Apa itu Brand Platform? Apa Saja Manfaatnya?

Sebelum melakukan kegiatan branding, terdapat dokumen yang harus terlebih dulu Anda buat agar kegiatannya bisa berjalan dengan lancar. Nah, dokumen tersebut adalah brand platform.

Mengembangkan suatu brand memerlukan proses yang panjang, salah satu kegiatan penting di dalam proses tersebut adalah menilai kondisi pasar dan juga kompetitor.

Selain itu, Anda pun harus mengetahui posisi brand Anda di pasar. Sehingga, Anda harus membuat personifikasi brand yang menarik di mata audiens.

Karena, berdasarkan laman Smallbiggenius, audiens akan selalu ingat pada suatu brand bila audiens sudah melihat brand tersebut sebanyak 5 hingga 7 kali. Bila brand Anda sulit untuk diingat, maka brand Anda bisa dipastikan sulit untuk melakukan penjualan.

Ingin mengetahui lebih lanjut tentang brand platform? Ayo baca artikel tentang brand platform di bawah ini hingga selesai.

Tutorial Video

Ingin mencari tahu lebih lanjut dengan cara yang lebih mudah? silahkan tonton video kami di bawah ini melalui audiovisual yang menarik:

Apa Itu Brand Platform?

Berdasarkan laman MarketPoint, brand platform adalah dokumen yang disusun untuk menjelaskan berbagai fitur khas pada suatu brand, baik itu dalam bentuk visual ataupun ideologis. Dokumen ini memiliki peran yang penting untuk membentuk citra bisnis secara menyeluruh dan memberikan penawaran yang unik serta menarik untuk target audiens.

Selain itu, dokumen ini pun menjadi suatu kerangka komunikasi pada suatu brand secara eksternal ataupun internal. Dokumen ini juga bisa menjadi dasar bagi setiap pegawai dalam melakukan kegiatan operasionalnya setiap hari.

Untuk itu, dilansir dari laman Appvizer, dokumen ini memiliki peran penting dalam menjadi titik referensi untuk para stakeholder eksternal ataupun internal.

Selain itu, dokumen ini juga akan mensentralisasikan elemen branding. Sehingga, hal tersebut akan membentuk brand value perusahaan.

Baca juga: Brand Essence, Strategi Ampuh Untuk Meningkatkan Awereness Pelanggan

Manfaat Brand Platform

Tujuan utama dari dibuatnya dokumen ini adalah agar bisa memastikan manajemen bisnis pada suatu brand bisa berjalan dengan efektif. Selain itu, dokumen ini pun sangat membantu Anda dalam meraih niche market dan meningkatkan pendapatan dengan cara menarik perhatian konsumen.

Lebih dari itu, dokumen brand platform pun memiliki banyak manfaat lainnya, yaitu:

1. Membantu Brand Membuat Pesan yang Jelas

Dikutip dari laman SendPulse, dokumen ini akan memastikan pada semua komponen identitas brand dan kegiatan marketing bisa selaras. Sehingga, nantinya akan tercipta suatu asosiasi yang kuat di antara keduanya.

Sehingga, brand akan bisa mengirimkan pesan yang jelas pada target audiens. Hal ini tentunya membuat brand mempunyai posisi yang lebih kuat di pasar.

2. Membantu Brand Menjadi Lebih Menonjol Dari Kompetitor

Suatu brand yang mempunyai brand platform efektif bisa menarik konsumen secara lebih banyak. Hal tersebut dikarenakan brand akan mempunyai sesuatu yang lebih unik di mata audiens.

Selain itu, brand juga nantinya bisa memberikan pengalaman yang baik pada konsumen dan hal tersebut akan membuat mereka lebih loyal pada brand Anda.

Lebih dari itu, Anda juga bisa menyampaikan pesan yang sesuai untuk audiens via dokumen ini. Sehingga, brand Anda nantinya akan terlihat lebih menonjol daripada kompetitor lain.

3. Membantu Brand Mencari Cara Baru Untuk Berkembang

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, dokumen ini mampu membantu suatu brand untuk lebih memperjelas dan juga memahami brand value yang dimilikinya secara lebih baik lagi. Sehingga, Anda bisa memanfaatkan brand value tersebut untuk membuat rencana pemasaran yang baik dan tidak bisa mudah diubah-ubah.

Suatu brand platform yang baik pun akan memberi cara untuk mengembangkan lini produk.

Selain itu, dokumen ini pun akan membantu Anda dalam mencari arah pengembangan pasar yang pas dengan brand Anda.

4. Memungkinkan Komunikasi yang Efektif Antar Staf

Suatu brand platform yang baik akan bisa membantu perusahaan dalam membuat petunjuk untuk para karyawannya. Dokumen ini nantinya akan bisa memberikan informasi terkait visi perusahaan secara jelas dan menjelaskan tujuan kerja pada suatu brand.

Sehingga, setiap karyawan yang terlibat di dalamnya akan lebih terdorong dan memiliki tujuan yang sama. Hal ini pun nantinya akan menciptakan rasa kesatuan diantara para karyawan dengan berdasarkan kesamaan nilai tersebut.

Selain antar karyawan internal, dokumen ini juga akan memungkinkan terjadinya kolaborasi antar brand dengan pihak eksternal yang mempunyai nilai yang sama.

Baca juga: Bingung Mencari Ide Nama Brand? Coba Ikuti 7 Tips Ini!

Komponen Brand Platform

Membuat suatu brand platform bisa menjadi awal langkah yang baik dalam menciptakan brand yang sukses dan menarik di mata calon pelanggan. Dokumen ini tentunya memiliki beberapa komponen penting yang tidak boleh untuk Anda lewatkan.

Masih berdasarkan laman SendPulse, beberapa komponen utama dari brand platform adalah sebagai berikut:

  • Tujuan: Tentukanlah alasan utama dibuatnya suatu brand, jelaskan juga dampak yang ingin dibuat oleh brand untuk dunia atau minimal lingkungan sekitar. Pastikanlah untuk meng-highlight tujuan brand serta tujuan kecilnya.
  • Target audiens: Tentukanlah audiens yang nantinya akan menjadi fokus utama dari kegiatan branding Anda. cobalah untuk mencari tahu masalah, kebutuhan, ketertarikan, serta nilai yang audiens miliki.
  • Brand value: Pastikan juga brand value perusahaan sudah selaras dengan nilai yang dipegang oleh target audiens. Jelaskanlah hal apa saja yang penting untuk brand
  • Personality: Tentukanlah kepribadian brand dan pikirkanlah karakteristik kemanusiaan yang akan dihargai oleh target audiens Anda.
  • Tone of voice: Tentukan pula karakteristik yang membentuk pesan dari brand Pikirkanlah berbagai kata yang akan Anda gunakan dan cara menyampaikan informasi brand Anda ke audiens.
  • Unique proposition: cobalah untuk menyoroti keuntungan brand dengan berdasarkan karakteristik fungsional produk. Pastikan juga brand Anda mampu memberikan pengalaman yang baik, sehingga akan membuat brand Anda berbeda dari kompetitor.

Selain beberapa komponen di atas, pastikan juga dokumen brand platform Anda sudah dilengkapi beberapa hal lain, seperti logo brand, nama brand, packaging, slogan, dan hal lainnya yang dikembangkan dengan berdasarkan brand positioning Anda.

Baca juga: Pengertian Brand Guidelines, Tips Membuatnya, dan Contohnya

Penutup

Demikianlah penjelasan yang harus Anda ketahui tentang brand platform. Dokumen ini tentunya hanya satu dari sekian unsur yang harus Anda perhatikan agar kegiatan branding Anda bisa berjalan dengan baik.

Bila kegiatan branding Anda bisa berjalan dengan baik, tentu Anda bisa mendapatkan banyak penjualan yang bisa meningkatkan penjualan produk.

Namun, kesuksesan tersebut akan sulit Anda raih bila Anda masih menerapkan cara yang manual dalam mengelola bisnis. Untuk itu, Anda bisa menggunakan sistem POS atau aplikasi kasir digital dari Accurate POS sebagai solusinya.

Aplikasi ini akan membantu Anda dalam mengelola karyawan dan pelanggan, melakukan kegiatan penjualan dan pembelian, serta menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan.

Selain itu, Accurate POS pun akan mempercepat proses transaksi di konter kasir melalui berbagai macam jenis metode pembayaran, baik itu online ataupun offline.

Tertarik untuk menggunakan Accurate POS? Anda bisa mencobanya terlebih dulu selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.