Berencana Beli Software Akuntansi? Perhatikan 7 Faktor Berikut ini

Pentingnya Software Akuntansi pada Bisnis

Jika Anda berpikir untuk memudahhkan proses pembukuan bisnis Anda, jangan terburu-buru. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda beli software akuntansi untuk usaha Anda. Jika ini pengalaman pertama Anda dalam membeli software akuntansi, Anda tidak boleh mengabaikan tips penting ini. Tips ini akan meningkatkan pengalaman Anda atas software akuntansi bisnis pilihan Anda.

Apakah Anda benar-benar perlu menggunakan perangkat lunak akuntansi berbasis cloud? Memperbarui pembukuan bisnis kecil Anda secara teratur dan sesuai standar adalah tugas yang memakan waktu. Terlebih jika Anda memiliki keterbatasan karyawan yang menangani  berbagai tugas selama hasri sibuk.

Di sisi lain, Anda memerlukan pembukuan & akuntansi tepat waktu mendorong pengambilan keputusan. Dan hal yang  penting adalah tentang bagaimana Anda melakukannya dengan cepat, tepat, dan akurat.

Melakukan  pembukuan secara manual bukanlah proses bisnis yang efisien. Hanya bisnis yang memiliki jumlah transaksi keuangan  yang sangat kecil  dapat  menggunakan akuntansi kertas dan garis. Namun pada kenyataannya, bahkan bisnis kecil tidak dapat menggunakan lembar Excel untuk waktu yang lama. Pemilik bisnis yang berkembang, cepat atau lambat harus memikirkan otomatisasi.

Berikut adalah 7 Faktor yang harus Anda pertimbangkan sebelum beli software akuntansi 

1. Software yang Mudah Digunakan

Kemudahan penggunaan adalah faktor utama yang harus  dipertimbangkan sebelum Anda beli software akuntansi. Software yang ramah pengguna menyediakan Anda dengan dashboard yang menunjukkan grafik memberikan status keuangan perusahaan Anda dengan cepat dan mudah dimengerti.

Melihat uang masuk atau keluar dari perusahaan selama enam bulan terakhir, faktur terutang kepada perusahaan atau tagihan yang harus dibayar oleh perusahaan, dan semua aktivitas pengguna di satu tempat sangat membantu bisnis Anda mendapatkan informasi keuangan bisnis secara faktual. Ingatlah, Anda membeeli software pembukuan untuk memudahkan, maka sudah sudah seharusnya software tersebut  menyederhanakan pembukuan dan proses akuntansi Anda, bukan malah menyulitkan.

Baca juga : Pengertian Cashflow, Contoh, Metode, dan Cara Membuatnya

2. Fitur Multi-Mata Uang

Internet telah mengurangi jarak antara konsumen dan bisnis Anda. Saat ini, bahkan banyak perusahaan kecil melayani konsumen  dan pelanggan di luar negeri.

Jika Anda memiliki klien seperti itu, pastikan bahwa software akuntansi yang Anda pilih memiliki fitur  untuk mengakomodasi transaksi multi-mata uang. Fitur ini nantinya akan menangani nilai tukar mata uang asing dan konversi sesuai kenyamanan Anda. Fitur tersebut juga harus menunjukkan transaksi ini dalam satuan rupiah.

Baca juga : Jurnal Pembalik : Definisi, Penjelasan, dan Contohnya bagi Bisnis

3. Software Berbasis Cloud

Generasi milenial pemilik bisnis lebih suka menggunakan software akuntansi online. Mereka suka tetap berhubungan dengan data keuangan bisnis mereka saat bepergian dan mengirim faktur melalui email kepada klien dari mana pun mereka berada.

Software akuntansi untuk bisnis kecil memungkinkan mereka untuk berkolaborasi dengan staf mereka atau akuntan untuk mempercepat hal-hal tersebut. Akses kapan saja dan di mana saja ke data keuangan terbaru membantu mereka dalam pengambilan keputusan yang terbaik untuk pengembangan bisnis.

