10 Tips Terbaik untuk Membangun Bisnis Apotek yang Menguntungkan

Ada banyak jenis bisnis yang bisa dilakukan saat ini, salah satunya yang jarang dilirik adalah bisnis apotek. Meskipun tidak banyak peminatnya, namun bukan berarti bisnis yang satu ini tidak memiliki prospek yang tinggi. Walaupun ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan penjualan tapi, tenang saja itu bukan hal yang sulit.

Prospek Bisnis Apotek

Dalam pembahasan terkait dengan prospek dari bisnis ini sendiri. Bila melihat trendnya maka semua tentu sepakat bahwa trend bisnis ini selalu positif setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan setiap masyarakat pasti membutuhkan obat, hal itu selalu terjadi setiap harinya. Selama masih ada masyarakat, maka pasti alat kesehatan akan selalu dibutuhkan. Disitulah fungsi apotek.

Apotek juga menjadi tempat yang tidak hanya menyediakan obat, tapi juga peralatan kesehatan lain seperti vitamin, masker, ataupun sekedar krim untuk berbagai masalah kulit. Karenanya apotek selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Belum lagi jika apotek tersebut juga menyediakan jasa penyewaan seperti penyewaan kursi roda, ataupun tes kesehatan. Pasti trendnya akan selalu positif.

Baca juga : 10 Tips Membangun Usaha Konveksi yang Menguntungkan

10 Tips Membangun Bisnis Apotek

Apabila melihat pembahasan sebelumnya, maka sudah bisa dipastikan jika bisnis apotek ini selalu memiliki trend yang positif. Tapi tentunya hal tersebut tidak akan mudah dicapai, ada beberapa hal yang perlu untuk dilakukan seperti beberapa tips yang ada di bawah ini. Dengan menerapkan semua tips di bawah, maka perlahan usaha apotek yang dirintis akan mendulang sukses.

1. Memastikan Lokasi

Tips yang pertama adalah dengan menentukan lokasi dimana bisnis ini akan dibangun. Karena apabila tempatnya mumpuni, maka bisnis pun akan semakin mudah untuk dijalankan. Penting untuk melihat apakah lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis dan cocok untuk menjalankan bisnis ini. Ada baiknya untuk membuat bisnis ini di lokasi yang berada dekat dengan pemukiman agar ramai dengan penduduk.

2. Melihat Kompetisi Di Sekitar Lingkungan Usaha

Selain strategis, pastikan juga tempat yang dipilih memang membutuhkan keberadaan apotek. Tidak hanya itu saja, perhatikan juga apakah kondisi di lingkungan tersebut tidak memiliki waralaba dari apotek besar. Karena jika seperti itu, lebih baik dihindari. Kalaupun ingin memaksa untuk tetap disitu maka pastikan harga jual lebih murah.

Baca juga : Ingin Membuka Bisnis Grosir di Makassar? Baca dulu 9 Tips ini

3. Segera Memproses Perihal Perizinan

Ini yang sering dilupakan oleh seorang pebisnis yakni sebuah izin untuk membuktikan legalitas bisnisnya. Hal ini sangat penting dilakukan karena berkaitan juga dengan membangun kepercayaan konsumen. Proses perizinan juga bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Asalkan menyiapkan semua dokumennya, maka bisa dipastikan proses akan lancar. Dengan begitu pelanggan akan lebih percaya.

Lagipula untuk membangun bisnis apotek, Anda diharuskan menjadi seorang apoteker dan menempuh pendidikan untuk mendapatkan sertifikasinya. Jadi pastikan Anda tidak melewatkan untuk mendapatkan perizinan dan legalisasi apotek Anda.

Baca juga : 9 Langkah Penting dalam Perencanaan Membangun Bisnis Salon Kecantikan

4. Menyusun Strategi Bisnis

Lalu setelah masalah tempat dan juga perizinan telah selesai, maka saatnya untuk mulai menyusun strategi bisnis. Perhitungkan dan pertimbangkan matang-matang semua hal dimulai dari biaya pengeluaran sampai biaya pemasukan. Pertimbangkan juga bagaimana nantinya kegiatan promosi akan dilakukan, lalu berapa jumlah karyawan yang hendak dipakai dan juga pelayanan kepada pelanggan.

