Teknologi Konstruksi: Pengertian, Perkembangan dan 4 Jenisnya

Teknologi konstruksi saat ini terus mengalami peningkatan dan terus berkembang seiring dengan banyaknya pembangunan berbagai gedung bertingkat ataupun infrastruktur. Terlebih lagi, semakin hari kita melihat adanya banyak pembangunan, khususnya di daerah kota-kota besar.

Untuk itu, terdapat beberapa jenis teknologi konstruksi yang saat ini sudah banyak digunakan di berbagai daerah pedesaan untuk keperluan bisnis dan berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan pembangunan.

Beragam terobosan baru pun saat ini sudah banyak dilakukan, yakni dengan menggunakan software dengan teknologi digital yang digunakan agar bisa mengoperasikan berbagai peralatan berat, sehingga bisa berjalan lebih efisien. Agar lebih jelas lagi tentang teknologi konstruksi, mari simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Teknologi Konstruksi

Teknologi konstruksi adalah suatu teknologi yang digunakan dan juga disesuaikan dengan apa saja yang ingin dipergunakan, khususnya dalam bidang sarana dan prasarana. Teknologi konstruksi adalah ilmu terapan yang digabungkan dengan berbagai ilmu lain agar bisa menyelesaikan masalah sehari-hari di dalam kehidupan manusia.

Salah satu hasil dari adanya teknologi konstruksi adalah hunian ataupun rumah. Lalu, sering dengan perkembangan teknologi, saat ini sudah banyak muncul gedung bertingkat, villa, hotel, dan berbagai gedung mewah lainnya.

Selain bangunan, saat ini pun banyak sekali kita temukan pembangunan jalan di berbagai daerah. Hal tersebut juga adalah salah satu hasil dari adanya perkembangan teknologi konstruksi.

Sebelumnya, manusia hanya menggunakan berbagai bahan yang berasal dari alam agar bisa membangun rumah, jalanan, jembatan, dan berbagai sarana prasarana lain agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Perkembangan teknologi konstruksi yang terjadi saat ini tentunya mampu mempercepat dan juga memudahkan pekerjaan manusia. Hal ini berdampak pada semakin banyaknya konstruksi yang terjadi di berbagai kota besar.

Bila sebelumnya hanya ada bangunan satu atau dua lantai saja, maka saat ini kita bisa melihat ada puluhan lantai dengan desain yang unik dan menarik. Belum lagi berbagai proyek jalan dan berbagai konstruksi lainnya yang semakin hari semakin berkembang dengan pesat.

Baca Juga: Teknologi Adalah Suatu Hal yang Melekat dalam Kehidupan Manusia, Ini Jenisnya!

Kemajuan teknologi konstruksi

Teknologi konstruksi tidak hanya terlihat dari berbagai bahan yang digunakannya saja. Tapi juga dari berbagai alat yang digunakan untuk membuat produk konstruksi yang saat ini semakin berkembang.

Sebelumnya, berbagai alat yang digunakan untuk membuat berbagai bangunan konstruksi masih bersifat sederhana, sehingga memerlukan waktu yang lebih lama dalam proses pengerjaannya.

Tapi dewasa ini, sudah banyak berbagai alat pertukangan yang menggunakan teknologi canggih, sehingga mampu mempermudah dan mempercepat proses pengerjaan konstruksi bangunan.

Contohnya, dulu kegiatan pencampuran semen dengan berbagai bahan lainnya hanya bisa kita lakukan dengan menggunakan tenaga manusia, namun saat ini kegiatan tersebut sudah bisa dibantu dengan menggunakan alat molen.

Alat tersebut menggunakan teknologi mesin yang canggih, sehingga mampu mencampurkan adonan semen hingga 50 kg banyaknya. Tentunya hal ini mampu membantu manusia dalam mempercepat dan juga memudahkan pekerjaannya.

Dengan adanya perkembangan alat dan juga bahan konstruksi yang saat ini semakin baik, maka bentuk konstruksi yang ada juga sudah semakin beragam, khususnya yang terjadi di berbagai kota besar di Indonesia.

Tapi, karena adanya kemajuan teknologi konstruksi yang terjadi saat ini, tempat tinggal manusia sudah bisa mencapai puluhan lantai dengan bentuk yang sangat banyak dan unik.

Perkembangan infrastruktur pun mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bila sebelumnya kita belum bisa membayangkan adanya jalan layang, bandar udara, gedung apartemen hingga puluhan lantai yang tinggi dengan bentuknya yang sangat beragam, maka kini kita sudah bisa melihatnya dengan mudah di mana saja.

Untuk itu, kita harus bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas akal dan juga pemikiran yang sudah diberikan oleh-NYA, sehingga manusia saat ini mampu berpikir dan membuat berbagai teknologi yang sangat canggih luar biasa.

Fungsi Teknologi Konstruksi

Selain berguna untuk menunjang sarana dan prasarana manusia, fungsi lain dari teknologi konstruksi adalah mampu memberikan dukungan pada semua pekerjaan dan berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan kegiatan manusia.

