Tertarik Memulai Bisnis Travel? Berikut 11 Tips Terbaik untuk Memulainya

Bisnis travel adalah salah satu bentuk usaha yang patut dicoba karena memiliki pasar yang tidak ada habisnya dan akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Peluang usaha bisnis ini bisa dikatakan cukup menjanjikan bahkan dalam jangka waktu panjang. Mudah dilakukan dan modal juga tidak terlalu besar untuk memulainya.

Jika memang dari awal sudah ada hobi traveling tentu usaha travel ini adalah pilihan yang tepat untuk mengumpulkan rupiah. Namun perlu persiapan yang benar dan matang agar bisnis bisa dijalankan dengan lancar. Meski bisnis ini adalah salah satu bisnis dengan peluang yang sangat menjanjikan, tanpa adanya persiapan yang baik tentu akan membuat bisnis tidak bisa berjalan lancar.

1. Lakukan Riset Mendalam Tentang Usaha Travel

Jika memang sudah memutuskan untuk memulai bisnis travel maka langkah awal yang harus dilakukan adalah memperdalam pengetahuan dari jenis bisnis yang dipilih. Misalnya dengan membaca banyak artikel dan buku tentang travelling.

Riset semacam ini gunanya untuk melakukan perbandingan dengan para competitor juga untuk melihat peluang usaha yang ada. Konsep brand juga akan secara otomatis tercetus dengan melakukan riset ini.

2. Melakukan Riset Pasar

Tips yang kedua ini harus dilakukan jika menginginkan bisnis berjalan lancar. Riset pasar ini akan membantu dalam penentuan segmen pasar yang tepat. Misalnya jika ingin menjual tiket pesawat internasional artinya pasarnya adalah kalangan menengah ke atas. Anda bisa membaca tips cara menganalisa pasar dengan mudah dalam 4 langkah.

Selain itu riset pasar juga nantinya akan membantu penentuan lokasi pasar yang sesuai. Untuk lokasi offline tentu memerlukan tempat strategis yang sesuai. Sementara untuk lokasi online harus mengikuti saluran yang cocok misalnya menggunakan media sosial seperti Instagram atau Facebook, sesuaikan dengan bisnis yang dipilih.

Baca juga : Mengenal Perusahaan Manufaktur, Karakter, Contoh, Dan Proses Bisnisnya

3. Menentukan Tujuan Wisata

Bisnis travel memang beragam, ada yang khusus penjualan tiket ada juga yang mengarah pada penyedia jawa paket wisata. Untuk itu perlu dilakukan penentuan tujuan wisata yang akan ditawarkan pada calon pelanggan.  Tujuan wisata bisa dipilih berdasar domisili atau tempat yang sudah pernah dikunjungi baik itu dalam atau luar negeri.

4. Ciptakan Brand yang Menjual

Brand adalah hal paling penting untuk memulai sebuah bisnis. Menentukan logo, tema warna, desain serta sapaan juga nama bisnis adalah penentu apakah bisnis ini bisa dikenal dipasaran atau tidak. Pastikan memiliki konsep yang sesuai dengan jenis bisnis yang sudah dipilih terutama dalam pemilihan nama dan juga simbol.

5. Persiapkan “Toko” Anda Sebelum Resmi Dibuka

Untuk yang memiliki toko secara online tentu persiapannya seperti membuat blog, akun media sosial dan semacamnya. Jika sudah ada wadahnya maka tinggal mempersiapkan profil usaha yang baik. Pastikan untuk membuat profil usaha yang lengkap agar bisa meyakinkan calon pelanggan.

Jangan lupa untuk menyebutkan atau menjelaskan keunggulan produk yang ada pada bisnis travel yang dimiliki sehingga lebih menarik perhatian calon pelanggan. Jangan asal menulis profil karena profil usaha ini sangat berpengaruh pada kredibilitas bisnis.

Baca juga : 10 Strategi Bisnis Kuliner untuk Mendapatkan Keuntungan Maksimal

6. Memperdalam Pengetahuan Tentang Keuangan

Untuk menjadi pebisnis maka pengetahuan tentang keuangan harus luas dan betul-betul paham agar tidak sampai terjadi kerugian dalam berbisnis. Jika memang tidak mengerti sama sekali bisa mulai belajar sekarang baik itu marketing, hukum, serta menejemen serta bagaiamana cara berkomunikasi dengan baik dan efektif.