Baca juga : Mengembangkan Cara Berpikir Kreatif dalam Strategi Pemasaran

5. Memperoleh Modal

Dalam membuka apotek, sama seperti bisnis lainnya tentu membutuhkan sebuah modal. Untuk besar kecilnya modal yang ingin digunakan bisa disesuaikan dengan strategi bisnis yang hendak dijalankan. Apabila memiliki modal terbatas, maka tidak ada salahnya untuk membuat apotek berskala kecil terlebih dahulu untuk menekan biaya pengeluaran maupun operasional.

Untuk efisiensi pengeluaran dan pemasukan usaha apotek Anda, lakukanlah pembukuan yang benar dan sesuai standar yang berlaku. Jika Anda kesulitan untuk melakukan pembukuan, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur yang sesuai kebutuhan apotek Anda dan mudah digunakan sekalipun Anda tidak mengerti ilmu Akuntansi.

Anda bisa mencoba Accurate Online sebagai software akuntansi pada usaha apotek Anda. Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis termasuk bisnis apotek.

Tertarik menggunakan Accurate Online, Anda bisa mencoba menggunakannya secara gratis melalui tautan ini.

Baca juga : 30 Ide Usaha Kreatif Yang Bisa Anda Jalankan Di Tahun 2020

6. Melengkapi Sarana dan Prasarana Dengan Sebaik Mungkin

Kunci dalam sebuah usaha adalah pelayanan, maka berikanlah pelayanan yang optimal kepada setiap pelanggan yang berkunjung. Pelayanan ini juga bisa dilakukan dalam hal konseling dengan memanfaatkan metode offline maupun online. Buat juga ruang tunggu yang nyaman meskipun tempat apotek yang digunakan tidak terlalu besar.

7. Menjalin Kerjasama Dengan Asuransi Kesehatan

Kerjasama dengan lembaga asuransi kesehatan memberikan kesempatan apotek dikenal dengan luas oleh masyarakat utamanya masyarakat bawah. Selain itu metode ini juga bisa digunakan sebagai metode membangun kepercayaan masyarakat bahwa apotek ini melayani orang yang menggunakan Askes maupun BPJS.

Baca juga : Mengenal Pengertian, Tujuan, dan Karakteristik Wirausaha

8. Merekrut SDM Terbaik

Karena apotek sifatnya krusial berhubungan langsung dengan obat, maka pastikan untuk merekrut SDM terbaik agar bisnis bisa dijalankan dengan baik. Pastikan semua staff yang dipekerjakan memenuhi semua persyaratan untuk bekerja di apotek. Hal ini dilakukan untuk menjaga kredibilitas apotek di mata konsumen. Selain itu dengan merekrut SDM terbaik, tentu mendukung niat awal untuk mendirikan apotek yang memberikan pelayanan optimal.

9. Memilih Agen, Distributor, Supplier Obat Terpercaya Dengan Harga Bersaing

Supaya bisa menjual obat dengan harga murah, tentu diperlukan sebuah pemasok dengan harga yang murah. Dengan cara ini, maka nantinya obat bisa dijual dengan harga murah. Selain itu akan lebih baik jika agen ataupun pemasok tersebut berlokasi tidak jauh dari lokasi usaha. Sehingga pengusaha tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan dalam hal operasional maupun ongkos. Tentu akan sangat menguntungkan.

Baca juga : Pengertian Profit Dan 7 Cara Meningkatkan Profit Untuk Usaha Anda

10.Mengoptimalkan Pemasaran yang Dilakukan

Terakhir adalah dengan memaksimalkan pemasaran agar apotek menjadi lebih mudah dikenal, dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Dalam melakukan pemasaran ini bisa dengan memanfaatkan sosial media ataupun metode offline seperti menyebarkan brosur.

Apabila ingin hasil yang cepat dan murah gunakanlah metode online. Karena metode pemasaran online memiliki jangkauan yang luas dan mudah untuk dilakukan.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa pembahasan terkait cara membangun bisnis apotek dari nol, bagaimana prospeknya serta tips yang bisa dilakukan agar bisnis semakin sukses. Dengan menerapkan semua hal diatas, maka bisa dipastikan bisnis bisa dilakukan dengan lancar. Satu tips tambahan adalah sabar ketika membuka usaha ini, karena tentu tidak ada yang instan dan semuanya membutuhkan proses.

accurate 200 ribu perbulan

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.