Diharapkan, penerapan teknologi ini bisa memberikan kemudahan dalam berbagai bentuk konstruksi, seperti misalnya jalanan, jembatan, atau rel kereta. Umumnya, suatu negara akan mendorong peningkatan pemanfaatan teknologi ini agar bisa mencapai efisiensi yang tinggi dan juga kualitas produk yang lebih baik di masa depan.

Salah satu prinsip fundamental dari teknologi konstruksi adalah penerapan BIM (Building Information Modeling) atau yang saat ini dikenal dengan teknologi konstruksi berdasarkan industri 4.0.

Berikut ini adalah berbagai fungsi utama dari adanya teknologi konstruksi:

  • Memudahkan proses pembangunan gedung, apartemen, dan juga rumah menggunakan teknologi yang baik serta berkualitas tinggi
  • Mempermudah dan mendukung pekerjaan serta kegiatan manusia dalam membuat toko, gedung, kantor dan berbagai pembangunan lainnya.
  • Memudahkan proses transportasi serta komunikasi, seperti untuk proses pembangunan infrastruktur rel kereta api, jalanan, dan juga jembatan.

Jenis Teknologi Konstruksi

Proyek konstruksi yang dibuat dengan menggunakan teknologi bisa kita bagi menjadi empat jenis, yaitu:

1. Proyek Konstruksi Bangunan untuk Pemukiman atau Perumahan

Berbagai proyek pembangunan seperti hotel, tempat tinggal, villa, dan apartemen adalah proyek konstruksi yang melibatkan teknologi canggih. Kegiatan dalam hal pembangunan ini bisa dilakukan dengan dua cara utama, yakni pribadi dan massal.

Dalam proses pengerjaannya, proyek bangunan ataupun perumahan membutuhkan perencanaan wilayah yang cukup matang karena berhubungan dengan penyediaan berbagai fasilitas serta jaringan infrastruktur yang mencakup air bersih, listrik, jalanan, dan juga berbagi sarana lainnya.

2. Proyek Konstruksi Bangunan untuk Gedung

Konstruksi bangunan ataupun gedung menjadi jenis pekerjaan proyek yang hingga saat ini banyak dilakukan dikarenakan lebih cenderung menekankan pada pertimbangan konstruksi.

Berbagai pertimbangan dalam teknologi ini sifatnya lebih praktis dan penuh pertimbangan pada berbagai peraturan bangunan setempat.

3. Proyek Konstruksi Terhadap Teknik Sipil 

Jenis proyek ini dikenal dengan heavy engineering construction yang umumnya pemilik dari proyek ini adalah pihak pemerintah daerah yang berada di suatu kota ataupun kabupaten.

Proses pengerjaan proyek teknologi konstruksi ini akan mencakup elemen desain, keuangan, dan pertimbangan hukum yang akan menjadi poin penting dalam memutuskan pertimbangan yang ada.

Hal yang lebih penting lainnya adalah proyek konstruksi ini tidak mengambil keuntungan yang banyak karena harus lebih mengutamakan kepentingan rakyat.

Umumnya, proyek ini lebih fokus pada proses penambahan infrastruktur lingkungan, seperti membuat jalur kereta api, bendungan, pertambangan, taman, dan berbagai hal lainnya.

Proyek Konstruksi untuk Bangunan Industri

Diperlukan keahlian khusus untuk pengerjaan proyek ini, khususnya dalam hal perencanaan yang berkaitan dengan desain dan juga konstruksi yang ada di dalamnya.

Proyek ini masuk ke dalam bagian yang relatif lebih minim daripada industri konstruksi, tapi komponen yang ada di dalamnya sangat penting untuk perkembangan bangunan industri. Umumnya, yang menjadi pemimpin dalam jenis proyek yang satu ini adalah perusahaan kimia, minyak, atau perusahaan farmasi.

Baca juga: Algoritma: Pengertian, Ciri-ciri, Fungsi, dan berbagai jenisnya

Kesimpulan

Jadi, teknologi konstruksi sangat dibutuhkan dalam membuat perencanaan serta pembangunan sarana dan prasarana manusia. Berbagai jenis proyek konstruksi pun bisa kita lihat dari berbagai bidang.

Dalam proses pembangunan ini tentunya diperlukan perencanaan yang baik, baik itu dari sisi desain ataupun dari sisi biaya, khususnya peralatan yang diperlukan saat kegiatan pembangunan berlangsung.

Untuk itu, perusahaan harus bisa mengelola anggaran dananya dengan baik agar bisa mencatat laporan keuangan yang tepat dan rapi. Namun, mencatat laporan keuangan secara manual tentunya hanya akan menghabiskan banyak waktu, terlebih lagi dalam prosesnya pun akan sangat rentan terjadi kesalahan.

Untuk itu, beralihlah dengan menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online. Kenapa? Karena Accurate Online mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam perencanaan kegiatan konstruksi Anda.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pebisnis di seluruh Indonesia karena mampu membantu mereka dalam menyederhanakan pengelolaan bisnis. Hal tersebut didukung dengan adanya berbagai modul dan fitur menarik dari Accurate Online, seperti fitur persediaan, penjualan, pembelian, manufaktur, dan masih banyak lagi.

Penasaran? Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.accurate1