9 Langkah Penting dalam Perencanaan Membangun Bisnis Salon Kecantikan

Kecantikan adalah kebutuhan bagi setiap wanita, bahkan saat ini banyak kaum pria yang tidak canggung untuk melakukan perawatan kecantikan. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa banyak produk atau layanan berbasis kecantikan yang sukses meraup untung dengan membangun jaringan bisnis yang memuaskan banyak konsumennya, termasuk bisnis salon kecantikan.

Bagi Anda yang ingin membangun bisnis salon kecantikan, hal utama yang harus Anda punya adalah motivasi dan perencanaan yang matang. Kedua hal ini adalah yang akan menentukan berhasil atau tidaknya bisnis salon kecantikan yang Anda bangun.

Apa pun motivasi Anda, Anda harus memiliki impian dan dorongan untuk menjalankan bisnis. Sekarang yang Anda butuhkan hanyalah sedikit informasi untuk membantu Anda mengembangkan rencana bisnis salon yang Anda perlukan untuk mewujudkan impian.

Rencana bisnis yang dikembangkan dengan baik memberi salon Anda panduan untuk sukses secara berkelanjutan dan fokus. Ini juga dapat digunakan untuk memperoleh dana dari bank atau untuk merekrut mitra terbaik bagi bisnis Anda.

Berikut adalah langkah dalam perencanaan membuat bisnis salon kecantikan yang menguntungkan :

1. Salon Kecantikan Anda harus Jelas

Bagian pertama dari rencana bisnis salon Anda harus mencakup dasar-dasar tentang perusahaan Anda, misi dan filosofi operasionalnya. Sertakan nama perusahaan, alamat, dan informasi kontak Anda, serta struktur bisnis Anda (kepemilikan perseorangan, Perseroan Terbatas, atau sebagainya). Nyatakan tujuan organisasi Anda dan jelaskan filosofi layanan pelanggan Anda.

2. Rencanakan Keuangan Bisnis Anda

Menurut Small Business Administration, sekitar setengah dari semua perusahaan hanya bertahan lima tahun atau lebih dan sekitar sepertiga bertahan 10 tahun atau lebih. Dalam banyak kasus, kegagalan bisnis untuk bertahan hidup disebabkan oleh perencanaan yang buruk dan kurangnya dana untuk mempertahankan bisnis selama beberapa tahun pertama operasinya.

Itulah mengapa sangat penting untuk mencari tahu berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk memulai, dari mana uang itu berasal, hal apa saja yang akan  Anda belanjakan, dan berapa lama Anda akan “balik modal”

Buat bagian ringkasan keuangan dalam rencana bisnis salon Anda yang mencakup proyeksi laporan keuangan yang mencakup setidaknya tiga tahun, atau sampai Anda memperkirakan bisnis Anda memiliki arus kas positif.

Sertakan semua biaya awal yang diharapkan berdasarkan pengalaman salon Anda dan buat daftar sumber potensial pendanaan awal. Perkirakan berapa banyak klien yang akan Anda layani dan seberapa cepat pelanggan Anda akan tumbuh. Kemudian berdasarkan pendapatan Anda, perkiraan biaya langsung pada angka-angka ini.

Berikut beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan:

  • Hitung pengeluaran bulanan Anda, termasuk sewa bangunan,, pelatihan, penggajian, persediaan, penyusutan aset, dan dana darurat.
  • Hitung berapa banyak dana darurat yang Anda miliki dalam tabungan dan berapa banyak dana yang harus Anda sisihkan setiap bulan untuk bertahan dalam bisnis.
  • Cari tahu berapa banyak Anda akan mengenakan biaya untuk layanan. Untuk melakukan ini, perkirakan berapa banyak layanan (seperti, potongan rambut, warna, manikur, dll.) Yang mungkin Anda lakukan dalam seminggu dan tentukan berapa yang harus Anda bebankan agar Anda dapat menghasilkan laba bersih.
    Lakukan penetapan harga yang benar agar pelanggan Anda tidak merasa jasa yang Anda berikan kemahalan, sekaligus Anda mendapatkan untung. Cari tahu juga harga pelayanan salon lain di daerah Anda sebagai perbandingan dan menjaga harga Anda tetap kompetitif.
  • Catat semua pengeluaran, pemasukan, dan pembayaran rutin dalam pembukuan yang terperinci pada bisnis salon kecantikan Anda. Jika kesulitan dengan pembukuan manual, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis salon dan mudah digunakan, contohnya seperti Accurate Online.

