Apa itu Business Case? Ini Pengertian dan 4 Manfaat Pentingnya untuk Bisnis!

oleh | Feb 14, 2023

source envato.

Apa itu Business Case? Ini Pengertian dan 4 Manfaat Pentingnya untuk Bisnis!

Pada dasarnya, business case adalah suatu dokumen yang harus dimiliki oleh semua badan usaha di zaman yang sudah modern ini. Dokumen ini diperlukan agar perusahaan bisa menemukan tujuan bisnisnya.

Selain itu, business case juga bisa mengevaluasi hal terkait biaya, manfaat, risiko dan memberikan alasan untuk solusi yang dibutuhkan oleh setiap badan usaha.

Nah, pada kesempatan kali ini kami sudah merangkum berbagai hal yang harus Anda ketahui tentang business case.

Apa itu Business Case?

accurate.id business case 1

Business case adalah kumpulan informasi minimum yang dibutuhkan agar bisa memfasilitasi keputusan bisnis suatu perusahaan.

Dokumen ini bisa digunakan ketika perusahaan ingin melakukan beberapa kegiatan yang akan memberikan dampak pada produk, pelanggan, ataupun bisnisnya.

Dokumen ini tidak harus dibuat secara formal. Namun, perusahaan bisa mengambil keputusan terbaik, business case harus mampu menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk proses analisis bisnis.

Artinya, informasi yang ada di dalam dokumen ini harus mampu membantu badan usaha dalam membuat keputusan yang terbaik.

Business case-pun harus bisa dimanfaatkan sebagai tempat di mana seluruh fakta yang relevan didokumentasikan dan dihubungkan bersama demi keputusan bisnis yang baik.

Informasi yang terdapat dalam business case pun tidak bisa diisi dengan konten yang hanya berdasarkan prediksi.

Seluruh informasi dan pengetahuan yang dicantumkan harus berdasarkan riset dan juga analisis data bisnis.

Baca juga: Mengenal Flowchart Penjualan dan Cara Mudah dalam Membuatnya

Cara Mengembangkan Business Case

accurate.id business case 2

Dewasa ini, business case adalah salah satu unsur penting yang sering diprioritaskan oleh pihak manajerial dan juga dewan direksi perusahaan.

Karena, kebutuhan perusahaan untuk membuat keputusan yang besar di zaman ini sudah semakin umum.

Berbagai hal seperti merger, inovasi, dan juga relokasi pabrik telah menjadi kegiatan bisnis setiap hari.

Berbagai informasi terkait studi kasus yang sudah dipersiapkan di dalam business case ini mampu memudahkan perusahaan ketika meluncurkan seluruh inisiatif tersebut.

Tapi seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, perusahaan tidak akan bisa secara sembarangan dalam membuat dokumen ini.

Terdapat beberapa langkah khusus yang harus mereka terapkan ketika ingin mengembangkan business case, yaitu:

1. Deskripsi Kegiatan Bisnis

Berdasarkan laman Chase Group, langkah yang paling utama dalam mengembangkan business case adalah dengan menjelaskan atau mendeskripsikan kegiatan bisnis.

Dalam hal ini, penulis dokumen harus bisa menjelaskan situasi dan juga peluang bisnis yang akan memberikan dampak pada proposal kegiatan.

Isi yang terdapat di dalam deskripsi ini harus mencakup latar belakang proyek, persyaratan pengadaan serta logika investasi.

Berbagai hal ini dibutuhkan agar bisa menentukan kembali tujuan utama dilakukannya kegiatan bisnis.

Baca juga: Mengenal User Story dan 3 Kelebihan yang Ada di Dalamnya

2. Analisis dan Kembangkan Opsi Terpilih

Langkah selanjutnya dalam mengembangkan business case adalah dengan melakukan analisis dan mengembangkan opsi terpilih.

Pihak perusahaan harus bisa mengidentifikasi pendekatan alternatif dan memilih tiga ataupun empat opsi untuk bisa dianalisis.

Pihak penulis dokumen harus bisa mengumpulkan informasi terkait setiap alternatif, lalu menganalisis opsi dan juga mengembangkan opsi yang telah dipilih.

3. Evaluasi Opsi Terpilih

Dilansir dari laman APM, langkah berikutnya untuk mengembangkan business case adalah mengevaluasi opsi alternatif yang telah dipilih.

Dalam tahapan ini, pihak perusahaan harus mengevaluasi kesesuaian alternatif yang dipilih dengan tujuan bisnis.

Mereka pun harus mengukur manfaat dari setiap solusi yang potensial, lalu memilih opsi yang disukai.

Hal tersebut nantinya dilakukan dengan cara mempertimbangkan nilai strategis dan finansial yang dibuat serta risiko yang ada di dalamnya.

4. Implementasi Strategi dan Rekomendasi

Tahap terakhir yang harus dilakukan oleh perusahaan ketika ingin mengembangkan business case adalah dengan cara melakukan implementasi strategi dan rekomendasi.

Mereka harus bisa membuat rencana implementasi untuk pilihan opsi yang lebih tepat. Penjelasan di dalamnya harus dibuat secara detail, lengkap dengan berbagai rekomendasi rencana cadangan agar bisa meminimalisir risiko bisnis.

Baca juga: Mengenal Disruptive Innovation, Gangguan Besar yang Bisa Menghambat Pola Bisnis

Manfaat Business Case

accurate.id business case 3

Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan, business case adalah dokumen yang harus disiapkan oleh perusahaan guna membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Karena, dokumen ini mampu memberikan informasi terkait nilai berdasarkan seluruh keputusan yang nantinya akan diambil oleh pihak perusahaan.

Selain itu, dokumen ini juga mampu menyajikan berbagai manfaat lain yang bisa menguntungkan perusahaan. Berdasarkan laman Work Front, manfaat lain dari dokumen ini adalah sebagai berikut:

  • Strategi melakukan risk management yang tepat.
  • Cara yang baik agar bisa menemukan kegiatan dan juga keputusan bisnis terbaik.
  • Meningkatkan ROI atau return on investment.
  • Sebagai metode yang paling baik untuk kebutuhan kolaborasi antar setiap perusahaan.

Baca juga: Apa itu Konsep Penjualan? Apa Bedanya dengan Konsep Pemasaran?

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang business case dan manfaatnya untuk bisnis. Jadi, business case adalah dokumen yang wajib dimiliki oleh perusahaan agar bisa membantu mereka dalam mengambil keputusan terbaik.

Namun untuk mengambil keputusan yang tepat, tentunya pihak manajemen perusahaan juga membutuhkan laporan keuangan yang tepat dan juga akurat.

Nah, untuk bisa membuat laporan keuangan secara mudah, #lebihbaik Anda menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena aplikasi ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis dan akurat, yang telah terintegrasi dengan fitur lainnya.

Sehingga, akan semakin memudahkan Anda dalam membuat keputusan yang tepat dan mengembangkan bisnis secara lebih maju.

Ayo segera coba dan gunakan Accurate Online dengan klik tautan gambar di bawah ini.

bisnisukmbanner
sidebarPromo
Ibnu
Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia

Artikel Terkait