Laporan Penjualan: Fungsi dan Peran Pentingnya untuk Bisnis

Laporan penjualan mempunyai peran yang sangat penting dalam mengambil keputusan bisnis dalam bentuk pemasaran, harga, sampai metode penjualan. Secara tidak langsung, laporan inijuga berguna sebagai dorongan dalam meningkatkan produktivitas usaha, meningkatkan volume kualitas, dan juga meningkatkan kualitas produk.

Lebih dari itu, laporan ini juga sangat penting sebagai pembukuan dengan konsep sederhana untuk membandingkan pendapatan dan pengeluaran.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa penjualan adalah hal penting untuk perusahaan dagang. Laporan ini bertindak sebagai media dalam menyampaikan informasi terkait perubahan yang terjadi di dalam kegiatan penjualan. Selain itu, tentunya menjadi bagian yang penting dalam pembahasan lengkap terkait laporan keuangan.

Bila perusahaan bisa membuat laporan tersebut dengan karakteristik laporan keuangan yang detail, akurat, dan bisa dibaca dengan mudah, maka data yang akan disajikan pun nantinya akan lebih transparan.

Data tersebut nantinya akan sangat membantu Anda dalam membuat setiap jenis laporan keuangan dan membuat keputusan yang berhubungan dengan penjualan produk. Laporan ini bisa membuat setiap pihak terkait untuk membuat keputusan yang cepat dan bertanggung jawab atas berbagai perubahan yang mungkin terjadi di dalam neraca keuangan.

Namun sebelum membuat laporan ini, Anda harus terlebih dahulu mempersiapkan berbagai hal yang berkaitan dengan catatan keuangan perusahaan, terutama untuk jangka waktu tertentu.

Nah, beberapa hal yang wajib Anda persiapkan adalah catatan penjualan barang, catatan pembelian barang, catatan hutang dan piutang, catatan berbagai biaya, serta uang kas perusahaan.

Nantinya, catatan tersebut akan menjadi referensi dasar Anda dalam membuat laporan penjualan dalam bisnis. bila laporan keuangan sudah dibuat, maka Anda bisa segera membuat laporan tersebut secara sederhana, baik itu perhitungan laporan stok barang ataupun laporan harian.

Peran Penting Laporan Penjualan Perusahaan

Selain laporan keuangan yang lengkap, perusahaan pun memerlukan laporan lain untuk menunjang kegiatan operasional perusahaan, yakni laporan penjualan sederhana. Isi dari laporan ini berisi kumpulan informasi berbagai kegiatan penjualan yang disajikan sebagai bahan catatan dan juga analisa penjualan.

Perlu Anda ketahui bahwa laporan ini mempunyai peran yang sangat penting dalam mengambil kebijakan bisnis, yakni kebijakan terkait harga, pemasaran, dan metode penjualan.

Jadi, tidak bisa kita pungkiri bahwa laporan ini mempunyai fungsi dan peran yang amat penting. Anda tidak boleh melakukan sedikitpun kesalahan dalam membuatnya dan harus dibuat secara akurat.

Dalam berbagai kegiatan penjualan, seluruh kegiatan yang tersusun di dalam siklus akan saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya, dan tidak bisa berdiri sendiri. Setiap siklus akan selalu menyediakan data untuk kegiatan penjualan.

Baca juga: Cara dan Contoh Membuat Laporan Keuangan Sederhana Untuk UMKM

Pentingnya Laporan Penjualan Bagi Perusahaan

Berikut ini adalah fungsi laporan penjualan untuk berbagai jenis bisnis perusahaan dagang:

1. Sebagai Bahan Evaluasi

Kehadiran laporan penjualan bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi atas informasi yang sudah didapat terkait kondisi perusahaan. Jika transaksi tersebut mempunyai perubahan, maka pebisnis harus bisa mengontrol transaksi yang sudah berjalan agar nantinya tidak terjadi kerugian.

Hal ini bisa diatasi dengan cara membuat laporan penjualan harian, karena pemilik bisa mengetahui penjualan tersebut akan menurun ataukah tidak. Pebisnis juga bisa mengatur laporan tersebut dengan cara melakukan promosi agar bisa menarik perhatian pelanggan.

Tentunya laporan ini berperan penting dalam membantu pebisnis dalam membuat strategi penjualan. Untuk itu, laporan ini harus terus diperbarui.

2. Menunjukkan Kondisi Bisnis

Cara menunjukkan kondisi bisnis adalah dengan menyajikan laporan keuangan. Selain itu, laporan keuangan juga mampu memberikan informasi nilai keuntungan ataupun kerugian yang didapat perusahaan dalam dalam laporan laba rugi.

Sehingga, saat perusahaan sedang mengalami kerugian, maka pebisnis bisa mempertimbangkan strategi yang tepat dalam meningkatkan penjualannya.

Contohnya, laporan penjualan harian memang tidak bisa secara langsung bisa digunakan untuk melihat kondisi perusahaan, tapi kehadiran laporan ini bisa membantu pebisnis dalam memantau penjualannya, apakah menguntungkan ataukah tidak.

Baca juga: Laporan Posisi Keuangan: Definisi, Komponen, Fungsi, dan Contohnya

3. Meraih Peningkatan Produktivitas

Laporan ini juga bisa mengetahui jumlah produktivitas antar transaksi yang sudah terjadi per hari. Bila informasi tersebut sudah didapat perusahaan, maka pebisnis bisa menentukan target apa saja yang bisa meningkatkan produktivitas perusahaan di masa depan. Sehingga, perusahaan bisa berkembang dengan lebih baik.

4. Sebagai Bentuk Pertanggungjawaban

Secara umum, laporan penjualan adalah laporan yang bisa dijadikan bentuk pertanggungjawaban dari setiap konsumen yang berkaitan dengan perusahaan. Untuk itu, laporan keuangan harus dibuat secara akurat, karena informasi di dalamnya bisa diperoleh dari setiap transaksi.

5. Menggambarkan Kredibilitas Perusahaan

Dengan menyajikan laporan keuangan yang tepat dan akurat, maka laporan keuangan tersebut bisa menjadi bukti bahwa pihak perusahaan bisa berkembang dengan baik. Selain itu, kehadiran laporan ini juga bisa mendukung perhitungan laporan atas adanya transaksi per hari.

Baca juga: 7 Laporan Akuntansi yang Penting Dalam Bisnis

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang fungsi dan peran penting dari laporan penjualan. Bila Anda merasa kesulitan untuk membuat laporan ini, maka Anda bisa mulai menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Kenapa? karena aplikasi berbasis cloud ini mampu mencatat dan menyediakan laporan penjualan dan lebih dari 200 laporan keuangan lainnya secara otomatis, cepat dan akurat. Anda pun bisa mengaksesnya dimana saja dan kapan saja Anda perlukan.

Selain itu, di dalamnya juga sudah dibekali dengan berbagai fitur bisnis yang mampu meningkatkan efisiensi bisnis, sehingga Anda bisa menjalankan dan mengembangkan bisnis secara lebih mudah.

Gunakan dan coba Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis melalui banner di bawah ini

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Lala

Seorang lulusan S1 ilmu akuntansi yang suka membagikan istilah, rumus, dan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia akuntansi lewat tulisan.