Ingin Membuka Pop-Up Shop? Baca Dulu Tips Ini!

Sebenarnya, konsep pop-up shop ini sudah digunakan oleh berbagai bisnis ritel di semua negara selama bertahun-tahun lamanya. Namun, strategi pemasaran yang saat ini mereka gunakan menjadi semakin kreatif seiring dengan berkembangnya teknologi digital. Hal ini berbeda dengan toko permanen yang mana fokusnya hanya penjualan saja, tujuan utama dari dibukanya pop-up shop adalah agar bisa meningkatkan brand awareness perusahaan.

Walaupun strategi pemasaran untuk bisnis pop-up shop ini terkadang mirip dengan strategi pemasaran untuk event, tapi terdapat beberapa cara khusus yang bisa Anda aplikasikan agar bisa meraih hasil yang maksimal.

Apa saja? baca terus tips dalam membuka pop-up shop di bawah ini hingga selesai.

7 Tips Membangun Pop-Up Shop

1. Pilihlah Tema yang Relevan

Sebelum mencari lokasi yang tepat, Anda harus memikirkan tema pop-up shop Anda terlebih dahulu. Pikirkanlah berbagai hal yang bisa menarik perhatian pengunjung, menarik minat mereka untuk membeli, dan membuat mereka senang untuk menghabiskan waktunya di toko Anda.

Menemukan tema yang unik dan kreatif akan membantu Anda dalam mendatangkan lebih banyak pengunjung. Namun, Anda harus berhati-hati dalam memilih tema. Jangan asal dalam memilih tema tanpa menyesuaikannya dengan brand Anda. Tema yang Anda gunakan justru harus bisa merefleksikan brand Anda, sehingga pengunjung Anda bisa dengan mudah mengingatnya.

Baca juga: Mengenal Peternakan Ayam dan Cara Mengelola Bisnisnya!

2. Pilihlah Lokasi yang Tepat

Jika Anda sudah menemukan tema yang sesuai, langkah selanjutnya adalah memilih lokasi yang tepat. Pastikanlah lokasi yang Anda pilih cukup strategis dan mudah untuk diakses. Pastikan juga mereka yang mengunjungi bisnis Anda sesuai dengan target market yang sudah Anda tentukan.

Bukanlah suatu masalah bila Anda memilih lokasi yang sering Anda pilih oleh kompetitor untuk membuka toko mereka. Tapi jika Anda ingin mengurangi persaingan dan membuat gerai sementara Anda menjadi yang terbaik, maka pilihlah lokasi lain yang banyak menarik perhatian orang.

3. Kerja Sama dengan Pihak Lain

Melakukan kerja sama dengan pihak lain, seperti penyelenggara konser, festival ataupun retailer lain yang relevan dengan brand Anda akan bisa membantu Anda untuk bisa menarik lebih banyak pengunjung dan memperoleh lebih banyak publisitas.

Bazar atau festival musik biasanya akan mampu mengundang lebih banyak media, sehingga Anda bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memperkenalkan brand Anda ke publik.

4. Gencarkan Promosi Online

Meskipun pop-up shop itu bersifat sementara, tapi Anda harus bisa memanfaatkan momen tersebut untuk meningkatkan brand awareness. Untuk itu, sebaiknya promosi online bisa dilakukan selama berbulan-bulan sebelum hari pembukaan pop-up shop.

Cobalah untuk menggunakan strategi FOMO atau fear of Missing Out dalam membuat campaign yang lebih efektif. Buatlah audiens Anda penasaran dengan cara memposting foto ataupun video teaser atau video countdown. Kirimkan mereka email yang berisi penawaran spesial untuk mereka yang datang.

Bila Anda mempunyai lebih banyak anggaran, pertimbangkanlah untuk melakukan kolaborasi dengan influencer. Dengan ribuan followers yang mereka miliki di Instagram ataupun YouTube, mereka tidak hanya akan bisa membantu Anda dalam mendatangkan banyak pengunjung, tapi juga meningkatkan perhatian publik pada brand Anda.

Baca juga: Tips Memperbaiki Manajemen Helpdesk Online Secara Mudah

5. Gunakan Solusi Otomatis

Umumnya, mereka yang datang ke pop-up shop memiliki alasan agar bisa melakukan transaksi secara lebih cepat daripada di mall. Itu artinya, Anda harus bisa menyediakan aplikasi kasir digital yang bisa mempercepat dan mempermudah transaksi pelanggan.

Nah, aplikasi kasir digital tersebut adalah Accurate POS. sistem ini akan membantu staf Anda untuk lebih cepat menemukan produk, mengetahui ketersediaan persediaan, serta mencatat data penting pelanggan.

Dengan menggunakan Accurate POS, staf Anda juga bisa mengelola pembayaran pelanggan melalui iPad atau smartphone. Jika mereka kehilangan koneksi internet pun transaksi bisa tetap dilakukan, semua data akan terproses ke sistem saat terhubung kembali dengan internet.

6. Manfaatkan Live Streaming

Sebagian dari Anda mungkin sudah melakukan promosi besar-besaran sebelum membuka pop-up shop. Namun, Anda juga harus bisa terus memertahankan antusiasme audiens Anda.

Nah, salah satu cara yang efektif untuk bisa membangkitkan keseruan pelanggan adalah dengan memanfaatkan live streaming di media sosial, seperti Instagram, TikTok, atau Youtube.

Anda bisa melakukan wawancara pada pengunjung atau meminta pelanggan Anda untuk memberikan review terkait produk Anda. Berikanlah audiens Anda tentang update keseruan yang akan terjadi di pop-up shop Anda.

7. Tetap Promosi Setelah Pop Up Shop Berakhir

Walaupun gerai sementara Anda sudah harus tutup, Anda harus tetap bisa mengatasinya secara baik agar bisa lebih terkesan untuk pelanggan dan pengunjung. Anda bisa memposting berbagi momen seru di media sosial Anda agar bisa mengingatkan keseruan yang terjadi di pop-up shop Anda.

Kirimkan juga ucapan terimakasih pada pelanggan yang telah mengunjungi pop-up shop Anda melalui email atau SMS. Hal tersebut akan membuat mereka lebih merasa spesial dan secara tidak langsung juga akan memotivasi mereka untuk mengunjungi pop-up shop Anda selanjutnya.

Manfaatkan semua data pengunjung yang sudah Anda peroleh untuk kebutuhan campaign, newsletter, dan promosi acara mendatang.

Baca juga: Tips Menghitung Purchase Price Variance (PPV) dalam Sistem Manufaktur

Kesimpulan

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika ingin membuka pop-up shop. Jadi, pop-up shop adalah toko offline yang lebih murah dan mampu menarik perhatian banyak pelanggan karena konsepnya yang unik. Pop-up shop lebih berfokus pada penjualan dan memiliki tujuan utama untuk meningkatkan brand awareness.

Seperti yang telah dijelaskan pada tips membuka pop-up shop di atas, bahwa salah satu tipsnya adalah dengan menggunakan Accurate POS yang sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online.

Nah, Anda bisa lebih dulu mencoba seluruh kelebihan dan fitur menarik dari Accurate POS dengan klik tautan gambar di bawah ini.

footer image blog Accurate POS

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.