Penting! Ini Tugas Kasir Di Bisnis Restoran Anda

Selain koki dan pelayan, terdapat satu peran penting lainnya yang sangat penting di dalam bisnis restoran, yaitu kasir. Selama ini, sebagian besar orang menganggap bahwa tugas dari seorang kasir restoran hanya menerima pembiayaan saja, padahal tugas kasir lebih dari itu.

Menjadi petugas kasir bukanlah hal yang mudah. Mereka harus jujur, cepat, bisa berhitung, teliti, dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Lalu, apa saja tugas dan tanggung jawab dari seorang kasir restoran? Penasaran? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang tugas kasir di bawah ini hingga selesai.

7 Tugas Kasir di Bisnis Restoran

Tugas kasir di dalam bisnis restoran mencakup berbagai urusan keuangan dan pelayanan dengan para pelanggan. Jadi, seorang kasir harus bisa menguasai berbagai dasar ilmu akuntansi dan kemampuan komunikasi yang baik. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya untuk Anda.

1. Menghitung Pendapatan Harian

Seorang kasir harus bisa mempunyai kejujuran, kecepatan, dan kemampuan berhitung yang sangat baik. Kenapa? Karena salah satu tanggung jawab dari seorang kasir adalah menghitung pendapatan harian restorannya.

Seorang kasir harus mampu menghitung secara teliti tanpa ada satu hal pun yang tertinggal. Sehingga, mereka bisa mengetahui secara tepat pendapatan harian dari bisnis restoran Anda.

2. Memantau Pengeluaran Restoran

Seorang kasir tidak hanya harus menghitung pendapatan harian restoran, namun juga harus bisa memantau pengeluaran, seperti untuk belanja bahan pokok atau untuk memberikan kembalian pada pelanggan.

Tugas seorang kasir adalah menghitung dan juga memantau pengeluaran restoran secara seksama. Mereka harus bisa memerhatikan kesesuaian belanja. Bila ada transaksi yang nampaknya mencurigakan atau tidak sesuai, maka mereka bisa menyelidikinya secara cepat.

Baca juga: Split Payment: Pengertian dan Manfaatnya Untuk Bisnis

3. Melakukan Transaksi Dengan Pelanggan

Tugas kasir yang utama adalah melakukan transaksi dengan para pelanggan, terutama dalam menerima pembayaran. Selama melakukan kegiatan transaksi ini, kasir harus memiliki sikap yang ramah dan memberikan pelayanan yang baik.

Mereka harus melakukan pengecekan pada transaksi yang nantinya akan dilakukan guna menghindari adanya kesalahan. Dengan memiliki sikap yang teliti, ramah, dan memberikan pelayanan yang baik, maka pelanggan akan mendapatkan kesan yang baik.

Pelanggan yang merasa puas ini kemungkinan besar akan bersedia membawa pelanggan lain untuk kembali ke bisnis restoran Anda.

Baca juga: Cara Menghitung Modal Awal Secara Mudah Untuk Berbagai Bisnis

4. Menerima Pesanan

Selain menjalankan transaksi dengan pelanggan, tugas kasir juga menerima pesanan yang dilakukan secara online ataupun lewat telepon.

Itu artinya, mereka harus menerima pesanan dan melakukan transaksi untuk pelayan. Oleh karena itu, mereka harus teliti agar nantinya tidak ada kesalahan. Setelah pelanggan sudah menyampaikan pesanannya, maka kasir harus membaca ulang pesanan yang sudah dibuat oleh pelanggan agar bisa sesuai dengan yang diinginkan oleh pelanggan.

5. Memberi informasi mengenai produk

Seorang kasir harus mempunyai informasi terkait produk yang disajikan oleh restoran Anda. Beberapa pelanggan umumnya akan melakukan riset terlebih dulu sebelum mereka melakukan pembelian makanan di restoran Anda. Riset ini umumnya dilakukan secara langsung ataupun via telepon.

Disinilah peran penting dari seorang kasir, mereka harus bisa memberikan informasi terkait produk yang ditawarkan oleh restoran, dengan memberikan informasi secara tepat, maka pelanggan tidak akan ragu untuk membeli produk dari bisnis restoran Anda.

6. Memberikan Pelayanan yang Ramah

Pelayanan yang ramah pada pelanggan adalah salah satu kunci kesuksesan bisnis. Kasir menjadi salah satu orang yang pasti dijumpai oleh pelanggan ketika baru memasuki restoran.

Seorang kasir juga harus bisa memberikan sapaan yang ramah untuk pelanggannya. Selama melayani pelanggan, jangan lupa juga untuk memberikan senyuman agar bisa menunjukkan bahwa Anda senang dengan kehadiran dari pelanggan.

Baca juga: 3 Jenis Transaksi yang Harus Anda Ketahui dalam Berbisnis

7. Memastikan Mesin Kasir Berfungsi Dengan Baik

Untuk membantu pekerjaannya, seorang kasir umumnya akan dibekali dengan perangkat kasir. Untuk itu, sebelum mereka melakukan pekerjaan, mereka harus memastikan peralatan kasir dan berbagai alat-alatnya bisa berfungsi dengan baik.

Tidak boleh ada satu ayatpun yang error, karena hal tersebut akan memengaruhi proses pembayaran dan juga penyimpanan di ruang kasir.

Tapi kabar baiknya, saat ini sudah sistem pos dari iSeller. iSeller bukanlah aplikasi kasir biasa. Karena selain mampu membantu kasir dalam melakukan kegiatan transaksi yang cepat dan menerima beragam jenis metode pembayaran, iSeller juga akan membantu Anda dalam mengelola bisnis secara lebih efisien.

Selain itu, karena sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online, Anda bisa lebih mudah dalam melakukan penjualan dan menerima pembayaran serta melayani setiap pelanggan di berbagai channel. Anda juga akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan pada setiap kegiatan transaksi secara otomatis, cepat dan akurat.

Penasaran? Klik banner di bawah ini untuk mendapatkan informasi lengkap tentang sistem integrasi dari Accurate Online dan iSeller.

Accuratexiseller

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.