Mega Influencer: Pengertian, Kelebihan, dan Tips Memilihnya

Pada dasarnya, mega influencer adalah seorang superstar di dalam dunia influencer. Mereka yang mengisi deretan mega influencer berlomba untuk menjalin kerjasama bisnis dengan berbagai brand besar.

Lantas, apa itu mega influencer? Apa saja kelebihan mereka? Temukan jawabannya dengan membaca artikel di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Mega Influencer 

Mega influencer adalah seorang pemberi pengaruh yang memiliki total jumlah followers di atas satu juta. Dengan banyaknya jumlah followers tersebut, setiap postingan yang mereka unggah mampu menjangkau hingga jutaan orang dalam satu waktu saja. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa setiap dari mereka juga banyak diincar oleh brand ternama.

Selain itu, biasanya mereka juga adalah seorang sosialita, content creator, atau selebriti keren dengan penggemar yang sangat loyal. Sehingga, brand yang menjalin kerjasama dengan jenis influencer ini juga turut berharap bisa diasosiasikan dengan mega influencer itu sendiri.

Baca juga: Apa Itu Social Media Influencer? Berikut Pengertian, Jenis dan Tips Memilihnya

Kelebihan dan Kekurangan Mega Influencer

1. Reach dan Harga yang Sangat Tinggi

Dengan jumlah followers yang mencapai jutaan, reach dari seorang mega influencer sangat tinggi. Konten promosi yang akan Anda lakukan pun bisa dilihat oleh banyak orang. Sehingga, kemungkinan terjadinya penjualan pun akan semakin tinggi. Tentunya, reach yang besar ini pun memerlukan biaya yang juga tinggi.

Umumnya, mereka juga akan menetapkan harga mulai dari puluhan juta sampai ratusan juta rupiah untuk satu konten di media sosialnya. Jadi, siapkanlah anggaran tertentu bila Anda serius ingin bekerja sama dengan mereka.

2. Engagement Tinggi dan Tetap Ada Kemungkinan Haters

Sebagai seorang yang sangat berpengaruh, mereka tentunya mempunyai banyak fans setia yang ingin selalu menjalin interaksi dengan konten yang diunggahnya. Hal inilah yang membuat engagement dari mereka sangat baik.

Tapi, selain penggemar setia, pasti akan ada haters yang ikut memberikan komentar negatif pada konten yang mereka unggah.

3. Followers Banyak tapi Kurang Spesifik

Hal ini tentunya berbeda dengan jenis influencer lainnya, followers dari jenis influencer ini sangatlah beragam. Tidak semua followers yang mengikuti mereka mempunyai ketertarikan yang sama.

Banyak diantara mereka yang mengikuti karena popularitasnya atau karena ingin melihat kehidupan pribadi dari seorang selebriti. Jadi, masih ada kemungkinan pengikutnya tidak sesuai dengan target pasar Anda.

Baca juga: Pengertian Influencer dan Hubungannya Terhadap Pengembangan Bisnis

Apakah Jasa Mega Influencer Cocok untuk Bisnis Anda?

Setiap dari mereka juga mempunyai kebijakannya masing-masing dalam menerima perusahaan yang ingin mengajak kerjasama. Terdapat influencer yang tidak menerima beberapa brand tertentu, namun ada juga yang tidak terlalu selektif.

Untuk itu, dalam menentukan kesesuaian jasa mereka, cobalah untuk menggunakan kriteria di bawah ini:

  1. Apakah modal Anda sudah cukup?
  2. Apakah tujuan kampanye iklan Anda untuk meningkatkan awareness sebanyak mungkin?
  3. Apakah produk Anda memang bersifat umum?
  4. Apakah brand Anda sudah sesuai dengan personanya di ranah media sosial?

Bila bisnis Anda sudah mampu memenuhi berbagai kriteria di atas, maka bisnis Anda bisa dikatakan sesuai dalam menggunakan jasa dari mereka. Namun bila anggaran Anda tidak terlalu besar dan target pasar Anda cukup niche, maka micro influencer, mid-tier influencer, atau macro influencer sudah cukup untuk bisnis Anda.

Baca juga: Micro Influencer Adalah : Pengertian dan Perbedaanya dengan Macro dan Nano Influencer

Tips Memilih Mega Influencer

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua mega influencer sesuai untuk bisnis Anda. Jadi, cobalah untuk memerhatikan tips di bawah ini agar Anda bisa memilih seorang mega influencer yang tepat.

1. Pilihlah Mega Influencer yang Profesional dan Kooperatif

Banyak dari mereka yang mempunyai star syndrome karena popularitas yang dimilikinya, sehingga akan sulit untuk mengajak mereka untuk menjalin kerjasama. Untuk itu, ada baiknya untuk memilih mega influencer yang kooperatif dan profesional agar proses brainstorming bisa berjalan lebih produktif dan bisa mencapai kesepakatan yang baik.

2. Pilihlah yang Cocok Dengan Value Brand Anda

Tidak semua dari mereka mempunyai value yang sama dengan Anda. Hal tersebut akan memberikan dampak pada performa konten yang dihasilkan. Nah, Agar performa konten bisa berjalan secara maksimal, pilihlah mega influencer yang sesuai dengan target market Anda dan lakukanlah riset terlebih dahulu.

3. Pilihlah Mega Influencer dengan Engagement Rate yang Baik dan Sentimen Positif

Jumlah followers yang banyak bisa memberikan dampak pada engagement rate. Banyak juga macro influencer yang mempunyai tingkat engagement rate yang berada di bawah ekspektasi.

Selain terlalu banyaknya jumlah followers yang mereka miliki, bisa jadi juga karena kontennya sendiri yang kurang menarik. Untuk itu, ada baiknya untuk memilih influencer dengan tingkat engagement rate yang baik.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Strategi Influencer Marketing yang Efektif?

Penutup

Demikianlah ulasan dari kami tentang mega influencer yang harus Anda pahami dengan baik. Menjalin kerjasama dengan influencer juga menjadi salah satu strategi marketing yang baik dan efektif di era digital seperti saat ini. Untuk itu, siapkanlah strategi influencer marketing dari awal, lengkap dengan anggarannya.

Untuk lebih memaksimalkan penjualan Anda setelah mendapatkan dorongan promosi dari mega influencer yang sudah Anda pilih, Anda pasti akan memerlukan sistem POS atau aplikasi kasir digital yang dilengkapi dengan berbagai fitur seperti Accurate POS.

Accurate POS sudah dilengkapi dengan fitur yang lengkap, seperti fitur pengelolaan persediaan yang bisa memudahkan Anda dalam mencatat persediaan barang, laporan penjualan yang lengkap dan selalu terupdate, hingga memberikan hak akses untuk karyawan tertentu.

Seluruh laporan yang ada di dalamnya juga bisa Anda akses di mana saja dan kapan saja Anda perlukan.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo coba dan gunakan Accurate POS sekarang juga selama 30 hari gratis dengan klik banner di bawah ini.