Trello adalah Aplikasi Terbaik untuk Meningkatkan Kolaborasi Kerja

Pada dasarnya, Trello adalah sebuah aplikasi yang mampu memudahkan Anda dalam melakukan task management pekerjaan. Aplikasi ini juga akan mengingatkan Anda tentang tugas, deadline, dan mampu memantau progress proyek kolaborasi yang sedang dikerjakan secara realtime.

Pada kesempatan kali ini, mari kita mempelajari lebih dalam tentang aplikasi Trello. Untuk itu, baca artikel tentang aplikasi ini hingga selesai yah.

Aplikasi Trello Adalah

Jadi, Trello adalah aplikasi kolaborasi yang akan membantu Anda dalam mengatur berbagai proyek di dalam satu platform. Dengan adanya aplikasi ini, maka seluruh tim yang tergabung di dalam proyek tersebut akan mengetahui apa saja yang saat itu sedang dikerjakan, siapa yang sedang mengerjakannya, dan sudah sejauh mana progress pekerjaan tersebut.

Anggap saja Trello adalah layaknya papan tulis yang sudah dipenuhi dengan sticky notes. Di mana pada setiap sticky notes tersebut sudah tertulis secara lengkap tentang tugas pribadi Anda dan tugas tim secara menyeluruh. Lalu, di setiap sticky notes tersebut juga sudah dilengkapi dengan foto, lampiran dari berbagai sumber, dan juga kolom komentar.

Hal yang membedakannya dengan papan tulis biasa, Trello adalah suatu papan tulis yang bisa Anda bawa pergi ke mana saja. Anda bisa mengakses aplikasi ini via smartphone ataupun laptop Anda secara mudah.

Baca juga: API (Application Programming Interface): Pengertian dan Peran Pentingya untuk Software

Manfaat Menggunakan Trello

1. Penggunaannya Fleksibel

Trello adalah aplikasi yang sangat fleksibel untuk digunakan. Anda bisa menggunakannya untuk kebutuhan pribadi Anda, perusahaan Anda, atau untuk bisnis Anda. Oleh karena itu, jangan heran bila selain gratis, aplikasi ini juga mampu membuat task management menjadi lebih efektif dan juga lebih efisien.

Trello akan membantu Anda dalam mengelola berbagai proyek bisnis secara mudah dengan adanya pembuatan boards. Di mana setiap boards tersebut terdapat berbagai list yang isinya terkait penjelasan tugas secara detail dalam wujud cards.

Sehingga, Anda beserta tim bisa mengetahui hal apa saja yang seharusnya dilakukan, kapan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, dan hal lainnya secara simpel. Oleh karena itu, rasanya tidak berlebihan bila kita mengatakan bahwa Trello adalah tools yang harus dimiliki oleh setiap pebisnis.

2. Katakan Selamat Tinggal Sticky Notes Berantakan

Bila Anda selama ini sudah terbiasa untuk menempel sticky notes di meja, dinding ataupun di laptop, maka sekarang Anda sudah tidak perlu melakukan hal tersebut lagi. Trello adalah suatu papan elektronik yang didalamnya berisi notes yang bisa Anda akses dengan mudah kapanpun dan dimanapun.

Anda bisa membuka aplikasi Trello ini menggunakan aplikasi smartphone atau dari web desktop Anda. sehingga, Anda sekarang bisa mengucapkan selamat tinggal pada kursi, meja, ataupun dinding yang dipenuhi dengan notes yang berantakan.

3. Mengetahui Kapan Deadline akan Datang

Ketika Anda membuat sebuah cards di aplikasi ini, maka Anda juga bisa sekaligus memasukkan deadline waktu penyelesaiannya. Bila waktu deadline Anda sudah akan tiba, maka cards tersebut akan secara otomatis berubah menjadi warna kuning.

Sehingga, Anda dan tim sudah tidak perlu khawatir lagi untuk melupakan deadline atau terlewat deadline pekerjaan. Kenapa? karena Trello sudah siap memberitahukan pada Anda secara real-time menggunakan email.

4. Checklist dalam Satu Tempat

Trello adalah aplikasi yang di dalamnya sudah dilengkapi dengan fitur checklist. Fitur ini akan membantu Anda untuk mengetahui secara mudah seluruh to-do-list pekerjaan di dalam satu cards.

Anda sudah tidak perlu lagi mengingat berbagai langkah apa saja yang harus dilakukan atau urutannya. Karena, dengan menggunakan Trello Anda akan lebih mudah dalam melacak dan juga melihat berbagai progress to-do-list tersebut.

5. Power-Ups untuk Meningkatkan Produktivitas

Dalam melakukan pekerjaan, Trello bukanlah satu-satunya aplikasi yang bisa Anda gunakan. Menariknya, Trello pun menyadari hal tersebut dan memberikan fitur unik yang disebut dengan power-ups.

Kehadiran fitur ini memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan aplikasi pendukung kerja Anda lainnya, seperti Slack, Google Calendar, Evernote, dll. Dengan menggunakan Trello, maka Anda sudah tidak perlu lagi klik hal lainnya untuk pindah menggunakan aplikasi, karena seluruhnya bisa diakses lewat satu tempat.