Pengelolaan keuangan yang tepat juga menjadi kunci kesuksesan bisnis travel. Ada beberapa hal yang pantang dilakukan dalam berbisnis yakni menggabungkan uang pribadi dengan uang untuk bisnis karena ini akan sangat merusak pengelolaan keuangan.

Baca juga : 10 Strategi Pemasaran Hotel Terbaik untuk Meningkatkan Pemesanan

7. Perluas Jaringan dan Relasi

Membuka bisnis travel tentu membutuhkan relasi yang cukup banyak dan jaringan yang cukup luas. Semakin luas jaringan maka semakin tinggi peluang bisnis menjadi sukses. Pebisnis selalu membutuhkan pengusaha lain untuk meraih sukses jadi mulailah membangun relasi sedini mungkin jika memang berencana memiliki usaha bisnis sendiri.

8. Miliki Strategi Promosi yang Kuat

Pemasaran atau promosi adalah hal yang juga tidak bisa disepelekan. Tanpa adanya promosi yang tepat sasaran tentu usaha travel tidak bisa berjalan. Strategi promosi sendiri ada banyak tinggal pilih mana yang paling efektif untuk sebuah usaha travel.

Misalnya dengan menyebar brosur atau memasang iklan di Google AdWords dan semacamnya. Secara online banyak cara mudah yang bisa dilakukan secara offline memang butuh usaha yang lebih tekun seperti saat membagikan brosur agar bisnis bisa dikenal banyak orang.

9. Mendaftarkan Brand Anda Secara Resmi

Hal ini perlu dilakukan jika konsep brand memang sudah matang. Mendaftarkan brand secara resmi akan melindungi nama brand dari nama dan juga logo yang sudah dibuat. Orang lain tidak akan bisa mencuri nama atau logo seenaknya jika bisnis travel sudah terdaftar secara resmi. Orang yang nekat tentu akan berurusan dengan jalur hukum.

10. Membuat Izin Usaha

Jika usaha travel sudah berkembang dan sudah cukup besar maka izin usaha juga perlu dibuat. Hal ini untuk menghindari masalah dengan hukum yang berlaku di Negara ini. Tidak ada salahnya bukan menjadi warga Negara yang taat aturan. Hal ini tidak akan merugikan sama sekali.

Baca juga : Pentingnya Mengetahui Tata Cara Membuat Surat Izin Usaha

11. Lakukan Pembukuan dengan Optimal

Bagi bisnis travel pencatatan pengeluaran dan pemasukan adalah penting, terlebih jika bisnis Anda memiliki banyak aset. Pembukuan yang benar adalah solusi jika bisnis Anda ingin berkembang dengan baik.

Jika Anda baru memulai bisnis, Anda bisa melakukan pencatatan seluruh transaksi dengan proses pembukuan manual pada buku log, namun saat bisnis Anda berkembang lebih besar, pembukuan manual bukan lagi cara terbaik untuk, terutama dari segi efisiensi waktu dan kepraktisan.

Gunakanlah software akuntansi seperti Accurate Online yang cocok untuk kebutuhan bisnis travel Anda. Accurate Online sendiri sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan telah dikembangkan sejak 20 tahun lalu.

Anda juga bisa membaca mengapa Accurate Online akan membantu bisnis agen perjalanan dan bisnis travel dengan segala fitur terbaiknya melalui artikel ini.


Nah, sudah yakin akan memilih bisnis di bidang travel? Cobalah beberapa tips di atas agar bisa memiliki bisnis yang sukses dan berjalan lancar sesuai dengan harapan. Usaha travel ini merupakan salah satu bentuk usaha yang cukup menjanjikan dan memiliki prospek yang baik untuk beberapa tahun ke depan.

Baca juga : Gunakan Accurate Online sebagai Solusi Pembukuan Hotel Anda

Pastikan untuk yakin dan terus berusaha semaksimal mungkin saat menjalankan sebuah bisnis. Tidak ada yang sulit dan tidak ada yang tidak mungkin termasuk meraih sukses dalam berbisnis.  Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan di bawah ini :

accurate fokus pengembangan