Apa saja Fungsi Kasir di Dalam suatu Bisnis?

Fungsi kasir dalam suatu bisnis sangat banyak. Kasir adalah salah satu bagian yang sangat aktif dalam menjalankan komunikasi secara langsung dengan setiap pelanggan. Sehingga, mempunyai sumber daya manusia yang tepat untuk memilih posisi ini akan sangat penting.

Lantas apa saja fungsi dari kasir? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang fungsi kasir di bawah ini hingga selesai.

Fungsi Kasir Dalam Bisnis

Umumnya, kasir mempunyai tingkat kecekatan yang sangat tinggi, dan juga kepribadian serta komunikasi yang baik. Selain itu, skill utama mereka adalah ketelitian. Bahkan, mereka juga diminta untuk bisa mengoperasikan mesin kasir dengan baik, menggunakan terminal kartu kredit, alat pemindai, dan berbagai teknologi lainnya yang diperlukan di konter kasir.

Selain itu, dalam beberapa bisnis, terdapat mekanisme audit yang berguna untuk bisa memastikan integritas transaksi yang akan diproses.

Berdasarkan hal tersebut, bisa kita ketahui bahwa diperlukan keterampilan dan kemampuan khusus agar bisa mengisi posisi ini. Nah, tugas dari seorang kasir adalah sebagai berikut:

1. Melaksanakan Proses Transaksi Penjualan

Fungsi kasir yang pertama adalah memproses transaksi suatu penjualan. Seorang kasir nantinya akan menginput kode barang yang dibeli oleh konsumen ke dalam sistem, lalu dilanjutkan dengan menghitung seluruh biaya belanjaan yang nantinya harus dibayar oleh pelanggan.

Kasir juga harus memberikan uang kembalian bila memang konsumen tidak bisa membayarnya dengan uang pas. Kasir pun harus lebih terampil dan mampu memastikan bahwa uang yang diterima dari pelanggan adalah uang asli.

Baca juga: 5 Manfaat Menjalankan Bisnis Online di Era Digital Seperti Sekarang

2. Packing Barang Belanjaan dari Pelanggan

Bila proses transaksi sudah selesai, maka seluruh barang bisa dibawa oleh pelanggan. Setiap barang tersebut harus dimasukkan dalam kantong belanja secara rapi.

Seorang kasirpun harus lebih cermat dalam hal ini, seperti misalnya harus memisahkan kantong belanjaan yang berisi deterjen dengan makanan atau dengan barang lainnya. Selain itu, seorang kasir juga harus waspada pada berbagai barang yang mudah pecah, seperti telur, gelas, dan piring.

3. Memastikan Barang Sebelum Diberikan Ke Pelanggan

Seorang kasir harus melakukan pengecekan barang secara teliti. Mulai dari jumlah barang yang akan diberikan hingga produk dari barang yang dibeli oleh pelanggan. Jumlah uang kembalian pun harus bisa diperhatikan dengan baik. Lalu, seorang kasir pun tidak boleh lupa untuk menginput data penjualan yang sudah dilakukannya.

4. Memberikan Informasi

Tugas penting lainnya dari seorang kasir adalah pada proses transaksi penjualan dan menguasai informasi tentang produk. Seorang kasir menjadi salah satu bagian ataupun divisi dari bisnis yang berada di ujung tombak dalam melayani pelanggan.

Untuk itu, nantinya kasir akan sangat mungkin ditanya tentang suatu produk tertentu. Pertanyaan yang paling banyak ditanyakan adalah jenis barang, stok barang, varian barang, sampai tanggal kadaluarsa pada produk makanan ataupun minuman.

Hal ini nantinya akan menjadi sangat penting lagi saat bisnis sedang mengadakan potongan harga atau promo tertentu. Seorang kasir harus bisa menggunakan bahasa yang menarik, ramah, dan sopan. Sehingga, para pelanggan pun akan terlayani dengan nyaman. Hal tersebut nantinya akan menjadi penentu loyalitas pelanggan.

5. Menginput Data

Setiap kegiatan transaksi harus bisa dimasukkan ke dalam sistem yang nantinya akan menjadi suatu data yang penting dan berharga untuk bisnis.

Untuk itu, kegiatan transaksi ini harus diinput dalam setiap transaksi yang terjadi di konter kasir dan ketelitian sangatlah penting agar bisa menghindari berbagai kesalahan.

6. Membuat Laporan Rutin

Tanggung jawab lainnya dari seorang kasir adalah membuat laporan penjualan secara rutin. Data tersebut sangat penting untuk pebisnis, untuk itu membuat laporan harus dilakukan secara tepat dan teliti.

Laporan tersebut nantinya harus diberikan pada atasan agar petugas kasir terhindar dari kerugian ataupun kesalahan dalam menjalankan tugasnya saat mengurus berbagai transaksi penjualan.

7. Menjaga Kebersihan Area Kerja

Walaupun hal ini mungkin tidak terlalu berhubungan, tapi tetap saja menjadi salah satu tugas yang penting, khususnya dalam melayani para konsumen.

Kondisi konter kasir yang kotor akan membuat pelanggan merasa tidak nyaman. Hal ini akan membuat mereka beranggapan bahwa Anda tidak peduli dengan para pelanggan.

Akhirnya, citra bisnis Anda nantinya akan rusak dan membuat pelanggan tidak ingin berbelanja lagi pada bisnis Anda. Untuk itu, menjaga kebersihan konter kasir adalah salah satu tugas ataupun fungsi yang penting dari seorang kasir.

Baca juga: Cara Menghitung Penjualan Bersih Secara Akurat untuk Bisnis Anda

Penutup

Demikianlah beragam fungsi kasir yang sangat penting dalam suatu bisnis. Mereka menjadi ujung tombak dalam menjaga hubungan dan loyalitas pelanggan. Untuk itu, pelayanan yang sangat cepat dan efektif akan meningkatkan nilai bisnis Anda.

Untuk bisa mendukung hal tersebut, maka diperlukan berbagai peralatan yang mampu mendukung kerja mereka dengan baik. Nah, salah satu alat yang saat ini tengah populer adalah aplikasi kasir digital yang mampu memudahkan dan meningkatkan performa kasir.

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka Anda bisa memberikan pelayanan yang lebih baik pada pelanggan agar mereka merasakan pelayanan terbaik. Tentunya hal ini akan membantu hubungan Anda dengan pelanggan dan membuat mereka lebih loyal pada bisnis Anda.

Bila Anda masih bingung untuk mencari aplikasi kasir yang terbaik saat ini, maka cobalah menggunakan aplikasi kasir dari Accurate POS.

Anda bisa mencoba dan menikmati seluruh keunggulan dari Accurate POS secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.