Analisis Kompetitor: Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Sebagai pemilik bisnis, penting untuk menemukan cara baru untuk mempertahankan atau meningkatkan posisi Anda sebagai pemimpin pasar. Analisis kompetitor memungkinkan Anda melihat tidak hanya siapa yang Anda hadapi, tetapi juga membantu Anda menyusun strategi yang efektif untuk meningkatkan bisnis Anda.

Dalam artikel ini, kami mendefinisikan analisis kompetitor, menjelaskan cara mengidentifikasi pesaing Anda dan memberi Anda daftar apa yang harus disertakan dalam analisis kompetitor

Apa itu Analisis Kompetitor?

Analisis kompetitor atau pesaing mengacu pada penilaian kekuatan iklan pesaing Anda. Jenis analisis ini membantu Anda menentukan bagaimana pesaing Anda dibandingkan dengan bisnis Anda sendiri. Pada dasarnya, ini melibatkan perolehan informasi tentang pesaing terbesar perusahaan Anda untuk meningkatkan bisnis Anda sendiri.

Tujuan utama dari analisis kompetitor meliputi:

  • Untuk mengidentifikasi pesaing terkuat Anda
  • Untuk menentukan strategi pesaing Anda
  • Untuk mengantisipasi tindakan mereka
  • Untuk mengantisipasi reaksi mereka berdasarkan tindakan bisnis Anda sendiri
  • Untuk mempengaruhi tindakan mereka dengan cara yang menguntungkan perusahaan Anda

Memiliki informasi ini dapat membantu Anda membuat, menerapkan, dan menyesuaikan strategi untuk meningkatkan upaya perusahaan Anda. Ini juga membantu Anda mengidentifikasi potensi ancaman yang mungkin dihadapi bisnis Anda.

Banyak bisnis melakukan analisis kompetitor melalui kesan, dugaan, dan intuisi. Karena itu, blindspot dapat muncul yang dapat menyebabkan jumlah informasi yang tidak memadai untuk membuat strategi yang terinformasi dengan baik. Untuk menghindari hal tersebut, perusahaan harus melakukan analisis menyeluruh pada berbagai tahapan bisnis.

Manfaat Analisis Kompetitor

Sekarang setelah Anda memahami apa itu analisis pesaing, pertimbangkan apakah analisis itu berguna atau tidak untuk bisnis Anda sendiri. Berikut adalah beberapa manfaat dari jenis analisis ini:

Membantu membangun strategi pemasaran yang lebih baik

Ketika Anda memahami pesaing Anda dan apa yang mampu mereka lakukan, Anda lebih siap untuk menggunakan informasi ini untuk keuntungan Anda. Dengan kata lain, analisis menyeluruh dapat membantu Anda membangun strategi untuk memasarkan bisnis Anda secara lebih efektif. Strategi pemasaran yang solid bahkan dapat meningkatkan keuntungan dan membantu Anda mencapai tujuan keuangan atau kinerja.

Baca juga: Value Chain: Pengertian Lengkap dan Cara Analisisnya

Mengidentifikasi peluang yang kurang terlayani

Melakukan analisis pesaing membantu mengidentifikasi produk atau layanan apa pun yang diinginkan pelanggan Anda tetapi saat ini tidak dapat mengaksesnya. Ketika Anda menentukan peluang yang kurang terlayani ini, ini memberi Anda kesempatan untuk menemukan solusi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Memungkinkan Anda memanfaatkan kelemahan mereka

Ketika Anda memahami kelemahan pesaing Anda, Anda dapat menggunakannya untuk keuntungan Anda. Misalnya, jika mereka tidak memiliki sumber daya atau kemampuan untuk melakukan XYZ dan Anda melakukannya, Anda dapat membantu memenuhi kebutuhan itu dan tumbuh di pasar Anda.

Membantu Anda membuat keputusan yang tepat

Baik Anda sedang merencanakan masa depan atau membuat keputusan waktu nyata, menggunakan analisis pesaing dapat membantu Anda membuat keputusan dan investasi yang lebih strategis untuk menguntungkan bisnis Anda.

