Pengertian Brand Consideration dan 5 Strategi Tepat dalam Meningkatkannya

oleh | Mar 28, 2023

source envato.

Pengertian Brand Consideration dan 5 Strategi Tepat dalam Meningkatkannya

Setiap pelanggan katanya harus melewati setiap tahap pertimbangan sebelum pada akhirnya mereka membeli produk. Nah, tahap tersebut dikenal dengan brand consideration.

Lantas, apa itu brand consideration? Apa bedanya dengan brand awareness? Bila memang penting, lantas bagaimana cara untuk meningkatkannya? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang brand consideration di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Brand Consideration

accurate.id gambar Brand Consideration-1

Sebelum membahas lebih dalam tentang brand consideration, Anda harus memahami brand awareness terlebih dahulu. Berdasarkan laman HubSpot, brand awareness mampu menggambarkan tingkat keakraban brand Anda dengan para audiens. Brand awareness mampu menampilkan seberapa baik audiens Anda dalam mengenal tentang brand Anda.

Setelah audiens mengenal brand Anda dengan baik, maka mereka akan memikirkan apakah produk Anda ingin mereka beli ataukah tidak. Nah, hal inilah yang kita sebut dengan brand consideration.

Berdasarkan laman MarketingIQ, setelah mereka melakukan pertimbangan, terdapat dua kemungkinan untuk pengambilan keputusan.

Ada audiens yang tertarik untuk menjadi pelanggan brand, ada juga yang malah menghindari produk dari brand tersebut. Dikutip dari laman AppSquadz, pertimbangan tersebut bisa dijadikan sebagai indikator atau metrik. Hal tersebut mampu menggambarkan salah satu jenis hubungan pelanggan pada suatu brand.

Baca juga: Apa itu Brand Community? Ini Pengertian dan 4 Manfaatnya untuk Memperkuat Bisnis Anda

Kenapa Brand Consideration Harus Diperhitungkan?

accurate.id gambar Brand Consideration-2

Berdasarkan laman AppSquadz, bila pelanggan tidak melakukan pertimbangan pada brand Anda, mereka tentunya akan memilih brand lain yang telah masuk ke dalam pertimbangan.

Hal tersebut memang terasa sangat logis. Bila Anda tidak ada di dalam daftar pilihan mereka, lantas bagaimana audiens mau memilih Anda?

Untuk itu, brand consideration adalah salah satu hal yang wajib Anda pertimbangkan. Karena, hal tersebut bisa menjadi calon pelanggan dalam menuju pembelian produk Anda.

Jika Anda masih belum percaya dengan pentingnya pertimbangan tersebut, maka laman McKinsey telah membuktikannya lewat penelitian besar.

Hal tersebut terungkap dalam penelitian tentang brand consideration, bahwa ternyata brand yang berhasil masuk ke dalam tahap consideration memiliki kemungkinan sebanyak tiga kali lebih besar untuk dibeli produknya.

Baca juga: Apa itu Brand Recognition? Ini Pengertian dan 4 Strategi Jitu dalam Meningkatkannya

3 Strategi Ampuh Meningkatkan Brand Consideration

accurate.id gambar Brand Consideration-3

Bila memang penting, lantas bagaimana cara meningkatkan brand consideration? Dirangkum dari laman BBF Digital, beberapa langkah yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Jadikan KPI

Perlu Anda ketahui bahwa ternyata, pertimbangan merek pun bisa dijadikan sebagai indikator brand health. Dengan adanya alasan ini, maka brand consideration bisa dan sangat layak untuk dijadikan sebagai KPI atau key parameter index.

Pertimbangan yang satu ini akan sangat berkaitan dengan penjualan atau sales. Hal ini sangat penting hingga bisa dijadikan sebagai salah satu KPI yang baik.

2. Lakukan Brand Positioning Dengan Baik

Anda harus mengetahui masalah audiens yang ingin Anda selesaikan dan memenuhi kebutuhan yang mereka perlukan. Dengan memiliki brand positioning yang tepat, maka brand Anda bisa dipertimbangkan oleh calon pelanggan untuk dibeli. Sehingga, brand consideration yang maksimal pun akan lebih mudah untuk tercapai.

3. Tepatilah Janji Value Proposition Anda

Diantara banyaknya kompetitor, Anda harus menentukan nilai yang membuat Anda terlihat paling menonjol dan hal inilah yang disebut sebagai value proposition.

Namun karena berbentuk nilai, maka Anda pun harus bisa memenuhinya. Berilah bukti kepada audiens Anda, bukan sekedar janji. Hal tersebut akan memberikan dampak jangka panjang pada pertimbangan brand Anda.

4. Tekankan Brand Experience

Tentunya Anda telah memiliki banyak saluran pemasaran saat ini, seperti misalnya media sosial, blog, dan lain sebagainya.

Namun, Anda harus memastikan bahwa konten Anda menjual berbagai unsur yang dikenal dengan brand experience. Berbagai unsur tersebut seperti desain konten yang saling selaras, memberikan pelayanan yang baik, dan lain sebagainya.

Pada akhirnya, penjualan pengalaman yang satu ini mampu meningkatkan brand consideration Anda.

5. Jangan Berjanji Secara Berlebihan

Bila Anda sudah membuat value proposition dan konten yang mampu mendukung brand consideration, maka Anda harus mengingat satu hal penting lagi. Hal tersebut adalah memberikan janji yang berlebihan dan tidak seharusnya.

Bila Anda memberikan janji yang sebenarnya tidak, maka Anda akan merasakan dampak yang buruk di masa depan. Selain itu, Audiens pun tidak akan mau mempertimbangkan brand Anda, bukan sebaliknya. Untuk itu, Anda harus selalu waspada.

Baca juga: PT (Perseroan Terbatas): Pengertian PT, Jenis, Ciri-ciri, dan Unsur-unsurnya

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang brand consideration, dari mulai pengertian, manfaat dan strategi ampuh untuk meningkatkan brand consideration. Untuk itu, jadikanlah brand consideration sebagai salah satu indikator yang penting dalam bisnis Anda.

Nah, untuk bisa memastikan brand consideration Anda berjalan dengan baik dan juga lancar, tentu Anda harus melakukan berbagai upaya pemasaran yang baik dan tepat. Namun, Anda harus membuat anggaran pemasaran terlebih dahulu dan mencatat setiap anggaran yang keluar secara tepat.

Bila Anda kesulitan atau tidak memiliki waktu untuk mengelola dan mencatatnya dengan baik, #lebihbaik Anda mempercayakannya pada Accurate Online.

Kenapa? Karena software akuntansi dan bisnis terlengkap di Indonesia ini mampu membuat anggaran keuangan yang diperlukan dalam setiap operasional bisnis Anda dan mencatatnya secara akurat. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis dan bisa Anda akses kapan serta dimana saja Anda butuhkan.

Selain itu, masih ada manfaat besar lainnya yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan Accurate Online. Apa saja? Silahkan rasakan sendiri dengan mencobanya selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

10 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

bisnisukmbanner
Natalia

Artikel Terkait