Baca juga : Mengetahui Pentingnya dan Cara Membuat Laporan Stok Barang

4. Terintegrasi dengan Software Bisnis Lainnya

Jika Anda ingin membali software akuntansi terbaru dan belum teruji, Anda harus berhati-hati dalam apa yang Anda pilih. Pilihlah softeare akuntansi yang bisa terintegrasi dengan software bisnis lainnya seperti software kasir, software penjualan di marketplace, atau fitur perpajakan.

Memilih software akuntansi tanpa mempertimbangkan implikasi serius dari pilihan Anda dapat berbahaya bagi bisnis Anda karena dapat mengganggu kelancaran bisnis.

Selain itu, kemungkinan besar di masa depan Anda dapat membeli alat software tambahan untuk meningkatkan efisiensi bisnis Anda. Jadi membeli software akuntansi yang fleksibel dan mudah diintegrasikan pilihan yang paling masuk akal.

Baca juga : 8 Cara Membuat Pembukuan Sederhana untuk Bisnis Pemula

5. Keamanan Data

Tren pasar saat ini adalah menggunakan software akuntansi berbasis cloud. Anda juga harus berinvestasi pada software akuntansi tersebut dan bukan yang berbasis desktop. Penggunaan software akuntansi berbasis desktop saat ini mengalami tren penurunan dikarenakan berbagai hal.

Dengan software akuntansi online, Anda dapat menyimpan data keuangan bisnis di server eksternal. Namun pastikan bahwa data yang Anda simpan tejamin keamanannya, karena data keuangan bisnis termasuk data yang sangat krusial.

Banyak pemilik bisnis ragu untuk menyimpan data keuangan mereka di server eksternal. Namun, sebenarnya hal lebih aman di sana daripada di server Anda sendiri. Karena tentu perusahaan software akuntansi berbasis cloud memperkerjakan karyawan dengan kualifikasi dan pengalaman untuk menjaga data keamanan Anda.

Pastikan juga Anda tahu apakah mereka menggunakan teknologi terbaru untuk mengamankan data Anda. Hal ini harus menjadi salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih software akuntansi berbasis cloud.

Baca juga : Pengertian Ekuitas Perusahaan, Jenis, Contoh, dan Pentingnya untuk Bisnis

6. Dukungan Pelanggan

Beralih ke software akuntansi baru, yang ramah pengguna atau canggih, akan diperlukan masa adaptasi bagi sebagian orang untuk mengoperasikannya. Bisa dipastikan Anda atau staf akan membutuhkan dukungan dari seorang ahli. Karena petunjuk manual produk di website atau brosur tidak akan memiliki semua jawaban yang Anda butuhkan, terlebih dengan masalah berbeda untuk jenis bisnis yang berbeda pula.

Tingkat dukungan pelanggan yang ditawarkan oleh produsen software akuntansi adalah salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan ketika memilih untuk melakukan pembelian pada software akuntansi tertentu. Jika staf Anda tidak bisa menggunakan atau memiliki masalah dengan  software akuntansi tersebut, tetnunya ini akan menjadi hambatan bagi transisi dari sistem lama ke yang baru.

Baca juga : Ayat Jurnal Penyesuaian : Pengertian, Contoh, dan Cara Pencatatannya

7. Harga Perangkat Lunak Akuntansi

Harga, untuk pemilik usaha kecil, selalu menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan untuk melakukan pembelian software akuntansi. Mereka memiliki batasan untuk dana yang dikelurkan untuk hal tersebut, karena arus kas mereka yang ketat.

Namun, hak itu bisa diatasi dengan menggunakan software akuntansi berbasis cloud, terutama Accurate Online. Hanya dengan 200 ribu perbulan, Anda bisa menggunakan semua fitur pembukuan yang Anda butuhkan pada bisnis seperti pencatatan penjualan dan pembelian, multi cabang, multi gudang, multi mata uang, penghitungan dan pelaporan pajak otomatis, otomatisasi lebih dari 100 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Accurate Online adalah software akuntansi terbaik dan termurah di Indonesia. Terbukti telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan meraih Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai saat ini sebagai software akuntansi terbaik di Indonesia.

Tertarik menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawh ini :

accurate fokus pengembangan