Baca juga : Risiko Usaha : Pengertian, Jenis, Contoh, dan Solusinya

3. Tentukan Target Pasar Salon Kecantikan Anda

Target pasar Anda adalah deskripsi tentang siapa yang akan membeli layanan Anda. Di bagian ini, cobalah sespesifik mungkin. Jika Anda mendefinisikan target pasar Anda terla lu luas dengan harapan menarik lebih banyak klien potensial, Anda dapat mengambil risiko menipiskan keunikan layanan dan merek yang membedakan Anda dari pesaing.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat Anda tanyakan pada diri sendiri yang akan membantu Anda mengasah target pasar Anda:

  1. Apakah klien target Anda pria, wanita atau keduanya?
  2. Apakah Anda akan menawarkan penataan rambut untuk pelanggan kelas atas atau memotong rambut untuk anak-anak? Apa jangkauan layanan Anda?
  3. Berapa usia target klien Anda?
  4. Di mana mereka tinggal?
  5. Apakah geografi merupakan faktor?
  6. Apakah etnisitas merupakan faktor?
  7. Apa yang klien target Anda lakukan untuk mencari nafkah?
  8. Berapa banyak uang yang mereka hasilkan? (Ini bisa menjadi faktor penting yang membebani penilaian Anda tentang apa yang mampu dibeli pelanggan di daerah Anda dan akan menentukan harga yang Anda tetapkan untuk layanan Anda.)
  9. Apa aspek lain dari kehidupan mereka yang penting? Apakah mereka ibu, ayah, lajang, remaja atau kakek-nenek?
  10. Apakah di tempat Anda terdapat salon yang sukses? Jika iya, apa target pasarnya? Kelas menengah? Kelas atas?

Baca juga : Apa itu WFH atau Work From Home? Berikut Pengertian dan Tips Efektif Pelaksanaannya

4. Buat Rencana Pemasaran dan Anggaran Pemasaran Awal

Menjelaskan bagaimana Anda bermaksud memasarkan salon secara efektif adalah bagian penting dari rencana bisnis salon kecantikan Anda. Bahkan, blue print pemasaran yang Anda kembangkan sekarang dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda secara cepat.

Di bagian ini, uraikan semua metode dan outlet yang akan Anda gunakan untuk mempromosikan salon Anda – pemasaran email; situs Anda; jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest, dan Instagram; dan situs direktori seperti Yelp dan MapQuest.

Lakukan riset, apakah koran lokal, stasiun radio atau majalah komunitas akan secara efektif mempromosikan layanan Anda? Lalu, apakah akan menawarkan program keanggotaan akan meningkatkan loyalitas atau tidak?

Baca juga : 10 Tips Mendapatkan Modal Usaha untuk Pengembangan Bisnis

5. Jelaskan Produk dan Layanan Salon Kecantikan

Selama bertahun-tahun, Anda telah mengembangkan loyalitas ke lini produk tertentu dan berharap untuk memasukkannya dalam yang ditawarkan salon Anda.

Tapi sekarang Anda juga perlu memutuskan apa yang ada di daftar layanan Anda secara harfiah. Layanan apa yang ingin Anda tawarkan kepada pelanggan Anda? Dan bagaimana mereka berbeda dari yang ditawarkan oleh pesaing Anda?

Di sinilah Anda akan mendiskusikan layanan memotong rambut, menata, dan mewarnai apa yang akan Anda berikan, dan apakah Anda akan termasuk perawatan kuku, waxing, dan layanan kecantikan lainnya.

Bagian rencana bisnis salon Anda ini juga harus mencakup aspek layanan pelanggan seperti:

  • Bagaimana pengalaman pelanggan di salon Anda akan berbeda dari layanan pesaing Anda.
  • Bagaimana Anda berencana untuk meminimalkan waktu tunggu pelanggan.
  • Apakah Anda akan menjangkau pasar kelas atas dengan melakukan reservasi untuk layanan yang dipersonalisasi, atau melayani layanan panggilan.

6. Identifikasi Tim Manajemen Anda

Salon kecantikan yang sukses bergantung pada keterampilan, pengalaman dan reputasi pemilik dan staf. Di bagian rencana bisnis salon Anda ini, kenali stylist Anda dan jelaskan cakupan dan kedalaman keahlian mereka.

Masukkan biografi singkat dan profesional yang menyoroti pengalaman dan kualifikasi Anda dan staf Anda. Masukkan nama mereka, tugas pekerjaan dan perincian tentang keterampilan atau pelatihan mereka. Untuk penata gaya, ini berarti pendidikan mereka, sudah berapa tahun dalam profesi, sertifikasi dan pengalaman kerja masa lalu di salon terkemuka. Untuk staf lain seperti resepsionis, Anda dapat memasukkan informasi tentang pengalaman layanan pelanggan.

Jika Anda pikir klien target Anda mungkin ingin rebonding, perawatan warna atau ekstensi rambut, di antara penawaran khusus lainnya, sertakan spesialisasi ini di setiap bios individu stylist. Ini akan memperluas deskripsi salon dengan menunjukkan berbagai pengalaman yang tersedia untuk klien baru.

Baca juga : Ingin Usaha Cafe? Berikut 8 Tips Membangun Bisnis Cafe Menguntungkan

7. Buat To do list Sehari-Hari

Salah satu aspek penting dalam membangun salon kecantikan yang sukses adalah dukungan yang Anda perlukan untuk menjalankan bisnis baru Anda sehari-hari, jadi Anda tetap dalam perencanaan bisnis salon kecantikan Anda.

Penting untuk menguraikan dalam rencana bisnis salon kecantikan dan apa peran-peran atau tugas harian apa yang masing-masing orang akan lakukan di salon Anda. Di bagian ini, daftarkan kegiatan sehari-hari yang diperlukan untuk memasarkan, membuka, mengelola, menyediakan layanan, dan menutup salon. Tunjukkan siapa di tim Anda yang bertanggung jawab untuk setiap kegiatan.

Berikut beberapa contoh untuk membantu Anda memulai:

  • Manajer Salon. Manajer salon dapat menangani tugas-tugas seperti dokumen, pencatatan, penjadwalan karyawan, dan pembelian. Mereka juga dapat mengawasi perawatan salon dan menangani masalah manajemen fasilitas.
  • Penata Rambut / Ahli Kosmetologi. Seorang penata rambut / ahli kecantikan biasanya menyediakan layanan rambut seperti memotong, mewarnai dan / atau perawatan.
  • Manikur. Profesional ini menyediakan layanan seperti manikur, pedikur, dan layanan kuku khusus seperti aplikasi kuku akrilik, manikur gel atau seni kuku ..
  • Ahli kecantikan. Penyedia layanan ini dapat melakukan layanan salon yang mencakup aplikasi facial, waxing, dan makeup.
  • Shampoo / Asisten Salon. Karyawan ini mencuci rambut klien. Ia juga dapat membantu mengeringkan atau menyelesaikan gaya rambut, melipat handuk, menyapu kliping rambut, dan memberikan bantuan umum lainnya di sekitar toko.
  • Resepsionis. Selain menyapa klien, resepsionis menjawab telepon, membuat janji temu, memberikan arahan, mencairkan klien, dan melakukan berbagai tugas layanan pelanggan lainnya seperti membuat kopi atau bahkan menggantungkan mantel untuk klien. Karyawan ini harus sangat berpengetahuan tentang produk salon yang Anda jual.

