Trial Balance, Ini Pengertian dan Metode Melakukannya

Neraca percobaan atau trial balance adalah suatu tools yang sering kali digunakan untuk memeriksa kebenaran debet atau kredit dalam setiap transaksi yang tercatat di dalam buku besar. Trial balance dibuat agar bisa mengetahui keseimbangan yang ada pada jumlah kredit dan debit dalam suatu perusahaan.

Pasalnya, jika ada ketidakseimbangan dari nilai yang diharapkan, maka trial balance akan membantu mendeteksi adanya kesalahan dalam pelaksanaan kegiatan akuntansi tersebut.

Trial balance adalah kumpulan berbagai saldo dari setiap perkiraan yang ada di dalam buku besar. Tapi untuk membuat trial balance, Anda harus menentukan setiap saldo perkiraan yang terdapat di dalam buku besar terlebih dulu.

Buku besar adalah suatu buku yang didalamnya berisi seluruh rekening yang terdapat di dalam laporan keuangan. Buku ini juga akan mencatat setiap perubahan yang terdapat dalam setiap rekening dan di dalam akhir periode.

Ingin tahu lebih dalam tentang trial balance? Tenang, karena kami sudah merangkumnya khusus untuk Anda di bawah ini.

Pengertian Trial Balance

Pada dasarnya, trial balance adalah suatu laporan akuntansi yang mana seluruh saldo di dalam akun besar terdaftar dalam kolom akun debit dan kredit secara terpisah.

Saldo yang terdaftar di dalam neraca digunakan untuk mencapai nilai yang sama dalam total akun debit dan akun kredit yang mana saldo yang terdaftar dalam neraca adalah untuk mencapai nilai yang sama dalam total akun kredit dan debit.

Baca juga: Laporan Neraca: Pengertian, Cara Menyusunnya Dan Membacanya

Lalu, Apa Manfaat Trial Balance?

1. Memudahkan Penyesuaian Posting

Trial balance yang sudah dihitung dengan tepat akan memberikan kenyamanan yang signifikan terkait keakuratan dalam setiap hasil laporan keuangan neraca, sehingga penyesuaian setelah kegiatan trial balance akan bisa dilakukan dengan mudah.

2. Mempermudah Dalam Melakukan Audit

Trial balance akan mampu memberikan daftar seluruh buku besar dengan saldo agar bisa memudahkan kegiatan audit. Contohnya, bila sifat akun adalah di debit namun mempunyai saldo kredit, maka semua buku besar akan diperiksa secara menyeluruh.

3. Menunjukkan Kredibilitas

Neraca percobaan pun seringkali digunakan oleh perusahaan perbankan atau lembaga pemberi pinjaman untuk mengetahui kapasitas pinjaman bisnis dan kredibilitas dari bisnis itu sendiri.

Pasalnya, perusahaan harus mengetahui bahwa neraca percobaan yang sudah dihitung tidak ada kesalahan sedikitpun. Tapi bila ada kesalahan dalam hal offset, maka trial balance akan dihitung kembali. Selain itu, neraca percobaan juga bisa mendeteksi kesalahan perhitungan yang ada di dalam buku besar.

Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa ada beberapa kesalahan yang tidak bisa dilacak oleh laporan ini, yaitu.

  • Kesalahan yang dilakukan karena human error: Transaksi tidak diinput di dalam sistem.
  • Kesalahan awal entri: Di dalam transaksi entri ganda yang mencangkup nilai atau jumlah yang salah di kedua sisinya.
  • Kesalahan pembalikan: ketika melakukan kegiatan transaksi entri ganda yang dimasukkan dengan jumlah yang tepat, namun pada akun yang akan didebit malah dikreditkan atau sebaliknya.
  • Kesalahan prinsip: kesalahan ini dilakukan karena melanggar prinsip dasar akuntansi. Seperti saat jumlah yang akan dimasukan sesuai dan sudah benar, namun jenis akun yang dihasilkan malah salah.
  • Kesalahan komisi: biasanya kesalahan komisi diakibatkan dari kelalaian pengawasan.

Baca juga: Cara Membuat Neraca Keuangan dalam 5 Langkah Sederhana

Metode yang Bisa Digunakan Dalam Melakukan Trial Balance

1. Metode Total

Dengan melakukan metode total atau yang lebih dikenal dengan metode neraca saldo kotor, maka seluruh akun yang ada pada buku besar akan dijumlahkan dan total dari sisi debit dan kredit akan dibawa pada neraca saldo.

Metode ini akan menghemat lebih banyak waktu, karena waktu yang digunakan untuk menyeimbangkan akun akan disimpan dan setiap trial balance akan disiapkan saat seluruh akun sudah dijumlahkan.

Tapi, metode ini tidak bisa digunakan secara umum, karena tidak mampu membantu dalam penyusunan akun akhir.

2. Metode Saldo

Banyak perusahaan yang menggunakan metode ini karena metode menyusun trial balance dibuat dengan berdasarkan saldo akun besar.

Hal pertama yang dilakukan untuk melakukan metode saldo adalah menjumlahkan dan menyeimbangkan hasil yang sudah dihitung. Sehingga, hasil saldo bisa dipindahkan ke trial balance. Dalam metode ini, saldo akan mengacu pada perbedaan total dalam sisi debit dan kredit dari setiap akun buku besar.

Penyeimbangan yang ada pada akun buku besar akan menyiratkan perhitungan dari sisi kredit dan debit dari akun tertentu.

3. Metode Total dan Saldo

Metode ini sering dikenal sebagai salah satu metode gabungan, yang mana menggabungkan metode total dan saldo yang sebelumnya sudah dibahas di atas. Dalam metode ini juga terdapat pernyataan yang berisi kolom untuk total ataupun saldo.

Trial balance adalah salah satu langkah dalam proses akuntansi, yang mana saat akun di posting pada buku besar pernyataan tersebut akan disiapkan agar bisa menunjukkan saldo kredit dan debit.

Hal tersebut disiapkan dengan cara mendaftarkan seluruh akun setelah memasukkan seluruhnya ke setiap kolom, lalu jumlah yang terdapat di dalam debit dan kredit harus seimbang dengan neraca saldo.

Baca juga: Contoh Laporan Keuangan Neraca Perusahaan Dagang

Penutup

Walaupun membuat trial balance bukanlah satu-satunya cara yang bisa digunakan untuk mendeteksi kesalahan pencatatan akuntansi, namun hal tersebut masih menjadi salah satu langkah penting dalam proses akuntansi, karena siklus akuntansi yang ada akan sangat bergantung pada proses ini.

Nah, agar memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan akuntansi, Anda bisa mencoba software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi yang dikembangkan dengan basis cloud dan sudah dipercaya oleh lebih dari 370 ribu pebisnis di Indonesia. Software ini akan membantu Anda dalam mencatat lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan laporan bisnis secara otomatis, cepat dan akurat.

Selain itu, software ini juga sudah didukung dengan berbagai fitur dan modul yang akan membuat operasional bisnis Anda berjalan lebih efisien.

Sekarang, Anda bisa mencoba berbagai kelebihan dan fitur menarik dari Accurate Online selama 30 hari gratis dengan hanya klik tautan gambar di bawah ini.

Lala

Seorang lulusan S1 ilmu akuntansi yang suka membagikan istilah, rumus, dan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia akuntansi lewat tulisan.