Apa itu Incremental Cost? Berikut Pengertian dan Cara Kerjanya

oleh | Agu 3, 2021

source envato.

Apa itu Incremental Cost? Berikut Pengertian dan Cara Kerjanya

Untuk bisnis, incremental cost atau biaya tambahan merupakan perhitungan penting untuk menentukan perubahan biaya yang akan mereka keluarkan jika mereka memperluas produksinya.

Neraca dan laporan laba rugi perusahaan melaporkan biaya tambahan ini. Dengan demikian, incremental cost mempengaruhi keputusan yang dibuat perusahaan mengenai perluasan atau peningkatan produksi.

Dalam artikel ini, kami akan memberi tahu Anda definisi incremental cost dan mengeksplorasi bagaimana hal itu dapat membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang menguntungkan.

Apa itu Incremental Cost?

Incremental cost adalah biaya tambahan yang dikeluarkan perusahaan jika memproduksi sejumlah unit tambahan. Sebagai contoh, pertimbangkan sebuah perusahaan yang memproduksi 100 unit produk utamanya dan memutuskan bahwa itu dapat memuat 10 unit lagi dalam jadwal produksinya. incremental cost yang akan dikeluarkan untuk memproduksi 10 unit ini adalah biaya tambahan.

Incremental cost kadang-kadang dikenal sebagai biaya marjinal, tetapi ada perbedaan antara keduanya. Dalam biaya marjinal, Anda akan mempertimbangkan peningkatan biaya total yang akan timbul dari produksi satu unit lagi. Saat mempertimbangkan incremental cost, Anda hanya memperhitungkan biaya total yang berubah dari keputusan Anda untuk memproduksi unit tambahan.

Biaya ini dapat mempengaruhi harga produk. Misalnya, jika biaya tambahan menyebabkan peningkatan biaya produksi per unit suatu produk, perusahaan dapat memutuskan untuk menaikkan harga untuk mempertahankan laba atas investasi yang ada atau untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan. Namun, jika biaya produksi per unit menurun sebagai akibat dari biaya tambahan, perusahaan dapat memutuskan untuk mengurangi harga harga produk dan memperoleh keuntungan dengan menjual lebih banyak unit.

Untuk memahami cara kerja biaya tambahan, asumsikan bisnis Anda menghabiskan $200.000 untuk memproduksi 5.000 botol kaca. Itu berarti biaya per botol kaca yang Anda keluarkan adalah $40. Anda kemudian memutuskan untuk meningkatkan produksi Anda dan memproduksi 10.000 botol dan menghabiskan $250.000 untuk memproduksinya. Itu berarti Anda akan menghabiskan $25 per botol.

Untuk sampai pada biaya tambahan, Anda akan mengurangi $250.000 dari $200.000. Jadi, biaya tambahan untuk memproduksi 5.000 botol kaca tambahan akan menjadi $50.000. Untuk mendapatkan biaya tambahan per botol untuk 5.000 botol kaca tambahan, Anda perlu membagi $50.000 dengan 5.000, yang menghasilkan $10.

Biaya variabel dan biaya tetap mempengaruhi biaya tambahan. Anda akan memiliki biaya yang berbeda pada tingkat produksi yang berbeda.

Baca juga: Marginal Revenue Adalah? Berikut Pengertian, Cara Hitung & Contohnya

Contoh Incremental Cost

Ketika sebuah perusahaan membuat dan menerapkan keputusan manajerial mengenai produksi barang atau jasa, biaya tambahan yang timbul dari keputusan ini adalah biaya tambahannya. Biaya tambahan mungkin timbul dari:

  • Mengubah lini produk
  • Mengubah tingkat keluaran produk
  • Membeli bahan tambahan atau baru
  • Mempekerjakan tenaga kerja ekstra
  • Menambah mesin baru atau mengganti yang sudah ada
  • Beralih saluran distribusi
  • Biaya overhead variabel

Untuk menghitung biaya tambahan, Anda hanya dapat menghitung semua biaya eksplisit periode sekarang, biaya peluang implisit, dan implikasi biaya masa depan yang timbul dari keputusan Anda untuk meningkatkan output. Anda akan mengecualikan biaya yang harus Anda keluarkan bahkan jika Anda tidak memutuskan untuk meningkatkan output.

Baca juga: Work In Progress Dalam Proses Produksi: Pengertian dan Cara Menggunakannya

Bagaimana Incremental Cost Berbeda dari Incremental Revenue?