Bagaimana Cara Mengidentifikasi Kompetitor

Sebelum Anda memulai analisis pesaing, pahami siapa pesaing Anda. Pesaing mengacu pada bisnis atau perusahaan apa pun di industri yang sama yang menawarkan produk atau layanan serupa.

Meskipun penting untuk mengidentifikasi pesaing Anda yang ada, Anda juga perlu memiliki informasi mengenai pesaing potensial Anda yang mungkin memasuki pasar Anda di masa depan. Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk mengidentifikasi pesaing Anda:

Lakukan riset pasar

Tentukan apa perusahaan lain menawarkan produk atau layanan serupa di pasar Anda yang secara langsung bersaing dengan Anda. Anda juga dapat berkonsultasi dengan tim penjualan Anda untuk mengidentifikasi pesaing mana yang sering muncul selama proses penjualan.

Mencari umpan balik pelanggan

Tanyakan kepada pelanggan Anda bisnis, produk, atau layanan lain mana yang sedang atau sedang mereka pertimbangkan. Ini dapat membantu mengidentifikasi pesaing yang mungkin belum Anda sadari sebelumnya.

Menggunakan internet

Untuk mengidentifikasi pesaing Anda dengan lebih baik, tinjau percakapan pelanggan melalui komunitas online, forum, dan media sosial. Karena banyak pelanggan mencari saran atau rekomendasi secara online, ini dapat membantu Anda menentukan siapa pesaing Anda.

Lakukan riset kata kunci

Lakukan analisis optimisasi mesin pencari untuk mengidentifikasi perusahaan yang bersaing untuk mendapatkan tempat yang sama di peringkat mesin pencari. Jika sebuah situs web bersaing untuk kata kunci yang sama, itu mungkin salah satu pesaing Anda.

Baca juga: Hubungan Industrial dan Berbagai Peran Pentingnya dalam Kegiatan Produksi

Apa yang Harus Disertakan Dalam melakukan Analisis Kompetitor?

Ketika Anda melakukan analisis pesaing yang menyeluruh, Anda lebih siap untuk meningkatkan bisnis Anda. Untuk membuat analisis yang komprehensif, sertakan informasi berikut:

Identifikasi kompetitor

Sebelum Anda membuat analisis pesaing, Anda memerlukan profil untuk setiap pesaing merek Anda. Sertakan perusahaan yang menawarkan produk dan layanan yang sama dalam pasar yang sama. Analisis pesaing perlu memasukkan pesaing terbesar Anda, pesaing potensial yang mungkin memasuki pasar Anda dan perusahaan rintisan yang relevan yang berencana untuk muncul di tahun depan.

Informasi pesaing

Setelah Anda mengetahui siapa pesaing Anda, dapatkan informasi yang dapat membantu Anda melakukan analisis menyeluruh. Pastikan untuk memiliki informasi berikut untuk setiap pesaing Anda:

Produk dan layanan

Anda tidak hanya perlu mengetahui apa yang ditawarkan pesaing Anda, tetapi Anda juga perlu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan untuk setiap produk dan layanan mereka. Memahami keduanya dapat membantu Anda menciptakan produk atau layanan yang lebih baik daripada yang mereka tawarkan.

Harga

Ini mengacu pada berapa banyak biaya produk dan layanan pesaing Anda. Jika mereka mengenakan biaya 50.000 untuk suatu produk, misalnya, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengenakan biaya 45.000 untuk produk serupa. Meskipun barang tersebut lebih murah dari perusahaan Anda, ini dapat membantu Anda mencapai margin keuntungan yang lebih tinggi karena lebih banyak pelanggan mungkin ingin memanfaatkan harga Anda yang lebih baik.

Keuangan

Pastikan Anda mengetahui harga pesaing Anda dan laporan pendapatan mereka. Hal ini memungkinkan Anda untuk menentukan kesehatan keuangan mereka.

Pengalaman pelanggan

Pahami layanan pelanggan yang mereka berikan. Hal ini memungkinkan Anda untuk menentukan apakah perusahaan Anda sendiri memiliki ruang untuk perbaikan dalam hal ini.

