Jenis Bisnis yang Mudah Berkembang Dengan Aplikasi Kasir

Dewasa ini, aplikasi online sudah banyak digunakan oleh para pebisnis untuk lebih menyederhanakan proses bisnis sekaligus untuk mengembangkan usahanya.

Penggunaan aplikasi POS juga sangat membantu ditengah pandemi Covid-19, yang mana sejumlah bisnis dipaksa untuk meminimalisir biaya dan juga mengimbangi kurangnya pendapatan mereka.

Namun, terdapat beberapa jenis bisnis yang bisa dengan mudah berkembang dengan menggunakan aplikasi kasir. Apa saja bisnis tersebut? Berikut ini adalah jawabannya.

Baca juga: Cara Ampuh Menambah Kas Bisnis di Tengah Krisis Ekonomi

1. Minimarket atau Warung Kelontong

Dari sekian banyaknya bisnis barang dan jasa, minimarket dan juga warung kelontong bisa dibilang tidak terlalu terkena dampak pandemi bila kita bandingkan dengan lini bisnis lainnya.

Di satu sisi, setiap pelanggan memang harus mengurangi aktivitasnya di luar rumah, termasuk ke minimarket atau watung sekitarnya. Tapi di sisi lain, mereka juga memerlukan keberadaan minimarket dan warung kelontong agar bisa memenuhi kebutuhan hariannya.

Nah, dengan menggunakan aplikasi POS, maka akan sangat memungkinkan pebisnis untuk membudayakan pola cashless society dengan adanya fitur pengaturan keuangan yang bisa dijadikan nilai tambah untuk bisnis dan menarik minat para pelanggan tanpa adanya rasa khawatir karena penyebaran pandemi lewat kontak fisik ketikan membayar.

2. Usaha Salon

Berbanding terbalik dengan minimarkat, setiap pebisnis salon mungkin terkena dampak yang signifikan karena kehadiran pandemi ini. Tapi, dengan menggunakan aplikasi kasir, maka pebisnis salon bisa membuat suatu program keanggotaan agar bisa mengumpulkan data pelanggan dan juga mempermudah komunikasi antar setiap pelanggan setia.

Pebisnis salon pun nantinya bisa lebih mudah dalam mengatur reservasi pelanggan, sehingga arus perputaran pelanggan di dalam salon bisa tetap terjaga dan sesuai dengan protokol kesehatan.

Selain itu, program keanggotaan ini juga akan membuat layanan atau jasa salon terasa lebih ekslusif untuk pelanggan.

Baca juga: Ingin jadi Pebisnis UMKM yang Sukses? Ini 4 Keterampilan yang Harus Anda Kuasai

3. Usaha Online Dengan E-Marketplace

Pandemi ini memang memukul mundur setiap lini bisnis, namun solusinya barang dan jasa yang ditawarkan bisa dilakukan secara online. Hal ini akan bisa meningkatkan transaksi karena pelanggan bisa berbelanja tanpa harus pergi ke luar rumahnya.

Kabar baiknya, saat ini sudah ada beberapa aplikasi yang menyediakan layanan mengelola bisnis dengan marketplace yang besar. Dengan kemudahan dalam menelola bisnis, maka para pelaku bisnis pun nantinya mempunyai lebih banyak waktu dan juga sumber daya dalam mengatur strategi pemasaran yang lebih menarik.

Hal ini akan sulit dilakukan saat pebisnis tersebut mengelola lapaknya secara langsung di pasar.

4. Usaha Kuliner

Dari sekian banyaknya lini bisnis, kuliner adalah salah satu bisnis yang diminati para pebisnis di tengah kondisi pandemi. Selain tidak memerlukan modal yang banyak, bisnis ini juga bisa dilakukan dengan sistem PO. Bisnis kuliner pun bisa dilakukan secara online, jadi pasar yang dituju bisa lebih luas.

Dalam menjalankan jenis bisnis ini, aplikasi kasir bisa digunakan untuk berbagai kepentingan, mulai dari mengelola bisnis secara menyeluruh dari satu tempat saja, sampai dengan memastikan persediaan agar bisa selalu tersedia dan terjaga dengan baik.

Baca juga: 4 Tips Ampuh dalam Mengelola Minimarket selama New Normal

5. Usaha Waralaba Barang dan Jasa

Pebisnis waralaba barang dan juga jasa dengan banyak cabang mungkin akan semakin kesulitan untuk mengelola cabang bisnis yang dimilikinya karena pandemi. Tapi, dengan menggunakan aplikasi POS, Anda bisa mengatur operasional cabang dari satu tempat saja tanpa harus mendatangi berbagai cabang tersebut, sehingga bisa meminimalisir risiko penularan.

Nah, untuk Anda yang baru mulai mengembangkan usaha, aplikasi kasir atau POS mempunyai banyak sekali fitur yang mampu mempermudah Anda. Contohnya adalah Accurate POS Beta yang sudah dilengkapai dengan fitur integrasi dengan Acccurate Online. Sehingga, Anda bisa mengelola banyak aspek bisnis, mulai dari persediaan, karyawan, sampai laporan keuangan bisnis.

Jadi, bagaimana pengelaman Anda selama menggunakan Accurate POS Beta? Ayo ceritakan pengalaman Anda dengan membalas email yang sebelumnya sudah kami kirim. Kritik dan saran yang Anda berikan sangat berarti untuk kami agar bisa menyediakan aplikasi kasir yang sesuai dengan kebutuhan Anda.