Ingin Membangun Website untuk Bisnis? Ini Tipsnya!

Di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini, membangun website adalah suatu hal yang penting bila bisnis Anda ingin terus eksis dan berkembang. Terlebih lagi, bila produk yang Anda tawarkan mempunyai pangsa pasar yang lebih luas atau ingin membuat market baru untuk produk Anda.

Tapi, tidak semua orang memiliki waktu atau keahlian dalam membuat website powerfull yang mampu mendatangkan banyak konversi penjualan.

Disisi lain, Anda juga harus mempelajari cara dalam membangun website yang menarik dan sesuai dengan pelanggan Anda. Hal ini sangat penting sekali untuk diperhatikan, karena website yang bagus akan bisa meningkatkan kegiatan branding Anda, bahkan nantinya bisa mendongkrak penjualan dari promosi pemesanan via website.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tips dalam membangun website yang menarik dan powerfull agar bisa meningkatkan konversi penjualan bisnis Anda.

5 Tips Membangun Website yang Powerfull untuk Bisnis

1. Perhatikan Domain Website Kamu

Bila diibaratkan, domain ini sama seperti alamat toko online Anda. Tentunya pelanggan Anda tidak akan ingat ataupun menemukan toko online Anda bila domain Anda terlalu panjang maupun rumit.

Oleh karena itu, usahakanlah untuk memilih nama domain yang singkat ataupuns esuai dengan brand Anda. Disarankan juga untuk membeli domain .com yang sudah banyak digunakan oleh website serta toko online lainnya.

Bila bisnis Anda menjual biji kopi pilihan, Anda bisa menggunakan nama brand Anda, seperti ruangkopi.com ataupun kopitumbas.com. Tapi bila Anda ingin lebih spesifik dan memperoleh lebih banyak pelanggan melalui search engine, Anda bisa menggunakan domain yang didalamnya berisi keywords, seperti rumahkopi.com atupun jualkopi.com agar website Anda bisa tampil di halaman pertama mesin pencarian dengan menggunakan keywords tersebut.

Baca juga: Apa itu Brand Platform? Apa Saja Manfaatnya?

2. Buat Website Kamu Simple

Beberapa dari Anda pasti pernah menemukan suatu website dengan keywords barang yang sesuai dengan keinginan Anda. Namun, website tersebut telah dipenuhi dengan video, gambar, iklan, bahkan dipenuhi dengan kata yang kurang terlalu penting.

Hal ini akan memberatkan loading dari website Anda, sehingga kemungkinan besar calon pelanggan Anda akan enggan untuk berbelanja di website Anda.

Nah, Anda bisa lebih menyederhanakan website Anda agar calon pembeli tidak kabur karena website Anda yang lambat. Usahakanlah untuk membuat website sederhana yang terdiri dari dua kolom saja.

Pada kolom pertama, Anda bisa mengisinya dengan tombol navigasi, seperti Home, Penawaran Khusus, Diskon Spesial, dan lain sebagainya.

Lalu, pada kolom kedua Anda bisa mengisinya dengan katalog produk dan tombol pemesanan, sehingga website yang Anda buat nanti akan terkesan lebih sederhana, ringan dan bisa langsung pada tujuan utamanya.

3. Bangun Database Pelanggan dengan Penawaran Spesial

Beberapa orang terkadang mampir di website Anda untuk sekedar melihat-lihat atau iseng saja. Namun, Anda tidak boleh menyia-nyiakan mereka yang sudah mampir ke website Anda. Nah, Anda bisa memberikan penawaran spesial seperti gratis ongkir atau diskon setiap pembelian dengan jumlah tertentu melalui email mereka.

Anda bisa membuat suatu pesan dalam bentuk pop up yang di dalamnya berisi penawaran spesial dengan syarat pengunjung website Anda bisa memberikan emailnya.

Bila anda telah memiliki leads dan database dalam bentuk email, maka nantinya Anda bisa memberikan penawaran spesial melalui email agar bisa terjadi banyak interaksi dengan toko Anda dan pelanggan. Sehingga, Anda bisa memiliki kesempatan yang besar untuk mendapatkan konversi penjualan dari mereka.

Baca juga: Mega Influencer: Pengertian, Kelebihan, dan Tips Memilihnya

4. Buat Konten

Salah satu hal yang menarik bila Anda membangun website adalah Anda jadi bisa membuat konten yang sesuai dengan apa yang calon pelanggan Anda sukai. Walaupun cara seperti ini terkadang tidak bisa membuat penonton atau pembaca langsung membeli produk Anda, namun semakin banyak konten yang Anda buat, maka akan semakin besar juga kemungkinan orang lain untuk mampir pasca mencari konten Anda.

Anda pun tentunya bisa menyelipkan promosi produk Anda dari konten yang sudah Anda buat, sehingga pengunjung pun bisa mendapatkan solusi atau gambaran terkait produk Anda.

5. Manfaatkan Omnichannel

Selain membuat konten produk dan penjualan melalui website, Anda juga bisa menyelipkan banyak kanal agar orang lain bisa lebih banyak melakukan interaksi dengan brand Anda. Contohnya seperti menyertakan promo melalui kegiatan penjualan dari media sosial ataupun marketplace demi bisa memperoleh potongan harga, hingga menyertakan kontak nomor whatsapp sebagai sarana customer service.

Demi bisa memanfaatkan lebih banyak channel penjualan, Anda juga bisa membuat promo tertentu untuk pembeli yang telah mengakses website Anda dari media sosial email, pesan whatsapp, maupun promo lainnya.

Melalui pemesanan satu lokasi seperti dari website, Anda juga bisa memperoleh keuntungan, yakni memperoleh secara langsung database pelanggan.

Baca juga: Apa itu Social Media Handle? Bagaimana Cara Membuatnya?

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang tips membangun website yang powerfull untuk bisnis Anda. Jangan lupa juga bahwa setiap pembelian yang terjadi via website Anda harus tetap dicatat di dalam laporan. Namun, mencatatnya secara manual tentu akan menghabiskan banyak waktu dan juga sangat rentan terjadi kesalahan input.

Nah untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan sistem POS atau aplikasi kasir digital dari Accurate POS. Aplikasi ini akan mencatat berbagai penjualan yang terjadi secara otomatis dan Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara instan.

Lebih dari itu, aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan fitur lainnya yang mampu membantu Anda dalam melakukan kegiatan penjualan dan pembelian, menyelesaikan administrasi perpajakan, mengelola persediaan barang di gudang, dan masih banyak lagi. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis melalui berbagai strategi yang tepat.

Aplikasi ini pun bisa Anda coba terlebih dahulu selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.