Sementara biaya tambahan adalah harga yang Anda bayarkan untuk biaya produksi yang timbul ketika Anda memutuskan untuk memproduksi satu unit produk tambahan, pendapatan tambahan adalah pendapatan tambahan yang Anda peroleh dari menjual unit tambahan tersebut.

Perusahaan umumnya mengacu pada biaya tambahan untuk memutuskan apakah mereka harus:

  • Meningkatkan output produk mereka
  • Memperkenalkan lini produk baru
  • Pertahankan produksi baru di rumah
  • Mengalihdayakan produksi baruTerima harga jual satu kali untuk unit tambahan
  • Menaikkan atau menurunkan harga produk

Perusahaan menggunakan incremental revenue atau pendapatan tambahan sebagai ukuran perbandingan dengan tingkat pendapatan dasar mereka dan merujuknya untuk menentukan laba atas investasi mereka. Mereka kemudian dapat memutuskan berapa banyak yang dapat mereka keluarkan untuk kampanye pemasaran dan berapa volume penjualan yang mereka perlukan untuk menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

Berikut adalah bagaimana biaya tambahan dan pendapatan tambahan mempengaruhi satu sama lain:

  • Jika biaya tambahan Anda dalam membuat unit produk lebih rendah dari pendapatan tambahan yang Anda peroleh dari menjual unit itu, bisnis Anda memperoleh keuntungan.
  • Jika biaya tambahan Anda dalam membuat unit produk lebih tinggi daripada pendapatan tambahan yang Anda peroleh dari menjual unit itu, bisnis Anda akan mengalami kerugian.

Itu sebabnya perlu untuk mengetahui biaya tambahan dari setiap unit tambahan. Anda kemudian dapat membandingkannya dengan harga yang Anda terima untuk menjual unit untuk mengetahui apakah bisnis Anda menghasilkan keuntungan yang cukup.

Baca juga: Working Capital Turnover Ratio: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya

Contoh biaya tambahan dan pendapatan tambahan

Untuk lebih memahami perbedaan antara biaya tambahan dan pendapatan tambahan, misalkan Anda memiliki bisnis yang memproduksi ponsel cerdas dan berharap dapat menjual 20.000 unit. Anda dikenakan biaya $100 untuk memproduksi setiap smartphone, dan harga jual Anda per smartphone adalah $300.

Biaya tambahan

Anda menghitung biaya tambahan dengan mengalikan jumlah unit ponsel cerdas dengan biaya produksi per unit ponsel cerdas.

Jadi, dalam hal ini, Anda akan memiliki:

20.000 x 100 = 2.000.000

Jadi, biaya tambahannya adalah $2.000.000.

Pendapatan tambahan

Anda menghitung pendapatan tambahan Anda dengan mengalikan jumlah unit smartphone dengan harga jual per unit smartphone.

Jadi, Anda akan memiliki:

20.000 x 300 = 6.000.000

Jadi, pendapatan tambahan adalah $ 6.000.000.

Ketika Anda membandingkan keduanya, jelas bahwa pendapatan tambahan lebih tinggi daripada biaya tambahan. Dengan mengurangkan biaya tambahan dari pendapatan tambahan, Anda memperoleh keuntungan sebesar $4.000.000.

Dengan melakukan analisis biaya jenis ini sebelumnya, Anda dapat memperkirakan berapa banyak yang harus Anda anggarkan untuk bisnis Anda dan berapa banyak keuntungan yang mungkin Anda hasilkan. Anda kemudian dapat memutuskan apakah masuk akal bisnis atau tidak untuk memperluas operasi.

Baca juga: Biaya Eksplisit: Pengertian, Fungsi, Contoh dan Perbedaannya dengan Biaya Implisit

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai incremental cost atau biaya tambahan yang biasa terjadi dalam proses produksi. Untuk memastikan setiap biaya pada bisnis tercatat dengan baik, pastikan Anda menggunakan sistem akuntansi yang mampu memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan biaya dan pemasukan dalam bisnis, salah satunya Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia. Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan pembukuan, pemantauan transaksi terjadi, pengelolaan dan pelaporan perpajakan, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Tertarik menggunakan Accurate Online? Anda bisa dengan mudah menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate1

akuntansibanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Download Template Pembukuan Bisnis

Template pembukuan untuk bisnismu dengan format Excel.

Khaula Senastri
Seorang lulusan S1 ilmu akuntansi yang suka membagikan istilah, rumus, dan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia akuntansi lewat tulisan.

Artikel Terkait