6. Ambil Inspirasi dari Orang Lain

Bila Anda tidak tahu cara yang tepat untuk membuat boards yang optimal untuk memenuhi keperluan Anda, maka Anda tidak perlu khawatir. Di aplikasi ini, Anda bisa mengambil inspirasi boards dari milik orang lain dengan hanya satu kali klik saja.

Sehingga, Anda bisa menghemat waktu, karena Anda sudah tidak perlu lagi membuat boards, list, dan juga cards dari awal lagi.

Cara Menggunakan Trello

Sebelum kita masuk pada penjelasan tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi Trello, Anda bisa membuat akun Trello terlebih dahulu. Anda bisa melakukannya secara manual ataupun langsung menggunakan akun Google Anda. Jangan khawatir, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun agar bisa menikmati versi mendasar dari Trello.

1. Buat Tim

Bila Anda menggunakan Trello untuk melakukan kolaborasi dengan anggota tim Anda terkait suatu proyek tertentu, maka ini adalah tahap pertama yang harus mulai Anda lakukan. Karena, sebelum Anda menggunakan aplikasi Trello bersama dengan tim, Anda harus membuat tim terlebih dahulu di Trello.

Nah, Anda bisa membuat tim dengan cara klik tombol + yang ada pada bagian kanan atas halaman awal aplikasi Trello. Setelah itu, klik Create Team.  Selanjutnya, nanti  Anda akan diminta untuk mengisi nama tim proyek Anda dan juga deskripsi dari tim tersebut. Bila seluruh yang diminta sudah terisi, pilih continue dan Anda akan dibawa pada halaman tim yang sebelumnya sudah Anda buat.

2. Membuat Boards

Jika sudah membuat tim di Trello, tahap selanjutnya yang harus Anda kerjakan adalah membuat boards. Caranya adalah dengan pilih create a new board yang terdapat di halaman tim Anda.

Jika sudah, Anda bisa mengisinya dengan nama, tingkat privasi, dan juga gambar background dari boards Anda. Tim yang sebelumnya Anda buat akan secara otomatis ditugaskan di dalam boards tersebut.

Terkait tingkat privasi, bila Anda memilih untuk mengatur privasi tersebut menjadi public, maka Google pun akan mampu melakukan indeks pada boards Anda. dampaknya, setiap orang bisa melakukan pencarian boards tersebut di Google dan mereka bisa mengakses boards Anda.

Untuk itu, disarankan untuk mengatur tingkat privasinya menjadi team visible saja bila memang boards ANda adalah suatu proyek yang wajib dikerjakan oleh tim pilihan Anda.

3. Membuat Lists

Setelah selesai membuat boards, maka ini waktunya untuk membuat list. Caranya adalah dengan memilih add a list yang terdapat tepat di bawah nama boards yang sudah Anda buat. Ulangi terus cara ini hingga list yang sudah Anda buat mampu memenuhi kebutuhan.

Seperti yang sudah kita sebutkan sebelumnya, list yang ada pada Trello biasanya bertugas sebagai workflow yang mampu menampilkan berbagai tingkat urgensi proyek Anda.

4. Tambahkan Cards

Bila seluruh list sudah berhasil dibuat, maka ini waktunya Anda untuk menambahkan cards ke dalam list tersebut.

Baca juga: Data Driven dan Peran Pentingnya Dalam Suatu Bisnis

Kesimpulan

Trello adalah aplikasi yang simple dan mudah digunakan. Berbagai fitur yang terdapat di dalamnya pun tidak bisa diremehkan. Penjelasan tentang cara menggunakan Trello di atas hanyalah sebagian kecil dari apa yang bisa dilakukan oleh aplikasi ini.

Tapi, bila Anda memerlukan aplikasi Trello untuk kolaborasi kerja Anda, maka cara di atas sudah sangat ampuh untuk memudahkan Anda dalam mengurus berbagai proyek.

Jika Anda adalah seorang pekerja remote yang sedang mencari aplikasi untuk membantu Anda agar lebih produktif, maka aplikasi ini juga harus bisa Anda pertimbangkan. Bahkan, pekerjaan remote Anda akan lebih menyenangkan.

Aplikasi ini pun sangat cocok untuk meningkatkan produktivitas tim Anda, sehingga proyek yang Anda kerjakan bisa dilakukan dengan baik dan bisa dikerjakan tepat waktu. Sehingga, setiap klien pun akan puas dan omset Anda pun akan melejit.

Tapi, jangan lupa untuk selalu mencatat pemasukan tersebut ke dalam laporan keuangan agar nantinya bisa Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan kebijakan bisnis dan mengetahui kondisi keuangan Anda.

Untuk lebih memudahkan Anda dalam mencatat laporan keuangan, gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online. Software akuntansi yang sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu lebih pebisnis di Indonesia ini mampu menyediakan 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat.

Terlebih lagi, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu mempermudah Anda dalam mengelola bisnis.

Penasaran? Ayo coba Accurate Online terlebih dahulu secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.accurate 2 banner bawah

rifqi

Penulis blog Accurate Online lulusan ilmu teknologi informasi yang menyukai dunia gadget, network, jaringan, big data, dan seluruh hal yang berkaitan tentang teknologi.