknya terdapat dua jenis software yang banyak digunakan oleh masyarakat, yakni software sistem operasi dan software pengolah kata. Berikut ini adalah penjabarannya.

1. Sistem Operasi

Operating System (OS) atau sistem operasi adalah software yang memiliki peran penting dalam suatu komputer. Karena tanpa adanya sistem operasi, setiap pengguna tidak akan bisa menjalankan dan juga memanfaatkan komputernya sama sekali.

Sistem operasi adalah software kompleks yang di dalamnya banyak sekali manfaat, seperti untuk mengatur semua kinerja hardware dan terintegrasi dengan CPU, memberikan perintah pada processor agar bisa mengerjakan perintah pengguna dengan baik, mengatur berbagai proses yang terjadi di dalam CPU, serta menjadi platform dalam menjalankan software yang diperlukan oleh pengguna.

Sistem operasi mampu memberikan jaminan pada software yang berbeda agar bisa melakukan berbagai tugasnya dengan baik, tanpa harus mengganggu satu sama lain. Anda bisa membuktikan kemampuannya dalam mengelola penjadwalan, yang mana pada setiap aplikasi yang berjalan bersamaan akan bisa memperoleh waktu dan cukup untuk menggunakan CPU yang ada.

Umumnya, sistem operasi ini mampu memberikan hak izin pada software untuk bisa menjalankan berbagai aplikasi dalam satu waktu secara bersamaan.

Software sistem operasi saat ini pun sudah sangat banyak, beberapa diantaranya yang paling terkenal adalah sebagai berikut:

  • Microsoft Windows

Software yang dibuat oleh perusahaan Microsoft ini memiliki basis Graphical User Interface (GUI). OS ini mempunyai versi pertama yang disebut dengan Windows Graphic Environment 1.0.

Sampai artikel ini diterbitkan, versi terbaru dari OS Microsoft adalah Windows 11. OS ini mempunyai banyak sekali kelebihan, seperti user friendly, proses instal aplikasi yang sangat mudah, sampai memiliki banyak sekali dukungan driver. Namun, harga lisensi dari Windows tergolong cukup mahal, dan sistem keamanannya pun kurang maksimal.

  • UNIX

UNIX adalah software OS yang dibuat oleh Dennis Ritchie dan Ken Thompson. Peter Neuman adalah orang yang mengusulkan nama ini dan mulai membuat pada tahun 1965 oleh perusahaan AT&T (American Telephone and Telegraph), GE (General Electric) dan MIT (Massachusetts Institute of Technology) dari proyek Multics (Multiplexed Information and Computing Service).

Unix dibuat menjadi OS yang sifatnya portable, multi-tasking, dan multi-user, bahkan bisa digunakan oleh banyak pengguna. UNIX juga termasuk OS yang aman karena Anda memerlukan izin tersendiri bila ingin mengakses direktori, file, user serta group. Karena didukung oleh proyek GNU, maka UNIX pun kemudian berkembang menjadi LINUX.

  • Macintosh Operating System

Macintosh OS atau MAC OS dibuat secara khusus untuk berbagai komputer besutan Macintosh. OS yang pertama kali menggunakan GUI ini dirilis pertama kali di tahun 1984. Mac OS sangat cocok untuk para pengguna yang lebih mengedepankan eye-candy.

Tingkat keamanan dari OS ini juga terbilang sangat tinggi, sehingga sangat sulit ditembus oleh berbagai virus. MAC OS juga sangat cocok untuk para desainer grafis, dan sangat tidak cocok untuk pengguna server ataupun untuk para gamer.

  • Linux

Sistem operasi turunan dari UNIX ini sangat terkenal di kalangan pengguna komputer. Di dalam dunia pemasaran, mereka bisa bersaing dengan Microsoft Windows dan Macintosh.

Linux juga berjalan dengan satu atau lebih CLI (Command Line Interface) dengan basis teks dan GUI. Linux adalah software OS dengan basis Open Source serta gratis dan juga user friendly.

Selain itu, Linux pun lebih stabil untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang dan sulit sekali terkena virus. Tapi, banyak di antara para pengguna yang belum terbiasa dengan penggunaan OS ini. Proses penginstalannya pun lebih sulit daripada menginstall Windows.

2. Software Pengolah Kata

Sama seperti namanya, software pengolah kata adalah software yang digunakan untuk keperluan menulis. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

  • Lotus Word Pro

Kelebihan dari software ini adalah bisa dibuka dan juga diubah dengan menggunakan software Microsoft Word. Selain itu, Lotus Word Pro juga sudah dilengkapi dengan fitur Helpful Menu Finder yang berguna untuk menemukan berbagai perintah yang sama dengan Microsoft Word dan Word Perfect.

  • OpenOffice Writer

Software gratis ini mempunyai sifat multiplatform, artinya bisa digunakan lintas sistem operasi, mulai dari sistem operasi Windows, Linux, Unix, Mac OS, hingga Solaris.

Fitur di dalamnya pun sama seperti Microsoft Word, sehingga para pengguna baru tidak akan kesulitan untuk beradaptasi menggunakan software ini. setiap file yang disimpan melalui OpenOffice Writer pun bisa dibuka dan dibuat dengan menggunakan Microsoft Word, pun begitu juga sebaliknya.

  • Microsoft Word

Microsoft word adalah software yang pastinya ada di PC kita. Biasanya, Microsoft Word sepaket dengan software Microsoft Office lainnya, seperti Power Point, Excel, Project, Publisher, dll.

Terdapat banyak sekali kelebihan dari Microsoft Word, mulai dari cara penggunaannya yang sangat mudah, fiturnya yang sangat lengkap, dan bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis dokumen, seperti buku, publikasi, surat, serta gambar-gambar yang sederhana.

Namun, satu aplikasi Microsoft Word hanya bisa digunakan untuk satu komputer saja. Setiap pengguna harus membayar lisensi yang tentunya tidak murah.

Baca juga: Content Management System: Pengertian, Jenis, Dan Contoh-contohnya

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa software adalah perangkat lunak canggih yang akan terus mengalami perkembangan. Para ilmuan belum bisa menentukan kapan waktu berakhirnya teknologi ini dan tentu akan terus mengembangkannya. Karena pekerjaan manusia akan semakin dipermudah dengan kehadiran software.

Sama seperti dengan fungsi software yang lainnya, dalam mencatat laporan keuangan perusahaan pun diperlukan teknologi yang dibuat dengan berbagai bahasa pemrograman. Nah, Accurate Online adalah software akuntansi dan bisnis yang mampu membantu perusahaan dalam melakukan pencatatan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu membantu para pebisnis dalam mengelola usahanya, seperti fitur persediaan, perpajakan, penjualan, pembelian, manufaktur dan masih banyak lagi.

Accurate Online sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis skala bisnis, mulai dari bisnis kecil hingga bisnis besar. Anda bisa menggunakan Accurate dengan biaya investasi yang sangat terjangkau, yakni sebesar 200 ribuan saja perbulannya.

Silahkan klik tautan gambar di bawah ini untuk mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari.accurate 3 banner bawah