Hak milik intelektual

Tentukan apakah mereka memiliki hak cipta, paten, atau merek dagang. Memiliki pengetahuan ini dapat membantu Anda mengantisipasi produk masa depan yang belum mereka umumkan secara resmi. Itu juga dapat memberi tahu Anda jika mereka memiliki hak atas suatu produk.

Usaha pemasaran

Kenali acara pesaing Anda, kegiatan promosi, akun media sosial dan kampanye pemasaran mereka. Jika mereka berhasil, pertimbangkan bagaimana Anda dapat menyesuaikan upaya pemasaran Anda sendiri agar lebih selaras dengan strategi mereka.

Kesadaran merek

Tentukan seberapa banyak target pasar Anda menyadari pesaing Anda. Jika Anda menemukan bahwa pesaing Anda lebih dikenal daripada perusahaan Anda sendiri, Anda dapat menyusun strategi untuk meningkatkan kesadaran merek Anda.

Baca juga: Cara Menemukan Niche Bisnis dalam 5 Langkah

Lokasi dan distribusi

Identifikasi di mana pesaing Anda berada dan di mana mereka mendistribusikan produk mereka. Pertimbangkan wilayah atau negara yang mereka liput. Ketika Anda mengetahui informasi ini, ini dapat membantu Anda menentukan apakah perlu menjangkau area ini juga.

Tujuan

Identifikasi tujuan pesaing Anda untuk memprediksi tindakan mereka di masa depan dengan lebih baik. Untuk melakukan ini, pertimbangkan untuk melihat insentif manajemen mereka, toleransi risiko mereka, dan struktur organisasi mereka.

Struktur organisasi

Struktur organisasi mereka, khususnya, dapat membantu Anda menentukan fungsi mana yang paling mereka hargai. Misalnya, jika fungsi tertentu melapor kepada chief executive officer, mereka dapat menempatkan prioritas di atas departemen itu dibandingkan dengan fungsi lain yang melapor kepada wakil presiden senior.

Sumber daya dan kemampuan

Ini mengacu pada apa yang dilakukan pesaing Anda atau apa yang dapat mereka lakukan. Pertimbangkan seberapa cepat mereka dapat bereaksi terhadap situasi tertentu seperti perubahan pasar atau kebutuhan pelanggan. Untuk melakukan ini, lihat kekuatan dan kelemahan mereka. Jika mereka memiliki cadangan kas yang rendah, misalnya, mereka mungkin tidak dapat merespons secara efektif.

Baca juga: Valuasi Bisnis: Pengertian Lengkap dan Metode dalam Penghitungannya

Evaluasi strategi

Analisis kompetitor Anda juga perlu menyertakan penilaian Anda terhadap strategi mereka. Identifikasi kekuatan dan keunggulan mereka dan bagaimana masing-masing dapat menimbulkan potensi ancaman bagi bisnis Anda. Juga, tentukan kelemahan mereka. Misalnya, pertimbangkan apa yang mereka lakukan dengan buruk sehingga Anda dapat melakukannya dengan lebih baik. Berdasarkan informasi yang Anda kumpulkan, prediksi perilaku mereka dan buat keputusan yang tepat untuk membantu meningkatkan merek Anda.

Kesimpulan

Itulah pengertian lengkap mengenai cara dan hal yang harus ada jika Anda ingin melakukan analisis kompetitor bisnis Anda. Ingatlah, Anda dan kompetitor Anda mungkin memiliki perbedaan dalam berbagai proses, dan itu adalah hal yang bagus. Pastikan bisnis Anda memiliki perbedaan yang lebih baik dari kompetior Anda dan jadikan hal tersebut sebagai nilai jual dari produk atau layanan Anda.

Pastikan juga Anda menggunakan proses pembukuan untuk mendapatkan data keuangan yang berguna untuk pengambilan keputusan dalam setiap strategi yang Anda buat. Gunakanlah Accurate Onlie sebagai software akuntansi dalam bisnis Anda untuk proses pembukuan yang lebih mudah dan praktis.

Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembangan