Apa Arti Up dalam Kegiatan Jual Beli Online? Ini Jawabannya!

Dalam kegiatan jual beli online, sebagian dari Anda pasti pernah menemukan kata “up” atau komentar tersebut, baik itu di media sosial ataupun di e-commerce. Tapi, apa arti up yang sebenarnya?

Istilah yang sangat singkat ini sebenarnya memiliki arti yang sangat penting sekali untuk promosi produk online. Setiap pengusaha dan pembeli harus bisa mengetahui hal tersebut dengan baik.

Nah, pada kesempatan kali ini, mari kita bahas secara singkat tentang arti up dan manfaat dalam penggunaan kata tersebut dalam kegiatan jual beli online.

Apa Arti Up Secara Umum?

Jadi, apa arti up secara umum? Nah, kata up sendiri pada dasarnya berasal dari bahasa Inggris yang mempunyai arti kata naik atau bisa juga diartikan sebagai menuju ke tempat yang lebih tinggi atau ke atas.

Kata ini juga bisa digunakan secara lebih luas lagi. Bila Anda sedang membicarakan hal terkait volume atau intensitas atas sesuatu, maka Anda juga bisa menggunakan kata ini.

selain itu, up juga mempunyai arti kata naik bersama. Jadi pada intinya, kata ini lebih fokus pada tempat atau posisi dari bawah ke atas.

Baca juga: Ide Jualan yang Laku Setiap Hari, Untung Terus!

Lalu, Apa Arti Up Dalam Kegiatan Jual Beli?

Kata ini seringkali kita temukan di forum jual beli online, termasuk di dalamnya media sosial. Sebenarnya, kata up ini digunakan secara sengaja untuk meningkatkan postingan agar bisa selalu berada di urutan teratas dan dilihat di timeline.

Contohnya, bila Anda bergabung di dalam komunitas Facebook untuk memasarkan produk, komentar up ini nantinya akan mempertahankan postingan Anda agar nantinya bisa tetap terlihat dan tidak tertimbun oleh berbagai postingan yang lainnya.

Nantinya, sistem algoritma di dalam media sosial akan mencari postingan yang memiliki banyak komentar untuk ditampilkan di timeline. Untuk itu, seringkali penjual online berkomentar up di dalam konten jualannya sendiri.

Tujuan dari adanya komentar up ini adalah agar postingan bisa tetap mudah dibaca oleh setiap audiens. Sehingga, Anda bisa dengan mudah dan tertarik dengan pelanggan baru karena postingan barang yang Anda jual bisa tetap terlihat. Terlihat sederhana, namun memiliki dampak yang besar.

Baca juga: Trend Analysis: Apa Itu, Jenis-Jenis, dan Manfaat Melakukannya

Manfaat Penggunaan Kata Up

Setelah kita mengetahui bersama tentang apa arti up yang sebenarnya dan artinya di dalam kegiatan jual beli online, maka selanjutnya Anda harus mengetahui manfaat kata up dan efektifitas kata tersebut di dalam kegiatan jual beli online.

1. Agar Postingan Lama Tetap Terlihat 

Dewasa ini, Anda bisa mendapatkan informasi di berbagai platform digital secara cepat dan beragam. Untuk itu, jangan heran bila Anda memposting sesuatu di media sosial, dalam hitungan beberapa jam saja postingan Anda akan tertimbun oleh berbagai konten yang lainnya.

Oleh karenanya, bila ada komentar up, maka postingan Anda bisa naik kembali ke atas dan bisa dilihat oleh audiens.

2. Mendatangkan Potential Buyer 

Dengan menggunakan komentar up, maka postingan Anda yang pada mulanya tidak terlihat karena tertimbun dengan postingan baru pada akhirnya bisa dilihat oleh calon pembeli.

Contoh, Anda menjual produk sepatu dan membuat postingannya di Twitter atau Facebook. Tapi karena Anda sudah beberapa hari, maka postingan tersebut sudah tidak terlihat dan pada akhirnya Anda memberikan komentar up.

Postingan Anda pun bisa naik kembali, dan pada saat yang bersamaan ada orang yang sedang mencari sepatu dari Anda. Akhirnya, orang tersebut pun akan menghubungi Anda kembali dan ingin membeli produk sepatu dari Anda. Sehingga, Anda bisa mendapatkan pembeli karena adanya bantuan komentar up.

3. Memberi Tahu Ke Konsumen Jika Barang Anda Ready Stock

Dengan melakukan komentar up, maka Anda bisa secara tidak langsung untuk memberitahu pada audiens bahwa stok barang Anda memang masih tersedia. Terlebih lagi bila Anda memposting kegiatan jual beli online beberapa minggu yang lalu, lalu Anda menambahkan komentar up, yang artinya Anda menginformasikan pada pelanggan bahwa barang yang Anda jual masih tersedia.

4. Menandakan Anda Masih Aktif Berjualan 

Apa arti up juga bisa kita artikan bahwa Anda masih aktif berjualan. Bila Anda berjualan online di forum jual beli, Twitter ataupun Facebook, maka akan ada banyak sekali penjual lainnya yang memposting jualan mereka.

Sehingga, komentar up ini bisa membantu menunjukkan kehadiran Anda di platform online tersebut dan menandakan bahwa Anda memang masih aktif berjualan.

Baca juga: Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif Dengan Modal Minim

Tips Menggunakan Kata Up Untuk Meningkatkan Penjualan Online

1. Gunakan call-to-action (CTA)

Saat melakukan kegiatan jual beli online, call to action atau CTA memiliki peran yang sangat penting. Karena, CTA bisa membantu Anda untuk lebih dekat dengan calon pembeli. Selain itu, Anda juga bisa lebih mengarahkan calon pembeli Anda ke marketplace atau langsung menghubungi Anda.

Contohnya seperti CTA “Pesan Sekarang” (yang bisa diarahkan ke marketplace), atau “Telepon Sekarang” (yang bisa Anda arahkan ke nomor telepon Anda)

2. Memanfaatkan Facebook Ads

Bila Anda memiliki anggaran marketing yang lebih, maka coba gunakanlah iklan Facebook Ads agar Anda bisa mengatur target market yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Harga untuk memasang iklan di dalamnya pun sangat beragam, tergantung dari jenis audiens yang Anda inginkan serta berdasarkan CPC atau cost per click.

3. Aktif Merespon Komentar Dari Calon Pembeli

Walaupun terlihat sederhana, namun merespon dari komentar akan menunjukkan bahwa Anda memang serius berjualan. Selain itu, nantinya calon pembeli juga akan merasa lebih terapresiasi karena pertanyaan mereka sudah dijawab oleh penjual.

Baca juga: Bisnis Preloved: Prospek, dan Tips Sukses Menjalaninya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang apa arti up yang sangat berguna untuk kelancaran bisnis jual beli online. Selain itu, Anda juga bisa melengkapinya dengan melakukan strategi lain agar penjualan Anda bisa semakin meningkat.

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa mengandalkan sistem pos atau aplikasi kasir digital dari Accurate POS. Di dalamnya sudah tersedia berbagai fitur menarik yang akan meningkatkan efisiensi dan memudahkan Anda dalam mengatur transaksi.

Ayo cari tahu selengkapnya dan coba gratis selama 30 hari dengan klik banner menarik di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.