8. Pengelolaan Dokumen

Bagian dari rencana bisnis salon Anda ini harus mencakup dokumen atau materi pendukung tambahan seperti lisensi dan izin bisnis, sertifikasi departemen kesehatan atau izin kerja kementerian perindustrian, dan hak merek dagang.

Baca juga : Tips Membangun Bisnis Rental Mobil yang Menguntungkan

9. Ringkasan Eksekutif

Sekarang setelah Anda mengumpulkan informasi hebat ini dalam 8 langkah pertama dari rencana bisnis salon kecantikan Anda, tulis ringkasan eksekutif untuk digunakan sebagai bagian pertama! Ringkasan satu hingga dua halaman ini harus memberikan gambaran umum tentang rencana bisnis salon kecantikan Anda, dengan cepat menyoroti fitur-fitur penting dari setiap bagian berikutnya juga perencanaan menyeluruh di masa mendatang.

3 hal yang perlu Anda perhatikan dalam membangun bisnis salon

Anda telah menyusun dan menulis rencana bisnis salon yang hebat. Selamat! Tapi Anda belum selesai.

Sebelum Anda mulai berbelanja rencana bisnis salon Anda, Anda perlu memikirkan 3 hal lagi:

1. Pilih lokasi yang tepat. Lokasi sangat penting untuk keberhasilan salon Anda. Pertimbangkan faktor-faktor ini:

  • Cari area lalu lintas tinggi. Jalanan, mal, atau ruang sibuk di sebelah lokasi yang sering dikunjungi orang (seperti toko grosir) sangat ideal.
  • Jadikan akses mudah. Jika parkir sulit dan lalu lintas padat menuju salon Anda, orang mungkin tidak menganggapnya sepadan dengan usaha.
  • Lebih baik jauh dari kompetitor. Jika Anda membangun salon Anda langsung di sebelah salon lain, ini bukanlah ide yang bagus. Cobalah untuk menemukan tempat di mana Anda akan menjadi satu-satunya salon untuk beberapa blok.

2. Urus perijinan dan patuhi hukum yang berlaku. Saat Anda fokus membuat rencana bisnis salon, Anda harus berasumsi bahwa Anda harus membangun bisnis yang taat pajak dan hukum. Hal ini akan baik untuk Anda dan negara.

  • Selalu gunakan bahan berkualitas. Jangan tergiur harga murah, Anda memberikan pelayanan kepada manusia. Jadi pastikan keamanan dari penggunaan bahan yang digunakan dan memiliku sertifikasi dari BPOM.
  • Daftar perijinan usaha Anda. Semua bisnis di Indonesia harus memiliki izin usaha.

Baca juga : Mengetahui Tips Membangun Bisnis Mainan Anak untuk Pemula

3. Pilih software pembukuan salon kecantikan Anda. Untuk melacak uang dan pertumbuhan bisnis, gunakanlah software akuntansi untuk memudahkan pemantauan keuangan secara keseluruhan.

Dengan software akutnansi, Anda juga bisa dengan mudah membuat laporan keuangan yang minim kesalahan. Laporan keuangan ini nantinya akan menjadi landasan Anda dalam membuat keputusan dan kebijakan pada bisnis salon kecantikan Anda.

Gunakanlah Accurate Online sebagai software akuntansi untuk bisnis salon kecantikan Anda. Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur yang cocok untuk bisnis salon seperti penghitungan gaji karyawan, pembelian, penjualan, pembuatan faktur otomatis, multi cabang, penghitungan aset, sampai otomatisasi lebih dari 100 jenis laporan dan grafik keuangan.

Jadi tunggu apalagi? Cobalah Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui gambar dibawah ini. Dengan Accurate Online, bisnis jadi mudah.

accurate 200 ribu perbulan